BRIMO adalah aplikasi digital banking yang diterbitkan oleh Bank BRI pada tahun 2019. Meskipun baru berusia 4 tahun, namun menurut pemberitaan dari Bisnis, aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 27,2 juta pengguna di seluruh Indonesia pada Mei 2023.
Hal ini tidak mengherankan, sebab Bank BRI selaku penerbit aplikasi ini terus berinovasi dengan teknologi dan layanan yang tersedia. Misalnya, dengan aplikasi ini Anda kini sudah bisa mengirim dana menggunakan mekanisme BI-Fast, mengambil uang tanpa kartu di ATM BRI, hingga membuka rekening valas.
Namun demikian, semakin banyaknya pengguna juga berarti semakin banyak masalah nasabah yang harus dihadapi oleh bank ini. Salah satu masalah umum terkait aplikasi BRIMO adalah akun BRIMO terblokir, sehingga nasabah tidak bisa melihat saldo dan melakukan transaksi lainnya.
Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan akun BRIMO bisa terblokir dan cara membukanya:
Penyebab Akun BRIMO Terblokir
1. Salah password
Salah satu kesalahan umum yang bisa menyebabkan akun BRIMO Anda terblokir sementara waktu adalah salah password hingga 3 kali. Meskipun Anda adalah pemilik sah dari akun tersebut, namun salah password hingga 3 kali dapat dideteksi oleh sistem sebagai cara masuk akun oleh orang yang tidak berhak.
Password yang baik memang harus didesain sedemikian rupa, sehingga susah dibaca dan digunakan oleh orang yang tidak berhak. Namun seringkali hal ini membuat pemilik akun itu sendiri akan menjadi lupa password akunnya. Untuk menghindari ini, Anda bisa menyimpan data password Anda menggunakan aplikasi penyimpan password atau membuat password dengan kata-kata yang susah tapi memiliki makna tertentu untuk Anda.
2. Terdapat aktivitas yang mencurigakan
Industri keuangan adalah industri yang penting untuk ekonomi sebuah negara. Maka dari itu, tidak heran jika sistem keamanan di dalam industri ini didesain sedemikian rupa, sehingga dapat mengidentifikasi adanya aktivitas yang mencurigakan.
Misalnya, ada dua transaksi yang dilakukan menggunakan akun yang sama, di jam dan menit yang sama namun di tempat yang berbeda. Oleh sistem keamanan bank, hal ini bisa diidentifikasi sebagai adanya percobaan transaksi keuangan oleh oknum yang tidak berhak, oleh sebab itu, tidak heran jika akun mobile banking Anda akan diblokir sementara waktu.
3. Akun tidak aktif selama 45 hari
Anda mungkin memiliki beberapa rekening di bank yang berbeda untuk mengatur keuangan Anda. Namun apabila jumlah rekening bank yang Anda miliki terlalu banyak, maka tidak heran jika ada satu atau dua rekening yang jarang Anda gunakan. Apabila rekening yang jarang Anda gunakan tersebut adalah rekening BRI di BRIMO, maka akun Anda akan diblokir.
Hal ini merupakan langkah pihak bank untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, pencurian data pribadi atau penggunaan akun BRIMO Anda secara tidak sah oleh orang lain.
4. Salah PIN 3 kali
Sama seperti password, PIN atau personal identification number dibutuhkan oleh bank untuk memastikan kalau transaksi keuangan tersebut dilakukan oleh orang yang berhak. Oleh karena itu, salah PIN hingga 3 kali dapat diidentifikasi sebagai usaha tidak wajar untuk melakukan transaksi, sehingga sistem akan memblokir PIN tersebut.
Hanya saja berbeda dengan 3 penyebab di atas, salah PIN 3 kali tidak menyebabkan aplikasi BRIMO tidak bisa digunakan sama sekali. Cuma, Anda tidak akan bisa melakukan transfer atau pembayaran menggunakan mobile banking.
Cara Membuka Akun Brimo yang Terblokir
1. Cara membuka akun BRIMO yang terblokir tanpa harus ke bank
Tidak semua cara membuka akun BRIMO yang terblokir harus dilakukan di bank. Bahkan apabila Anda lupa password, Anda bisa membuka blokir menggunakan aplikasi BRIMO itu sendiri. Caranya adalah:
- Buka aplikasi BRIMO.
- Klik Login.
- Klik Lupa Password.
- Masukkan username dan tanggal lahir, lalu klik lanjutkan.
- Masukkan PIN.
- Masukkan data-data yang diminta dengan benar, lalu klik lanjutkan.
- Buka email Anda dan cari email dari BRI.
- Klik tautan yang ada dalam email tersebut.
- Konfirmasi data untuk reset password BRIMO dan masukkan password baru.
- Klik Kirim.
- Reset password berhasil dan Anda bisa masuk menggunakan password baru tersebut.
Namun apabila yang terblokir adalah PIN Anda, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:
- Buka aplikasi BRIMO
- Lakukan transaksi sebagaimana biasanya.
- Saat diminta untuk memasukkan PIN, klik opsi “Lupa PIN”.
- Masukkan password BRIMO Anda.
- Masukkan kode OTP, lalu klik lanjutkan. Kode OTP ini bisa dikirim menggunakan SMS atau dikirim melalui email ke email dan nomor handphone yang telah Anda daftar sebelumnya.
- Buat PIN baru. Tidak disarankan untuk membuat PIN BRIMO sama dengan PIN ATM.
- Lakukan verifikasi dengan memasukkan PIN baru tersebut lagi.
- Selesai.
2. Menghubungi call center BRI
Cara membuka akun BRIMO yang kedua dengan tanpa harus datang ke bank adalah dengan menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau 1500017. Ketika sudah tersambung dengan customer service, Anda bisa mengatakan kalau user BRIMO terblokir dan Anda ingin membukanya. Cara ini bisa Anda lakukan ketika penyebab user BRIMO terblokir bukan karena salah password, tetapi hal-hal lainnya.
Akan tetapi sebelum menghubungi nomor tersebut, pastikan Anda sudah mempersiapkan beberapa hal, seperti nomor kartu ATM Anda, nomor KTP dan data diri, serta pulsa yang cukup. Sebab, tidak jarang akan ada antrian saat menghubungi call center bank ini, sehingga pulsa yang cukup dibutuhkan supaya komunikasi bisa berjalan dengan lancar dan Anda tidak harus mengulang dari awal lagi.
3. Datang ke kantor cabang Bank BRI
Ketika reset password dan menghubungi call center sudah dilakukan tapi akun BRIMO Anda masih terblokir, maka satu-satunya cara adalah dengan menghubungi kantor cabang BRI terdekat. Jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen, seperti buku tabungan dan KTP baik yang asli maupun salinannya.
Saat datang ke bank, silakan ambil nomor antrian ke customer service dan tunggu nomor Anda dipanggil. Serahkan dokumen-dokumen di atas kepada customer service dan katakan tujuan Anda adalah untuk membuka akun BRIMO yang terblokir.
Nah, itu tadi cara membuka akun BRIMO yang terblokir. Lalu, bagaimana jika user BRIMO terblokir akibat adanya transaksi yang tidak wajar? Pertama, Anda bisa menarik semua uang Anda dari rekening BRI menjadi uang tunai dan memindahkannya ke rekening lain. Kedua, Anda bisa membuat rekening baru dan akun BRIMO baru supaya hal yang sama tidak terjadi lagi.
Namun untuk mencegah hal tersebut, Anda harus meningkatkan keamanan transaksi mobile banking terlebih dahulu. Jangan beritahukan username, password dan PIN BRIMO Anda kepada orang lain, hindari menggunakan wifi publik untuk transaksi keuangan, pastikan terus mengunduh aplikasi BRIMO versi terbaru dan jangan lupa untuk logout sempurna setelah transaksi selesai.