Cara Membuat Akun PayPal, Menerima Pembayaran Tanpa Kartu Kredit

ilustrasi paypal

PayPal merupakan alat transaksi jual beli online internasional dengan mata uang dolar. Bagi Anda yang menekuni bisnis online, maka PayPal akan menjadi salah satu akun wajib yang harus Anda miliki. Bagimana pun, PayPal memberikan kemudahan dalam mendukung kegiatan transaksi Anda di pasar internet secara global.

Cara Membuat Akun PayPal

Berikut cara membuat akun PayPal untuk menerima pembayaran dan menerima uang:

  1. Ketik www.paypal.com pada halaman browser untuk masuk ke situs resmi dari PayPal.
  2. Klik “Daftar” di sisi kanan atas website.
  3. Pilih “Rekening Pribadi” agar tidak dikenakan biaya transfer seperti yang berlaku pada “Rekening Bisnis”.
  4. Klik “Berikutnya”, kemudian pilih beberapa opsi yang diberikan oleh PayPal terkait “Rekening Pribadi” Anda.
  5. Klik bagian tanda panah kebawah (seperti tanda checklist) kemudian pilih “Kedua Hal Diatas”, yang artinya Anda membuat Akun tersebut untuk keperluan pembeli online dan penjual individu atau freelancer. Jangan lupa untuk untuk mengklik lagi “Berikutnya”.
  6. Masukkan No. Hand Phone yang diawali dengan +62 yang artinya Kode Negara Indonesia menggantikan. Klik “Berikutnya”.
  7. Masukkan kode konfirmasi yang akan dikirim ke No. HP yang sudah Anda daftarkan tadi.
  8. Selanjutnya, Anda kan dibawa ke “Halaman Atur Profile Anda”. Dan jangan lupa untuk mengisinya dengan data yang benar dan sesuai Kartu Identitas.
  9. Masukan alamat email yang aktif, direkomendasikan Gmail agar aksesnya lebih cepat. Tuliskan pula nama depan dan nama belakang, dan apabila Anda tidak mempunyai nama belakang, maka ketika ulang nama yang sama seperti nama belakang Anda.
  10. Buat sandi dengan memasukan huruf besar dan kecil serta kombinasi angka dan karakter minimal sembilan digit, dan lakukan konfirmasi sandi yang sama. Lalu, klik “Berikutnya”.
  11. Isi kelengkapan identitas sesuai KTP dan masukkan alamat. Jika mendaftar PayPal tanpa KTP, bisa menggunakan SIM atau paspor.
  12. Kemudian, klik “Setuju dan Buat Rekening”.
  13. Buka email yang Anda miliki dan klik link konfirmasi untuk mengaktifkan akun PayPal.

Jika tutorial di atas sudah selesai dilakukan, Anda siap menggunkana PayPal untuk menerima uang. Cukup kirimkan email kepada orang yang ingin mengirim duit, nanti dana akan ditransfer ke rekening Anda.

Halaman akun PayPal
Halaman PayPal jika akun berhasil dibuat.
opsi pengiriman uang di PayPal
Halaman pengiriman uang di PayPal.

Cara Menghubungkan Akun PayPal dengan Rekening Bank

Akun PayPal yang telah kita buat tentunya akan sangat bagus apabila dapat terhubung langsung ke Akun Bank Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa aman ketika memperoleh bayaran berupa dolar bisa mentransfer dananya secara langsung ke rekening Anda. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari bagaimana cara sinkronisasi Akun PayPal dengan Akun Bank atau Rekening.

Caranya adalah dengan login terlebih dahulu ke Akun PayPal Anda. Setelah itu, klik “Hubungkan Bank Anda”. Anda akan dibawa ke Halaman “Hubungkan Rekening Bank” dengan cara mengisi “Nama Bank” dan “Kode Bank” akan terisi otomatis ketika Anda mengisikan Nama Bank yang dimaksud. Kemudian input nomor rekening dan pastikan bahwa nama dalam akun rekening tersebut sudah sesuai. Klik “Hubungkan Bank Anda” dan tunggu sampai ada pesan ”Rekening Bank Anda Sudah Terhubung” dan terakhir klik “Selesai”.

Menggunakan Aplikasi PayPal di Smartphone

Apabila Anda menginginkan menerima pembayaran dan mengirim duit secara mobile, gunakan PayPal versi Aplikasi. Dengan aplikasi ini Anda tidak repot-repot lagi untuk kembali ke Google Chrome agar bisa mengakses akun PayPal Anda.

Caranya sangat mudah, download dan install aplikasi PayPal di Play Store atau App Store.

Kemudian buka Aplikasi PayPal tersebut pada Screen atau layar Hand phone Anda, setelah terlihat halaman PayPal klik “Login” dengan memasukan email dan password yang telah Anda buat sebelumnya pada saat proses pembuatan Akun PayPal. Klik “Saya Bukan Robot” dengan mengisi chapca sesuai dengan perintah yang diberikan sampai dengan berhasil dan klik “Konfirmasi”. Selamat kini anda sudah bisa bertransaksi menggunakan Akun PayPal Anda dengan cukup mudah!

Menggunakan PayPal.Me Untuk Menerima Pembayaran

Selain untuk memperoleh keabsahan Akun PayPal Anda, melengkapi profil akan membuat Anda semakin mudah untuk memperoleh PayPal.Me. Fungsi dari PayPal.Me adalah untuk membuat nama pada Akun PayPal Anda yang bisa digunakan ketika Anda akan memperoleh dolar dari orang lain. Ketika orang lain klik nama tersebut, maka secara otomatis akan diarahkan ke Profil Akun PayPal kita.

Lengkapi profil dengan klik ”Tanda Gear” (Setting) dan klik ”Perbaharui Poto” dan ”Tambahkan Foto Anda” dengan mengupload foto yang telah tersedia di perangkat Anda, tunggu hingga proses berhasil. Setelah itu klik “Dapatkan PayPal.Me” dan tambahkan setelah PayPal.Me dengan input nama Anda yang sesuai dengan Kartu Identitas. Apabila tersedia, lalu klik “Berikutnya”.

Centang “Saya menyetujui …………..” dan klik “Setuju dan Buat” dengan begitu maka profil anda sudah aktif dan Anda sudah bisa menyakinkan pengirim dolar untuk mengirim ke Akun PayPal Anda karena secara otomatis mereka dapat melihat terlebih dahulu tentang profil singkat dari diri Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *