15 Pekerjaan Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga

Bagaimana cara mencari pekerjaan dari rumah (work from home) yang tepat untuk ibu rumah tangga? Ini adalah pertanyaan yang kerap muncul di pikiran para bunda yang tetap ingin dapat penghasilan tanpa harus keluar rumah. Buat kamu wanita karier yang memutuskan untuk berhenti bekerja supaya bisa fokus mengurus anak-anak yang masih kecil di rumah, atau ibu rumah tangga yang ingin mendapat penghasilan tambahan, kamu datang ke tempat yang tepat.

Apa Pekerjaan Sampingan Yang Tepat Untuk Ibu Rumah Tangga?

Menjadi ibu rumah tangga sudah cukup melelahkan dan bikin sibuk. Waktumu harus tersita untuk mengurus anak, menyiapkan makanan, membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kegiatan dengan waktu kerja fleksibel adalah kunci penting buat para ibu rumah tangga. Berikut adalah daftar pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga.

1. Menulis blog

Blogging merupakan sumber penghasilan #1 untuk para ibu rumah tangga, karena waktu kerjanya yang super fleksibel serta potensi penghasilan yang tidak terbatas. Memang butuh kerja ekstra untuk merintis blog milikmu sendiri mulai dari nol. Akan tetapi, faktanya, sudah banyak blogger yang menghasilkan mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp50.000.000 PER BULANNYA. Cukup menjanjikan, bukan?

Blogging merupakan pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga karena kamu bisa memiliki passive income melalui iklan yang masuk di blogmu. Semakin banyak orang yang membaca artikelmu, semakin banyak pula uang yang kamu hasilkan. Selain dari iklan, kamu bisa menghasilkan lebih banyak uang melalui endorse produk.

Kamu tidak perlu menjadi penulis andal sebagai blogger. Cukup menulis blog sesuai dengan gayamu sendiri. Kunci dalam blogging adalah tetap sabar dan tidak mudah menyerah. Kebanyakan blogger baru mulai menghasilkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Karena hal ini pula lah, disarankan untuk menjadikan blogging sebagai pekerjaan sampingan di awal. Bila blogmu sudah menghasilkan uang, hasil kerja keras serta kesabaranmu akan terbayar dan kamu akan mendapat penghasilan lewat passive income meski kamu tidak menulis setiap hari.

2. Affiliate marketing

Kamu sering mempromosikan barang atau tempat wisata tertentu kepada teman-temanmu? Ternyata, promosi barang atau jasa dapat menghasilkan uang, loh! Pekerjaan ini disebut affiliate marketing. Affiliate marketing adalah pemasaran barang atau jasa secara online kepada orang lain dengan menggunakan kode unik (referral). Bila orang yang dipromosikan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan menggunakan kode unik tersebut, kamu mendapatkan komisi. Pekerjaan sampingan ini cukup menjanjikan untuk para ibu rumah tangga, sebab kamu bisa mendapatkan passive income lewat affiliate marketing.

3. Penulis

Kamu suka menulis? Kalau iya, kamu bisa menyalurkan hobi menulismu ini sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan sebagai penulis. Menulis merupakan pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga, karena jadwal kerjanya yang tidak menyita waktu sehingga mudah untuk menyesuaikan waktu kerja dengan kesibukan mengurus pekerjaan rumah tangga. Kebanyakan penulis full time yang sukses dapat menghasilkan Rp400.000.000 hingga Rp500.000.000 per tahunnya.

4. Freelance

Freelancing merupakan pekerjaan paling cocok untuk ibu rumah tangga sebab kamu dapat mengatur jadwal kerjamu sendiri asal tidak lewat dari deadline yang ditentukan. Keuntungan lainnya adalah banyak pekerjaan freelance yang tidak memerlukan ijazah, sehingga lebih banyak peluang dan kesempatan untuk semua kalangan. Poin penting dari freelance hanya lah keahlian yang kamu miliki. Beberapa pekerjaan freelance yang paling sering dicari adalah menjadi Virtual Assistant, mengelola akun media sosial, desain grafis, copywriting, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendaftar di Freelancer atau Fastwork untuk pasar lokal.

5. Mengajar online

Mengajar online merupakan hal yang sudah lumrah saat ini seiring berkembangnya teknologi. Pekerjaan ini sangat menjanjikan, terlebih untuk para ibu yang memiliki pengalaman atau latar belakang mengajar sebelumnya. Bila tidak ingin terikat kontrak, kamu bisa menjadi guru privat online yang dapat menentukan jadwal dan tarif mengajarmu sendiri. Bila tidak ingin memulai dari nol, kamu juga bisa mencari lowongan pekeraan di instansi bimbingan belajar online tertentu. Salah satu platformnya adalah GuruOnline.

6. Life coach

Kalau kamu tertarik pada bidang pengembangan diri dan pandai memberikan solusi untuk orang lain, life coach adalah pekerjaan yang cocok untukmu. Life coach merupakan profesi yang berbeda dari konseling atau terapi. Profesi ini berfungsi untuk membantu dan membimbing orang lain yang ingin merancang rencana kerja (Action Plan) atau untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Pekerjaan ini cocok untuk ibu rumah tangga karena jadwal yang fleksibel dan dapat diatur sesuai dengan pekerjaan rumah. Selain jadwal kerja, kamu bisa mengatur tarif tergantung pada kondisi finansial klien. Tarif dapat berkisar mulai dari Rp400.000 per jam, Rp3.000.000 per jam, atau lebih tinggi lagi. Tarif juga dapat menyesuaikan dengan tipe coaching yang dilaksanakan secara privat (1-to-1) atau berkelompok.

7. Membuka bisnis online dengan sistem Dropshipping

Dropshipping merupakan sistem penjualan barang dari pihak ketiga. Proses pengiriman barang dilakukan secara langsung dari tempat produsen ke tempat konsumen. Pekerjaan ini sangat efisien dan tidak memakan waktu. Sebab, yang kamu perlu lakukan cukup membuka lapak jualan, menawarkan produk orang lain, dan akan mendapatkan profit saat konsumen membeli barang lewat lapakmu, tanpa repot-repot memikirkan pembuatan dan pengiriman barang.

8. Menjual barang bekas

Pernah mendengar istilah thrifting? Thrifting adalah kegiatan membeli barang bekas dengan harga terjangkau. Tentu saja ini menarik untuk jadi pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga. Meski bekas, bukan berarti tidak berkualitas. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah untuk mendapatkan penghasilan dengan membuka thrift shop milikmu sendiri. Misalnya menjual peralatan rumah tangga, mainan bayi, atau baju bagus yang sudah jarang kamu pakai di rumah.

9. Social Media Evaluator

Evaluator media sosial (SME) bertugas untuk menilai relevansi iklan pada media sosial dan hasil pencarian. SME merupakan pekerjaan yang tepat untuk ibu rumah tangga tanpa pengalaman kerja sebelumnya, sebab pekerjaan ini tidak membutuhkan pelatihan kerja, dan kamu dapat mengatur waktu kerjamu sendiri. Kekurangan dari pekerjaan ini adalah sudah banyaknya ahli dan sedikitnya lowongan dalam bidang ini, sehingga butuh kerja ekstra untuk mencari peluang pekerjaan ini. Kamu bisa menghasilkan sekitar Rp150.000 sampai Rp200.000 per jamnya sebagai SME.

10. Penitipan anak (Childcare)

Bila kamu menyukai anak-anak, telaten dalam mengurus anak kecil, dan mempunyai tempat tinggal yang luas, kamu bisa membuka tempat penitipan anak (childcare) sendiri sebagai sumber penghasilan tambahan. Childcare sangat dibutuhkan di kota-kota besar yang sibuk. Salah satu keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan membuka usaha ini adalah kamu bisa mencari teman bermain untuk anak-anakmu di rumah. Kamu bisa mendapat penghasilan mulai dari Rp600.000 hingga Rp8.000.000 per bulannya (dengan perkiraan 8 jam operasional kerja per hari), tergantung pada tempat tinggalmu.

11. Customer Service

Customer service bertugas untuk menyampaikan informasi tentang suatu barang atau jasa kepada kostumer. Sistem bekerja remote, atau bekerja jarak jauh tanpa perlu datang ke kantor, sedang tren untuk customer service saat ini. Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini dan mencari lowongan customer service dengan sistem kerja remote untuk bekerja dari rumah. Untuk menjadi customer service yang baik, kamu harus menguasai tentang perusahaan tempatmu bekerja supaya bisa menjawab pertanyaan apapun dari konsumen.

12. Jasa proofreading dan penerjemah

Buat para ibu yang memiliki latar belakang di bidang kebahasaan dan menguasai bidang tata bahasa, pekerjaan ini cocok untukmu. Kamu dapat memanfaatkan kemampuanmu untuk meniti karir sebagai proofreader dan penerjemah secara online.

Proofreader bertugas untuk mengoreksi ejaan, tata bahasa, dan tanda baca pada tulisan orang lain. Proofreader sangat dibutuhkan di dunia tulis menulis. Sementara penerjemah merupakan profesi yang menjanjikan terutama di era globalisasi saat ini. Pekerjaan ini sangat cocok untuk para ibu rumah tangga karena jadwalnya yang fleksibel dan peluangnya yang luas. Bahkan, seorang proofreader part time bisa menghasilkan hingga Rp600.000.000 per tahunnya.

13. Jasa desain interior

Jika kamu merupakan orang yang kreatif atau bahkan memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang dekorasi kamar dan furnitur, kamu harus coba membuka bisnis desain interior milikmu sendiri. Pekerjaan sampingan ini bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga dengan anak-anak yang sudah bersekolah atau bisa dititipi oleh orang lain. Sebab, bila kamu memilih profesi ini, akan ada waktu di mana kamu harus keluar rumah untuk berdiskusi dengan klien atau membeli furnitur untuk klien.

Kamu bisa memulai pekerjaan ini dengan merintis website-mu sendiri, mengunggah foto hasil desainmu, dan menawarkan jasa gratis kepada keluarga atau kerabat dekatmu untuk mengisi portofolio. Jika kamu sudah memajang cukup banyak hasil desain di website, kamu bisa mulai mempromosikan jasamu kepada orang lain. Kamu bisa menghasilkan mulai dari Rp700.000 hingga Rp2.000.000 per jamnya. Bila berhasil, seorang desainer interior bisa menghasilkan hingga miliaran rupiah.

14. Fotografi

Bila kamu tertarik dengan dunia fotografi, kamu harus mempertimbangkan fotografer sebagai pekerjaan sampinganmu. Meski tanpa pengalaman, dan hanya dengan bermodalkan kamera dan kemampuan, kamu bisa merintis usaha fotografimu sendiri. Kamu bisa mendapat penghasilan dengan cara mempromosikan hasil fotomu ke media sosial, menawarkan hasil karyamu ke perusahaan seperti ke real estate setempat, melisensi hasil fotomu ke situs fotografi seperti iStock dan Shutterstock, menyerahkan hasil fotomu ke majalah atau portal berita online, atau menawarkan jasamu kepada orang-orang sekitar.

15. Bisnis laundry

Mencuci baju merupakan pekerjaan sehari-hari, dan untuk sebagian orang yang tidak punya waktu, jasa laundry sangat dibutuhkan. Jika kamu kepikiran membukanya, jangan lupa mengubah ide menjadi bisnis. Dengan membuka bisnis laundry sendiri, pekerjaan sampingan bagi ibu rumah tangga ini bisa menghasilkan hingga Rp5.000.000 per minggunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *