Tips Memilih Tabungan Bank Untuk Menyimpan Uang

  • Pribadi
memilih tabungan bank

Tabungan bank yang mendukung peningkatan uang simpanan Anda dan disertai dengan fitur-fitur lain yang Anda minati adalah yang paling cocok untuk Anda. Diantaranya mungkin tersedia aplikasi seluler dengan tingkat bunga tinggi. Dalam menelusuri tentang adanya biaya lain untuk aktivitas rutin atau tidak, Anda perlu membaca rincian rekening secara menyeluruh. Tetapi, pahamilah bahwa tidak terlalu banyak pertimbangan dalam tips memilih tabungan bank: Rekening simpanan tidak diinvestasikan, sehingga Anda bisa menarik uang yang ada pada rekening tanpa adanya kontrak.

Hampir semua orang mahir memanfaatkan rekening tabungan. Berbeda dengan rekening giro yang Anda gunakan untuk melakukan stransaksi sewaktu-waktu, rekening tabungan merupakan wadah tetap dana Anda sampai Anda yakin untuk membelanjakannya sesuai target Anda. Dengan wujud likuid, fitur seperti ini mudah diakses dan juga nyaman untuk mengamankan dana yang mungkin akan Anda gunakan di masa depan.

Agaknya, ada banyak pilihan rekening tabungan. Contoh yang ditawarkan bermacam-macam institusi antara lain seperti bank traditional yang memiliki bangunan secara fisik yang bisa nasabah kunjungi hingga layanan rekening secara online yang semuanya memiliki hanya sedikit saja perbedaan.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhitungkan dalam rangka mengobservasi rekening tabungan bank mana yang harus Anda buka:

1. Tentukan Cara Anda dalam Menggunakannya

Tentukan cara Anda dalam menggunakan uang tabungan sebagai langkah pertama. Rekening tabungan merupakan wadah yang tepat untuk menyimpan dana darurat dengan bentuk yang likuid. Dengan demikian, jika Anda ingin menyimpan uang muka dalam berinvestasi dengan wujud rumah di hari mendatang juga ideal disimpan dalam rekening tabungan. Kegunaan lain dari rekening tabungan hasil tinggi adalah menabung untuk dana perjalanan, biaya perawatan kucing Anda atau bahkan biaya renovasi rumah.

Alangkah baiknya untuk memilih rekening tabungan yang memungkinkan Anda membuat target dalam akun tersebut jika Anda menabung untuk beberapa target yang berbeda.  Sebagai contohnya adalah rekening tabungan Jenius yang memungkinkan Anda memperoleh bunga lebih tinggi untuk tabungan Anda. Jenis rekening tabungan ini berguna bagi siapa saja yang ingin mencapai beberapa target sekaligus.

Pada rekening tabungan yang memungkinkan Anda menentukan target, Anda harus yakin sebelumnya bahwa tidak banyak uang yang perlu dimobilisasi. Umumnya, uang tabungan sebaiknya tidak digunakan.

Terakhir, pertimbangkan berapa lama Anda berencana untuk menabung – jika Anda ingin menabung lebih dari lima tahun, lambat laun Anda mungkin sebaiknya mempertimbangkan untuk berinvestasi. Berinvestasi jauh lebih menguntungkan dalam jangka panjang dibanding menyimpan uang di bank.

2. Kenali apa yang Anda butuhkan

Aplikasi perbankan seluler akan menjadi pilihan tepat bagi Anda jika Anda memperhitungkan aspek experience dan kemudahan akses yang nyaman. Jika metode pelayanan nasabah penting bagi Anda, Anda pasti ingin memilih bank yang sudah pasti pelayanan nasabahnya paling baik. Anda juga dapat memilih akun dengan hasil persentase tahunan (APY) tertinggi jika memang memerlukan suku bunga terbaik. Pemain di area ini termasuk Jenius, Digibank, dan TMRW.

Apa yang menjadi target Anda dari perjalanan Anda akan menjadi faktor penting dalam memilih rekening bank yang paling tepat untuk Anda. Sediakan beberapa menit untuk memerhatikan fitur apa saja yang ditawarkan oleh rekening tabungan Anda.

3. Tentukan apakah Anda akan menggunakan bank yang sama dengan yang sudah Anda gunakan

Sejatinya, akses yang mudah dalam perbankan akan membuat Anda tergoda untuk membelanjakan uang Anda. Oleh karena itu, Anda perlu membuka rekening tabungan dan rekening giro Anda di bank yang berbeda dengan akun-akun Anda yang lainnya sehingga perlu diingat bahwa membuat rekening tabungan di bank yang telah Anda pergunakan tidaklah ideal.

4. Pertimbangkan suku bunga

Dalam hal rekening tabungan, rekening tabungan dengan hasil tinggi perlu diperhatikan. Rekening tabungan jenis ini hampir sama dengan rekening tabungan tradisional dan hanya memiliki satu perbedaan primer yaitu rekening tabungan hasil tinggu memungkinkan uang Anda mengalami peningkatan dengan tingkat bunga yang lebih besar dari rekening tradisional.

Umumnya, rekening tabungan tradisional hanya mendapatkan bunga yang sangat sedikit. Menurut FDIC, rata-rata rekening tabungan memiliki tingkat bunga 0,05%. Rekening tabungan dengan hasil tinggi lebih mampu dalam meingkatkan pertumbuhan uang Anda lebih cepat yang mana diantaranya dengan menghasilkan bunga 0,5% hingga 1% per tahun. Ini bukanlah jenis pertumbuhan yang akan memberi Anda banyak uang, tetapi dibandingkan dengan rata-rata tingkat bunga rekening tabungan sehingga menjadikannya 20 kali lebih banyak.

Ingatlah, fakta bahwa secara umum, suku bunga dapat berubah bersamaan dengan suku bunga utama Bank Indonesia. Jadi, meskipun suku bunga penting, hanya dengan persentasi persepuluh persen bukanlah menjadi alasan Anda memilih rekening tabungan.

5. Baca rincian untuk mengetahui biayanya

Jika Anda terbiasa mengabaikan peraturan tertulis, sekaranglah waktunya untuk berhenti melakukan kebiasaan itu. Bacalah penyataan dan persyaratan akun yang Anda akan buat.

Fokus pada:

  • Saldo atau setoran minimum: Dalam membuat suatu akun, Anda perlu mencari tahu tentang peraturannya. Anda mungkin perlu mempertahankan saldo pada jumlah tertentu untuk menghindari biaya, atau membutuhkan saldo tertentu untuk memulai suatu akun. Jika peraturannya tidak selaras dengan keinginan Anda maka Anda harus terus mencari rekening tabungan lainnya – banyak bank menyediakan opsi rekening tabungan tanpa saldo minimum.
  • Biaya bulanan: Ada banyak pilihan rekening tabungan hasil tinggi yang bebas biaya lainnya. Perhatikan bahwa rekening tabungan bank terkadang mengharuskan Anda membayar biaya pemeliharaan yang alih-alih membantu Anda memenuhi target, tapi malah menghabiskannya. Bagaimanapun, Anda ingin target tabungan Anda tercapai di dalam rekening tersebut.

6. Jangan terlalu terbebani dengan keputusan Anda

Tidak masalah jika Anda mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan, karena pada akhirnya keputusan Anda telah Anda pertimbangkan. Ketika Anda membuka rekening di bank dengan reputasi terbaik yang menghasilkan bunga tinggi dan tidak mengharuskan biaya bulanan, rekening pilihan Anda adalah yang terbaik.

Anda tidak akan terlalu terbebani dalam hal ini, karena Anda akan dapat menarik dan memindahkan uang Anda kapanpun Anda mau tanpa adanya kontrak jangka panjang. Sebagai tambahan, Anda dapat membuat rekening tabungan sesuai dengan jumlah yang Anda mau. Artinya, Anda tidak menjadi nasabah dari satu rekening saja.

atm bank

Tidak perlu terlalu menekankan dalam memutuskan hal ini, karena Anda dapat dengan mudah mengakses atau memindahkan uang Anda kapan saja, dan tidak ada komitmen jangka panjang. Ketahui bahwa Anda dapat membuka rekening tabungan sebanyak yang Anda mau untuk berbagai anggaran bulanan pribadi, jadi Anda tidak terikat hanya dengan satu rekening.

Dewasa ini, ada banyak pilihan bagus untuk rekening tabungan. Temukan satu diantaranya yang memenuhi spesifikasi Anda dan yang sesuai minat Anda, dan itu akan menjadi pilihan terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *