Strategi Menabung Emas Yang Mudah Dijalankan

  • Emas
strategi menabung emas

Nilai emas yang tak lekang oleh waktu dan selalu stabil membuatnya cocok untuk digunakan dalam berbagai tujuan. Dalam sejarah, emas pernah dijadikan mata uang dan diperdagangkan sehingga kemudian emas menjadi simbol kekayaan. Kestabilannya sebagai sesuatu yang berharga nan stabil sangat cocok untuk diinvestasikan sehingga beberapa tahun ini jumlah investor meningkat drastis bahkan menjadi tren. Nah, apa strategi menabung emas yang bisa anda jalankan dengan mudah? Apakah benar jika berinvestasi pada metal berharga sangat menguntungkan di masa modern ini?

Alasan Mengapa Harus Mengerti Strategi Menabung Emas

Emas menjadi berharga karena kelangkaannya seiring dengan kegunaannya untuk mencegah inflasi sehingga sangat cocok untuk dijadikan investasi. Investor yang berinvestasi di emas akan memiliki diversifikasi portofolio investasi yang lebih baik karena emas merupakan investasi alternatif, disamping berinvestasi dalam ekuitas, pendapatan tetap dan reksa dana.

Untuk lebih memahami pentingnya investasi emas, kita perlu menentukan tujuan investasi tersebut sebagai strategi investasi yang tepat. Apabila sudah mempertimbangkan tujuannya maka jenis emas yang diperlukan juga berbeda. Berikut adalah jenis-jenis emas yang bisa ditabung para pemula sesuai tujuannya

Menabung Jangka Panjang

Di masa depan, nilai emas dapat meningkat karena adanya fluktuasi nilai mata uang dan kelangkaan emas. Sehingga jika strategi anda adalah menabung emas untuk jangka panjang maka investasi dalam emas fisik dan reksa dana yang diinvestasikan dalam bentuk emas fisik adalah jenis terbaik yang dapat dipilih. Berbicara tentang cara investasi emas pada reksa dana yang diinvestasikan dalam emas fisik, dana tersebut akan memiliki nilai yang sangat mirip dengan harga emas fisik sehingga itu adalah pilihan teraman ketika emas fisik memiliki risiko yang cukup rentan. Untuk menyimpan dan menjaga emas fisik dalam jangka panjang sangat mahal dan memerlukan keamanan ketat. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses likuidasi investasi emas menjadi uang tunai cukup lama. Emas tidak menghasilkan bunga maupun dividen.

Strategi Berdagang di Pasar Emas

Ketika kita bertujuan untuk memasuki dunia perdagangan pasar emas, kita berinvestasi pada hal-hal yang berkaitan  dengan emas seperti berinvestasi untuk saham di perusahaan pertambangan emas, ETF (kontrak investasi kolektif), reksa dana, dan lain-lainnya. Strategi investasi tersebut memudahkan kita dalam berdagang dan memanfaatkan perubahan jangka pendek di pasar emas. Kontrak berjangka seperti ini memiliki risiko yang cukup tinggi namun dapat diatasi dengan ETF dan reksa dana yang menyediakan cara berbiaya rendah untuk memasuki pasar emas dan membantu mendiversifikasi investasi sehingga menurunkan risiko. Beberapa ETF dan reksa dana dapat berinvestasi di saham pertambangan emas. Perlu diingat bahwa berinvestasi di perusahaan emas tidak hanya dipengaruhi oleh nilai emas yang ada di perusahaan pertambangan tersebut namun juga dipengaruhi oleh pengeluaran dan kinerja perusahaan.

Untuk memulai perdagangan ini, kita perlu mendaftar dengan akun perdagangan. Selain mengeluarkan uang untuk membeli saham dengan cara-cara tersebut, kita juga perlu membayar komisi broker/pialang (biaya yang dibebankan pihak sekuritas kepada investor untuk proses penyampaian order transaksi jual beli sahak ke dalam sistem perdagangan elektronik). Investasi ini juga dapat dipengaruhi oleh risiko pasar nilai tukar USD.

Menyimpan Kekayaan

Ketika terjadi krisis ekonomi, emas dapat menjadi salah satu tempat berlindung yang aman untuk menyimpan kekayaan kita. Strategi menabung emas dengan tujuan store of value (SoV) berarti investasi yang cocok digunakan adalah cara tradisional yaitu memiliki emas fisik dalam bentuk yang dapat disentuh dan dipegang. Emas fisik memiliki fungsi sebagai penyeimbang pasar saham dan pelindung nilai dari terjadinya inflasi. Perlu diperhatikan bahwa walaupun tampaknya ini aman, kita harus selalu memantau harga emas sebelum memutuskan untuk menjualnya karena adanya fluktuasi ketika adanya penurunan ekonomi.

Store of Value emas

Emas fisik dapat dibeli dengan mudah karena tersedia di semua toko perhiasan. Di toko perhiasan biasanya tersedia berbagai macam pilihan emas murni seperti koin emas atau emas batangan. Emas batangan biasanya memiliki harga yang lebih rendah daripada koin emas karena koin cenderung didesain yang membebankan premi lebih tinggi.

Hampir semua investor menabung emas sebagai investasinya di semua portofolio investasinya. Selain itu, sebelum berinvestasi emas, pastikan untuk mempelajari lebih jauh agar kita sudah sepenuhnya siap melakukan investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *