5 Alasan Memulai Investasi Emas Sekarang Juga!

  • Emas
gold investment

Emas masih dianggap sebagai salah satu produk investasi jangka panjang yang menguntungkan. Apalagi nilai dari produk emas juga selalu mengalami peningkatan setiap waktu. Ini bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk memulai investasi dengan emas. Apalagi saat ini kemudahan investasi dengan emas juga semakin mudah dengan hadirnya berbagai platform.

Anda bisa memulai investasi emas secara digital atau dengan cara konvensional melalui produk emas batangan. Tentu saja nilai investasi seperti ini akan disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Semakin besar nilai modal maka nominal emas yang didapatkan juga besar. Cobalah untuk menggunakan beberapa tips investasi emas.

Alasan Memulai Investasi Emas

Ada berbagai alasan yang bisa dipertimbangkan saat anda memulai investasi emas. Apalagi investasi seperti ini tidak memiliki resiko yang sangat besar. Selain itu, anda bisa mencoba untuk memulai investasi dengan mudah. Hal ini yang menjadi pertimbangan utama untuk memaksimalkan nilai keuntungan dari investasi emas. Beberapa alasan penting yang bisa dipertimbangkan dalam perancangan strategi menabung emas seperti:

1. Bisa disesuaikan dengan modal

Ini merupakan alasan penting yang mempengaruhi anda memulai investasi emas. Investasi seperti ini bisa disesuaikan dengan nilai modal yang dimiliki. Bahkan, beberapa penyedia produk emas juga memberikan penawaran emas fisik batangan mulai dari 0,5 gram. Tentu saja penawaran harga jual dan beli juga akan mempengaruhi keputusan anda dalam menentukan pilihan produk.

Anda juga harus ingat bahwa semakin besar nilai modal yang digunakan untuk investasi emas maka nilai keuntungan dan valuasi asset yang didapatkan juga meningkat sangat besar. Ini yang membuat anda bisa memulai investasi mulai dari sekarang.

2. Resiko investasi yang rendah

Investasi seperti ini memiliki resiko yang tergolong cukup rendah. Hal ini dikarenakan nilai emas yang cenderung selalu meningkat untuk jangka waktu yang cukup lama. Selain itu, penilaian dari produk emas juga disesuaikan dengan kondisi fisik. Ini yang membuat anda harus merawat produk emas yang menjadi investasi. Perawatan yang dibutuhkan juga dianggap tidak terlalu rumit.

3. Kemudahan membeli produk

Alasan lain yang patut diperhitungkan tentu saja kemudahan dalam membeli produk emas. Biasanya produk emas ini bisa anda dapatkan dari Antam atau pegadaian. Produk emas batangan yang ditawarkan juga sesuai dengan harga pasaran yang sudah ditetapkan. Ada banyak pilihan produk yang bisa anda pertimbangkan. Namun, cobalah untuk memilih produk sesuai dengan kemampuan finansial atau modal yang anda miliki.

4. Harga jual yang terus meningkat

Ini merupakan alasan yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Meskipun sekarang standar emas sudah tidak berlaku, produk emas merupakan salah satu investasi yang memiliki harga jual terus meningkat. Nilai peningkatan produk ini juga disesuaikan dengan beberapa faktor. Hal yang paling penting adalah investasi seperti ini akan memberikan nilai keuntungan dalam waktu yang cukup panjang. Ini membuat anda harus menghitung nilai peningkatan sesuai dengan keuntungan yang diinginkan. Bila ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar cobalah untuk menjual emas dalam waktu yang lebih lama lagi.

5. Pengelolaan yang mudah

Investasi seperti ini akan menggunakan sistem pengelolaan yang sangat mudah. Hal ini dimulai dari nominal modal yang anda gunakan untuk membeli produk emas. Setelah itu, produk emas itu akan disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama hingga mencapai nilai yang lebih tinggi. Perhitungan nilai keuntungan seperti ini bisa diterapkan dengan mudah. Namun, anda harus melakukan perawatan dari produk emas yang dimiliki. Ini untuk menjaga nilai jual agar tetap baik.

6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Investasi Emas

Sebelum memutuskan untuk memulai investasi emas mungkin bisa mempertimbangkan beberapa hal. Apalagi hal ini biasanya akan mempengaruhi nilai keuntungan dan peningkatan valuasi dari produk emas yang anda miliki. Selain itu, pastikan juga bahwa anda sudah memiliki perencanaan investasi jangka panjang. Berikut ini ada 6 hal penting bagi pemula yang bisa dicoba untuk meraih untung jangka panjang seperti:

1. Membuat perencanaan yang matang

Salah satu tips investasi emas yang harus dilakukan dengan membuat perencanaan yang sangat matang. Ini berkaitan dengan jangka waktu investasi yang anda terapkan. Bila anda memutuskan untuk menggunakan jangka waktu yang cukup lama cobalah untuk memaksimalkan modal dengan baik dalam membeli produk emas. Perencanaan seperti ini juga akan dipengaruhi dari beberapa faktor dan kondisi yang terjadi. Harga emas bisa saja meningkat atau mengalami penurunan akibat kondisi pasar yang tidak stabil.

2. Pantau harga emas secara berkala

Tips lain yang harus dilakukan dengan selalu memantau harga emas. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak pilihan platform yang memberikan informasi secara real time dari harga emas. Bahkan, sebagian besar dari platform itu bisa diakses dengan smartphone. Harga emas itu akan memudahkan anda dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian atau penjualan produk emas. Cobalah untuk menghitung harga emas melalui analisis teknis. Metode seperti ini akan memudahkan anda dalam menentukan waktu terbaik untuk menjual emas dalam harga yang relatif lebih murah.

3. Siapkan modal

Ini merupakan tips yang sangat penting untuk dilakukan. Anda harus mempersiapkan modal yang cukup untuk memulai investasi emas ini. Apalagi bila perencanaan investasi ini dilakukan dalam waktu yang cukup lama biasanya membutuhkan jumlah modal yang sangat besar. Nilai modal akan mempengaruhi jumlah emas yang anda dapatkan. Semakin besar nilai modal awal untuk membeli emas maka nilai keuntungan investasi jangka panjang yang diraih juga semakin lebih besar. Sesuaikan juga dengan kemampuan finansial yang anda miliki.

4. Pilih emas yang sesuai kebutuhan investasi

Saat ini ada banyak pilihan produk emas yang ditawarkan kepada masyarakat luas. Cobalah untuk memilih emas yang digunakan untuk investasi. Misalnya saja dengan membeli produk emas antam dengan pilihan berat yang sesuai dengan nilai modal. Selain itu, perhitungan dari harga dari setiap produk Antam juga memiliki perbedaan melalui pembelian dari NPWP atau tidak menggunakan NPWP. Harga yang diperhitungkan juga sangat berbeda.

5. Rawat emas dengan baik

Pastikan bahwa emas yang anda miliki untuk investasi dirawat dengan baik. Bahkan, anda juga harus memiliki tempat penyimpanan khusus dari emas ini. Hal ini dilakukan untuk menjaga nilai jual dari emas. Biasanya bila terjadi kerusakan pada kemasan atau produk emas itu maka nilai jual akan turun drastis. Kondisi seperti ini akan membuat anda rugi dari segi investasi. Mungkin anda membutuhkan brankas khusus untuk menyimpan emas.

6. Jual emas pada saat meningkat tajam

Tips seperti ini yang akan mempengaruhi nilai keuntungan bagi anda. Cobalah untuk menjual emas pada saat mengalami peningkatan harga yang relatif sangat tinggi. Biasanya ada beberapa faktor yang membuat harga emas semakin melambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *