Lompat ke konten

Cara Cek Identitas Lewat Rekening Bank

cara cek identitas lewat rekening bank

Mengecek identitas lewat rekening bank bisa dilakukan oleh semua orang. Di kehidupan sehari-hari, Anda pasti sering menyebarluaskan nomor rekening untuk mengirim uang ke teman, saudara, ataupun untuk transaksi bisnis.

Namun ternyata dibalik kemudahan menyebarluaskannya untuk bertransaksi, terdapat juga konsekuensi bahwa dengan seseorang bisa mengecek nomor identitas Anda secara lengkap hanya melalui nomor rekening.

Mengapa Seseorang Mengecek Rekening?

Ada dua kemungkinan mengapa seseorang melakukan cek identitas lewat rekening bank, berikut kedua alasanya:

1. Hendak melakukan penipuan

Alasan pertama mengapa seseorang melakukan cek identitas lewat rekening bank adalah hendak melakukan penipuan. Dengan mengetahui identitas Anda, seseorang bisa dengan mudah menipu Anda dengan mengatakan bahwa penipu tersebut merupakan pihak bank.

Saat mengaku sebagai pihak bank, ia akan menanyakan informasi mengenai rekening Anda dan membobolnya dengan mudah. Oleh karena itu, sebelum menyebarluaskan nomor rekening Anda, pertimbangkan dengan hati-hati risiko ini.

2. Mengecek kebenaran rekening sebelum mengirim uang

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti pernah menghadapi situasi harus mengirim sejumlah uang ke nomor rekening yang tidak dikenal. Jika nominal uangnya kecil, Anda pasti tidak khawatir. Namun berbeda cerita, jika nominal yang hendak dikirimkan besar. Anda pasti berpikir dua kali untuk mengirimnya. 

Maka dari itu, beberapa orang melakukan cek identitas melalui nomor tersebut agar kejelasan rekening tujuan pasti. Juga agar menghindari kesalahan pengiriman, atau nomor rekening penipuan.

Cara Cek Identitas Lewat Rekening Bank

Setidaknya ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan cek identitas lewat rekening bank. Cara ini bisa Anda lakukan dalam keadaan mendesak untuk mengetahui orang yang hendak menipu, atau melacak nomor rekening penipu.

Berikut tiga cara yang bisa Anda lakukan.

1. Mengecek melalui situs resmi Kominfo via Cekrekening.id 

Cara cek identitas lewat rekening bank yang pertama bisa dilakukan melalui website. Anda cukup mengunjungi situs resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Situs ini memang bertujuan untuk mengetahui identitas dari pemilik rekening. Untuk langkah pengecekannya bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. Buka situs resmi Kominfo. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuka situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. Alamat resminya yaitu cekrekening.id.
  2. Pada halaman beranda, akan ada tiga opsi utama pengecekan rekening yaitu ‘Cek Rekening’, ‘Daftarkan Rekening’ dan ‘Laporkan Rekening’.
  3. Pilih ‘Cek Rekening’, kemudian tunggu hingga layar selanjutnya muncul.
  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis akun, apakah Anda hendak memasukkan nomor rekening atau e-wallet, karena keduanya sama-sama bisa dijadikan bahan untuk mengecek identitas seseorang.
  5. Masukkan nomor rekening yang hendak Anda cek, pada kolom yang disediakan. 
  6. Selanjutnya, Anda harus memverifikasi bahwa Anda bukan merupakan robot dan mencentang CAPTCHA.
  7. Kemudian klik ‘Cek Sekarang’.
  8. Halaman akan menampilkan bahwa rekening bank yang Anda masukkan pernah dilaporkan sebagai identitas siapa saja. Nah, Anda patut curiga jika rekening bank yang dimasukkan memiliki perna dimasukkan sebagai nama yang lain, atau identitas lain. Karena bisa jadi hal tersebut berarti merupakan rekening penipu. 
  9. Jika melihat tanda-tanda bahwa rekening yang Anda masukkan merupakan rekening, maka Anda bisa segera melaporkannya di bagian ‘Lapor Sekarang’ supaya tidak ada lagi korban penipuan, dan informasi penipu bisa diakses oleh banyak orang.

Nah, dengan langkah di atas, Anda bisa cek identitas lewat rekening bank dengan mudah tanpa harus keluar rumah dan cukup mudah dilakukan. Namun, jangan salah gunakan fasilitas ini untuk melakukan kejahatan atau penipuan.

2. Mengecek rekening bank via Kredibel.co.id

Selain melalui situs resmi Kominfo, Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui situs Kredibel. Berikut langkah pengecekan di situs tersebut:

  1. Masuk ke alamat situs kredibel.co.id 
  2. Di halaman awal, Anda akan menemukan kolom untuk memasukkan nomor rekening atau telepon yang hendak dicek.
  3. Setelah memasukkan sederet nomor rekening, Anda akan diarahkan ke halaman yang menunjukkan apakah nomor tersebut pernah melakukan penipuan. Jika sudah pernah melakukan penipuan sebelumnya, maka jejak rekam penipuan akan terlihat disana. 
  4. Untuk mengetahui nama pemilik rekening, Anda bisa login terlebih dahulu menggunakan email atau facebook. 
  5. Nama akan tertera secara jelas di bagian atas nomor rekening atau nomor telepon.

Berikut diatas merupakan langkah cek identitas lewat rekening bank melalui situs kredibel.co.id. Bisa dipraktekkan ketika Anda ragu hendak mengirim sejumlah uang ke sebuah rekening atau ketika sedang mengalami penipuan.

3. Mengecek dengan mendatangi langsung kantor cabang terdekat 

Selain mengecek dengan situs resmi yang telah disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Anda juga bisa mengecek identitas rekening bank dengan mendatangi langsung kantor cabang bank yang menjadi cabang rekening tersebut. Misalnya rekening bank BNI, BCA, BRI dan lain sebagainya.

Cara ini bisa dilakukan apabila Anda telah ditipu oleh pihak lain yang menggunakan nomor rekening. Seberapapun besaran jumlah uang yang ditipu, Anda tetap wajib melaporkannya, agar dikemudian hari tidak ada lagi orang-orang yang tertipu.

Berikut langkah untuk cek identitas lewat rekening bank di kantor cabang terdekat:

  • Kunjungi kantor cabang terdekat dan bawa bukti penipuan yang telah dilakukan rekening tersebut.
  • Ambil nomor antrian customer service dan tunggu hingga nomor tersebut dipanggil.
  • Setelah sampai di customer service, sampaikan bahwa Anda telah ditipu oleh seseorang dengan mengajukan bukti, dan meminta pihak bank untuk memperlihatkan siapa yang sudah menipu Anda.
  • Setelah mengetahui siapa penipunya, kemudian pihak bank akan memblokir rekening penipu tersebut supaya tidak bisa lagi melancarkan aksinya. 

Nah, berikut diatas merupakan cara cek identitas lewat rekening bank di kantor cabang bank terdekat. Anda bisa melakukannya dalam keadaan mendesak atau ketika menghadapi penipuan.

Tips Menghindari Penipuan Nomor Rekening

Terakhir, adalah tips menghindari penipuan, tips ini bisa digunakan supaya tidak ada lagi yang terkena penipuan nomor rekening. Berikut tipsnya.

1. Mengecek terlebih dahulu nomor rekening yang hendak dituju

Jika Anda sering melakukan belanja online, dan hendak mengirim sejumlah uang  kepada nomor rekening tertentu, maka sebelumnya Anda harus melakukan pengecekan pada situs yang tertera di atas. Supaya tidak ada lagi kesalahan pengiriman kepada penipu.

Atau bisa juga berbelanja online melalui aplikasi marketplace yang sudah dipercaya. Sehingga tidak ada lagi penipuan yang mengatasnamakan nomor rekening tertentu. Jadi lebih aman dan terpercaya.

2. Pisahkan rekening sesuai dengan fungsinya masing-masing

Ketika menyimpan uang, usahakan tidak disimpan pada satu rekening saja. Anda bisa melakukan pemisahan harta ke beberapa rekening. Selain agar lebih mudah merencanakan masa depan, jika terjadi penipuan, tidak semua harta Anda dibobol pencuri.

Atau bisa juga Anda menyiapkan satu nomor rekening yang  memang Anda niatkan untuk dipublikasikan nomornya. Kemudian untuk nomer rekening yang lain Anda jaga kerahasiaannya supaya tidak disebarluaskan.

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.