Tips Memilih Asuransi Kesehatan, Tanyakan 10 Pertanyaan Ini

  • Asuransi
memilih asuransi

Sebagian orang merasa bingung tentang cara memilih asuransi kesehatan. Oleh karenanya, kami merangkum 10 pertanyaan yang harus Anda pertimbangkan.

1. Seperti apa jenis asuransinya?

Perlu mencari tahu apakah asuransi kesehatan dalam bentuk ganti rugi atau sistem perawatan yang terkelola. Jika jenis asuransi dalam bentuk ganti rugi, Anda cukup membayar persentase biaya medis, dan perusahaan asuransi membayar persentase sisanya dan juga Anda diperbolehkan memilih dokter sendiri. 

Namun jika asuransi dalam bentuk perawatan, biasanya dalam bentuk health maintenance organization (HMO) atau organisasi penyedia pilihan (PPO), Anda akan butuh membayar biaya minimal. Dengan adanya HMO, Anda akan membayar biaya bulanan tetap untuk layanan perawatan kesehatan, akan tetapi Anda hanya bisa pergi ke dokter yang telah bekerja sama dengan HMO. Melalui PPO, Anda akan mendapatkan diskon jika menggunakan dokter tersebut. Anda bisa pergi ke dokter di luar sistem PPO, tapi Anda akan dikenakan bayaran tambahan.

2. Berapa biaya yang harus saya bayar ketika melakukan perawatan medis?

Perlu mencari tahu jumlah premi asuransi. Selanjutnya, tanyakan apakah Anda akan dikenakan pembayaran secara kolektif, biaya akan tetap kecil, untuk layanan perawatan kesehatan.

Sebagian paket memiliki pengurangan, yaitu jumlah yang harus dibayar sebelum polis dan akan menutupi pembiayaan medis apapun. Cari tahu akan hal ini, dan cari tahu persentase biaya yang akan ditanggung oleh asuransi tersebut jika memenuhi deductible.

3: Apakah saya bisa menggunakan dokter di rumah sakit Ini?

Perlu ditanyakan tentang batasan dalam memilih dokter atau rumah sakit. Mintalah daftar dokter dan rumah sakit yang termasuk dalam asuransi tersebut untuk memutuskan apakah asuransi ini akan tepat untuk Anda.

4: Apa saja keuntungan dari asuransi ini?

Tanyakan apakah paket asuransi ini telah termasuk layanan perawatan gigi, perawatan mata, atau layanan khusus lainnya yang kemungkinan akan diperlukan oleh Anda. Tanyakan tentang resep obat nya juga. Tanyakan pula keuntungan apa yang tidak ada pada paket asuransi ini.

5: Apakah pemeriksaan rutin telah termasuk dalam asuransi kesehatan ini?

Anda dapat menanyakan tentang mamogram, tes pap, imunisasi dan pemeriksaan rutin lainnya.

6: Apa saya perlu menghubungi dokter sebelum mendapatkan rujukan untuk ke ruang gawat darurat?

Sebagian asuransi mengharuskan Anda untuk menghubungi dokter terlebih dahulu dalam waktu 24 jam lalu mendapat rujukan ke ruang gawat darurat di rumah sakit, atau biaya Anda tidak ditanggung oleh asuransi.

7: Apa ada biaya yang tidak ditanggung dalam asuransi ini jika memiliki kondisi yang cukup kronis?

Jika Anda atau salah satu keluarga Anda memiliki kondisi kronis, maka polis tersebut mungkin tidak menanggung biaya medis selama beberapa bulan – atau selamanya. Tanyakan dalam jangka waktu berapa kondisi kronis tersebut bisa dikecualikan sehingga asuransi tetap bisa menanggung biaya medis. 

8: Apa yang terjadi jika saya jauh dari rumah?

Jika Anda perlu pergi ke dokter saat bepergian jauh, maka berapa biaya yang akan ditanggung oleh asuransi? Lalu bagaimana Anda bisa mendapatkan kompensasi tersebut? Apakah Anda bisa tertanggung jika sedang berada di luar negeri? Bagaimana mekanismenya?

9: Apakah perusahaan asuransi stabil secara finansial?

Perlu dicari tahu sudah berapa lama perusahaan ini telah berada dalam dunia lanskap bisnis. Anda tentu tidak ingin mendapatkan tawaran yang sangat bagus namun dengan premi rendah, dan Anda akan mengetahui bahwa hanya bisa menemui dokter pada jam tertentu dan terbatas.

10: Bagaimana perusahaan menangani sengketa klaim?

Asuransi kesehatan memiliki prosedur untuk mengajukan banding atas klaim yang ditolak. Sebagian perlu adanya arbiter, atau orang yang cukup independen yang bisa mendengarkan kedua belah pihak dan membuat keputusan tentang permasalahan tersebut. Anda bisa menanyakan berapa waktu penyelesaian rata-rata perusahaan untuk menyelesaikan sengketa klaim tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *