Cara Menjadi Trader Saham Untuk Pemula, Sukses Dengan Trading

  • Saham
Cara Sukses Jadi Trader

Dengan semakin populernya dunia investasi, belajar trading saham menjadi salah satu alat untuk mendapat uang tambahan. Dengan menggunakan gawai pribadi, profesi trader pun menjadi mudah dilakukan meskipun Anda adalah seorang pemula.

Oleh karena itu, Investbro akan memberikan tips dan cara menjadi trader saham bagi pemula.

1. Kenali Trading Lebih Dalam

Untuk menjadi trader saham, Anda perlu mengenal lebih dalam jenis trading yang akan dipilih. Keuntungan yang diperoleh didapat dari perubahan harga. Kegiatan trading dapat diumpamakan sebagai transaksi dagang. Dalam waktu singkat, Anda bisa mendapat keuntungan besar, namun juga berisiko rugi.

Trading Saham berbeda dengan melakukan investasi saham. Investasi berfokus pada jangka panjang, trading umumnya lebih mengarah pada keuntungan dalam jangka pendek.

Dengan demikian, Anda dapat membayangkan perbedaan seorang investor menjadi puas ketika mendapat keuntungan 20% setiap tahun, sementara trader biasanya mengharapkan keuntungan hingga 60% per tahun.

2. Pahami Prinsip Trading

Trading cenderung berprinsip pada aktivitas jual dan beli. Seorang trader sering menggunakan fluktuasi harga demi memeroleh keuntungan. Mereka cenderungnya memperhatikan pergerakan harga saham, kemudian memperkirakan apakah selisih harga jual dan beli dapat memperoleh keuntungan bagi mereka atau tidak.

Pergerakan harga saham suatu perusahaan sering berubah dalam waktu singkat. Hal ini dimanfaatkan trader pro untuk mencari keuntungan menggunakan analisis teknikal melalui riset, dan mencari potensi saham perusahaan yang mengalami kenaikan harga.

3. Ketahui Strategi Trading

Sebagai trader profesional, Anda perlu berfokus pada kondisi pasar saham dan technical analysis (TA). Pada umumnya, naik-turunnya pasar saham bergantung pada kondisi politik-ekonomi negara maupun global. Guncangan politik dan ekonomi suatu negara umumnya akan mengganggu stabilitas pasar saham, oleh karena itu Anda sebaiknya menunda untuk masuk ke pasar saham hingga kondisinya stabil.

Sementara itu, beberapa trader sukses memantau pergerakan ekonomi sebagai salah satu strategi agar bisa mendapatkan target profit maupun terhindar dari kerugian. Dengan demikian, penyusunan rencana yang jelas tentunya akan memudahkan trader untuk memeroleh keuntungan secara signifikan.

Trader pemula mesti mengetahui ilmu membaca candlestick pada saham untuk melakukan analisis teknikal.

4. Mengerti Risiko Trading

Serupa dengan investasi, trading memiliki risiko yang bernama capital loss. Capital loss merupakan posisi harga jual lebih murah dibandingkan harga yang dibeli. Trader perlu memperhatikan beberapa alasan memungkinkan dari penurunan harga saham.

Oleh karena itu, strategi yang tepat bagi pemula untuk terjun kembali ke pasar saham adalah mengingat harga saham selalu mengalami perubahan yang cepat serta terdapat risiko dari keputusan yang dipilih. Disarankan jangan pernah merisikokan lebih dari 2% portofolio pada setiap trade.

5. Jangan Lupa Analisis Fundamental

Agar bisa menjadi trader yang sukses, Anda perlu mencari tahu tentang valuasi dan risiko trading saham. Dalam mendalami valuasi dan risiko, tidak hanya berdasarkan analisis teknikal, seorang trader akan melakukan analisa fundamental.

Valuasi saham dapat diperoleh dengan mencermati laporan keuangan perusahaan, membaca laporan tahunan, menelaah aksi perusahaan serta public exporsure yang dijangkau oleh perusahaan.

Ketika Anda mencermati profil perusahaan yang bagus, meskipun harga saham mereka jatuh, Anda tetap bisa mempertimbangkan untuk membelinya atau tidak. Keputusan ini bisa menjadi pertimbangan yang menguntungkan lantaran perusahaan tersebut akan mengalami kenaikan harga saham meskipun sempat jatuh.

Meski demikian, swing trading yang bersifat jangka pendek lebih disarankan untuk melakukan analisis teknikal dengan memerhatikan harga saham harian. Ketika harga saham harian naik, di saat itulah Anda dapat menjual saham.

6. Belajar dari Demo Account

Untuk menjadi trader yang berhasil, Anda perlu mempraktikkan teori yang telah dipelajari. Hal itu bisa mempercepat Anda melakukan trading online. Dengan memulai dengan akun demo, Anda dapat menerapkan ilmu yang dipelajari serta mengenal seluk beluk trading saham.

Demo account menjadi salah satu fasilitas aplikasi trading online terbaik bagi pemula untuk menambah pengalaman sebelum terjun secara nyata. Mereka akan menggunakan uang virtual namun Anda tidak perlu memiliki modal terlebih dahulu.

Penggunaan akun demo akan membantu Anda dalam meningkatkan kekuatan analisa serta mempersiapkan Anda untuk terjun pada trading saham sesungguhnya. Selain itu, anggaplah uang virtual tersebut sebagai modal Anda sesungguhnya.

Untuk memaksimalkan akun demo, Anda harus lebih serius dalam membuat perencanaan trading serta melalukan analisis yang lebih serius berdasarkan kondisi pasar.

7. Mencari Broker yang Sesuai

Trading saham memiliki beragam broker. Oleh karena itu Anda dapat memilih broker sesuai dengan kebutuhan Anda.

Meskipun masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan, broker akan membantu Anda dalam memudahkan proses trading. Oleh karena itu Anda harus memilih dan mempertimbangkan broker yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Bagi trader pemula yang belum memiliki akun di sekuritas, Investbro pernah membuat daftar sekuritas terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda melakukan jual beli saham.

Namun, jika ingin melakukan riset sendiri, berikut adalah beberapa cara untuk menganalisis broker yang tepat untuk Anda:

  • Pilihlah broker yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI)
  • Perhatikan dan sesuaikan syarat setoran awal broker dengan modal Anda
  • Memperhitungkan jumlah komisi transaksi yang mereka dapat
  • Perhatikan pelayanan broker terhadap Anda, misal terkait rekomendasi saham tertentu.
  • Memperhitungkan jangka waktu penyetoran ketika dana Anda tidak mencukupi
  • Mempertanyakan jumlah denda yang dikenakan ketika Anda terlambat menyetor

8. Mencari Modal untuk Trading

Anda tidak akan bisa memeroleh keuntungan tanpa memiliki modal. Sedangkan ketika Anda memeroleh keuntungan saat bermain trading menggunakan demo account, keuntungan tersebut hanyalah berbentuk virtual.

Dalam hal ini, Anda perlu mengumpulkan modal yang cukup. Broker sendiri memiliki syarat ketika Anda ingin memasukkan setoran modal awal Anda. Modal yang disyaratkan cenderung beragam, bahkan ada yang memiliki nilai minimal Rp100.000 saja. Tentunya tidak bisa dilakukan tanpa modal.

Meski demikian, Anda perlu berbalik pada tujuan kepada keuntungan. Ketika Anda memiliki modal yang kecil, maka keuntungan yang Anda perolah tidak akan besar.

Contohnya, ketika Anda memilih menyetorkan modal sebesar Rp 250.000 dan memeroleh keuntungan sebesar 10% per tahun, maka kamu hanya akan mendapat Rp 25.000. Mungkin keuntungan ini hanya cukup untuk mengenyangkan perut Anda.

Untuk trader pemula disarankan untuk memiliki modal minimal Rp5 juta rupiah. Tujuan utama Anda adalah memeroleh keuntungan yang besar dalam waktu singkat sehingga Anda perlu memiliki modal yang lebih besar pula.

Sebenarnya, besar kecilnya minimal modal saham Anda tidak dapat ditetapkan secara mutlak. Namun memilih modal minimal Rp5 juta bisa menjadi standarmu untuk memulai trading. Anda dapat menyesuaikan modal dengan kemampuan finansialmu apabila angka tersebut terasa sangat berat.

9. Selalu Siap Dengan Segala Kemungkinan

Jual beli saham mengharuskan trader harus siap menghadapi kondisi pasar. Alasannya, trading memiliki risiko yang lebih tinggi sehingga peluang rugi pun lebih tinggi. Karena trading merupakan aktivitas yang high risk dan high return, Anda harus siap menerima kerugian jika ingin memperoleh potensi keuntungan yang besar juga.

Anda dapat mengumpulkan modal sambil bermain akun demo. Ketika Anda memiliki modal yang lebih besar dan matang dalam trading saham, dengan mudahnya peluang kerugian dalam trading akan minim terjadi. Sementara itu, Anda perlu bijak dalam mempertimbangkan modal Anda karena modal tersebutlah yang akan membuahkan keuntungan rill untuk Anda.

Semoga cuan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *