15 Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa

pekerjaan sampingan

Sebagai mahasiswa, kamu pasti sibuk di kampus, kan? Sebagian waktumu kerap tersita untuk kuliah, proker, atau kepentingan lainnya. Padahal, kamu butuh uang untuk jajan di kafe, jalan-jalan ke mall, atau untuk pacaran.  Nah, artikel ini akan membahas pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang sibuk (dan bokek) yang mau cari uang jajan tambahan di waktu senggang!

1. Bisnis fotografi

Kalau kamu memiliki minat dan bakat di bidang fotografi dan editing, pekerjaan sampingan ini cocok untukmu! Kamu bisa membuka jasa fotografi atau editing part-time milikmu sendiri dan memasarkannya di sekitar kampus maupun secara online. Caranya, cukup mengumpulkan hasil karya-karyamu ke dalam bentuk portfolio atau diunggah ke sosial media, kemudian mulai gencar promosi ke teman-teman kampus dan warganet di sosial media. Kelebihan bisnis seperti ini adalah fleksibilitas kamu untuk menentukan harga dan waktu kerjamu sendiri tanpa terikat dengan orang lain.

2. Ojek atau supir taksi online

Pekerjaan ini cocok untukmu yang memiliki kendaraan pribadi. Kamu bisa memanfaatkan kendaraan dan waktu luangmu untuk menambah penghasilan dengan bekerja di perusahaan yang menawarkan layanan transportasi online, seperti Grab dan Gojek. Selain melayani jasa antar jemput secara umum, jasa ojek atau supir taksi online pasti sangat diminati di area kampus luas yang tidak memfasilitasi transportasi umum untuk penghuni kampus. Selain jasa antar jemput, kamu juga bisa menambah penghasilan dengan melakukan jasa antar makanan, barang, dan lainnya.

3. Jasa ojek atau antar barang sendiri

Bila kamu tidak ingin berafiliasi dengan perusahaan besar, kamu bisa membuka jasa ojek atau antar barangmu sendiri. Opsi ini cocok untuk kamu mahasiswa sibuk yang ingin cari uang lewat jasa antar jemput tanpa harus terikat kontrak bersama perusahaan. Selain jadwal yang fleksibel dan tidak terikat kontrak, kamu bisa menentukan sendiri di area mana kamu ingin mengoperasikan jasamu, menentukan sendiri tarif jasamu, dan menentukan waktu kerja semaumu.

4. Bisnis barang handmade

Mahasiswa yang memiliki skill dan ketertarikan di bidang kerajinan bisa menambah penghasilan dengan menjual karya buatanmu sendiri. Mulai dari dekorasi handmade lucu seperti membuat kartu ucapan, aksesoris lucu, produk rajutan, atau apapun sesuai kreativitas dan keahlianmu.

5. Freelancer

Zaman sekarang, semakin banyak orang yang beralih ke dunia tulis menulis online sebagai penulis lepas, atau freelance writer, dengan mendirikan situs sendiri. Kalau kamu mempunyai keahlian menulis (atau ahli dalam desain grafis, penerjemahan, dan ilustrasi), kamu bisa menjadi freelancer dengan cara mencari lowongan ke situs-situs freelance seperti Projects.co.id, Sribulancer, dan sejenisnya. Kamu dapat memilih sendiri tawaran mana yang cocok untukmu, memilih tarif kerjamu sendiri, dan mengerjakan proyek sesuai dengan waktu senggangmu.

6. Guru les

Kalau jurusan kamu berhubungan dengan mata pelajaran yang ada di SD, SMP dan SMA, seperti Matematika, IPA dan bahasa Inggris misalnya, menjadi guru les privat adalah pekerjaan yang cocok untuk kamu. Beberapa orang tua lebih memilih untuk menyewa guru les privat ke rumah ketimbang mengirim anak-anaknya ke bimbingan belajar karena waktu pertemuan yang lebih intens dan efisien serta tempat belajar yang lebih praktis, aman dan nyaman di rumah. Jika mengajar adalah bakat yang kamu miliki, manfaatkan kesempatan ini sebagai pundi-pundi uang. Kamu bisa menentukan tarif mengajarmu sendiri (biasanya dihitung per jam) dan bekerja menyesuaikan dengan waktu luangmu. Selain mengajar mata pelajaran sekolah untuk anak-anak, kamu juga bisa membuka jasa mengajar untuk teman-teman kuliahmu, loh.

8. Jasa pindahan

Kota-kota mahasiswa terkenal dengan perpindahan penduduknya yang nonstop. Setiap tahun selalu ada mahasiswa yang baru datang dari luar kota maupun mahasiswa yang baru lulus dan hendak pergi meninggalkan kota tersebut. Kamu dapat memanfaatkan momen ini dengan membuka jasa pindahan sebagai kerja sampinganmu. Sangat disarankan untuk membuka usaha seperti ini bersama teman-temanmu yang lain supaya pekerjaan menjadi lebih mudah untuk dibagi. Dengan promosi yang gencar dan kerja keras, pekerjaan ini akan sangat menghasilkan di sela-sela kesibukan perkuliahan kamu.

9. Jasa bersih-bersih

Bila kamu terampil bersih-bersih di kosan, kamu bisa membuka usaha bersih-bersih di area tempat tinggalmu sebagai sumber penghasilan tambahan. Kamu bisa membuka usaha cleaning service kecil-kecilan di area tempat tinggalmu sendiri dan menawarkan jasamu ke rumah-rumah tetangga, kos-kosan teman, atau kantor kecil di area tempat tinggalmu. Kamu harus menentukan tarif per jam atau per kamarnya, serta menyesuaikan jam operasional usaha dengan waktu senggangmu.

10. Kursus musik

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa bermain musik bisa membuka kursus privat sebagai kerja sampingan. Kamu bisa menawarkan jasamu untuk mengajar anak-anak, sesama teman kuliah, bahkan orang dewasa di sekitarmu. Modal yang kamu butuhkan hanya lah waktu, kemampuan, serta alat musik milikmu sendiri. Tentukan waktu serta tarif mengajarmu. Kemudian, promosikan usahamu di sosial media, kampus, atau toko musik di sekitar (bila ada.

11. Street performer

Bila kamu tidak suka mengajar, kamu juga bisa, loh, menampilkan bakat bermusikmu di tempat-tempat umum (street performing) tiap ada waktu senggang! Keuntungan dari pekerjaan sambilan ini adalah fleksibilitas yang dapat kamu miliki. Kamu bisa menentukan waktu tampilmu sesuka hati, bisa menjelajahi tempat-tempat ramai yang berbeda untuk disinggahi—baik di pinggir jalan, di taman yang ramai, bahkan di dekat kampus sekalipun—bisa memilih untuk tampil bersama teman atau sendiri, semuanya tergantung kemauanmu.

12. Pengisi acara

Selain menjadi street performer, kamu juga bisa memanfaatkan bakatmu untuk menjadi pengisi acara di tempat-tempat umum atau pada acara-acara tertentu yang ada di sekitarmu. Bila kamu punya bakat menyanyi, kamu bisa menjadi penyanyi sewaan di kafe dan acara-acara lainnya. Kalau kamu punya band, kamu bisa tampil dan unjuk kebolehanmu. Menjadi MC juga merupakan pekerjaan sampingan yang menjanjikan, mengingat kampus memiliki banyak sekali proyek dan acara yang membutuhkan MC. Kamu harus pintar-pintar mempromosikan diri, mencari lowongan serta memperluas jaringan supaya namamu dikenal dan bakatmu diminati.

13. Jasa cat rumah

Ada beberapa orang yang senang mengecat rumah karena prosesnya yang menenangkan dan satisfying. Kalau kamu juga demikian, pekerjaan ini pas untukmu. Ada banyak orang yang terlalu malas untuk mengecat rumahnya sendiri, sehingga memilih untuk menyewa orang lain untuk mereka. Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk mematok tarif yang pas.

14. Pengasuh hewan

Kamu pasti pernah mendengar istilah babysitter, kan? Selain babysitter, menjadi pet sitter, atau pengasuh hewan, juga merupakan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan. Jika kamu telaten menjaga anjing, kucing, atau hewan lainnya, pekerjaan ini cocok untukmu. Bila tetanggamu di kosan atau temanmu di kampus hendak pulang ke rumah waktu berlibur (sedangkan kamu tidak), kamu dapat memanfaatkan peluang ini sebagai sumber uang jajanmu sebagai pengasuh hewan. Selain mendapatkan uang, kamu mendapat kelebihan lain, yakni bisa bermain bersama hewan peliharaan lucu sepuasmu.

15. Jasa berkebun

Bila kamu senang menghabiskan waktu di luar rumah, kamu bisa memanfaatkan tenaga dan hari liburmu untuk membuka jasa berkebun, menghias taman, atau memotong rumput. Promosikan jasamu ke tetangga sekitar, yang biasanya lebih memilih untuk membayar anak kuliahan ketimbang harus membayar mahal perusahaan landscaping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *