11 Cara Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula, Bisa Tanpa Modal

Strategi Memulai Bisnis Properti dengan modal nol

Menemukan cara memulai bisnis properti untuk pemula adalah tantangan tersendiri, terutama bila tanpa modal. Soalnya, berbagai strategi harus dimiliki supaya dapat mengimbangi mereka yang sudah senior.

Kendati sulit, memilih peluang usaha berbisnis properti skala kecil di Indonesia adalah sumber pendapatan yang menarik, terutama untuk mahasiswa atau jika masih punya pekerjaan sampingan lain. Sebagaimana Robert T Kiyosaki berkata dalam bukunya, terdapat banyak cara investasi properti yang masih profitable kendati memperoleh untung kecil.

Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis properti, seseorang harus memiliki sifat gigih dan sabar. Apabila memang mesti memulainya dari yang terbawah, tidak usah risau. Anda dapat mengaplikasikan tips cara memulai bisnis properti di bawah ini:

1. Kembangkan dan Perbaiki Ide Properti

Properti atau real estat adalah bidang yang sangat mempunyai persaingan tinggi. Besar peluang di wilayah Anda sudah banyak pebisnis rumah terkenal dan sukses yang beroperasi di pasaran.

Sebagai pebisnis properti pemula, pastikan Anda mengetahui dengan baik wilayah tempat Anda ingin memulai usaha perumahan. Memahami kota dan wilayah tempat memulai bisnis Anda akan membantu orang adalah strategi krusial dalam menjalankan bisnis properti, dan sangat berpengaruh pada rencana keseluruhan dari branding Anda saat memasuki pasar.

Ketahui broker properti di wilayah tersebut untuk menentukan apa yang dilakukan pesaing Anda di pasar dan perhatikan bagaimana perusahaan properti itu menjalankan bisnis.

2. Siapkan Rancangan Bisnis

Tidak ada yang mengharuskan Anda membuat rancangan bisnis, akan tetapi hal ini tentu akan membantu dalam merencanakan usaha perumahan dalam jangka panjang. Dengan rencana bisnis yang jelas maka arah langkah yang akan diambil pun tak kemana-mana namun pasti pada satu tujuan yang telah ditetapkan itu.

Rencana bisnis pastinya harus realistis terlebih bagi pemula yang terjun di bisnis properti. Rencana bisnis pun juga mencakup struktur hukum badan usaha yang akan dibentuk.

3. Buat Penelitian Lebih Dulu

Tiap bisnis hendaknya diawali dengan menjalankan riset ke pasar. Penelitian pasar cukup krusial demi menjamin Anda memang membeli properti yang harganya realistis. Oleh karena itu, selesaikan riset saat akan memutuskan memilih properti untuk dijual lagi.

Di samping itu, jangan tergesa-gesa mengambil properti bila tak paham betul detilnya. Misalnya harga, lokasi, sarana dan prasarana, permintaan pasar, hingga aspek eksternal pun harus diperhitungkan. Berbagai aspek eksternal yang boleh jadi berpengaruh ke harga properti yaitu kawasan industri, wilayah sering banjir, tempat sekitar jalan raya, dll.

4. Sambar Peluang Bisnis

Anda tentu saja mesti cermat dan jangan tergesa-gesa membeli properti untuk dijual lagi. Tidak ada salahnya bersabar dalam menabung untuk membeli rumah untuk kemudian dijual di waktu yang tepat. Akan tetapi, bila Anda kebetulan mendapatkan properti dimana ada di lokasi bagus maka Anda seyogyanya cepat bertindak. Makin segera Anda memanfaatkan peluang itu maka makin dekat dengan profit.

Mampu melihat peluang yang menjanjikan memang tak bisa didapat dengan instan. Terlebih bagi pemula yang baru memulai bisnis property di Indonesia, tentu harus banyak berlatih, trial and error. Namun kemampuan melihat peluang adalah inti dari memulai bisnis properti yang pasti berhasil.

5. Jujur Mujur

Trik pertama adalah untuk selalu jujur. Untuk bisnis jenis mana saja, watak jujur adalah dasar utama. Sebab kejujuran bisa membuat konsumen lebih percaya. Saat konsumen telah menaruh kepercayaan, maka Anda akan mudah menarik hati mereka agar mau membeli properti yang ditawarkan. Kecuali itu, watak jujur bakal menciptakan reputasi yang bagus di mata pembeli yang artinya bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar di masa mendatang.

6. Jalin Relasi

Tentu saja sangat penting untuk punya relasi yang banyak dan luas, karena otomatis reputasi Anda pun kian diketahui banyak orang, sehingga bisa berkembang dari skala kecil hingga besar. Sehingga, Anda bisa lebih mudah memperoleh info mengenai properti sekaligus berpeluang menjalin kerja sama yang akan menghasilkan keuntungan yang tak disangka. Bahkan kemungkinan Anda bisa menggunakan aset orang lain untuk dijual, sehingga Anda bisa menjalankan bisnis properti tanpa modal.

7. Awali dari Orang Terdekat

Cara memulai bisnis properti tanpa modal yang paling mudah adalah mengawali memasarkannya pada orang-orang di sekitar. Di dekat Anda boleh jadi mungkin anggota keluarga, sahabat, atau tetangga yang bermaksud mencari rumah atau sebaliknya ingin menjual properti miliknya.

ilustrasi memperbaiki dan menjual properti
Mengawali bisnis properti tanpa modal bisa dengan memperbaiki rumah kemudian menjualnya di harga yang lebih tinggi.

Anda dapat ikut menjualkan atau menemukan properti untuknya, lalu mendapatkan untung begitu transaksi berjalan lancar. Ini adalah bisnis yang betul-betul tak membutuhkan modal uang. Dengan modal nol, Anda bisa meraih untung jika pintar memanfaatkan kesempatan yang ada.

8. Menjalin Kemitraan dengan Developer Properti

Ketika menjalin kerjasama dengan pengembang properti, Anda harus bisa memperoleh detil kunci misalnya lokasi, harga, diskon, maupun beragam penawaran spesial yang lain. Perlu pula diketahui rincian rumah maupun spek dari unit properti yang dijual misalnya ukuran dan model sehingga memudahkan Anda menjualnya.

Anda pun mesti paham berapa nilai komisi yang bakal diperoleh bila sukses memasarkan properti itu. Sehingga, Anda harus menyusun perjanjian kerjasama dalam bentuk tertulis untuk bukti resmi sehingga tak akan dirugikan di masa mendatang.

9. Menemukan Konsumen Potensial

Sesudah mempunyai perjanjian resmi kerjasama dari pihak pengembang, Anda bisa mulai mencari calon buyer potensial. Skill pemasaran benar-benar diperlukan demi meyakinkan calon konsumen sehingga bersedia membeli properti yang dijual. Karena itu anda harus mampu mengenali kebutuhan maupun keinginan calon konsumen supaya Anda dapat menjual properti disesuaikan dengan permintaan mereka.

10. Gunakan Promosi Online

Di samping mendapatkan calon pembeli dari orang-orang terdekat, Anda pun bisa mengembangkan promosi yaitu dengan menggunakan internet. Beragam media yang dapat Anda gunakan diantaranya situs jual beli, situs, jejaring sosial, blog, maupun forum komunitas.

Anda dapat meng-upload banyak foto properti yang diiklankan kemudian tambahkan keterangan dengan rinci supaya gampang dipahami calon konsumen. Ketika mengiklankan properti pada situs jual beli dan lainnya Anda harus menambahkan e-mail dan nomor ponsel supaya calon konsumen bisa cepat mengontak Anda.

11. Memilih Profesi dalam Bisnis Properti

Terjun di bisnis properti dapat dijalankan setiap orang dengan syarat paham caranya dan sanggup menggunakan kesempatan. Dalam bisnis properti pun ada beberapa profesi yang dapat dipilih yang layak untuk Anda coba.

  • Sebagai Broker Properti. Menjadi broker properti tak memerlukan dana banyak. Anda cukup membutuhkan data properti yang hendak dijual di dekat Anda kemudian mempromosikannya. Anda tentu saja harus menghubungi pemilik properti kemudian bujuk agar mau bekerja sama dalam mengiklankan properti yang dimiliki. Nilai komisi pun harus dirundingkan dan disepakati. Begitu penawaran diterima, Anda bisa mempromosikan properti itu ke media massa, surat kabar, situs jual beli, dan banyak lagi.
  • Bekerja di Kantor Agen Properti. Anda pun dapat melamar di kantor agen properti sebagai agen. Jadi nantinya anda akan diberikan data terbaru mengenai properti yang ditawarkan dan iklan yang dapat dijual untuk calon konsumen. Di samping itu, Anda pun akan mendapatkan komisi apabila sukses memasarkan properti yang dimiliki kantor agen properti.
  • Membuat Kos-Kosan atau Kontrakan. Bisnis properti untuk mahasiswa yang paling tepat adalah membangun kos-kosan. Apabila Anda punya saudara atau kawan yang punya sebuah rumah yang tak ditempati di tempat strategis, maka anda bisa meminta ijin agar bisa membantu menawarkan properti itu untuk disewakan.  Anda dapat membagi untung dari uang sewa dengan pemilik properti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *