5 Kunci Utama Kesuksesan Bisnis Pertama

5 Kunci Utama Kesuksesan Bisnis Pertama

Setiap pebisnis tentu punya cerita menarik di balik perjalanannya mengembangkan usaha. Tak melulu cerita bahagia, tentu banyak juga cerita pahit dan kendala yang dialami, terutama saat baru memulai bisnis pertama. Belajar dari pengalaman itu, kira-kira apa saja, sih, kunci utama dalam kesuksesan bisnis pertama?

Cara Mengembangkan Usaha Kecil yang Menjanjikan

Siapa bilang memulai bisnis kecil-kecilan bahkan tanpa modal tidak bisa menguntungkan? Nyatanya, usaha kecil yang dikelola dengan baik bisa membuat Anda meraup keuntungan yang besar juga.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha kecil yang Anda miliki. Untuk lebih memudahkan Anda, berikut beberapa kunci utama di balik kesuksesan bisnis pertama, yang bisa dijadikan inspirasi dalam mengembangkan usaha:

1. Landasan Ide Bisnis Jelas

Sebelum memulai usaha, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan landasan bisnis yang diinginkan. Bukan hanya soal strategi berjualan, tapi juga tentang tujuan dari bisnis yang akan dijalankan.

Selain melakukan riset pasar, Anda juga bisa melakukan benchmark untuk menentukan target customer dari produk atau jasa yang akan dijual. Setelah landasan ide didapat, langkah selanjutnya adalah mengubah ide menjadi strategi bisnis dengan perencanaan yang matang. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan rekan bisnis, untuk menghasilkan keputusan yang tepat sasaran.

2. Merek Dagang Terjamin

Menjamin legalitas bisnis dengan mendaftarkan merek dagang adalah hal penting lain yang bisa menjamin kesuksesan bisnis pertama. Selain memastikan legalitas produk atau jasa yang dijual, mendaftarkan merek dagang juga bisa memberikan perlindungan hukum pada bisnis yang Anda miliki.

Selain mendaftarkan merek dagang, Anda bisa memaksimalkan perlindungan bisnis dengan mendaftarkan bisnis sebagai badan wajib pajak. Dengan begitu, legalitas bisnis akan semakin terjamin, dan Anda akan terhindar dari kemungkinan dilakukannya audit atau pemeriksaan pajak.

3. Pendanaan Terencana

Apapun bisnis yang dijalankan, modal adalah hal utama yang harus Anda pikirkan. Bukan hanya harus memiliki cukup modal untuk mengembangkan usaha, Anda juga perlu menyiapkan dana cadangan apabila bisnis tidak berjalan dengan yang seharusnya.

Untuk itu, setiap pebisnis perlu merencanakan pendanaan sebelum memulai mengembangkan usaha. Tidak perlu cemas, karena ada banyak opsi pendanaan yang bisa dipilih.

Meskipun hanya memulai usaha dengan modal kecil, Anda tetap bisa mencari solusi pendanaan yang bisa mendukung perkembangan bisnis pertama jadi lebih menguntungkan

4. Arus Kas Tercatat

Selain melakukan perencanaan pendanaan untuk bisnis, pebisnis juga perlu memperhatikan seluruh arus kas yang masuk dan keluar untuk keperluan bisnis pertama.

Faktanya, banyak pebisnis yang terlalu banyak mengeluarkan uang di fase awal pengembangan bisnis, yang berujung pada risiko finansial yang fatal dan membahayakan kesuksesan usaha yang dijalani. Oleh karena itu, penting bagi semua pebisnis untuk merencanakan, memperhitungkan, dan mengelola seluruh arus kas yang dimiliki.

Mengeluarkan terlalu banyak uang di tahap awal bisnis adalah langkah yang kurang efektif. Anda bisa menyiasati hal tersebut dengan meninjau kembali anggaran dana dan memotong biaya yang sifatnya tidak esensial untuk bisnis.

Selain boros dan terlalu banyak menghabiskan uang di tahap awal bisnis pertama, kesalahan lain yang sering terjadi pada bisnis pertama adalah perhitungan dan rekapitulasi kas yang masih manual. Padahal, saat ini banyak aplikasi kasir online yang menawarkan fitur pencatatan dan rekapitulasi kas dengan sistem yang lebih aman dan terpercaya.

5. Karyawan berkualitas

Memiliki tim dan karyawan yang solid dan berkualitas adalah investasi besar yang bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan bisnis pertama. Mengapa? Karena karyawan adalah garda pertama yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

Untuk memastikan kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan, pebisnis perlu menyusun strategi perekrutan dan pengelolaan karyawan yang baik dan benar.

Selain menjalin komunikasi yang baik, menjamin kesejahteraan karyawan bisa jadi langkah yang tepat untuk meningkatkan loyalitas karyawan pada perusahaan Anda. Dengan begitu, karyawan akan dengan senang hati bekerjasama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Pastikan juga Anda dan karyawan memiliki visi dan misi yang sama dalam memajukan bisnis yang sedang dijalani.

Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis

Pertanyaan terbesar yang seringkali muncul di benak pebisnis pemula adalah “Kapan sih, waktu yang tepat untuk memulai bisnis?”. Jawabannya hanya satu: Sekarang. Karena nyatanya, Anda tidak akan pernah bisa menemukan waktu yang tepat untuk memulai bisnis pertama.

Yang perlu dilakukan hanyalah berani melangkah dan bersiap dengan segala konsekuensinya. Yang salah adalah, menunda rencana memulai bisnis, karena terlalu takut menghadapi risiko yang ada di depan mata.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mempelajari 3 langkah jitu agar berani memulai bisnis pertama berikut ini:

  • Percaya Diri

Rasa bangga dan percaya pada diri bisa jadi bahan bakar yang menggerakkan semangat dalam memulai usaha. Energi positif yang berasal dari rasa bangga dan percaya diri itu bisa membantu Anda lebih berani mengambil langkah dan keputusan yang dibutuhkan dalam memulai usaha.

  • Percaya Insting

Bicara bisnis bukan hanya perkara waktu, tapi bagaimana Anda menyikapi diri dan tantangan yang ada di hadapan. Inilah mengapa pebisnis harus memiliki insting yang kuat dalam pengambilan setiap keputusan.

  • Terima Kemungkinan Terburuk

Saat berani melangkah maju dan memulai usaha, seorang pebisnis juga harus berani menerima kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Mulai dari kerugian kecil hingga kerugian yang fatal, pebisnis harus siap mencari solusi dan cara bangkit dari keterpurukan yang dialami.

Memulai bisnis pertama bisa jadi hal yang sangat menantang. Namun dengan mengetahui 5 Kunci Utama Kesuksesan Bisnis Pertama, Anda bisa menghindari kemungkinan terburuk yang bisa terjadi dan membahayakan bisnis impian yang sedang dijalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *