Cara Menabung Untuk Pendidikan Anak

Menabung untuk pendidikan anak

Keluarga pasti menginginkan anaknya mendapatkan yang terbaik, salah satunya dengan memastikan anak-anaknya menerima pendidikan yang terbaik, baik melalui sekolah negeri maupun sekolah swasta.

Dalam rumah tangga, biaya hidup terus mengalami kenaikan. Oleh karena itu, keluarga cenderung berfokus untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari, namun kesadaran mempertimbangkan menabung untuk pendidikan anak harus semakin besar.

Perencanaan Menabung Itu Penting

Menariknya, biaya pendidikan meningkat sekitar tiga kali lipat dari biaya lain yang terkait dengan biaya hidup sehari-hari secara umum (berdasarkan indeks harga konsumen) dan diperkirakan akan terus meningkat pada tingkat yang sama di masa yang akan datang. Merencanakan pengeluaran akan membantu Anda untuk menentukan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang yang nantinya akan membuat rencana yang seimbang untuk memenuhi tujuan tersebut.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan apabila melihat biaya pendidikan yang meningkat ini, antara lain:

  • Pajak Anda;
  • Kurun waktu untuk berinvestasi;
  • Tingkat risiko yang Anda inginkan dalam strategi apa pun;
  • Utang yang Anda miliki;
  • dan bahkan tingkat kedisiplinan Anda.

Bagaimana Cara Menabung Untuk Pendidikan Anak?

Ada banyak strategi yang dapat dilakukan untuk memenuhi pengeluaran yang akan datang khususnya perihal pendidikan anak Anda. Di antaranya:

Dana Yang Dikelola, Termasuk Saham

Dana yang dikelola memungkinkan Anda untuk membangun portofolio investasi yang terdiversifikasi dari waktu ke waktu dengan memanfaatkan kekuatan bunga majemuk dan kontribusi reguler. Portofolio investasi ini kemudian dapat ditarik untuk memenuhi biaya pendidikan tahunan.

Dana yang dikelola menawarkan lebih banyak kontrol pada Anda daripada obligasi asuransi atau rencana tabungan Pendidikan. Jenis aset ini juga memberikan akses ke modal tanpa adanya penalti.

Tidak seperti strategi lain, strategi ini tidak ada penalti jika Anda memutuskan menarik uang lebih dini.

Apabila Anda memiliki 20 juta rupiah untuk diinvestasikan, secara realistis Anda hanya dapat membeli saham di satu perusahaan. Namun jika menggunakan dana yang dikelola, Anda dapat memiliki eksposur langsung ke beberapa manajer di berbagai kelas aset.

Investasi dapat disesuaikan sehingga campuran kelas aset mencerminkan jangka waktu dari biaya pendidikan yang diharapkan.

Misalnya, aset pertumbuhan dapat ditebus untuk membayar biaya pendidikan menengah, sementara aset dari dividen dapat digunakan untuk biaya sehari-hari.

Melunasi Utang Hipotek

Mungkin cara yang paling sederhana untuk menabung untuk pendidikan anak adalah dengan mempercepat atau meningkatkan pembayaran hipotek.

Jika hipotek memiliki fasilitas penarikan kembali, atau rekening penggantian kerugian, jumlah tersebut kemudian dapat ditarik untuk memenuhi biaya pendidikan saat jatuh tempo.

Warisan

Orangtua yang akan mendapatkan warisan punya kelebihan dalam bentuk mewariskan harta tersebut “melewati satu generasi” dan diberikan langsung untuk pendidikan anak-anak mereka sendiri.

Misalnya, mereka dapat mengatur bersama orang tua mereka untuk meninggalkan warisan kepada anak-anak mereka, yang dapat disimpan dalam trust oleh orang tua atau ditempatkan dalam wasiat.

Prepaid Education

Tahukan Anda sebelumnya bahwa Anda dapat membayar biaya pendidikan di muka? Jika sekolah mengizinkan, opsi yang menarik adalah membayar uang sekolah di muka bertahun-tahun sebelumnya. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengurangi kenaikan biaya pendidikan.

Beberapa sekolah akan mengizinkan pembayaran di muka langsung kepada mereka, sementara yang lainnya menawarkan opsi melalui penyedia keuangan. Dalam kasus terakhir, kredit diperoleh dari biaya sekolah di masa depan untuk pembayaran lebih awal.

Obligasi Asuransi

Obligasi asuransi disebut sebagai investasi yang dibayar pajak. Sementara distribusi akhir diterima tanpa pajak jika diadakan lebih dari sepuluh tahun, investor membayar pajak secara internal sebesar tiga puluh persen selama proses tersebut.

Perlakuan ini telah membuat obligasi asuransi menarik bagi mereka yang berpenghasilan tinggi dengan jangka waktu investasi yang lama, secara efektif Anda dapat mengakses tarif pajak perusahaan.

Jika penarikan dilakukan sebelum tahun kesepuluh, pendapatan menjadi dapat dinilai oleh investor dalam sliding scale.

Selain potensi keuntungan pajak, investor biasanya diizinkan untuk memberikan kontribusi hingga 125 persen dari kontribusi tahun sebelumnya setiap tahun, dan menikmati keuntungan pajak yang sama dari kontribusi tersebut seperti investasi awal.

Orang tua atau kakek nenek umumnya akan memegang obligasi investasi sebagai perwalian untuk anak. Jika kasusnya seperti ini dan obligasi ditebus sebelum sepuluh tahun penuh, setiap pendapatan yang dapat dinilai akan diberikan kepada orang tua atau kakek nenek. Jenis aset ini sayangnya belum tersedia di Indonesia.

Obligasi Pendidikan dan Rencana Beasiswa

Cara menabung untuk pendidikan anak lainnya adalah dengan obligasi pendidikan yang mirip dengan obligasi asuransi, tetapi secara khusus dirancang untuk biaya pendidikan. Setiap paket memiliki sponsor dan penerima manfaat siswa. Sayangnya, jenis aset ini juga belum ditawarkan oleh penyedia jasa di Indonesia.

Ada dua akun dalam satu rencana, yang pertama adalah akun kontribusi (atau modal), Anda dapat melakukan penarikan untuk tujuan apa pun tanpa pajak; yang kedua adalah akun penghasilan.

Pendapatan investasi dari rencana tersebut dikenai pajak dengan tarif perusahaan sebesar tiga puluh persen. Pengurangan kemudian diklaim oleh penyedia dimana rencana tersebut digunakan untuk membayar biaya pendidikan yang ditentukan.

Asalkan akun penghasilan digunakan untuk tujuan yang ketat ini, sehingga meningkatkan jumlah yang tersedia untuk membayar pendidikan.

Salah satu kelemahan dari rencana ini adalah jumlah yang dibayarkan dari akun penghasilan kemudian dapat dinilai oleh siswa dan dikenakan pajak pada tarif marjinal mereka, yang dapat menjadi tarif penalti untuk anak di bawah umur.

Alhasil, produk tersebut lebih diminati bila digunakan untuk biaya pendidikan tersier.

Membiayai pendidikan anak Anda mungkin tampak terlihat sulit. Dengan strategi dan rencana yang tepat, untuk mencapai tujuan Anda tidaklah sesulit apa yang telah Anda bayangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *