10 Cara Berhemat Di Masa Kuliah

berhemat di masa kuliah

Jika kamu merasa sulit mengelola pengeluaran dengan baik di masa perkuliahan, kamu tidak sendiri. Meningkatnya biaya pendidikan dan biaya hidup membuat mahasiswa semakin sulit untuk tetap memiliki budget. Akan tetapi, bukan berarti kamu harus menjadi mahasiswa yang “kelaparan” ya! Ada banyak cara berhemat di masa kuliah ketika kamu sedang menjadi mahasiswa. Kami telah mengumpulkan beberapa anjuran dan larangan untuk mengatur pengeluaran yang cerdas di lingkungan pendidikan dan jenjang selanjutnya.

tips hemat bagi mahasiswa

1. Hindari membeli buku pelajaran yang baru

Biasanya buku pelajaran memiliki range harga yang cenderung tinggi. Sebelum kamu membeli buku baru, alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu apakah kamu bisa meminjamnya dari perpustakaan atau bisa meminjamnya dari teman. Jika tidak, kamu bisa beli buku bekas yang masih layak pakai di beberapa toko buku terdekat atau membelinya dalam bentuk e-book yang harga nya relatif lebih murah.

2. Kurangi makan di luar!

InvestBro menyarankan untuk memasak sendiri apabila kamu memiliki banyak waktu yang senggang. Belilah keperluan makan seperlunya yang sekiranya bisa disimpan dalam beberapa hari di kulkas. Hal tersebut dapat memperlambat kecepatan pengeluaran. Di samping itu, daripada menghabiskan uang setiap pagi, siang, dan malam untuk membeli kopi di coffee shop, alangkah baiknya uang tersebut diinvestasikan untuk membeli mesin pembuat kopi dan belajarlah untuk membuat kopi yang baik.

3. Jelajahi fasilitas kampus

Lihat dan seringlah mengikuti kegiatan di kampus, dari mulai kegiatan kerohanian, keolahragaan, kepanitiaan, dan lain-lain. Kampus sering kali menyediakan fasilitas gratis untuk mahasiswanya, seperti masjid, di waktu-waktu tertentu sering kali membagikan kotak nasi gratis bagi jamaah yang sedang beribadah di masjid atau orang yang berada di sekitar masjid tersebut, sering mengikuti seminar-seminar yang mendapatkan benefit bingkisan atau makanan gratis, dan masih banyak lagi.

4. Kunjungi bank setempat untuk menanyakan tentang rekening giro dan tabungan yang dirancang khusus untuk mahasiswa

Bank untuk mahasiswa sering kali memiliki biaya lebih rendah dan tidak diperlukan saldo minimum. Biasanya tabungan khusus pelajar dan mahasiswa juga akan terpotong biaya bank dalam jumlah yang relatif kecil.

5. Jangan ceroboh dengan kartu kredit!

Jika kamu benar-benar memilih untuk memiliki kartu kredit, pilihlah yang memiliki tingkat bunga terendah dan hanya dikenakan biaya yang kamu mampu untuk melunasinya di setiap bulan. Hal ini akan membantu kamu menghindari biaya keterlambatan dan utang kartu kredit yang mahal disamping kamu membangun kredit yang baik untuk masa depan.

6. Selalu membawa Kartu Tanda Mahasiswa kemana pun kamu pergi

Sering sekali beberapa toko yang menjual berbagai produk dari elektronik hingga makanan menawarkan potongan harga yang diberikan khusus kepada mahasiswa. Misalnya, tempat makan atau kafe kerap kali mereka memberikan potongan harga yang menarik di waktu-waktu tertentu untuk pelanggannya yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Berlaku juga untuk transportasi umum, pelajar dan mahasiswa memiliki tarif tersendiri yang lebih murah daripada masyarakat umum lainnya, dan masih banyak layanan-layanan lainnya yang acap kali menawarkan potongan harga terhadap pelajar dan mahasiswa.

7. Pilihlah tempat tinggal dengan bijak.

Pada umumnya biaya tinggal di asrama kampus jauh lebih murah dibandingkan biaya tinggal di luar kampus. Lebih baik lagi apabila kamu menyewa kontrakan bersama teman agar bisa berbagi biaya sewa dan menahan pengeluaran uang agar tidak terlalu banyak.

8. Jangan membawa kendaraan sendiri.

Biaya parkir, bensin, pajak, dan asuransi kendaraan (belum termasuk perbaikan kendaraan yang tidak terduga) menambah pengeluaran yang relatif besar. Kamu dapat memanfaatkan transportasi umum yang tersedia atau sesekali meminta teman untuk mengantarkan jika kamu perlu datang ke suatu tempat. Life hack yang bisa diterapkan adalah pilihlah indekos/kontrakan yang lokasinya tidak jauh dari kampus, oleh karena itu kamu hanya perlu jalan kaki untuk sampai di kampus dan menghindari biaya transportasi yang berlebih.

9. Cek secara berkala penggunaan telepon seluler.

Kamu bisa menentukan batas penggunaan di setiap harinya guna mencegah penggunaan data yang berlebihan. Tidak menggunakan fitur-fitur di handphone yang memerlukan penggunaan data dalam waktu yang lama apabila kamu tidak terkoneksi dengan Wi-Fi, segera cari fasilitas Wi-Fi gratis di berbagai tempat untuk kamu gunakan secara optimal, termasuk Wi-Fi di fasilitas kampus.

10. Selalu fokus dengan studi yang sedang kamu jalani

Banyak mahasiswa tidak menyelesaikan gelar mereka dalam kurun waktu empat tahun. Karena hal itu, di setiap semester tambahan mereka harus memerlukan biaya tambahan lainnya. Agar tetap sesuai dengan jadwal, manfaatkan sumber daya universitas seperti bimbingan belajar dan bimbingan akademik.

Tidak ada rahasia besar tentang bagaimana cara berhemat di masa kuliah untuk mahasiswa mengatur keuangan, hal ini hanya membutuhkan sedikit logika dan kedisiplinan. Ingatlah bahwa kamu sedang menempuh pendidikan tinggi untuk belajar dan mendapatkan gelar. Memenuhi tujuan akademik dan pandai mengelola uang tidak hanya akan membantu memaksimalkan pengalaman kamu, tetapi juga akan membantu memulai masa depan keuangan kamu terorganisir dengan baik.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *