Cara Merencanakan Keuangan di 2021: Panduan Lengkap

perencanaan keuangan

Hidup kita penuh dengan prioritas. Kadang kita merencanakan prioritas hidup, namun kadang ada prioritas tak terduga. Bisa jadi Anda memiliki banyak target yang membutuhkan dana. Target tersebut antara lain adalah membeli rumah, memiliki anak, membayar biaya pendidikan dan pernikahan mereka, dan memiliki cukup uang untuk kehidupan pensiun yang nyaman.

Namun pengeluaran tak terduga misalnya kerusakan kendaraan atau tagihan rumah sakit dapat merusak rencana keuangan Anda. Di sinilah pentingnya merencanakan keuangan dimana Anda dapat mengontrol pengeluaran, apapun yang terjadi. Menabung dan berinvestasi dengan sarana perencanaan keuangan yang tepat akan memudahkan Anda untuk mengeluarkan anggaran sesuai kebutuhan.

Memiliki penasihat keuangan dapat membantu Anda membangun dasar keuangan kuat meski terdapat pengeluaran tak terduga. Penasihat keuangan dapat memberi nasihat jika ada perubahan tentang undang-undang perpajakan atau fluktuasi ekonomi global. Mereka dapat membantu Anda menyesuaikan kondisi finansial. Seorang penasihat yang terpercaya dapat merancang keuangan secara terstruktur, dimana Anda akan terbantu untuk melewati fluktuasi finansial. Pengeluaran Anda pun tetap berjalan sesuai rencana.

Pentingnya Menyesuaikan Rencana Dengan Perencanaan Keuangan dan Alat Investasi

TujuanJangka WaktuRencana Keuangan
Tabungan PernikahanJangka pendekPilih tabungan dengan resiko rendah
Tabungan Uang Muka KPRJangka pendek – menengahPilih tabungan konvensional dengan bunga sedang
Tabungan kuliahJangka menengah – panjangInvestasi dengan resiko sedang untuk mendapatkan bunga potensial. Tabungan dengan pajak besar juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk dana pendidikan.
Investasi Hari TuaJangka PanjangPortfolio Anda harus memiliki banyak waktu untuk memprediksi fluktuasi pasar, dimana investasi dengan resiko lebih tinggi justru sangat sesuai. Sedangkan bagi karyawan, program iuran jaminan hari tua dari perusahaan dan potongan PPh memberikan keuntungan yang signifikan saat menabung untuk masa pensiun.
Tabungan Hari Tua Dari PemasukanJangka PanjangMemiliki rencana pendapatan terstruktur serta portofolio investasi seimbang untuk memastikan Anda tidak menghabiskan uang terlalu cepat atau mengambil terlalu banyak, karena risiko saat masa pensiun sangat penting. Strategi penarikan uang secara disiplin ditopang dengan sumber pendapatan yang terjamin merupakan kunci keberhasilan.
Perencanaan WarisanJangka PanjangPada fase ini, perencanaan distribusi harta warisan Anda secara adil kepada ahli waris serta meminimalkan beban pajak dengan memanfaatkan strategi perencanaan harta milik harus menjadi prioritas utama. .
Contoh target dan jenis perencanaan keuangan dan alat investasi yang dipilih

Memahami Kebutuhan Anda

Awalnya, penasihat keuangan Anda akan menganalisa Anda dan keluarga lebih jauh, dengan mengumpulkan informasi tentang kondisi finansial keuangan Anda saat ini, tujuan masa depan, dan juga kekhawatiran serta pendapat Anda. Selama fase ini, Anda dan penasihat dapat merancang keuangan dan mendiskusikan strategi perencanaan keuangan dan layanan yang tersedia untuk membantu pemecahan tantangan keuangan spesifik yang Anda hadapi.

Menyusun Rencana Komprehensif

Perencanaan keuangan Anda mungkin berfokus pada satu tujuan atau strategi yang lebih kompleks, tergantung pada keadaan Anda. Merencanakan keuangan contohnya bisa berupa menabung untuk masa pensiun atau menabung untuk pendidikan anak, menghasilkan uang dari posisi ekuitas yang terkonsentrasi, atau membangun kepercayaan untuk memberi manfaat bagi anak dengan kebutuhan khusus.

Tetapi, mungkin, Anda memerlukan strategi kompleks seperti jikalau ingin menjual bisnis Anda. Setelah itu, Anda berencana menggunakan hasil penjualannya, bersama dengan aset lain yang dapat diinvestasikan, untuk menghasilkan pendapatan yang Anda butuhkan demi masa tua yang nyaman.

Atau Anda mungkin punya banyak rencana yaitu tidak hanya menjual bisnis Anda serta mengembangkan rencana pensiun yang efektif, tetapi juga membangun yayasan amal untuk mendanai keinginan filantropis Anda.

Mengimplementasikan Perencanaan Keuangan

Pada tahapan ini, perencanaan keuangan diimplementasikan melalui kolaborasi dengan para profesional yang relevan sesuai keinginan. Rencana ini harus berdasark pada tujuan Anda, yang sudah diungkapkan sebelumnya saat proses awal dengan penasihat keuangan, serta faktor-faktor yang ada di dalam perencanaan investasi, juga macam-macam dan tingkatan resiko yang dapat Anda hadapi, tetapi tetap membuat Anda merasa nyaman.

Atur Perencanaan Keuangan

Setelah Anda siap, perencanaan keuangan menjadi proses berkesinambungan yang krusial untuk memantau kemajuan investasi Anda. Konteksnya adalah tujuan utama Anda dalam meninjau semua informasi yang relevan secara berkala. Anda mungkin perlu menyesuaikan komponen-komponen khusus dari rencana Anda dengan mempertimbangkan keadaan yang fluktuatif serta tujuan yang berkembang. Jika keadaan ekonomi dan keuangan Anda dapat menjamin, penasihat Anda mungkin juga merekomendasikan perubahan taktis pada portofolio Anda – sambil tetap berpegang pada tujuan jangka panjang.

Tahapan Perencanaan Seumur Hidup

Kehidupan adalah perjalanan yang panjang. Setiap tahapan kehidupan selalu menghadirkan tantangan serta kesempatan finansial. Rahasianya adalah mengidentifikasi kebutuhan, tujuan dan sumber daya, serta memahami apa yang harus diharapkan pada setiap fase kehidupan. Langkah-langkah di bawah ini akan membantu Anda untuk melalui proses saat Anda mengembangkan, menekan dan memonitor perencanaan keuangan seumur hidup.

Pondasi Keuangan Masa Depan

Untuk menempatkan pondasi keuangan di masa depan, Anda harus menyeimbangkan skala prioritas dan membuat perencanaan. Semakin cepat Anda memulai, semakin bagus kesempatan untuk membangun dasar finansial solid yang berkembang seiring keberadaan Anda, serta mendukung kebutuhan jangka pendek dan tujuan jangka panjang.

Secara bertahap, kontribusi kecil tapi rutin untuk berinvestasi dapat membantu Anda mencapai tujuan, sekaligus membentuk kedisiplinan menabung. Tidak ada kata terlambat untuk merancang keuangan. Mungkin Anda sudah menabung dan berinvestasi selama bertahun-tahun tanpa adanya strategi formal. Tapi, saat ini adalah waktu terbaik untuk mewujudkan perencanaan finansial terstruktur.

Tabungan

Menjaga keseimbangan yang tepat antara pengeluaran dan tabungan sangat penting. Susun anggaran yang dimana pengeluaran Anda lebih kecil dibandingkan dengan pemasukan. Identifikasi kebutuhan Anda yang lebih mendesak, seperti biaya perawatan rumah, membayar listrik dan air, serta tentukan anggaran keinginan lain, seperti berlibur, membeli mobil, atau menikah.

Alokasikan sebagian anggaran untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Mengelola atau bahkan menghilangkan utang juga tak kalah penting. Jika Anda memiliki hutang, rencanakan membayar secara sistematis untuk menghindari hutang baru.

Dana Darurat

Siapkan dana darurat dari sebagian penghasilan pada investasi likuid seperti tabungan, giro dan akun pasar uang (money market). Banyak penasihat keuangan merekomendasikan Anda untuk menyimpan paling tidak dana sebesar tiga hingga enam bulan pendapatan dalam bentuk uang tunai serta investasi likuid.

Mengembangkan Aset

Setelah memiliki perencanaan keuangan keluarga dan pribadi yang sudah matang, fokus pada mengakumulasi aset untuk menopang Anda, keluarga, karir dan masa depan. Anda akan berjuang untuk mengatur kebutuhan dan tujuan yang silih berganti dengan cara membuat perencanaan dengan mempertimbangkan hubungan antara gaya hidup saat ini dengan kebutuhan di masa mendatang.

Berinvestasi

Pilih investasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan, pertimbangkan hambatan, serta kewajiban keuangan. Kembangkan strategi alokasi aset yang terdiversifikasi yang dirancang untuk memenuhi tujuan keuangan untuk mengurangi volatilitas dalam portofolio Anda.

Strategi tersebut harus mencerminkan toleransi Anda terhadap risiko. Identifikasi risiko yang ada serta pilih asuransi yang sesuai jika diperlukan, seperti asuransi rumah, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan disabilitas.

Saat merencanakan keuangan untuk pensiun, mulailah lebih awal dan manfaatkan kekuatan bunga majemuk, terutama di rekening yang mendapat keringanan pajak. Pertimbangkan keuntungan yang didapatkan pada asuransi pensiun, medis, jiwa dan disabilitas dengan perencanaan keuangan secara menyeluruh. Saat merencanakan dana untuk pendidikan perguruan tinggi, evaluasi semua opsi pendanaan pendidikan yang dimanfaatkan oleh Anda dan anak, dari rencana tabungan hingga beasiswa.

Membuat Perubahan

Saat mendekati usia penisun, prioritas Anda juga pasti berubah. Yang dulunya selalu berusaha mengumpulkan dana, tapi kini justru sering menggunakan dananya. Fase ini adalah saat dimana Anda harus mengembangkan rencana realistis dalam penggunaan uang di masa pensiun, serta bagaimana mendapatkan pemasukan di tahun-tahun berikutnya.

Strategi perubahan ini termasuk mengetahui berapa dana pensiun yang dibutuhkan, mempertimbangkan opsi rollover dana pensiun, dan menyusun strategi penggunaan uang. Pilihan investasi di masa pensiun juga berbeda dibandingkan di masa muda.

Persiapkan transisi menuju masa pensiun dengan menghitung masa pensiun, dan menyiapkan strategi saat hari pensiun datang. Anda juga harus mengetahui manfaat dari dana pensiun dimana Anda mungkin dapat pula memaksimalkannya. Semua dana pensiun yang dapat Anda miliki dapat dimaksimalkan untuk tabungan hari tua.

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat Anda hampir memasuki masa pensiun adalah:

  • Merawat lansia atau orang tua sendiri
  • Merawat tuna grahita
  • Konsolidasi investasi dan sumber finansial lain, jika memungkinkan, untuk menyusun proses yang mudah dalam mengatur arus kas masuk.
  • Perencanaan asuransi kesehatan, serta perencanaan perawatan jangka panjang dan pengeluaran darurat dalam merancang keuangan
  • Menyusun surat warisan sebagai cadangan saat Anda meninggal karena kecelakaan atau sebab lain, dengan menetapkan pembagian aset serta donasi untuk amal.

Penggunaan Uang Secara Bijaksana

Luangkan waktu untuk menyusun rencana solid tentang cara Anda menikmati masa pensiun. Anda perlu memutuskan bahwa untuk mencapai tujuan sekaligus mempertahankan aset, Anda harus mengelola pengeluaran serta pemeliharaan aset yang telah Anda miliki.

Perencanaan untuk hal-hal tak terduga seperti kebutuhan potensial dalam perawatan jangka panjang sangat penting dilakukan. Masa pensiun juga merupakan waktu untuk mengubah strategi portofolio Anda, dari yang berfokus pada menghasilkan keuntungan menjadi strategi yang dirancang untuk memberikan pendapatan konsisten sekaligus mempertahankan kekayaan sambil mengikuti inflasi.

Kembangkan serta pertahankan kebijakan pengeluaran berkelanjutan, yaitu membedakan kebutuhan dan keinginan Anda yang dirancang supaya uang Anda bertahan selama masa pensiun.

Bertahan

Banyak investor di masa pensiun berinvestasi untuk mencapai pendapatan tetap untuk dapat mengimbangi, atau melebihi kenaikan biaya hidup. Investasi ekuitas yang dirancang untuk tujuan ini dapat membantu mereka yang memiliki pendapatan untuk mendapatkan arus kas yang berpotensi stabil melalui dividen, seiring dengan pengimbangan inflasi.

Namun, nilai saham cenderung berfluktuasi dan menimbulkan risiko lebih tinggi dimana para pensiunan yang memiliki pendapatan tetap tidak dapat mengatasinya. Karena itulah, investasi yang dapat menjadi sumber pendapatan stabil dan dapat diandalkan, seperti gaji tetap atau anuitas sering kali berfungsi sebagai dasar untuk portofolio pendapatan yang terdiversifikasi dengan baik.

Mempertimbangkan Masa Depan

Anda dapat hidup secara mapan dan memanfaatkan warisan Anda melalui strategi perencanaan keuangan untuk melindungi aset. Ajak penasihat keuangan untuk bekerja sama dalam merancang strategi terkoordinasi untuk mengatur kepada siapa, dan bagaimana Anda ingin aset didistribusikan. Pertimbangkan pula penyebab yang paling Anda perhatikan serta lakukan amal yang bersifat tax-advantaged.

Pemindahan Aset

Perencanaan keuangan keluarga akan membuat Anda siap untuk semua tahapan kehidupan, termasuk keputusan yang Anda buat tentang penyerahan aset kepada ahli waris. Rencana pemindahan properti yang terstruktur dengan baik akan memastikan bahwa urusan Anda tertangani secara benar, oleh orang yang Anda percayai.

Teknik perencanaan aset berubah secara dramatis selama beberapa dekade terakhir, sesuai syarat hukum yang lebih kompleks. Hal ini bukan lagi sekedar pemindahan aset Anda melalui surat wasiat, tetapi juga hibah langsung ke penerima, revocable trust, polis asuransi, pengacara handal, serta surat wasiat adalah alat untuk mengatur pemindahan harta benda kepada ahli waris Anda secara terarah.

Kelas Aset

Sekumpulan bentuk investasi yang dikenali melalui karakteristik dan performanya. Tiga macam kelas aset yang paling umum adalah saham atau ekuitas, surat berharga pendapatan tetap atau obligasi, dan uang kas atau yang setara dengan kas yakni harga tidak bergerak, akun pasar uang, dan banyak lagi.

Index Harga Konsumen (CPL)

Index Harga Konsumen berfungsi untuk menentukan inflasi dan deflasi, dengan mengukur perubahan harga tetap dari produk dan jasa, termasuk perumahan, tarif listrik, transportasi dan makanan. Istilah ini juga dikenal dengan nama Cost Living Index.

Toleransi Resiko

Kadar resiko yang dihadapi oleh investor, dimana investor sudah siap untuk menghadapinya saat menentukan portfolio investasi

Saham

Saham adalah sarana investasi yang mewakili pembagian kepemilikan dari perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Investor akan merasakan peningkatan atau penurunan nilai saham dan akan menerima pembagian hasil atau dividen.

Konsep Perencanaan Keuangan

Diversifikasi

Diversifikasi investasi yang Anda miliki akan mengurangi risiko yang Anda hadapi. Tujuan diversifikasi adalah untuk melindungi Anda, seperti penurunan tajam harga saham.

Setiap jenis investasi merespons perubahan ekonomi secara berbeda. Jadi, jika Anda memiliki berbagai aset, penurunan harga saham harus diimbangi dengan stabilitas atau peningkatan nilai di aset Anda yang lain.

Diversifikasi tidak menjamin keuntungan. Namun, diversifikasi dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan yang sudah dibuat.

Alokasi Aset

Alokasi aset adalah strategi perencanaan keuangan jangka panjang yang dirancang untuk membantu investor meraih tujuan finansial, tanpa menanggung risiko yang tidak semestinya. Hal ini berdasarkan pada pemikiran bahwa jenis investasi yang memiliki karakteristik berbeda, akan berpengaruh pada perkembangan ekonomi dan keuangan yang juga berbeda.

Aset berisiko tinggi seperti saham merupakan opsi yang dapat dipertimbangkan dalam merancang keuangan jangka panjang. Tetapi, nilainya akan berfluktuasi serta dapat membuat portofolio Anda berisiko lebih besar. Sebaliknya, investasi pendapatan tetap dianggap kurang berisiko. Namun, jenis investasi ini juga tidak memberikan pengembalian keuntungan secara besar.

Sedangkan sekuritas seperti obligasi korporasi tingkat tinggi, saham preferen, dan saham utilitas publik umumnya menawarkan keuntungan pembayaran bunga atau dividen reguler. Hanya saja, pertumbuhannya relatif lebih rendah dibandingkan investasi awal.

Perlu diketahui bahwa alokasi aset tidak menjamin keuntungan, atau melindungi dari kerugian. Anda perlu berkonsultasi dengan penasihat keuangan tentang kondisi finansial Anda secara keseluruhan, seperti sekuritas yang sudah Anda miliki, properti, harta dari koleksi, dan aset lain. Hal ini penting dilakukan sehingga total alokasi aset Anda dapat memenuhi tujuan, sekaligus mengukur toleransi Anda terhadap risiko kerugian.

Resiko Spektrum Perencanaan

Aturan umum investasi adalah semakin besar asumsi risiko, semakin besar potensi pengembalian investasi tersebut. Salah satu cara terbaik menurunkan risiko portofolio serta memperoleh pengembalian investasi tinggi adalah dengan mendiversifikasi investasi pada spektrum kelas aset, seperti yang ditunjukkan dalam contoh piramida risiko di bawah ini.

spektrum risiko investasi
High risk = high reward.

Kontrak Opsi

Kontrak yang menawarkan hak kepada pembeli, namun pembeli tidak punya kewajiban, untuk membeli atau menjual sekuritas dengan harga tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Reksa Dana

Reksa Dana dikelola secara profesional dari banyak investor sehingga menawarkan diversifikasi serta manajemen profesional. Dana ini diinvestasikan dalam bentuk sekuritas seperti saham, obligasi, instrumen pasar uang, dan aset serupa.

Saham Preferen

Golongan saham yang membayar dividen tetap dengan klaim atas pendapatan perusahaan sebelum pembayaran dividen dapat dilakukan kepada pemegang saham umum.

Anuitas

Kontrak yang dibeli dari perusahaan asuransi yang dirancang sebagai sumber pemasukan

Horizon Waktu

Umumnya, semakin lama waktu Anda miliki untuk investasi, semakin besar eksposur risiko yang akan Anda hadapi. Misalnya, seseorang yang baru berkarier memiliki kesempatan dan waktu lebih lama dalam masa depan untuk mengumpulkan kekayaan potensial signifikan melalui investasi secara yang teratur, disiplin, serta otomatis.

Jika ia merancang keuangan dengan cermat, ia bersedia menanggung risiko investasi yang lebih besar sebagai trade-off untuk potensi pengembalian yang lebih tinggi. Ia memiliki jangka waktu yang lebih lama dalam mengimbangi potensi kerugian.

financial planning dan horizon waktu
Strategi financial planning berubah sesuai tahap hidup

Lain halnya dengan perencanaan keuangan seseorang yang hampir pensiun. Mereka melakukan investasi yang tidak terlalu berisiko. Mereka mungkin saja memiliki lebih banyak tabungan dan lebih tertarik untuk memelihara aset daripada menumbuhkannya. Hal ini karena mereka memiliki waktu lebih sedikit serta ingin mengurangi kemungkinan kerugian.

Disini dapat disimpulkan bahwa penyesuaian alokasi aset dengan jadwal investasi Anda sangat penting. Konsep time value of money mesti dimengerti dalam merencanakan keuangan jangka panjang. Buat perubahan pada strategi alokasi saat Anda telah memasuki fase kehidupan yang baru.

Perencanaan Pajak

Setelah menentukan alokasi aset, investor perlu menempatkan aset pada akun kena pajak atau tangguhan pajak. Hal yang paling penting adalah aset yang dimiliki setelah terkena pajak. Akun terkena pajak, seperti portofolio saham, merupakan sarana dimana Anda berkontribusi karena telah membayar pajak penghasilan.

Sedangkan akun yang ditangguhkan pajak adalah pajak penghasilan yang belum Anda bayarkan. Akun yang ditangguhkan pajak memungkinkan uang Anda berkembang lebih cepat, tanpa beban pajak tahunan atas kontribusi atau capital gain.

Perlu diketahui bahwa Anda harus membayar pajak atas uang Anda, meskipun Anda sudah menariknya dari akun Anda. Rekening tangguhan pajak lebih diminati bagi investasi tabungan pensiun saat Anda menarik dana. Hal ini karena Anda pasti akan pensiun, serta Anda termasuk dalam kelompok pajak penghasilan yang lebih rendah.

Anda juga dapat menggunakan strategi untuk meminimalkan beban pajak Anda, bahkan dalam rekening kena pajak. Misalnya, dana indeks saham yang melacak LQ45 kemungkinan besar memiliki perputaran yang lebih rendah dibandingkan dana yang dikelola secara aktif dengan perputaran yang lebih tinggi di antara banyak sekuritas. Obligasi cenderung membagikan sebagian besar keuntungan setiap tahun sebagai bunga, yang dikenai pajak sebagai pendapatan biasa.

Pengawasan dan Penyeimbangan

Menentukan strategi alokasi aset tidak cukup untuk mencapai tujuan finansial. Anda harus mengeksekusi dan memantau alokasi Anda, melakukan penyesuaian berkala atau menyeimbangkan kembali aset untuk mempertahankan persentase alokasi murni.

Kondisi pasar dapat mengembangkan beberapa aset secara substansial, meskipun dapat juga mengurangi aset lainnya. Penasihat keuangan perlu mendampingi Anda untuk merancang keuangan dan meninjau portofolio investasi Anda, sehingga ia dapat memastikan bahwa investasi yang Anda lakukan seiring dengan toleransi risiko Anda. Penasihat juga dapat menuntun Anda tetap pada jalur tepat untuk memenuhi tujuan finansial Anda.

Penyeimbangan

Aksi menjual saham dan berinvestasi ulang dalam bentuk aset lain untuk menyelaraskan portfolio investor dengan alokasi aset yang ditargetkan.

Estimasi Kurs Dolar

Salah satu strategi untuk mengatasi investasi musiman adalah estimasi kurs dolar. Investasi ini merupakan dilakukan dengan menyisihkan setara jumlah dolar pada interval waktu tertentu. Pendekatan disiplin ini berasumsi sama dengan sistem ‘dollar-cost-averaging’, dimana investor yang membeli saham lebih banyak saat harga investasi rendah, dan membeli saham lebih sedikit ketika harganya tinggi.

Tabel di bawah menunjukkan contoh hipotetik dollar-cost-averaging, dimana investasi saham individu Rp2jt setiap bulan dalam kurun waktu setahun. Investasi rutin ini akan membuat seorang investor mengurangi keinginan untuk coba-coba “menentukan waktu kondisi pasar” dan menjauhkan resiko penentuan waktu yang salah karena keputusan emosional.

INVESTASI PER BULANNilaiHarga Per SahamJumlah Saham Yang Dibeli
JanuariRp2jtRp100rb20.00
FebruariRp2jtRp110rb18.18
MaretRp2jtRp120rb16.67
AprilRp2jtRp140rb14.29
MeiRp2jtRp110rb18.18
JuniRp2jtRp100rb20.00
JuliRp2jtRp90rb22.22
AgustusRp2jtRp90rb22.22
SeptemberRp2jtRp80rb25.00
OktoberRp2jtRp60rb33.33
NovemberRp2jtRp80rb25.00
DesemberRp2jtRp100rb20.00
Dengan DCA, Anda tetap memasukkan jumlah yang konstan terlepas dari harga setiap bulannya

Dollar-cost-averaging tidak menjamin keuntungan atau melindungi investor dari kerugian saat penurunan nilai pasar. Kenyataannya, karena perencanaan keuangan ini melibatkan investasi rutin dalam sekuritas, meskipun sekuritas juga memiliki level harga yang fluktuatif, Anda harus mempertimbangkan kemampuan finansial untuk terus melakukan pembelian selama periode tingkat harga rendah.

Namun, karena strategi ini adalah strategi jangka panjang, Anda harus siap untuk tetap berada pada jalur, terlepas dari periode harga saham sedang rendah ataupun tinggi.

Memilih Penasihat Keuangan

Dalam perencanaan keuangan, memilih penasihat keuangan sama pentingnya dengan memilih dokter. Anda harus membagikan rencana tentang uang Anda yang diinvestasikan, berapa banyak yang akan simpan, dan bagaimana Anda membelanjakan aset diskresioner, serta Anda dapat mengungkapkan banyak hal tentang nilai yang Anda miliki.

perencana keuangan
Perencana keuangan dapat membantu Anda merancang strategi yang komprehensif

Anda harus merasa nyaman berbagi informasi yang mungkin tidak Anda bagikan dengan teman atau keluarga. Selain itu, Anda juga perlu mempercayai financial planner, Anda harus mengikuti nasihatnya, dimana hal ini bukanlah hal yang boleh Anda lakukan dengan keluarga dan teman.

Salah satu hal krusial untuk dibicarakan dengan penasihat keuangan terpercaya adalah bagaimana kompensasi yang akan ia dapatkan atas jasanya bekerja untuk Anda. Banyak penasihat keuangan dengan spesialisasi perencanaan keuangan yang bekerja berdasarkan biaya tahunan tetap atau tarif per jam.

Cara lain untuk memberi kompensasi kepada penasihat termasuk membebankan persentase aset yang mereka kelola. Atau Anda dapat membayar komisi pada transaksi tertentu.

Apa Yang Perlu Diperhatikan

Penasihat keuangan dapat membantu Anda menentukan tujuan keuangan tertentu. Caranya dengan meninjau kondisi finansial Anda secara menyeluruh, mempertimbangkan pendapatan, aset dan kewajiban, portofolio saat ini, toleransi risiko, dan jangka waktu.

Ia harus dapat menawarkan berbagai macam opsi akun yang fleksibel, termasuk akun investasi konvensional atau berbagai alternatif berbasis biaya. Anda dapat memiliki banyak pilihan akun dan layanan investasi, seperti saham, obligasi, reksa dana, cd, asuransi dan anuitas, serta dana pensiun, dana pendidikan, pajak, perencanaan harta benda, perwalian, manajemen aset dan layanan perbankan.

Penasihat keuangan harus dapat memberi Anda akses ke data pasar secara tepat waktu, laporan penelitian, dan informasi ekonomi serta keuangan lainnya. Penasihat Anda tidak hanya membantu perkiraan skenario dengan menggunakan perangkat lunak perencanaan keuangan, tetapi juga memberi Anda informasi terbaru secara berkala akan kemajuan Anda menuju sasaran tujuan finansial, perkembangan pasar dan pembaruan kondisi ekonomi, serta banyak lagi.

Pertanyaan Yang Perlu Ditanyakan Kepada Penasihat Keuangan

  • Berapa lama anda bekerja sebagai penasihat keuangan?
  • Bisakah Anda bekerja sama dengan akuntan dan pengacara saya juga?
  • Apa latar pendidikan Anda dan juga sertifikasi kualifikasi profesional yang Anda miliki?
  • Bagaimana sistem pembayaran Anda?
  • Seberapa sering dan apa yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan klien?
  • Bagaimana cara saya memonitor rencana keuangan, sekaligus melacak performa investasi saya?

Perlu diingat bahwa tim penasihat perencanaan keuangan Anda harus bekerja sama, sehingga masing-masing dari mereka tahu bagaimana gambaran rencana keuangan Anda. Penasihat keuangan harus mau bekerja sama dengan pengacara dan akuntan yang sudah Anda tunjuk, sehingga mereka dapat berkoordinasi pada area finansial Anda.

Anda pun harus menyediakan waktu berkala untuk mendengar pendapat mereka, sehingga Anda dapat mengevaluasi performa investasi, serta meyakinkan bahwa pendapat mereka selaras dengan tujuan finansial Anda.

Tips Memaksimalkan Jasa Penasihat Keuangan

  • Anda harus jujur dan memberikan informasi secara lengkap tentang kondisi finansial keuangan, sehingga rekomendasi terbaik yang akan Anda dapatkan.
  • Sering berkomunikasi dengan terbuka tentang kebutuhan Anda saat ini dan di masa mendatang. Anda juga harus mengungkapkan kekhawatiran dan keinginan yang Anda miliki. Banyaklah bertanya dan sering-seringlah aktif terlibat saat berdiskusi dan merancang keuangan dengan penasihat.
  • Pelajari setiap dokumen secara hati-hati sebelum memutuskan investasi. Baca semua investasi yang direkomendasikan penasihat keuangan melalui literatur yang disediakan Penasihat keuangan. Pelajari dengan teliti untuk memahami dasar-dasar investasi, risiko, keuntungan potensial dan biaya.
  • Simpan semua catatan transaksi keuangan.
  • Pertahankan ekspektasi realistis untuk semua bentuk investasi Anda.
  • Miliki pikiran terbuka tetapi tetap harus berhati-hati dengan ide-ide investasi yang disodorkan.
  • Pastikan perubahan yang diberikan oleh penasihat keuangan, dimana hal ini dapat berpengaruh pada kondisi finansial Anda

Sumber: Raymond James.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *