9 Cara Menabung Untuk Membeli Rumah

menabung untuk membeli rumah

Benarkah membeli rumah tanpa hutang adalah impian yang sulit untuk tercapai? Bahkan jika gaji 3 juta, 2 juta, bahkan 1 juta? Tahun 2021 memang tahun yang sulit, karena kita baru saja menjalani pandemi yang merontokkan ekonomi.

Tapi, tidak benar sama sekali sebab dengan sedikit usaha, Anda dapat mewujudkan keinginan Anda itu. Yang harus dilakukan adalah menabung meskipun gaji kecil atau UMR. Berikut tips cara menabung untuk beli rumah agar lebih mudah dan berhasil.

Agar bisa beli rumah meskipun sederhana, Anda tidak bisa hanya mengandalkan pinjaman saja. Meskipun beberapa bank bersedia meminjamkan lebih dari 80% dari harga pembelian, namun itu artinya Anda masih harus dapat pinjaman lain sebesar 20%  untuk menutupi kekurangan. Karena itu perlu cara menabung untuk membangun rumah lainnya agar lebih realistis. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika menabung untuk beli rumah:

1. Ketahui Apa yang Anda Butuhkan

Cara menabung agar cepat punya rumah pertama adalah memastikan Anda memiliki gambaran tentang berapa banyak uang yang ingin Anda hemat bersama. Ini memberi Anda tujuan yang jelas yang membuatnya lebih mudah dan cepat untuk melakukan upaya dan membuang hal-hal lain yang merugikan.

Untuk benar-benar mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan dalam program membeli rumah, ada baiknya Anda bertanya di berbagai bank tentang KPR atau mencari harga rumah di internet. Berdasarkan informasi itu Anda dapat menentukan jumlah target tabungan Anda sehingga rencana pun bisa dibuat.

2. Buat Buku Kas Anda Sendiri

Tips menabung untuk beli rumah selanjutnya adalah dengan membuat buku kas sendiri. Melacak pemasukan dan pengeluaran Anda adalah cara untuk mendapatkan wawasan tentang situasi keuangan Anda dan poin-poin di mana Anda mungkin bisa menabung. Tentu saja Anda dapat melakukannya dengan pena dan kertas, tetapi ada juga berbagai aplikasi yang dapat membuat hidup lebih mudah mudah.

Prosesnya sendiri membuat Anda sadar untuk menentukan berapa banyak yang Anda belanjakan, yang juga memudahkan untuk membatasi pengeluaran tersebut. Dan itu adalah awal yang baik untuk langkah selanjutnya.

3. Buatlah Anggaran dan Patuhi Itu

Setelah memetakan pengeluaran Anda, tugas sebenarnya dimulai. Di pos mana Anda dapat menghemat dan berapa banyak? Bisakah Anda juga kini tak menikmati lagi kopi takeaway di pagi hari dan apakah perlu makan sushi setiap minggu?

Berdasarkan pandangan kritis Anda, buatlah anggaran yang dapat Anda ikuti. Jangan menghemat terlalu drastis dari pengeluaran Anda dan selalu sediakan sedikit cadangan. Jika anggaran Anda terlalu ketat, itu malah akan menurunkan motivasi Anda bahkan bisa menjadi bumerang.

Bagi yang tak terbiasa berdisiplin dalam hal keuangan, tips ini memang terasa sangat berat. Apalagi saat tanggal muda dan di tabungan ada banyak uang karena habis gajian, tentu tergoda untuk membelanjakannya.

Namun bila Anda tak berdisiplin maka Anda tak akan pernah memiliki rumah. Camkan itu!

4. Berbelanja dengan Pertimbangan Matang

Sekarang Anda harus berpegang pada anggaran yang telah disusun. Ketika berbelanja, setiap penghematan adalah bonus yang layak untuk diambil.  Tetapi jangan langsung membeli semua yang Anda dapatkan diskonnya. Bandingkan harga di supermarket dan pikirkan dua kali apakah Anda benar-benar membutuhkan barang itu.

Selain itu, pastikan untuk mencermati tagihan bulanan Anda. Apakah Anda membayar untuk layanan yang sebenarnya tidak Anda butuhkan? Dan langganan internet kabel, apakah ada yang lebih murah?

Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan bisa menghemat beberapa ratus ribu rupiah setiap bulan.

5. Buka Rekening Tabungan Terpisah

Setiap orang kemungkinan besar memiliki rekening tabungan termasuk juga Anda. Dengan memiliki tabungan yang saldo di dalamnya ada banyak, pati Anda tergoda untuk mengambilnya saat ada pesta diskon atau ada produk baru. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk membuka rekening tabungan terpisah dengan tujuan tunggal menabung untuk membali rumah.

Menabung setiap bulan di rekening tabungan rumah itu dengan nominal tetap dan pastikan Anda tidak mengambilnya sampai siap untuk membeli rumah. Dengan demikian Anda tidak akan tergoda untuk terlebih dahulu membeli smartphone baru atau celana mahal dengan uang yang sebenarnya diperuntukkan bagi rumah idaman Anda.

6. Ciptakan Lebih Banyak Penghasilan

Ini adalah cara menabung buat beli rumah yang mudah dikatakan namun sulit untuk dilakukan. Semakin banyak uang yang masuk, semakin cepat Anda akan mendapatkan jumlah tabungan rumah yang dibutuhkan.

Apakah Anda mendirikan stand di taman depan untuk menjual kue mangkuk rumahan atau mencari pekerjaan fleksibel sementara untuk mendapatkan uang tambahan. Mengumpulkan lebih banyak pemasukan adalah salah satu kiat menabung untuk membeli rumah yang paling efektif.

7. Mulai Berinvestasi

Investasi tak cuma dapat dinikmati kelas atas saja, namun kaum menengah bawah pun bisa dengan pilihan instrumen investasi tertentu. Anda mampu mulai berinvestasi yang mempunyai risiko kecil diantaranya reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap jika saldo tabungan tak mencukupi untuk membayar uang muka rumah.

Anda pun dapat memilih menabung emas untuk beli rumah jika menginginkan nilai aset yang stabil yang cenderung meningkat. Jika mengambil investasi saat masih menabung uang muka rumah, pastikan Anda punya dana darurat agar tetap bertahan jika mengalami sesuatu yang tak dikehendaki. Soalnya tabungan Anda hampir seluruhnya bakal digunakan untuk uang muka dan angsuran rumah.

Kenyataan ini mungkin saja menimbulkan masalah keuangan jika tak ditopang dana darurat. Anda dapat memilih beragam deposito yang cukup kecil risikonya. Kami juga pernah menulis cara investasi properti untuk pemula jika Anda ingin mengubah rumah yang umumnya sebagai liabilitas menjadi penghasil pendapatan.

8. Hilangkan Perilaku Boros

Cara menabung buat beli rumah selanjutnya adalah dengan mengubah total perilaku finansial Anda selama ini. Langkah pertamanya tentunya adalah dengan menghilangkan perilaku boros.

Seringnya orang-orang akan menggunakan 70% pemasukan untuk memenuhi kebutuhan setiap hari misalnya membeli makanan, pakaian, angkutan, hingga hiburan. Anda kini mesti menggunakan anggaran yang dimiliki dengan hati-hati. Tidak boleh mengambilnya dari tabungan untuk beli rumah yang dalam hal ini berupa uang muka dan angsurannya.

Anda dapat mengadopsi perilaku hemat mulai saat ini, namun tidak usah berlebihan seperti sepasang suami istri ini. Tak ketinggalan mencatat pengeluaran mana saja yang dilakukan dalam satu bulan.

Jika ada sisa dari dana yang 70 persen itu, Anda dapat menambahkannya dalam tabungan rumah. Akan tetapi jika pengeluaran Anda justru terlalu banyak, ada baiknya segera dievaluasi dimana yang menyimpang.

Perilaku konsumtif orang umumnya biasanya muncul pada awal bulan ketika baru mendapatkan gaji. Perilaku boros dapat ditinggalkan jika Anda dapat menyusun anggaran yang pasti dalam hal pengeluaran kemudian juga menabung pada awal bulan.

9. Sediakan Dana untuk Asuransi Properti

Di samping menyisihkan uang untuk ditabung dalam program membeli rumah, Anda pun sebaiknya menyediakan dana sejumlah tertentu untuk membeli asuransi properti. Soalnya tiap orang maupun aset berbentuk properti termasuk rumah juga beresiko mengalami hal tak terduga.

Risiko tersebut misalnya terjadinya gempa bumi, kebakaran, banjir, pencurian dan sebagainya. Anda pastinya tak akan pernah mengetahui risiko yang akan menimpa rumah Anda.

Termasuk solusi dalam mengurangi beberapa risiko di masa depan yang tak terduga yaitu membeli asuransi properti. Asuransi jenis tersebut penting untuk menjaga rumah dari berbagai kerugian. Itu bisa berupa kerugian langsung yang disebabkan sebuah peristiwa, atau kerugian tak langsung karena terjadinya gangguan.

Apakah 9 cara menabung untuk beli rumah di atas adalah cara super cepat? Mungkin tidak. Tetapi jika Anda menerapkannya secara konsisten, Anda akan dapat mengumpulkan uang dalam jumlah yang sangat signifikan dan lebih cepat daripada jika Anda hanya sesekali menyimpan sisa uang kembalian di celengan Anda. Semoga cara menabung untuk membeli rumah idaman di atas berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *