Memahami Premi Asuransi: Definisi dan Contoh

  • Asuransi
premi asuransi

Jumlah tagihan pada saat membeli polis merupakan definisi sederhana dari premi asuransi. Singkatnya, premi asuransi adalah biaya asuransi.

Berikut adalah penjelasan dasar untuk membantu Anda memahami apa itu definisinya dan cara kerjanya.

Apa itu Premi Asuransi?

Kita semua tahu bahwa perlu uang untuk membeli asuransi, tetapi ketika pertama kali melakukan pembelian asuransi ada istilah baru yang disebut dengan “premi”. Secara umum, premi adalah jumlah yang dibayarkan oleh seseorang (atau perusahaan) untuk polis yang menyediakan asuransi kendaraan, rumah, kesehatan maupun jiwa.

Bagaimana Cara Kerja Premi Asuransi?

Premi asuransi memiliki perhitungan dasar yang kemudian dicocokkan dengan informasi pribadi, lokasi, dan informasi lainnya. Hal ini akan menjadi perhitungan apakah calon nasabah akan mendapatkan diskon yang ditambahkan ke perhitungan premi dasar sehingga mendapat potongan harga biaya premi.

Informasi tambahan digunakan untuk mendapatkan harga yang diinginkan atau premi asuransi yang lebih bersaing atau pun lebih murah. Berikut adalah uraian yang lebih rinci mengenai empat faktor yang menentukan premi.

Premi asuransi memiliki jangka waktu yang bervariasi dalam pembayarannya. Bisa tahunan, per-tengah tahun, atau bulanan. Keputusan pembayaran premi di awal muka adalah keputusan perusahaan asuransi karena mereka bisa mensyaratkannya. Mereka menerapkan ini karena adanya pembatalan polis asuransi yang tidak dibayar oleh nasabah lain.

Pada dasarnya, premi adalah dasar “pembayaran asuransi”. Pada kasus tertentu premi dapat dikenai pajak mengikuti undang-undang asuransi setempat dan penyedia kontraknya bahwa bisa saja biaya layanan ditambahkan ke dalam premi tersebut. Informasi lebih lanjut tentang peraturan lokal mengenai biaya premi dapat ditemukan di pedoman dari OJK.

Setiap pengeluaran akan biaya tambahan dan biaya layanan lainnya akan dirinci secara terpisah pada premi atau laporan rekening nasabah. Biaya tersebut tidak akan dianggap sebagai premi.

Berapa Harga Premi Asuransi?

Premi asuransi akan memiliki harga yang bervariasi disesuaikan dengan jenis asuransi yang dipilih, begitu pula risikonya.

Itulah penyebab utama yang mendorong seseorang untuk bekerja dengan profesional asuransi yang dapat membelanjakan premi pada beberapa perusahaan asuransi dengan hasil yang memuaskan.

Banyak orang yang melakukan perbandingan harga asuransi, menemukan premi yang berbeda dengan premi lainnya di perusahaan asuransi lain yang lebih menghemat uang, biasanya perusahaan yang seperti itu adalah perusahaan yang lebih banyak memberikan bonus.

Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Harga Premi?

Premi asuransi ditentukan oleh empat faktor utama:

1. Jenis Pertanggungan Asuransi

Penawaran pilihan yang berbeda ditawarkan oleh perusahaan asuransi ketika nasabah berminat pada polis asuransi. Hal tersebut berdampak pada besarnya biaya premi nasabah yang disesuaikan dengan banyaknya pertanggungan yang dimasukkan.

Misalnya dalam premi asuransi rumah, polis asuransi yang menanggung semua resiko harganya akan jauh diatas polis asuransi rumah yang cuma menjamin risiko yang disebutkan di dalam polis.

2. Jumlah Pertanggungan dan Biaya Premi

Pembelian asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, atau asuransi lainnya pasti akan mengeluarkan banyak premi apabila jumlah pertanggungan nya lebih tinggi.

Ada dua cara untuk menentukannya, cara pertama sangat sederhana dan cara kedua lebih kompleks, tetapi cara yang terbaik digunakan untuk menghemat biaya premi.

  • Pengubahan jumlah pertanggungan yang diasuransikan dengan nilai yang diinginkan dapat dilakukan. Contohnya, mengasuransikan rumah seharga Rp2 miliar akan mempunyai harga yang berbeda dengan mengasuransikan rumah seharga Rp10 Miliar. Secara sederhana hal ini menyatakan bahwa banyaknya nilai yang diasuransikan akan mempengaruhi mahal nya premi. Ini adalah cara yang lebih mudah.
  • Tentunya kita bisa membayar lebih murah untuk jumlah pertanggungan yang setara jika membeli polis dengan tingkat deductible yang tinggi.Pada polis asuransi kesehatan atau kesehatan tambahan nasabah dapat mengambil deductible yang tinggi dan juga pilihan polis yang bervariasi seperti co-payment yang lebih tinggi atau waktu tunggu yang relatif lebih lama.

3. Riwayat Pribadi Nasabah Asuransi

Penentu premi asuransi lainnya yang akan dibebankan kepada pemohon adalah riwayat asuransi, tempat tinggal dan faktor kehidupan lainnya. Semua perusahaan asuransi memiliki kriteria yang bervariasi.

Ada perusahaan yang menentukan harga asuransi yang bergantung pada faktor pribadi, mulai dari riwayat peminjaman hingga seringnya kecelakaan kendaraan serta sejarah klaim nasabah dan juga pekerjaan. Hal-hal tersebut seringkali disebut sebagai diskon untuk biaya polis asuransi.

Dalam hal asuransi jiwa, pengaruh risiko lainnya untuk orang yang sedang diasuransikan adalah usia dan kondisi kesehatan.

Sama seperti korporat lainnya, perusahaan asuransi mempunyai target. Perusahaan-perusahaan asuransi saling bersaing dengan cara menentukan profil calon nasabah yang akan mereka targetkan dan menawarkan plan dan diskon untuk menjadi lebih aktraktif di mata target mereka.

Mungkin target pasar sebuah perusahaan asuransi adalah lansia atau pensiunan sedangkan perusahaan lainnya memiliki target pasar keluarga baru dan kaum milenial.

4. Persaingan Bisnis Asuransi dan Lokasi Sasaran

Sebuah perusahaan asuransi akan melakukan deviasi pada tarifnya karena ingin menarik segmen seagresif mungkin. Perusahaan asuransi dapat mengubah biaya premi asuransi secara drastis untuk sementara atau bahkan selamanya dalam skenario perusahaan asuransi itu sukses dan mendapatkan keuntungan yang tinggi di pasarnya.

Siapa yang Menentukan Premi Asuransi?

Tentunya perusahaan asuransi mempekerjakan orang yang ahli di berbagai bidang untuk menentukan risiko. Sebagai contoh perusahaan asuransi mempekerjakan aktuaris untuk menentukan:

  • Banyaknya risiko serta tingkat bahaya
  • Biaya klaim atau ketika nasabah mengalami musibah,aktuaris lah yang harus menentukan perkiraan dan tindakan berdasarkan data tersebut.

Aktuaris akan menentukan berapa harga yang harus dibayar nasabah sesuai dengan risiko yang ada. Ia juga melakukan perhitungan untuk seberapa banyak dana yang harus dipunyai oleh perusahaan asuransi untuk memastikan bahwa mereka mengumpulkan cukup uang untuk membayar klaim yang berpotensi terjadi dan juga menghasilkan uang.

Pembentukan penjaminan emisi dapat terbantu dengan adanya data yang dikumpulkan aktuaris. Setelahnya, penjamin emisi akan diberikan panduan untuk menjamin risiko, dan salah satunya adalah menentukan harga. Pihak perusahaan akan menentukan jumlah uang yang sebagai harga plan asuransi yang mereka tawwarkan kepada nasabahnya. 

Premi Asuransi Digunakan Untuk Apa Oleh Perusahaan Asuransi?

Perusahaan asuransi menerima pembayaran premi dari nasabahnya dan memastikan mereka mempunyai cukup dana dalam bentuk aset likuid untuk dapat membayar klaim orang.

Premi dari nasabah akan diambil oleh perusahaan asuransi dan disisihkan agar diinvestasikan setiap tahun ketika nasabah tidak mengajukan klaim. Jika perusahaan asuransi bisa mendapatkan lebih banyak uang daripada yang mereka bayarkan untuk biaya operasional, biaya klaim, dan biaya lainnya, itu adalah keuntungan bagi mereka.

Mengapa Premi Asuransi Berubah?

Ketika perusahaan asuransi mengalami keuntungan yang pesat mereka bisa jadi tidak akan menaikkan premi asuransi. Namun pada saat mereka mengalami penurunan keuntungan yaitu ketika perusahaan asuransi harus membayar banyak klaim dari nasabah maka mereka mungkin harus memikirkan ulang kembali struktur premi asuransinya dan faktor risiko pada apa yang masuk pertanggungan. Kemungkinan, premi dinaikkan dalam skenario tersebut.

Contoh Perubahan Premi Asuransi dan Kenaikan Tarif

Satu nasabah dengan nasabah lainnya di dalam satu perusahaan asuransi yang sama bisa mendapatkan harga yang jauh berbeda. Hal ini dapat terjadi berdasarkan berbagai faktor pribadi, pengurangan harga, atau faktor tempat, serta persaingan dengan pihak perusahaan asuransi dari setiap profil nasabah.

Aktuaris akan meninjau suatu daerah untuk mengetahui faktor risikonya. Apabila daerah tersebut menunjukkan gambaran risiko yang rendah maka biaya premi yang dibebankan kepada nasabah akan lebih minim atau lebih murah pada tahun tersebut. Jika kemudian pada waktu yang lain aktuaris melihat peningkatan kejahatan, terjadinya bencana alam, keuntungan yang menurun, atau meningkatkan klaim nasabah maka mereka akan meninjau kembali dan menaikkan biaya premi yang kemudian dibebankan kepada nasabah di daerah tersebut pada saat tahun baru. Hal ini penting diterapkan oleh perusahaan asuransi agar bisnisnya dapat bertahan. Akan tetapi, nasabah di lokasi tersebut kemudian dapat melakukan alternatif dan pergi ke perusahaan asuransi lain.

Dengan menetapkan harga premi yang lebih tinggi dari sebelumnya di daerah tersebut, nasabah dapat berganti perusahaan asuransinya. Ketika perusahaan asuransi kehilangan nasabah dari daerah tersebut karena tidak bersedia membayar premi yang telah dinaikkan maka kemungkinan rasio profitabilitas meningkat dan kerugiannya akan menurun. Klaim yang menurun dan harga premi yang sesuai berdasarkan risiko memungkinkan perusahaan asuransi untuk tidak mengubah biaya untuk nasabah mereka lainnya.

Trik Mendapatkan Premi Asuransi Yang Lebih Rendah

mendapatkan premi asuransi rendah

Menemukan perusahaan asuransi yang paling tertarik mengasuransikan Anda adalah trik jitu untuk mendapatkan premi asuransi terendah. Ketika biaya perusahaan asuransi tiba-tiba meningkat, sebaiknya nasabah perlu bertanya kepada agennya mengenai cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi premi.

Carilah perusahaan lainnya jika perusahaan asuransi tidak mau mengubah premi yang dibebankan. Selagi mencari perusahaan lainnya, bandingkan harganya, mungkin akan mendapatkan harga yang lebih baik. Dengan melakukan riset Anda akan mendapatkan perbandingan untuk menemukan biaya rata-rata asuransi yang paling cocok.

Mintalah agen asuransi atau profesional untuk menjelaskan alasan mengapa biaya premi meningkat. Selain itu, untuk membantu memahami apakah berada dalam posisi untuk mendapatkan harga yang cocok dan caranya jika ada peluang untuk mendapatkan diskon pada biaya premi asuransi.

Poin Penting Yang Harus Diingat

  • Premi asuransi adalah jumlah uang yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi untuk polis asuransi yang Anda beli.
  • Penentu premi asuransi adalah riwayat asuransi, tempat tinggal dan faktor kehidupan Anda lainnya.
  • Premi asuransi akan bervariasi disesuaikan dengan jenis asuransi yang dipilih.
  • Untuk mendapatkan harga yang cocok untuk premi asuransi , Anda perlu melakukan perbandingan harga dengan perusahaan asuransi yang tertarik untuk mengasuransikan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *