Lompat ke konten

Cara Membatalkan Pinjaman Online dengan Cepat

Cara Membatalkan Pinjol

Bukan hanya mengetahui cara mengajukan pinjaman, nasabah pinjol juga butuh mengerti cara membatalkan pinjaman online jika ternyata tidak lagi membutuhkan dananya. Ikuti penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Cara Membatalkan Pinjaman Online Yang Sudah Diajukan

Penggunaan jasa pinjaman online memang sangat menyenangkan. Meski demikian, layanan ini sebaiknya tidak boleh digunakan secara sembarangan karena bisa membahayakan posisi keuangan. Dengan demikian, pembatalan pinjaman online dapat menjadi solusi terbaik jika memang tidak dibutuhkan.

Setiap layanan pinjol memiliki persyaratan tertentu untuk melakukan proses pembatalan ini. Pinjaman yang belum tercatat oleh sistem bahkan menjadi salah satu persyaratan utama yang wajib dipenuhi untuk melakukan pembatalan transaksi. Berikut tata caranya.

1. Hubungi call center

Langkah utama yang wajib dilakukan untuk membatalkan transaksi pinjaman online dengan cepat adalah menghubungi call center terkait. Anda bisa menghubungi salah satu nomor kontak resmi yang tersedia di aplikasi atau website resmi dari jasa pinjol yang Anda gunakan. Pilihannya bisa melalui nomor telepon, email pun kontak media sosial lainnya.

Meski demikian, membatalkan pinjaman online dengan menghubungi nomor telepon lebih direkomendasikan karena Anda bisa langsung berbicara dengan petugas terkait. Cara ini pun lebih dan praktis untuk dilakukan. Meski demikian, Anda sebaiknya menghubungi call center pada jam operasional.

2. Beri informasi pembatalan pinjaman

Anda bisa memberikan informasi secara detail kepada petugas terkait untuk melakukan pembatalan pinjaman. Pertama, sebutkan dulu nama pengguna Anda di aplikasi. Kemudan, berikan alasan yang tepat secara detail untuk melakukan pembatalan sesuai dengan persyaratan yang berlaku agar disetujui oleh jasa layanan pinjol.

3. Tunggu pemberitahuan dari jasa terkait

Proses pembatalan ini dapat dilanjutkan dengan menunggu pemberitahuan dari jasa layanan pinjol. Lazimnya, anda akan mendapatkan pemberitahuan dalam hitungan menit setelah mengajukan pembatalan secara resmi. Jangan khawatir, pemberitahuan tersebut umumnya akan langsung muncul dalam aplikasi yang Anda miliki. Menarik bukan?

Tips Memilih Jasa Pinjaman Online

Agar tidak membatalkan pinjaman online dari platform yang tidak terpercaya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih jasa pinjaman online yang terpercaya. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut terkena penipuan hingga harus mengajukan pembatalan kredit.

Berikut beberapa tips memilih jasa pinjol terbaik.

1. Cek legalitas pinjol di OJK

Salah satu syarat utama yang wajib dimiliki oleh jasa pinjaman online terpercaya adalah terdaftar di OJK. Disini OJK (Otoritas Jasa Keuangan) berfungsi untuk mengatur dan mengawasi kegiatan di sektor jasa keuangan secara terintegrasi. Dengan demikian, kepentingan masyarakat pengguna dapat terlindungi dengan baik.

Lazimnya, Anda bisa langsung mengecek legalitas jasa pinjol ini dengan mengakses website resmi OJK atau menanyakan ke call center OJK dengan menghubungi nomor 157. Tentu saja, pengecekan langsung melalui website resmi OJK lebih mudah dilakukan karena Anda bisa mengenal banyak jenis layanan pinjol resmi dan profesional.

Sebagai informasi, semua pinjaman online terbaik dan terpercaya sudah pasti telah terdaftar di OJK.

2. Pastikan aplikasi dan web resmi yang dimiliki

Ciri-ciri layanan pinjaman online yang telah mengantongi izin OJK dibuktikan dengan kepemilikan aplikasi dan website resmi. Dimana media tersebut memiliki informasi lengkap terkait pinjol hingga produk layanan finansial menarik yang ditawarkan. Dengan demikian, Anda bisa memahami informasi tersebut sebelum menggunakan daripada mempraktikkan pembatalan pinjaman online.

3. Pastikan pinjol memiliki layanan konsumen

Untuk membuktikan kepercayaan layanan jasa pinjol, Anda sebaiknya memastikan keberadaan layanan konsumen. Mulai dari informasi nomor telepon, alamat kantor, layanan email hingga customer service (CS). Hal ini tentu bisa memberikan manfaat langsung bagi Anda karena bisa menghubungi jasa pinjaman online secara langsung jika dibutuhkan.

4. Baca detail persyaratan

Penggunaan layanan pinjaman online memang sangat menguntungkan. Meski demikian, Anda sebaiknya membaca detail persyaratan pengajuan pinjaman online dan informasi secara menyeluruh untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Pahami juga hak dan kewajiban yang harus dipenuhi untuk meminimalisir kesalahpahaman antara kedua belah pihak.

Pelajari apa saja persyaratan atau denda yang dikenakan jika Anda mengajukan pembatalan pinjaman online. Pelajari juga apakah pembatalan bisa dilakukan dengan cepat. Informasi ini akan berguna di kemudian hari jika dibutuhkan.

Lazimnya, masalah bisa datang kapan saja jika ada kesalahpahaman terkait hak dan kewajiban yang kurang sesuai. Padahal masalah tersebut bisa jadi hanya masalah sepele akibat ketidakpahaman nasabah terkait pinjaman yang diajukan. Untuk itu, persyaratan ini wajib dipahami dengan baik sebelum mempraktikkan cara membatalkan pinjaman online.

5. Cek biaya dan bunganya

Pihak pinjol terpercaya yang diawasi oleh OJK umumnya selalu menyediakan rincian dana secara transparan. Dimana Anda bisa melihat setiap rincian dana beserta suku bunga secara detail.

Dengan demikian, anda tidak perlu bingung lagi terkait jumlah cicilan yang tiba-tiba menggunung dalam kurun waktu tertentu. Idealnya, pilih pinjaman online bunga rendah yang juga menawarkan tenor panjang agar Anda tidak kesulitan dalam menyelesaikan pelunasan.

Beberapa layanan pinjaman online bahkan ada yang menyediakan fitur simulasi pinjaman untuk nasabah. Hal ini tentu sangat membantu calon nasabah dalam mengetahui risiko dan tanggung jawab sejak awal. Jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya pun bisa diketahui dengan jelas sehingga tidak ada penipuan tertentu.

Meski demikian, layanan pinjol yang dilindungi oleh OJK rata-rata memiliki jumlah suku bunga tidak lebih dari 0,4%. Hal ini bertujuan untuk tidak membebani masyarakat dengan bunga yang sangat tinggi. Bahkan, jumlah rata-rata suku bunga ini bisa dijadikan pedoman karena pinjaman online illegal umumnya menyediakan jumlah suku bunga yang lebih tinggi.

Penggunaan layanan pinjaman online atau pinjol memang memberikan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Meski demikian, Anda sebaiknya menggunakan layanan ini secara bijaksana agar tidak mengalami masalah di kemudian hari. Pahami pula informasi yang diberikan secara detail dan lakukan pembatalan layaknya ulasan di atas jika layanan pinjaman online tidak dibutuhkan.

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.