Cara Membuat Anggaran Bulanan Pribadi Dengan 8 Langkah Mudah

  • Pribadi
cara membuat anggaran bulanan pribadi

Anggaran bulanan pribadi adalah rencana untuk menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran Anda untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Keuangan jangka panjang yang stabil dapat dicapai jika pendapatan dan pengeluaran Anda seimbang, yaitu dengan menggarap anggaran bulanan. Dengan membuat anggaran pribadi, Anda dapat melihat pola kebiasaan belanja Anda dan dapat memilahnya, sehingga Anda dapat mengubahnya demi mencapai tujuan keuangan Anda.

Memiliki anggaran bulanan pribadi yang Anda ulas secara teratur adalah bagian penting dari literasi keuangan, dan ini adalah cara terbaik untuk mencegah pengeluaran berlebihan. Jika Anda pernah menemukan diri Anda dalam situasi sulit karena memiliki pengeluaran yang terlalu banyak atau meminjam uang, perencanaan dapat membantu Anda keluar dari masalah. Jangan salah, perencanaan keuangan berguna buat keluarga lho.

Cara terbaik untuk mencegah pengeluaran berlebihan adalah dengan memiliki anggaran bulanan yang bisa Anda ulas dengan terpadu, hal ini juga termasuk dalam bagian penting literasi keuangan. Anggaran dapat membantu Anda, jika Anda mengalami kesulitan akibat tabungan yang terkuras habis atau meminjam uang.

Langkah-Langkah Cara Membuat Anggaran Bulanan Pribadi

anggaran bulanan
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Anda tidak perlu khawatir jika Anda belum pernah membuat angggaran sebelumnya. Berikut ini cara memulai dengan anggaran sederhana berdasarkan kebiasaan belanja bulan lalu.

“Memiliki anggaran pribadi yang Anda ulas secara teratur adalah bagian penting dari literasi keuangan, dan itu adalah cara terbaik untuk mencegah pengeluaran berlebihan.”

Langkah 1: Tentukan pengeluaran bulanan Anda

Langkah pertama membuat anggaran adalah menentukan berapa banyak pendapatan Anda setiap bulan. Pendapatan Anda berasal dari gaji pekerjaan Anda yaitu setiap kali Anda digaji. Jika Anda digaji pada tanggal 15 dan 30 setiap bulan, maka Anda cukup menjumlah gaji Anda menjadi 2 kali lipat. Jika Anda digaji setiap dua minggu, Anda perlu mengalinya dengan 26 dan kemudian membaginya dengan 12.

Cara menentukan penghasilan bersih Anda akan sedikit berbeda jika Anda memiliki lebih dari sayu pekerjaan, memiliki penghasilan tidak tetap, atau Anda bekerja sendiri. Pelajari cara menghitung laba bersih di panduan lengkap kami.

Langkah 2: Buat daftar biaya tetap Anda

Biaya tetap adalah biaya yang dengan konsisten Anda keluarkan tiap bulan. Tuliskan semua biaya tetap di kertas, lembar kerja anggaran, buatlah spreadsheet anggaran atau apa pun yang memudahkan Anda. Contoh biaya tetap: biaya sewa, pembayaran mobil, pelunasan pinjaman, internet dan tagihan telepon, pembayaran hutang kartu kredit, penyetoran otomatis ke rekening tabungan dan asuransi.

Langkah 3: Jumlahkan biaya tetap Anda

Jumlahkan semua untuk mendapatkan kesimpulan berapa banyak biaya tetap Anda setiap bulan. Anda dapat menggunakan hasil tersebut menjadi dasar anggaran bulanan karena jumlahnya cenderung tidak banyak berubah dari bulan ke bulan. Kurangi total pengeluaran Anda dengan total biaya tetap dari pendapatan bersih Anda untuk mengetahui berapa banyak yang tersisa untuk biaya variable.

Langkah 4: Buat daftar biaya variable Anda

Anda dapat dengan dahulu memeriksa tanda terima dan laporan bank online serta kartu kredit Anda (dan jangan lupa aplikasi seperti Ovo dan Gopay!) untuk menentukan biaya variable Anda. Biaya variable dapat berbentuk seperti bahan makanan, restoran, belanja, kelas kebugaran, dan hadiah yang mana condong untuk berubah dari bulan ke bulan.

Langkah 5: Jumlahkan biaya variable Anda

Tambahkan semua biaya variabel kemudian tambahkan jumlah itu ke total pengeluaran Anda untuk biaya tetap. Apakah jumlahnya lebih atau kurang dari total pendapatan bersih Anda? Jika lebih, Anda telah mampu untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

Langkah 6: Uraikan pengeluaran bulanan Anda ke dalam beberapa kategori

Sekarang Anda perlu memilah semua pengeluaran Anda ke dalam beberapa kategori setelah Anda berhasil membuat daftar pengeluaran tetap dan variabel. Sebaiknya gunakan kedua kategori luas, seperti “makanan”, bersama dengan subkategori tertentu, seperti “restoran”, “bahan makanan”, dan “kopi”, untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebiasaan belanja dengan spesifik.

Langkah 7: Evaluasi kebiasaan belanja Anda

Tambahkan total pengeluaran Anda per kategori. Untuk mengetahui berapa persen dari pendapatan Anda yang Anda belanjakan untuk setiap kategori, bagi total pengeluaran Anda per kategori dengan pendapatan bersih Anda dan kalikan dengan 100%. Dengan membuat presentase pada setiap kategori, Anda dapat memahami sebarapa banyak anggaran yang Anda habiskan per kategori dengan praktis.

Langkah 8: Periksa tujuan finansial Anda dan sesuaikan

Setelah membuat anggaran pribadi, sekarang Anda telah siap untuk mengevaluasi tujuan keuangan dan merubah pengeluaran Anda yang tertera pada anggaran. Jika ternyata Anda menghabiskan biaya belanja melebihi penghasilan makan Anda harus mengurangi pengeluaran pada kategori yang sekiranya tepat.

Walaupun biaya variabel lebih mudah untuk dipangkas daripada biaya tetap tetapi jika penghasilan Anda terlalu boros untuk biaya tetap, maka akan sulit mengimbangi pengeluaran untuk biaya tetap dan biaya variable. Jika Anda mengeluarkan terlalu banyak uang untuk sewa, pertimbangkan opsi perumahan yang lebih murah — misalnya, tinggal dengan teman sekamar. Pelajari bagaimana tinggal di rumah bersama Bungalow dapat menghemat uang Anda setiap bulan.

Jika Anda memiliki sisa uang di akhir bulan, selamat! Dengan begitu Anda dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk menabung.

Di samping total setiap kategori, buat sasaran baru untuk pembelanjaan bulan depan. Selamat! Sekarang Anda memiliki anggaran bulanan pribadi yang dapat Anda gunakan untuk mengelola pengeluaran bulan depan.

3 Stategi Penganggaran Yang Dapat Membantu Anda Berhemat

Jika Anda telah menentukan hasil dari pendapatan bersih dan pengeluaran rata-rata, tetapi tidak yakin bagaimana mengubah hasil tersebut menjadi anggaran reguler, jangan khawatir. Ada banyak strategi penganggaran. Berikut ini beberapa yang paling populer:

  1. Sistem 50/30/20: Salah satu cara membuat anggaran bulanan pribadi yang paling popular adalah Sistem 50/30/20. Sistem penganggaran ini mengharuskan Anda untuk memecah pengeluaran ke dalam tiga kategori besar: penting, tidak penting, tabungan. Total presentase pengeluaran pada tiap kategori adalah 50% untuk kebutuhan penting, 30% untuk yang tidak penting, dan 20% untuk tabungan. Gunakan kalkulator anggaran pribadi buatan InvestBro.id untuk menghitungnya.
  2. Penganggaran berbasis nol: Penganggaran berbasis nol tidak didasari pada perkiraan berapa banyak penghasilan Anda setiap bulan seperti kebanyakan metode anggaran lainnya, melainkan menggunakan pendapatan yang Anda peroleh bulan sebelumnya untuk membayar semua yang Anda butuhkan bulan ini. Angka “nol” berasal dari gagasan bahwa setiap rupiah memiliki peran tertentu, sehingga di akhir bulan, Anda tidak menyisakan sepeserpun.
  3. Sistem amplop: Sistem amplop dapat menjadi strategi yang berguna bagi orang-orang yang kesulitan memenuhi anggaran. Dengan system amplop tradisional  Anda menerima gaji dengan bentuk uang tunai dari amplop. Uang tunai Anda masuk ke dalam amplop terpisah untuk setiap kategori dalam anggaran Anda. Ketika amplopnya habis maka uang Anda juga tidak tersisa. Jika uang tunai bukan pilihan yang realistis untuk Anda, ada aplikasi yang menerjemahkan sistem ini untuk dunia digital, seperti Money Manager.

6 Tips Agar Penganggaran Berhasil

menghitung anggaran

Fungsi anggaran keuangan pribadi yang berguna hendaknya tidak hanya dipikirkan saja. Berikut ini cara membuat anggaran bekerja untuk Anda, bukan merugikan Anda.

  1. Tetapkan tujuan yang spesifik. Prinsip anggaran yang Anda gunakan akan lebih konsisten jika Anda menentukan tujuan spesifik dan bukan hanya sekadar untuk “berhemat”. Maka dari itu, buatlah rekening tabungan terpisah untuk tiap tujuan yang berbeda guna memantau kemajuan Anda dalam menabungnya dan jika Anda mencoba mengurangi dalam kategori tertentu, tentukan jumlah uang yang sesuai untuk berapa yang dikurangi.
  2. Lakukan perubahan bertahap. Jika melihat pengeluaran bulan lalu membuat Anda menyadari bahwa Anda perlu mengurangi secara drastis di beberapa kategori, jangan mencoba melakukan semuanya sekaligus. Sebaliknya, kurangi pengeluaran Anda dalam kategori itu sedikit setiap bulan untuk memudahkan transisi.
  3. Cari tahu apa yang penting bagi Anda. Untuk memastikan penghasilan Anda dipergunakan dengan tepat dan sesuai pada biaya yang penting, Anda dapat memastikannya melalui proses pembuatan anggaran Anda. Belanjakan uang Anda tanpa rasa menyesal di suatu kategori, dan kurangi biaya-biaya yang sebenarnya tidak penting. Jika anggaran Anda sesuai dengan prinsip Anda, maka akan lebih mudah untuk menjalaninya.
  4. Gunakan alat yang sesuai untuk Anda. Siapkan diri Anda untuk sukses dengan memilih alat penganggaran yang benar-benar sesuai untuk gaya hidup Anda, entah itu dengan menggunakan sebuah buku besar dengan pena dan kertas yang Anda tulis setiap hari, spreadsheet anggaran yang disesuaikan, atau aplikasi yang melacak semuanya untuk Anda. Alat ada untuk membantu Anda; jika alat bantu tersebut malah membuat Anda lebih kesulitan daripada penganggaran itu sendiri, sekarang saatnya untuk mencoba yang lain.
  5. Otomatiskan dan pengawasan. Menggunakan fitur pembayaran otomatis ke rekening tabungan dan pensiun adalah cara terbaik untuk mencegah Anda dari menggunakan dana yang dicadangkan untuk tabungan secara tidak sengaja. Mengotomatiskan pembayaran adalah cara terbaik untuk memastikan Anda tidak ketinggalan tagihan penting. Periksa tagihan dan pembayaran otomatis Anda setiap bulan untuk memastikan Anda tidak ditagih berlebihan.
  6. Tinjau anggaran Anda. Menetapkan waktu setiap minggu untuk memeriksa keuangan Anda akan memberi Anda ruang untuk menyesuaikan pengeluaran Anda sepanjang bulan. Ini juga menghindari masalah pembelian yang Anda tidak ingat pernah lakukan. Anggaran Anda adalah dokumen hidup, jadi jika akhir bulan, evaluasi anggaran Anda dan buat perubahan yang diperlukan. Meluangkan waktu satu hari dalam seminggu untuk memeriksa keuangan Anda akan memberi Anda ruang untuk menyesuaikan anggaran bulanan pribadi. Ini juga menghindari masalah pengeluaran yang Anda tidak ingat pernah lakukan. Anggaran Anda adalah dokumen hidup, jadi evaluasilah anggaran Anda dan buat perubahan yang diperlukan setiap akhir bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *