Cara Pensiun Dini: 7 Langkah Mudah

  • Pensiun
cara pensiun dini

Bagaimana cara pensiun dini? Pertanyaan ini sering terdengar di telinga. Mungkin Anda khawatir akan masalah kesehatan. Mungkin Anda memiliki impian untuk mempunyai bisnis sendiri. Atau mungkin Anda merasa dituntut untuk melakukan sesuatu dengan cuma-cuma. Apapun alasannya itu, pertanyaan tetap sama yaitu: Apa yang diperlukan untuk saya ketika pensiun di usia 65? Atau di usia 50 atau usia 45?

Jawaban dari pertanyaan ini bergantung pada situasi keuangan Anda, akan tetapi jika Anda serius ingin mengetahui cara pensiun dini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan diantarannya :

  1. Tentukan gaya hidup.
  2. Membuat anggaran pensiun.
  3. Evaluasi keuangan Anda saat ini.
  4. Merubah gaya hidup.
  5. Alokasikan untuk investasi.
  6. Bertemu penasihat keuangan.
  7. Lakukan dengan cerdas.

Langkah-langkah ini beberapa sudah Anda lakukan. Jika demikian, Anda luar biasa! Anda sudah berada di depan dalam permainan ini. Jika tidak, ini waktu yang tepat untuk mulai bekerja!

Langkah 1: Tentukan Gaya Hidup

Sebelum menentukan perhitungan untuk cara pensiun dini dari PNS, karyawan swasta, maupun pekerjaan lain, Anda perlu tahu apa saja yang menurut Anda akan dilakukan pada masa pensiun. Gambaran mimpi akan menentukan anggaran Anda. Apakah ingin berkeliling dunia? Jika iya, anda membutuhkan anggaran cukup besar. Apakah ingin jalan-jalan melihat cucu? Membuka bisnis? Apakah ingin bervoluntir? Membawa keluarga dalam liburan besar? Tiap mimpi memiliki anggaran yang berbeda dan oleh sebab itu perlu dipertimbangkan lebih lanjut.

Langkah 2: Membuat Anggaran Pensiun

Cara hitung pensiun dini dari sisi keuangan tentu akan bergantung pada seberapa banyak pengeluaran yang diperlukan setiap bulannya. Agar adanya gambaran, maka perlu dilakukan perhitungan untuk mendapatkan gambaran biaya yang dibutuhkan. Kalkulator pensiun berguna untuk menunjukkan kepada Anda seberapa banyak Anda harus menabung untuk tabungan pensiun saat ini hingga memutuskan untuk pensiun.

Perlu diperhatikan bahwa Anda sebaiknya sudah tidak mempunyai cicilan. Karena Anda harus segera melunasi cicilan dan utang lainnya sebelum memilih untuk pensiun. Hutang akan mengurangi dana pensiun walau sedikit demi sedikit dan membuat Anda akan tetap bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama, walau Anda berkeinginan untuk pensiun dini.

Pengeluaran Anda akan terlihat beda di berbagai fase kehidupan, seperti dalam contoh ketika Anda tidak mengambil asuransi jiwa dan ketika Anda menambah asuransi kesehatan dalam jangka panjang. Anggaran ini jelas akan berbeda dan akan bergantung pada apa yang di inginkan di masa yang akan datang seperti untuk perjalanan jarak jauh berdurasi panjang, hobi, voluntir, atau bertemu sanak keluarga.

Langkah 3. Evaluasi Keuangan Anda Saat Ini

Pada langkah ini, Anda sudah memperkirakan anggaran untuk masa pensiun. Anda sudah mengetahui berapa budget yang dibutuhkan untuk masa pensiun dini. Buat target angka pensiun yang sudah Anda tentukan dan kurangi pengeluaran Anda dalam perhitungan pensiun seperti investasi, real estat, uang tunai, dan asset lainnya. Dapat kita lihat contoh dibawah ini.

hitungan biaya pensiun

Sebagai contoh, bisa kita lihat selisih antara jumlah yang dibutuhkan dan jumlah yang dimiliki dalam kurun waktu 10 tahun. Berdasarkan contoh tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Anda perlu menginvestasi menjadi sekitar Rp8 juta per bulan. 

Langkah 4: Merubah Gaya Hidup

Beberapa hal bisa menutupi perbedaan antara jumlah yang dibutuhkan untuk masa pensiun dan jumlah yang diperkirakan dalam waktu 10 tahun yang akan datang. Berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Lunasi hutang, seperti contoh hutang rumah Anda. Hutang adalah salah satu bagian yang akan menghabiskan uang pensiun. Hutang bisa membuat Anda tidak bisa menikmati hasil kerja keras selama ini di masa pensiun yang sudah di impikan. Ketika hutang belum terbayar secara lunas, maka tentu Anda tidak bisa menyisihkan uang untuk masa pensiun. Lunasi hutang segera mungkin!
  2. Meminimalisir anggaran pensiun. Ketika memutuskan untuk hidup dengan meminimalisir anggaran setiap bulan, maka Anda harus bisa meminimalisir budget traveling Anda.
  3. Menunda Pensiun. Ketika mentargetkan 10tahun kemudian untuk pensiun, maka Anda mempunyai lebih banyak waktu untuk bekerja dan menghemat keuangan, ini pun bisa memberi bunga majemuk yang cukup banyak untuk bekerja. Seperti perkiraan perhitungan dibawah ini: ketika Rp1,43 miliar pada usia 55 (seperti contoh di atas) menjadi Rp2,15 miliar pada usia 58 tahun.
  4. Kerja sampingan. Carilah kerja sampingan jika Anda merasa bahwa pendapatan Anda masih kurang untuk dana pensiun. Perkirakan berapa kekurangan yang dibutuhkan dan cari pekerjaan yang bisa menutupi jarak tersebut.

Dari penjelasan 4 poin tersebut maka sudah sangat jelas bisa merubah gambaran pensiun Anda. Pertanyaan yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri adalah seberapa mampu saya bisa bekerja keras hingga bisa memutuskan pensiun dini? Banyak orang merasa terjebak, ketika memimpikan pensiun dini akan tetapi tidak mau bekerja keras untuk mencapainya. Perlu diingat, bahwa tidak ada hal yang datang sendiri tanpa adanya pengorbanan. Pengorbanan seperti keringat, dan waktu adalah biaya yang harus dibayarkan untuk pensiun dini yang diimpikan.

Langkah 5: Alokasikan Untuk Investasi

Anda harus mengorbankan setiap rupiah bagi investasi untuk masa pensiun. Seperti contoh, jika liburan akan menghabiskan biaya Rp50 juta untuk keluarga, maka Anda bisa memotongnya menjadi setengah dan menggunakan Rp25 juta untuk investasi. Lalu bagaimana jika Anda bisa memotong anggaran belanja sebesar Rp1 juta per bulan? Itu adalah dana tambahan Rp12 juta per tahun untuk investasi. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang mungkin Anda cari untuk ditabung:

  • Pakaian
  • Hiburan
  • Kabel / satelit
  • Potong rambut
  • Biaya gym
  • Layanan berlangganan (seperti majalah, Netflix, Spotify, dll.)

Bisa Anda bayangkan berapa banyak uang yang bisa disisihkan untuk masa pensiun setiap bulan jika Anda memotong dengan kisaran 150 ribu rupiah dari setiap kategori? Itu 900 ribu per bulan — 10,8 juta per tahun! Bagaimana jika Anda menggandakan jumlah tersebut dan memotong 300 ribu rupiah dari setiap kategori?

Anda bisa menentukan apakah bisa pensiun dini atau tidak. Semua keputusan berada di tangan Anda.

Langkah 6: Bertemu Penasihat Keuangan

Penasihat keuangan bertugas untuk mengawasi keuangan, ikut terlibat dalam keuangan Anda, dan juga mampu mengatur keuangan baik pemasukan dan pengeluaran. Seorang client tidak ingin membuat keputusan sebelum berdiskusi terlebih dahulu bersama penasihat keuangan dan seorang penasihat keuangan mampu menjelaskan bagaimana jika client membuat keputusan misal A/B/C/D.

Langkah 7: Lakukan Dengan Cerdas

Saat sudah siap untuk meninggalkan pekerjaan Anda, ada beberapa hal yang perlu difikirkan dan membutuhkan tindakan untuk memaksimalkan potensi kekayaan Anda. Sebelum Anda pensiun, pertimbangkan hal berikut:

  • Mencoba berfikir kembali mengenai impian pensiun Anda. Apakah masih sama cara berfikir dengan pasangan Anda? Bagaimana ekspektasi Anda tentang perjalanan? Hobi? Lalu bagaimana Anda menggambarkan rutinitas harian Anda?
  • Pertimbangkan lokasi pensiun Anda. Sebelum Anda pensiun, pikirkan di mana Anda ingin tinggal. Apakah ini merupakan lokasi Anda saat ini? Apakah Anda ingin berhemat? Provinsi mana yang memiliki biaya hidup tertinggi? Apakah Anda ingin tinggal dekat dengan keluarga? Anda perlu memutuskan sebelum pensiun. Langkah yang tidak pernah direncanakan setelah pensiun akan dapat menghabiskan tabungan pensiun Anda.
  • Putuskan apakah Anda masih akan bekerja. Sebagian orang masih membutuhkan sedikit penghasilan tambahan. Bagaimana dengan anda Apakah ingin pensiun sepenuhnya? Apakah ingin bekerja paruh waktu dan mencoba memulai bisnis Anda sendiri? Apakah menurut Anda akan merindukan interaksi sosial yang biasa terjadi di tempat kerja? Pikirkan secara baik pertanyaan-pertanyaan ini sebelum memutuskan koneksi bisnis Anda. Ini adalah masa depan Anda, namun Anda perlu tahu bagaimana Anda menginginkannya!
  • Awasi dengan cermat uang pensiun dan memilih asuransi kesehatan. Ini merupakan dua hal penting yang bisa merubah rencana pensiun Anda. Anda tidak bisa hanya mengandalkan uang pensiun sebagai sumber pendapatan utama di masa pensiun. Uang pensiun bisa dijadikan sebagai bonus atas dedikasi Anda selama ini di perusahaan tersebut. Anda harus berfikir bagaimana bisa membuat anggaran berdasarkan pertimbangan beberapa poin diatas. Dan perlu mengingat tingkat orang yang akan pensiun saat ini, Anda perlu memperhatikan kisaran uang pensiun yang akan didapat. Uang pensiun akan mengalami perubahan baik saat ini maupun di waktu pensiun.

Faktor lain yang perlu difikirkan saat memutuskan pensiun dini adalah asuransi kesehatan. Jika suata saat Anda memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan yang memberikan akses BPJS, maka Anda perlu mendapatkan asuransi swasta. Ini merupakan faktor utama yang bisa menjadi pertimbangan saat Anda memilih pensiun dini. 

  • Menentukan pengelolaan sumber pemasukan. Sumber pemasukan hanya tempat untuk Anda bisa mendapatkan uang. Tabungan dalam bentuk apapun di luar dana darurat termasuk sumber pemasukan. Sumber pemasukan pun termasuk seperti reksa dana, properti, dan uang tunai di saku Anda. Namun, perlu diketahui kapan Anda bisa mengambil uang dari setiap sumber tersebut.

Banyak hal yang perlu dipikirkan dan diingat. Itulah mengapa sangat penting untuk bekerja dengan penasihat investasi saat Anda mencoba mencari cara untuk pensiun dini. Dan begitu Anda melihat bagaimana mereka bisa membantu Anda, mereka akan menjadi bagian penting perencanaan pension dini Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *