Lompat ke konten

5 Alasan Pentingnya Memulai Investasi, Bisa Gapai Tujuan Finansial!

ilustrasi investasi

Kapan waktu terbaik untuk memulai investasi? Jawabannya adalah sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai investasi. Namun, ada berbagai alasan pentingnya memulai investasi sekarang juga.

Jika belum memulai investasi, mungkin kamu belum menemukan alasan yang tepat. Tapi, cobalah cermati alasan-alasan di bawah ini yang menjelaskan betapa pentingnya memulai investasi.

Alasan Pentingnya Memulai Investasi

1. Mengembangkan uang lebih masif

Sebagian pendapatan yang kamu sisihkan bisa saja kamu simpan. Lambat laun, jumlahnya bisa bertambah. Tapi, pertambahannya berpotensi tidak sebesar bila kamu berinvestasi pada saham, reksa dana, emas atau instrumen-instrumen lainnya.

Berinvestasi berarti berupaya mengembangkan uang kamu lebih masif. Tentu, hal ini baru bisa terwujud didahului dengan analisa mendalam dan strategi yang tepat. Buatlah uang kamu ‘bekerja’ melalui investasi.

2. Menggapai tujuan finansial

Berinvestasi dapat membantu kamu mencapai tujuan finansial. Jika uang kamu menghasilkan tingkat pengembalian (return) yang lebih tinggi daripada rekening tabungan, kamu berpotensi menghasilkan lebih banyak uang, baik dalam jangka panjang maupun dalam periode yang lebih cepat.

Nah, pengembalian investasi kamu tersebut dapat digunakan untuk tujuan finansial utama, seperti memulai bisnis sendiri.

3. Memiliki dana darurat

Alasan berikutnya mengapa penting untuk memulai investasi adalah dana darurat. Dana darurat ini makin urgent di masa penuh ketidakpastian seperti sekarang. Dana darurat ini bisa digunakan sewaktu-waktu dalam keadaan mendesak, misalnya berobat ke rumah sakit, memulai usaha karena kehilangan pekerjaan dan sebagainya.

Secara umum, instrumen investasi yang bisa kamu pilih untuk mengumpulkan dana darurat adalah yang memiliki risiko minimal. Misalnya, deposito, reksa dana, dan logam mulia.

4. Memiliki kebebasan finansial

Kebebasan atau kemandirian finansial (financial freedom) dipopulerkan oleh seorang ahli keuangan Amerika Serikat (AS) bernama Robert T Kiyosaki. Menurutnya, kebebasan finansial bukan berarti berapa banyak uang yang dimiliki oleh seseorang, tetapi tentang mengubah pola berpikir.

Kebebasan finansial adalah sebuah fase di mana kamu merasa bahwa kemampuan finansialmu sudah cukup. Karenanya, kamu bisa lebih bebas dalam menjadi diri sendiri dan melakukan hal yang kamu sukai, tanpa perlu terlalu mengkhawatirkan kondisi keuanganmu.

Dalam keadaan normal, seseorang yang sudah dalam fase kebebasan finansial bisa dilihat dari gaya hidupnya, misalnya menyiapkan dana liburan tanpa harus gelisah membayar tagihan setelah pulang.

Sebaliknya, jika situasi sedang tidak menentu, seseorang yang bebas secara finansial tentunya tidak akan merasa panik atau khawatir. Hal ini tidak terlepas dari pola pikir yang matang terhadap kondisi keuangan memadai yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Singkatnya, seseorang yang mandiri secara finansial sudah memiliki dana darurat, dana kesehatan, bahkan juga dana pensiun. Dana tersebut dapat digunakan untuk menghadapi situasi masa depan yang tidak pasti.

Kunci untuk mencapainya terletak pada kemauan kamu untuk mengubah pola pikir menuju gaya hidup yang diikuti dengan perencanaan keuangan yang baik. Itu bisa membantu mengendalikan pengeluaran kamu agar tidak melebihi pendapatan. Selain itu, kamu perlu memiliki tujuan finansial, konsisten menyisihkan dana, dan mulai berinvestasi sejak dini.

5. Mempersiapkan masa depan yang lebih baik

Masa depan penuh ketidakpastian. Pandemi Covid-19 menjadi contoh teraktual yang mengingatkan betapa ketidakpastian itu nyata.

Di saat seperti ini, investasi menunjukkan perannya sebagai jawaban dalam mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Jika kamu sudah belajar berinvestasi sejak dini, maka akan membantu mengurangi beban mengumpulkan uang untuk masa pensiun nanti.

Perlu diingat, bukankah fisik kamu akan berubah dan tidak akan sama lagi ketika memasuki usia tua? Kemampuan dan produktivitas kerja akan jauh berbeda dengan kondisi di tahun-tahun produktif. Otomatis akan berdampak pada berkurangnya pendapatan. Maka, investasi adalah langkah bijak untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Pilihan Investasi di Era Digital

Di masa lalu, akses untuk membeli instrumen investasi masih sulit dengan syarat dan ketentuan yang rumit serta terkadang biaya yang selangit. Ini memperlambat literasi dan minat masyarakat terhadap produk keuangan yang bermanfaat.

Namun, situasi ini telah berubah seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Kini, kamu dapat mengakses banyak instrumen investasi hanya dari genggaman tangan. Berbagai platform investasi pun bermunculan. Harga instrumen investasi di era digital juga semakin terjangkau.

Namun, mengetahui dan memahami instrumen investasi yang ada di Indonesia juga perlu diperhatikan. Begitu pula dengan platform atau aplikasi investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kelebihan Berinvestasi Melalui Ajaib

Jika tertarik pada investasi saham atau reksa dana, contohnya, kamu bisa mencoba aplikasi Ajaib. Ada tiga kelebihan utama yang bisa kamu dapatkan dengan mulai investasi di Ajaib, yakni:

1. Aman

Ajaib sudah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Izin yang telah dikantongi oleh Ajaib antara lain Izin Perantara Pedagang Efek, Izin Agen Penjual Efek Reksa Dana, dan Izin Transaksi Online.

Ajaib juga telah tercatat sebagai Anggota Bursa Efek Indonesia dan Anggota Dana Perlindungan Pemodal. Tak hanya itu, Ajaib juga telah menjalin kemitraan dengan banyak manajer investasi terbaik.

2. Tidak butuh modal besar

Buanglah anggapan bahwa investasi itu memerlukan modal besar. Berinvestasi saham atau reksa dana melalui Ajaib tanpa batasan minimum. Kamu bebas menentukan sendiri jumlah investasi sesuai tujuan keuanganmu.

Selain tidak butuh modal besar, kamu juga bisa menikmati biaya trading saham yang lebih rendah sehingga berpotensi memaksimalkan profit di Ajaib. Untuk investasi reksa dana di Ajaib, kamu bahkan tidak akan dikenai biaya jual/beli semua jenis reksa dana.

3. Mudah

Pendaftaran di Ajaib dilakukan 100% online. Kamu bisa membuat akun di Ajaib hanya dalam waktu lima menit.

Yuk, mulai investasi di Ajaib. Apalagi sekarang ada Ajaib Promo “Program Cashback Rp50.000”, yaitu Ada Cashback Saldo Buying Power Rp50 ribu bagi kamu yang berani mulai investasi saham pertama minimal Rp100 ribu di Ajaib! Program khusus pengguna baru Ajaib ini berlaku dari 9 Mei 2022 pukul 00:00 WIB hingga 3 Juni 2022 pukul 23:59 WIB.

Untuk tahu lebih lengkap mengenai promo ini, yuk, baca syarat dan ketentuan lebih lanjut terkait Ajaib Promo Cashback Rp50.000 di website Ajaib!

Mulai investasi pertama kamu di Ajaib dengan klik link download Aplikasi Ajaib.

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.