Lompat ke konten

10 Bank Asing Terbaik di Indonesia (2022)

Bank asing terbaik 2022

Saat ini sudah banyak Bank Asing yang masuk dan berkiprah di Indonesia. Hasilnya, masyarakat Indonesia memiliki lebih banyak pilihan untuk melakukan transaksi seperti menabung, deposito, dan lain sebagainya.

Namun demikian, tentunya Anda ingin menitipkan uang Anda ke bank dengan kualitas terbaik.

Nah, kira-kira bank asing apa saja yang masuk ke dalam kategori memiliki kinerja dan kualitas terbaik? Berikut daftarnya.

1. Bank HSBC Holdings 

HSBC memiliki jaringan yang cukup luas karena telah menjangkau 64 negara, salah satunya Indonesia. Institusi ini hadir dengan pelayanan personal banking dan business. Reputasinya yang mentereng mengukuhkan HSBC sebagai bank terbaik di Indonesia.

Pelayanan tersebut dihadirkan untuk mengakomodasi segala kebutuhan seseorang dalam hal perbankan. Layanan unggulan tersebut antara lain HSBC Premier, Wealth Management, HSBC Advance. Layanan tersebut merupakan solusi permasalahan keuangan seseorang.

Tak sampai disitu saja, HSBC Holdings juga terus mengoptimalkan jaringannya sehingga dapat memperbanyak nasabah menengah ke atas serta memperbaiki kinerja layanan semua program dan layanannya.

2. OCBP NISP

OCBP NISP merupakan salah satu bank asing terbaik di tanah air. Telah berdiri sejak 1941 di Indonesia OCBP NISP berhasil memberi dukungan untuk melakukan transaksi beda negara serta menyediakan kartu kredit dengan berbagai benefit yang menarik.

Selain itu, OCBP NISP juga memiliki layanan ekslusif Private Banking yaitu pelayanan istimewa mengenai pengelolaan kekayaan seseorang secara menyeluruh. Jaringan nasabah yang luas menjadikan OCBC NISP sebagai salah satu bank dengan aset paling besar di Indonesia.

Tak sampai disitu saja, OCBP NISP juga memiliki program Interest Rate Derivative yang berbasis swap untuk para nasabah yang ingin dilindungi atas pinjaman atau pun portofolio tabungannya. OCBP NISP juga menyediakan layanan trade untuk mendukung adanya transaksi impor maupun ekspor, supply chain, akseptasi dan penerbitan garansi.

3. UOB Indonesia 

UOB merupakan salah satu bank asing yang sudah berdiri sejak 1956 di Indonesia. Tersebar di lebih dari 50 kota, UOB telah berhasil menjadi salah satu lembaga yang digemari masyarakat. Perhatiannya pada Usaha Kecil Menengah (UKM), nasabah retail dan corporate banking telah membuahkan hasil.

Nasabah retail diberikan akses untuk bisa mencapai tujuan finansial dengan berbagai produk yang disediakan. Bahkan, UOB sempat ditunjuk sebagai salah satu mitra distribusi untuk obligasi ritel syariah oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Hal ini tidak lepas dari adanya lisensi obligasi non-syariah yang diperoleh UOB tahun 2019 dengan lengkap mulai dari Obligasi Retail Indonesia (ORI) hingga Sukuk Retail (SR). 

4. Bank DBS 

Salah satu bank yang merupakan kelompok usaha DBS Group Singapura, DBS Indonesia masuk ke jajaran bank asing terbaik tahun 2022. Dengan fokus menyediakan layanan perbankan dengan segmentasi menyeluruh kepada koperasi, UKM dan konsumen, DBS berhasil meraih penghargaan sebagai The World’s Best Banks dengan capaian juara kedua dalam Forbes.

Bahkan DBS sudah memasuki ranah bank online melalui aplikasi Digibank by DBS.

DBS juga memperoleh predikat sebagai “Bank Sehat” oleh Warta Ekonomi dalam Indonesia Best Bank Award 2020. Juga penghargaan sebagai Best Data Analytics Project dari Triple Asset Triple A Award. Mencatat sebagai salah satu penerima penghargaan Euromoney sebagai bank terbaik dan masih banyak lagi penghargaan untuk DBS.

5. Bank Citibaink

Citibank adalah cabang dari Citigroup, New York, Amerika Serikat. Telah berdiri sejak tahun 1968 dan menjadi salah satu bank dengan jaringan yang cukup luas. Citibank yang sudah berlisensi dan terdaftar di  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia ini sempat mendapatkan penghargaan sebagai Best International Bank of The Year pada ajang The Asset Triple A Digital Award 2021.

Citibank juga masuk sebagai salah satu “Bank Sehat” pada majalah Warta Ekonomi dalam Indonesia Best Bank Award 2019. Tentunya hal ini tidak lepas dari komitmen Citibank memberikan produk dan pelayanan terbaik, serta berperan dalam mendorong pertumbuhan dan kemajuan perekonomian masyarakat Indonesia.

6. CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Niaga pada tahun 1955. CIMB group menawarkan produk serta layanan perbankan lengkap terbaik baik konvensional maupun syariah. CIMB Niaga menjadi salah satu penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia dan termasuk usaha perbankan terkemuka di Asia.

Pada tahun 2021, CIMB Niaga berhasil memperoleh penghargaan TOP GRC Award sebagai perusahaan dengan peringkat yang luar biasa dalam hal sistem, infrastruktur dan implementasi Good Corporate Governance (GCG). GCG mencakup manajemen risiko,dan kepatuhan perusahaan. Penghargaan tersebut mending CIMB untuk terus meningkatkan jaringan bisnis dan menghasilkan program berkelanjutan.

7. Standard Chartered Bank

Salah satu lembaga perbankan yang digemari oleh masyarakat Indonesia adalah Standard Chartered. SCB selalu memastikan bahwa nasabahnya memperoleh pengalaman menggunakan teknologi terbaik dan inovasi yang terus berkelanjutan.

Usahanya ini membuahkan hasil dengan diberikannya penghargaan berupa Best Consumer Choice di antara bank asing lainnya pada ajang Best Banking Awards 2017. Penghargaan-penghargaan tersebut menjadikan Standard Chartered Bank termasuk dalam jajaran bank asing terbaik di Indonesia.

8. Bank of China Limited

Salah satu bank yang menjadi jajaran bank asing terbaik adalah Bank of China Limited. Bukan tanpa alasan, Bank of China Limited telah mengerahkan seluruh usahanya untuk terus tumbuh dalam bisnis termasuk ketika pandemi mewabah di Indonesia

Tak heran, bank ini memperoleh penghargaan sebagai pemenang Bisnis Indonesia Award 2020 dengan kategori bank asing dan campuran. Tentunya karena kemampuannya mendukung perekonomian nasional Indonesia dalam segala kondisi.

9. Bank SMBC 

Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) adalah perusahaan perbankan yang berdiri sejak tahun 1989. Meski sudah merger dengan BTPN pada tahun 2019 namun prestasi sebelumnya membuatnya menjadi salah satu bank asing terbaik. 

Terbukti sejak merger tersebut dengan penguasaan saham hampir 98 %, bank BTPN tumbuh pesat hingga memperoleh penghargaan sebagai Pioneer Award in Digital Banking pada tahun 2021 yang diadakan oleh Majalah Investor, juga memperoleh penghargaan sebagai TOP CSR Award 2021. Artinya meski sudah merger SMBC memiliki kiprah yang baik untuk perbankan di Indonesia.

10. Bank Maybank 

Terakhir, jajaran bank asing terbaik tahun 2022 jatuh kepada Maybank. Sudah sejak lama Maybank memperoleh berbagai penghargaan bergengsi, mulai dari Indonesia Best Banking Award, Asia Business Leader Award, ICG Conference and Award, HR Excellence Award hingga Sustainability Reporting Award. Berbagai prestasi tersebut bahkan diraih secara berturut-turut.

Bahkan berkat komitmennya, Maybank menang selama 6 kali berturut-turut perusahaan dengan sistem kerja terbaik di Asia. Sungguh prestasi yang luar biasa. Ini membuktikan bahwa saat ini bank asing terus berusaha mengoptimalkan perusahaannya agar mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Nah, berikut tadi merupakan 10 bank asing terbaik di Indonesia saat ini. Saat ini semakin banyak pilihan bank asing yang bisa menjadi alternatif pilihan karena kualitasnya yang baik dan berbagai penghargaan yang diperoleh.

Setelah mengetahui daftar ini, apakah Anda sudah bisa memilih lembaga keuangan asing mana yang Anda jadikan pilihan bank untuk menabung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.