Perlukah Memiliki Asuransi Mobil?

  • Asuransi
Asuransi Mobil

Seberapa perlukah kita memiliki asuransi mobil?

Di Indonesia, memiliki asuransi mobil bukanlah keharusan. Dari alasan itulah membuat hampir semua pengemudi enggan untuk menggunakan asuransi mobil untuk melindungi mereka. Namun, ada banyak alasan lain untuk memiliki asuransi mobil yaitu :

  • Bayar sekarang untuk nanti – Dengan menginvestasikan uang yang sudah disisihkan sejak dini menggunakan asuransi mobil, kita dapat mencegah mengeluarkan biaya yang cukup besar ketika terjadi tabrakan, kerusakan total, cedera tubuh, dan sebagainya. Singkatnya, asuransi mobil dapat menolong kita untuk membayar biaya yang diperlukan akibat kecelakaan.
  • Melindungi diri kita dan orang lain – Siapapun yang berada di dalam mobil baik penumpang maupun pengemudi ketika terjadi kecelakaan, asuransi ini akan membantu kita untuk membiayai pengobatan akibat kecelakaan dan kerusakan pada mobil.
  • Menghemat waktu – Dengan memilih pertanggungan yang sesuai, dampak dari kecelakaan mobil yang sangat memakan waktu seperti negosiasi biaya perbaikan dengan pengemudi lain yang menyebabkan kerusakan terhadap mobil kita tak perlu lagi dilakukan. Jika polis asuransi yang digunakan tepat biasanya mobil tersebut akan segera diurus dan diperbaiki. Selain itu, asuransi ini juga membayar biaya perbaikan untuk mobil pengemudi lain yang terlibat. Biaya tersebut akan segera diproses setelah kita membuat klaim asuransi mobil.
  • Menenangkan pikiran – Ketika kita sudah memiliki asuransi mobil, kita tak perlu lagi khawatir ketika ingin berkendara dan terjadi kecelakaan apabila yang terlibat tak memiliki asuransi untuk mengganti biaya perbaikan atas kerusakan mobil.
  • Melengkapi tanggungan asuransi kesehatan – Dikatakan demikian karena biasanya tak seluruhnya biaya pengobatan dapat ditutupi oleh asuransi kesehatan, asuransi mobil dapat membantu kita untuk menanggung sisa biaya pengobatan. Polis asuransi mobil pun dapat menanggung biaya perawatan medis dan gigi yang disebabkan oleh kecelakaan.

Apabila dilihat lebih lanjut bukankah itu semua cukup menjelaskan mengapa asuransi mobil penting bukan?

Apakah biaya pertanggungan akan didapatkan secara menyeluruh atau hanya jika terjadi kecelakaan?

kecelakaan mobil

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi mobil, rasanya kita perlu menimbang kembali berapa banyak biaya yang dapat kita keluarkan untuk membayar premi asuransi. Kemudian pikirkan lagi biaya pertanggungan yang disediakan apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan?

Asuransi mobil yang akan membiayai kerusakan akibat tabrakan disebut juga collision. Asuransi ini akan membiayai tanpa memandang siapa penyebab kecelakaan tersebut. Misalnya ada yang menabrak bumper bagian belakang mobil kita, maka asuransi akan membiayai kerusakan di bagian yang rusaknya saja yaitu bumper bagian belakang. Sedangkan apabila kita yang menabrak mobil lain dari depan dan rusak di bagian bumper depan maka asuransi akan membiayai kerusakan di bagian bumper depan mobil.

Asuransi All-risk atau disebut juga komprehensif adalah asuransi yang menjamin segala resiko buruk yang akan terjadi pada mobil kita. Asuransi ini dapat melindungi mobil dari kerusakan ringan seperti lecet atau tergores di bagian bodi mobil hingga kerusakan yang sangat berat seperti kerusakan akibat bencana alam dan vandalisme dan kehilangan mobil akibat pencurian. Contoh kasusnya misal mobil kita tertimpa pohon yang jatuh akibat angin kencang sehingga bagian atap mobil rusak, asuransi ini akan membiayai kerusakan pada bagian atap tersebut.

Ketika mobil dipinjamkan, apakah asuransi mobil tetap diperlukan?

Tentu, asuransi mobil sangat diperlukan ketika mobil dipinjamkan. Polis asuransi mobil akan mengikuti mobil yang ditanggung dalam artian oleh siapapun mobil itu dikendarai, asuransi akan memberikan jaminan perlindungan terhadap mobil tersebut. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana asuransi mobil dapat diterapkan pada pengemudi lain yang menggunakan mobil kita:

Seorang teman perlu melakukan sesuatu dan kita meminjamkannya mobil kita. Kejadian yang tak diinginkan terjadi di tengah jalan. Dia menabrak mobil lain. Asuransi mobil khusus tabrakan akan membantu membiayai kerusakan pada mobil kita dengan mengajukan klaim kecelakaan kepada perusahaan asuransi. Kemungkinan premi akan meningkat karena kita mengajukan klaim kecelakaan.

Ketika kecelakaan tadi terjadi, bukan hanya mobil kita yang butuh diperbaiki tapi juga tanggung jawab kepada mobil dan pengemudi yang berada di dalam mobil tersebut. Asuransi mobil kita dapat membayar kerusakan mobilnya dan pengobatan cedera tubuh yang terjadi akibat tabrakan. Asuransi teman yang mengemudikan mobil kita juga dapat berperan untuk membantu menutupi kerusakan berlebih yang tak dapat ditanggung oleh polis asuransi kita

Pada kasus ini apabila teman kita tak memiliki asuransi mobil maka kemungkinan besar semua pertanggungjawaban atas kerusakan akan diberikan kepada kita sebagai pemilik mobil. Namun, hal ini dapat berlaku sebaliknya apabila teman kita lah yang ditabrak dan pengemudi lain yang bersalah harus membayar ganti rugi.

Dalam kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa ketika membuat kesepakatan dengan perusahaan asuransi, kita bisa mengeluarkan siapapun dari pertanggungan polis asuransi mobil kita. Dalam artian, orang-orang tersebut tak dapat dilindungi oleh asuransi kita apabila mereka mengendarai mobil yang kita miliki. Hal ini juga berlaku jika kita ingin melindungi orang yang mengemudi mobil kita secara rutin – misalnya pasangan atau supir pribadi – maka kita perlu memasukkannya ke dalam kesepakatan polis asuransi mobil kita.

Pentingkah asuransi mobil untuk anak-anak?

Memasukkan anak-anak kita pada polis asuransi untuk perlindungan ketika mereka pergi ke perguruan tinggi atau bahkan jika mereka tidak membawa mobil itu sangatlah penting. Mereka juga mungkin akan menggunakan mobil kita saat liburan telah tiba sehingga kita sebagai orang tua ingin memastikan bahwa keselamatannya terjamin saat mereka mengendarai mobil kita atau mobil lainnya. Hal tersebut juga berlaku ketika mereka berada di sekolah dan dimintai temannya untuk mengendarai mobil yang tidak diasuransikan. Jika terjadi kecelakaan tentunya asuransi ini dapat menjamin biaya perlindungan mereka dan hal itu sudah terjamin tanpa melihat mobil siapa yang dikendarainya.

Apakah biaya premi dipengaruhi oleh mobil yang akan diasuransikan?

Tak pelak lagi memang mobil adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi kisaran biaya premi yang akan dikeluarkan. Mobil tersebut dapat menentukan tinggi rendahnya biaya premi. Berikut adalah hal-hal yang dinilai dari mobil kita sehingga mempengaruhi besaran biaya premi:

Umur – Umur mobil dapat dilihat dari tahun produksinya. Biasanya mobil yang tergolong tua akan mengeluarkan harga yang lebih murah dibandingkan mobil yang baru yang memiliki nilai pasar lebih tinggi dan lebih mahal untuk diperbaiki apabila terdapat kerusakan. Meski begitu, mobil yang terlalu tua bisa jadi membuat biaya yang dikeluarkan lebih mahal akibat kelangkaan suku cadangnya dan fitur keamanan pada mobilnya yang cukup berisiko.

Merek dan Model – Untuk Merek dan Model tertentu akan lebih mahal untuk diasuransikan seperti kendaraan mewah, mobil sport eksotis karena nilai pasarnya lebih tinggi sehingga biaya perbaikannya pun pasti akan lebih mahal. Misal untuk memperbaiki kerusakan sedan seharga 200 juta rupiah yang mana suku cadangnya mudah ditemukan akan lebih terjangkau harganya dibandingkan dengan memperbaiki mobil seharga 1 miliar rupiah yang perlu diperbaiki di bengkel khusus. Biasanya hanya bengkel mobil bersertifikat yang diizinkan untuk melakukan perbaikan mobil. Contoh mobil yang murah untuk diasuransikan adalah merek SUV dan hatchback.

Risiko Pencurian – lagi lagi asuransi akan membahas risiko seperti ini, tentunya kita bisa melihat apakah sebuah mobil sangat diinginkan atau tidak. Bahkan ada daftar yang mencantumkan informasi mobil merek jenis apa yang sering dicuri dan apabila mobil kita ada dalam daftar tersebut, biaya premi asuransi tentunya akan lebih tinggi.

Faktor lain seperti adanya perangkat anti-pencurian di mobil kita dan mobil hibrida atau listrik seringkali mendapatkan potongan harga untuk biaya premi asuransi mobil yang akan dibebankan.

Apakah asuransi liability (umbrella insurance) diperlukan untuk melindungi keluarga?

agen asuransi

Asuransi liability yang dikenal sebagai Umbrella Insurance sangat diperlukan untuk membantu membiayai pertanggungan keluarga kita. Asuransi ini memberikan jaminan tambahan meliputi biaya tagihan medis atas cedera yang dialami oleh pengemudi yang tidak ditanggung oleh asuransi utama.

Contoh kasus: saat mengemudi kita menabrak mobil lain dan menyebabkan kecelakaan, pengemudi yang tertabrak minta ganti rugi sebanyak 10 miliar sedangkan asuransi yang dimiliki hanya mampu menanggung sebanyak 7 miliar, Umbrella Insurance akan membantu kita untuk menutupi sisanya – sampai pada batas tertentu yang sudah disepakati – sehingga tanggung jawab pun terselesaikan.

Asuransi yang menanggung pertanggungan rumah ataupun kendaraan dapat mulai dilakukan apabila pembayaran premi untuk asuransi utama sudah mencapai batas yang ditentukan. Asuransi ini dapat diklaim apabila terjadi kasus seperti tadi, jikalau tidak maka asuransi ini tidak cukup membantu dan mungkin menambah pengeluaran. Namun tentu saja, kita bisa menggunakan asuransi ini dengan biaya yang cukup terjangkau untuk mendapat perlindungan ekstra. Untuk memahami lebih lanjut, kita perlu membaca lebih banyak mengenai asuransi ini.

Kesimpulan

Kesimpulannya, keputusan untuk membeli asuransi mobil sangatlah penting demi menghemat waktu dan uang. Tentunya, bila kita membeli produk asuransi di perusahaan yang tepat. Perhatikan juga reputasi layanan klaim selain produk asuransi saat akan membeli asuransi mobil, layanan klaim sangat perlu diperhatikan untuk menghemat waktu dan menghindari kerumitan setelah terjadi kecelakaan agar proses dapat berjalan baik dari menderek kendaraan yang terdampak kecelakaan hingga tagihan medis dan perbaikan mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *