23 Ide Bisnis Tanpa Modal

bisnis tanpa modal

Mempunyai mimpi memulai bisnis tanpa modal? Berikut 25 pilihan dengan modal yang cukup minim bisa dipertimbangkan.

  • Anda hanya perlu sedikit modal untuk memulai bisnis.
  • Cari ide bisnis yang berbasis layanan, karena akan butuh biaya sedikit daripada bisnis yang berbasis produk.
  • Perlu menjadi pertimbangan apakah Anda bisa mengubah sebuah hobi menjadi bisnis.
  • Artikel ini ditunjukkan untuk orang yang ingin memulai bisnis akan tetapi hanya mempunyai modal yang sangat minim.

Beberapa orang yang berwirausaha, memiliki alasan mengapa tidak melanjutkan impian untuk memulai bisnis ialah karena factor biaya (modal). Namun, masih banyak bisnis yang bisa dilakukan dengan sedikit biaya, selama Anda memiliki dedikasi tinggi dan mampu bekerja keras.

Jika ingin memulai bisnis dengan minim modal, 25 ide ini akan membantu menginspirasi semangat berwirausaha Anda.

1. Konsultan media sosial

Perusahaan besar bisa menyewa seorang staf untuk menjadi admin di Facebook, akun Twitter dan blog, namun pada bisnis kecil biasanya hanya berupaya untuk menawarkan produk pada media social tersebut. Seorang pemiliki bisnis akan sibuk sehingga butuh seorang strategi media social yang hebat (konsultan). Seorang konsultan, akan menentukan strategi terbaik, jadwal posting, dan konten terbaik untuk target yang dituju dengan hasil yang dapat dilihat dari bertambahnya jumlah pengikut mereka.

2. Kursus dan les privat online

Hal apa yang membuatmu tertarik? Yoga? Desain web? Jika Anda mengetahui situasi di lingkungan sekitar, maka Anda bisa membantu orang lain untuk memperkaya hidupnya dengan menawarkan sebuah kelas virtual. Ini merupakan salah satu ide bisnis online tanpa modal yang menarik.

Buatlah paket pengajaran dan video yang bisa di download, atau dengan menjadwalkan pelajaran via Skype dengan melakukan tatap muka secara virtual dengan klien. Terdapat pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi opsi lain untuk calon pendidik adalah dengan memulai layanan bimbingan belajar (les privat virtual) atau melakukan tatap muka dengan mengunjungi rumah klien.

3. Koki

Dengan membuka bisnis kafe/tempat makan/restoran maka Anda perlu merencanakan dan menyiapkan makanan mingguan atau harian untuk klien Anda, sehingga perlu adanya koki yang memiliki keterampilan dalam hal memasak dan memiliki pengetahuan yang baik mengenai nutrisi apa saja yang tepat untuk program diet jika cutomer adalah seorang yang sedang melakukan diet. Anda tidak harus lulusan dari sekolah kuliner / tata boga, akan tetapi dengan mengikuti beberapa kelas memasak tentu akan meningkatkan skill memasak dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang koki. Meskipun masakan Anda akan diantar via supermarket (dipesan secara virtual) atau langsung menuju rumah klien, customer tetap harus menanggung biaya bahan masakan tersebut serta biaya ongkir dari makanan tersebut.

4. Layanan terjemahan

Jika Anda memiliki keahlian dalam dua bahasa atau lebih, maka Anda bisa mendapatkan suatu pekerjaan dengan menerjemahkan kata-kata secara tertulis dan lisan dari suatu bahasa ke bahasa lain. Dengan memperluas hubungan antar internasional dan peningkatan jumlah penutur non-Inggris di AS membuat layanan ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang ditandai melalui data dari Biro Statistik Tenaga Kerja yang memperkirakan adanya pertumbuhan 19% pada tahun 2028. Anda pun bisa memulai layanan terjemahan ini secara mandiri dengan membuka jasa translator yang bisa di promosikan melalui akun social media Anda atau melalui website tertentu serta Anda bisa mempromosikankan diri Anda melalui bisnis, sekolah, rumah sakit, ruang sidang dan tempat konferensi.

5. Pembuat konten

Media sosial dan siklus berita 24 jam menjadi peluang bagi para pembuat konten professional seperti penulis dan desainer grafis, yang hanya bermodal bakat membuat konten yang bisa menjadi media untuk bisnis dan media outlet. Dengan pertumbuhan ekonomi yang menggambarkan adanya pekerja lepas dan pekerja yang telah menandatangi kontrak kerja, akan memudahkan untuk mempromosikan diri sebagai penyedia layanan professional. Secara pribadi, menjadi pembuat konten adalah usaha yang cocok untuk pemula tanpa modal.

6. Asisten pribadi

Mereka yang memiliki pengalaman organisasi yang baik sangat dibutuhkan oleh wirausahawan untuk membantu mengembangkan bisnis dan bisa fokus pada tupoksi kerjanya. Seorang asisten pribadi bisa bekerja layaknya sekretaris yang harus bekerja di depan komputer atau bisa bekerja tanpa berada di tempat. Seorang asisten pribadi lebih sering bekerja di rumah untuk banyak klien yang berbeda, dengan tugasnya ialah mencatat jadwal pada kalender, mengatur jadwal kerja klien, dan mengatur pekerjaan administrasi.

7. Les musik

Bagi kalian yang memiliki keahlian lebih dalam bidang music, bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang tepat dengan cara menawarkan les privat music kepada orang lain yang ingin mempelajari alat music secara lebih mendalam. Terkecuali untuk kasus jika Anda hanya membuka penawaran les privat piano, maka siswa bisa membawa instrument mereka sendiri ke rumah Anda untuk melakukan les privat selama satu jam. Perlu persediaan jika ingin membuka les privat music dengan menyiapkan lembaran music atau buku lagu dalam berbagai genre dan dengan ditunjukkan dalam berbagai keahlian Anda. Les vocal pun bisa menjadi salah satu usaha yang bisa ditawarkan untuk orang lain dan Anda bisa memperoleh uang yang cukup banyak jika menawarkan diri ke sekolah menengah sekitar dan pada kelompok komunitas teater.

8. Jasa perancang acara

Jika Anda seorang yang terorganisir dan cukup teliti dalam hal hal kecil seperti suka membuat pesta, Anda bisa membuat bisnis tanpa modal uang sebagai perancang untuk acara pernikahan, pesta ulang tahun, dan reuni kelas. Dengan adanya seorang perancang acara maka akan memudahkan orang lain untuk membuat sebuah acara yang menarik dan berkesan.

Gunakan fitur Linkedln untuk membangun database vendor dan beberapa kontak yang terbaik sehingga dapat membantu klien Anda mengatur acara impian mereka.

9. Pramutamu

Pramutamu akan menjaga dan menangani anak-anak sebagai bentuk rasa pofesional mereka terhadap pekerjaan ini, karena sebagian orang tua berkarir maka hanya memiliki sedikit waktu untuk mengurus persediaan pribadi seperti berbelanja untuk kebutuhan makanan, mengembalikan barang di mal, atau mengirim paket. Jika Anda seorang yang memiliki semangat untuk mengurus segala keperluan klien, maka perhitungkan biaya perjalanan saat sedang penentuan tarif bisa dalam batas waktu/jam atau berdasarkan tugas.

10. Pengulas professional

Menjadi pengulas profesional adalah salah satu ide bisnis rumahan tanpa modal. Ulasan baik sangat penting untuk perusahaan besar dan kecil. Beberapa perusahaan menyediakan layanan kepada seseorang agar bisa menulis review tentang perusahaan tersebut. Perusahaan ingin ulasan yang bagus, namun yang terpenting ialah ulasan yang jujur.

Perusahaan siap membayar ulasan Anda dan siap membayar atas kritik dan saran yang diberikan seperti contoh, jika diperlukan adanya inovasi, atau mencoba dengan teknologi terbaru.  

11. Pelatihan software

Apakah Anda seorang yang memiliki keahlian dalam program software dalam computer atau laptop? Jika iya, Anda mempunyai kemahiran tersebut maka Anda sangat beruntung karena permintaan yang terus meningkat untuk melakukan pelatihan program software dari para amatir dan professional yang ingin lebih memperdalam kembali akan keahlian program software tersebut.

Terdapat teknis manual yang tersedia untuk sebuah program seperti adanya QuicBooks dan Final Cut Pro, akan tetapi dari kedua opsi tersebut terdapat kekurangan yaitu biaya yang cukup mahal untuk memiliki software tersebut serta sulit dipahami oleh para amatir.

Usaha ini tentu sangat menguntungkan karena yang perlu Anda disiapkan adalah dengan menjadwalkan lokakarya baik group kecil atau dengan melakukan private sessions, lalu perlu ditetapkan biaya yang bisa dilakukan per jam saat memberikan tutorial lengkap akan program software tersebut. Kunci dari usaha ini yang sangat terpenting adalah kesabaran dan kepribadian yang hebat.

12. Konsultan keamanan internet

Peluang menarik lainnya untuk usaha tanpa modal uang. Jika Anda merasa tertarik dengan IT, sistem komunikasi dan computer, maka Anda sangat beruntung karena bisa membuka bisnis kecil dengan membuka layanan untuk meningkatkan keamanan online mereka. Dengan membantu pemilik bisnis menghindari virus, peretas, dan penipuan bisa menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan, apalagi Anda memiliki kemampuan untuk mengamankan informasi klien yang cukup sensitive.

13. Konsultan keberlanjutan

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, bisnis di seluruh negeri telah mengamati bagaimana bisnis tersebut berdampak pada lingkungan. Namun untuk solusi bisnis ramah lingkungan dapat dikatakan cukup mahal, bahkan untuk perusahaan terbesar sekalipun, dan bisnis dari semua cakupan baik bisnis yang sudah mempunyai nama, bisnis menengah, dan bisnis kecil kecilan sedang mencari seseorang untuk menjadi konsultan. Konsultan keberlanjutan berasal dari berbagai macam latar belakang, baik dari manajemen hingga teknik, sehingga keterampilan dan pengalaman menjadi sangat penting pada pekerjaan ini.

14. Jasa pembukuan

Anda tidak harus menjadi seorang akuntan publik bersertifikat untuk bisa bekerja sebagai freelance pemegang pembukuan keuangan. Yang sangat dibutuhkan adalah hanya sebuah keahlian dalam hal angka dan pengetahuan akan tugas akuntansi dasar (meskipun gelar associate dibidang akuntansi akan jauh lebih diutamakan dalam suatu perusahaan). Berikut dibawah ini adalah beberapa layanan yang bisa Anda tawarkan sebagai outscoured pemegang pembukuan keuangan:

  • Mengelola software akuntansi dan sistem pengarsipan
  • Membuat laporan keuangan
  • Membuat neraca perdagangan, penjualan
  • Memproses penggajian

15. Layanan pemasaran digital

Jika Anda seorang yang memiliki pengalaman dibidang pemasaran, menjadi agen pemasaran digital sendiri adalah salah satu ide bisnis dengan berbiaya yang sangat minim dan bisa Anda realisasikan serta dapat dijalankan dalam waktu singkat. Namun jika Anda tidak memiliki pengalaman atau background pemasaran sebelumnya namun memiliki ketertarikan pada bidang tersebut, maka Anda bisa mengambil kursus secara online dengan harga terjangkau untuk mengembangkan keterampilan Anda. Salah satu hal terbaik namun memiliki tantangan yang cukup berat ialah tentang pemasaran yang selalu mengalami perkembangan tiap saat. Oleh karena-Nya, jika Anda memiliki keahlian untuk mendongeng, maka perusahaan pemasaran digital menjadi salah satu bisnis yang bisa Anda mulai dengan cepat dan murah.

16. Konsultan kencan online

Jika Anda seseorang yang suka menjodohkan orang layaknya mak comblang, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi seorang konsultan kencan online. Jobdesc dari konsultan kencan online seperti, memiliki beberapa profil kencan online atau melalui aplikasi, memfilter pesan dan bisa menemukan orang yang menarik untuk bisa dipertemukan dengan clien. Konsultan kencan online bisa menulis profil clien yang sangat menarik, bisa mengelola banyak akun client, memfilter pesan yang tidak sepantasnya, dan memberikan notifikasi teks tentang kemungkinan jodoh. 

17. Produser video

Terdapat banyak perusahaan, influencer, dan calon selebriti YouTube yang ingin meningkatkan kualitas video yang telah dibuat, akan tetapi tidak memiliki keahlian atau peralatan yang memadai untuk menghasilkan video berkualitas tinggi. Jika Anda memiliki pengalaman sebagai seorang prodesur video, portofolio yang mendukung, dan keinginan untuk membantu individu dan para pembisnis membuat video yang lebih bagus, maka menjadi seorang freelance producer adalah salah satu langkah karier yang cukup bagus.

18. Desain grafis

Setiap perusahaan membutuhkan orang yang mampu membuat desain visual untuk membuat merk bisnis mereka dan mampu menarik customer. Menjadi seorang desainer grafis tentu akan membutuhkan computer, aplikasi desain seperti Adobe Illustrator atau Canva, dan memiliki portofolio pekerjaan yang cukup related dengan dunia desain.

Dapat dikategorikan sebagai ide wirausaha tanpa modal, Anda bisa memilih untuk menyediakan beragam layanan desain grafis, atau Anda bisa menawarkan layanan khusus, seperti:

  • Logo
  • Iklan bergambar
  • Brosur
  • Grafis kaos
  • Selebaran
  • Gambar pahlawan
  • Infografis
  • Grafik Instagram

19. Vlogger atau blogger

Jika Anda merasa tertarik dengan satu topic atau bidang tertentu dan suka menulis atau suka berada di depan kamera, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memulai menjadi seorang blogger atau vlogger prefessional. Untuk menjadi seorang blogger maka Anda membutuhkan computer dan situs web untuk memulai menulis di blog tersebut. Lalu untuk memulai menjadi seorang vlogger maka Anda perlu kamera berkualitas tinggi atau kamera yang cukup bagus, software untuk pengeditan video, dan berbagai alat pendukung lain yang dibutuhkan seorang vlogger. Untuk mendapatkan uang, maka Anda perlu menawarkan ruang iklan di situs web Anda, mencari sponsor video, atau membuat akun di platform pendanaan, seperti Patreon atau Indiegogo.

20. Pembeli name domain

Pembeli name domain atau broker domain adalah seorang yang membeli name domain yang dipercaya dan diinginkan oleh suatu perusahaan atau bisnis tertentu dan mencoba menjualnya untuk mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Seperti beberapa profesi dalam daftar ini, konsepnya sangat sederhana, akan tetapi menjadi pembeli name domain yang sukses membutuhkan kemampuan untuk melakukan suatu tindakan secara cepat sesuai tren dan mengidentifikasi domain yang menguntungkan dengan adanya tambahan sebuah hoki.

21. Resume Writer

Hanya sedikit orang yang pandai menulis resume, dan juga peminat yang suka akan resume sangatlah sedikit. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang resume writer, maka Anda membutuhkan computer. Untuk memulai bisnis ini pun, Anda bisa mendaftar ke dalam platform freelance, seperti Fiverr atau Upwork, dan mempromosikan layanan Anda di media social Anda sendiri.

22. Pemasaran afiliasi

Pemasaran afiliasi salah satu ide bisnis tanpa modal termudah, akan tetapi jika membutuhkan dedikasi dan visi jangka panjang untuk menjadi seorang yang sukses. Pada pemasaran afiliasi akan melibatkan Anda untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan lain, dan akan mendapatkan imbalan atas prospek yang dihasilkan. Yang dibutuhkan oleh Anda adalah blog atau situs web dan produk atau layanan tertentu yang ingin Anda promosikan. Namun untuk sukses dalam bisnis pemasaran afiliasi adalah Anda perlu menarik banyak pengunjung ke situs web Anda dan membuat customer membeli produk tersebut atau layanan dari mitra afiliasi Anda. 

23. Perencana makan

Sebagian orang suka makan, akan tetapi tidak semua orang mengetahui cara memasak makanan yang sehat dan menarik customer dengan anggaran yang cukup terjangkau bagi banyak orang. Sebagai perencana makanan, tugas Anda ialah membuat daftar bahan, menulis resep yang mudah dipahami dan dapat diikuti oleh orang lain, memberikan informasi mengenai nutrisi yang baik, membuat rencana anggaran dalam hal makanan, dan menjadi metode pembelajaran bagi customer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *