Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Menabung emas adalah salah satu jenis investasi jangka panjang yang mudah dilakukan meskipun oleh para pemula karena cenderung lebih aman, nilainya stabil, serta lebih tahan terhadap inflasi. Salah satu tempat menabung emas terbaik adalah di Pegadaian, sebab sudah pasti aman sekaligus terpercaya.

Berinvestasi emas mungkin kedengarannya mahal, oleh karena itu Pegadaian adalah solusi terbaik untuk menabung logam mulia tersebut. Bagaimana cara investasi emas di Pegadaian? Mari lihat syarat serta langkah-langkahnya pada pembahasan berikut ini beserta tips dan keuntungannya.

Syarat Menabung Emas di Pegadaian

Melakukan investasi emas di Pegadaian sistemnya adalah dengan ditabung, jadi Anda tidak perlu langsung membelinya dalam harga setiap satu gramnya, tetapi dapat dicicil sesuai kemampuan lalu nominalnya dikonversikan sesuai berat logam mulia tersebut (sesuai harga saat itu). Tertarik mencoba berinvestasi logam mulia ini?

Begini syarat membuka tabungan emas Pegadaian:

  • KTP/Paspor, terbuka bagi Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) yang menetap di Indonesia
  • Isi formulir pendaftaran
  • Membayar biaya administrasi Rp10.000 serta biaya fasilitas Rp30.000 untuk setahun

Menabung emas di Pegadaian untuk pelajar pun cocok dilakukan karena selain tidak memberatkan (bisa disetor nominal berapa pun), juga dapat dijadikan sebagai salah satu investasi jangka panjang. Syarat investasi emas Pegadaian jika masih pelajar, usahakan sudah memiliki KTP sendiri.

Bagi pelajar yang hendak membuka rekening tersebut ke Pegadaian, sebaiknya didampingi oleh orang tua apabila belum memiliki KTP. Kemudian orang tua akan membukakan rekening atas nama anaknya tersebut ke kantor cabang Pegadaian atau dapat melalui agen resmi. Mudah, kan?

Langkah-Langkah Menabung Emas melalui Pegadaian

Membuat tabungan emas Pegadaian bisa dikatakan dapat menguntungkan apabila dilakukan dalam jangka panjang. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Berikut cara menabung emas di Pegadaian:

  1. Siapkan berkas berupa KTP atau paspor, kemudian datanglah ke kantor cabang Pegadaian terdekat. Apabila masih pelajar dan belum memiliki KTP, sebaiknya proses pembukaan rekening logam mulia didampingi oleh orang tua.
  2. Isi formulir secara lengkap dan benar sebagai syarat pembukaan rekening tabungan logam mulia.
  3. Bayar biaya administrasi Rp10.000 ditambah Rp30.000 untuk fasilitas penitipan rekening selama setahun.
  4. Buku Tabungan Emas Pegadaian sudah didapatkan.

Cara membuka tabungan emas Pegadaian sebenarnya juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital di HP. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasinya, kemudian mengisi formulir pendaftaran, selanjutnya melampirkan KTP/Paspor. Namun bedanya, jika hendak mengambil buku rekening harus mendatangi kantor cabang terdekat maksimal 6 bulan sejak pembukaan tabungan.

Tips Menabung Emas di Pegadaian

Setelah mengetahui cara investasi logam mulia Pegadaian, ketahuilah pula tips nabung emas di Pegadaian. Bagaimana tipsnya agar tidak berat dan bisa mendapatkan harga termurah?

1. Pantau harganya, pastikan membeli saat harganya sedang rendah

Emas merupakan logam mulia yang nilainya cenderung stabil, namun ada kalanya harganya bisa naik ataupun turun. Oleh karena itu, sebelum membelinya sebaiknya lakukan pemantauan harga terlebih dahulu supaya tidak merasa rugi.

Anda bisa membelinya saat harganya sedang turun, meskipun tidak turun terlalu jauh tetapi hal ini nyatanya cukup membantu. Setelah itu Anda boleh menjualnya ketika harganya sedang tinggi. Lakukan pemantauan secara berkala supaya bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual dan membeli.

2. Gunakan cicilan

Jika membuka tabungan emas Pegadaian, Anda tidak perlu langsung membeli logam mulia tersebut senilai 1 gram, tetapi boleh saja mencicilnya sesuai nominal dan tenor yang disepakati. Tenor untuk cicilan bisa 1 bulan dan maksimal 36 bulan. Besarnya angsuran disesuaikan dengan jangka waktu angsurannya, bisa dilakukan secara offline (langsung datang ke kantor Pegadaian) maupun online.

Apabila semua angsuran telah lunas, Anda baru bisa menerima fisik logam mulia emas setelah 1-2 minggu setelah pelunasan. Perlu diketahui pula, sebelum mengajukan cicilan emas Pegadaian harus membayar DP sebesar 20-30 persen terlebih dahulu.

3. Ikuti arisan emas dari Pegadaian

Cara investasi emas ke Pegadaian selain cicilan adalah dengan mengikuti arisan emas pada lembaga tersebut. Apabila tertarik mengikuti program ini, Anda dapat menghubungi pihak kantor cabang Pegadaian guna mengajukan permohonan arisan. Syarat mengikuti program tersebut yaitu setidaknya mempunyai grup berisi minimal 6 orang atau maksimal 12 orang.

Sistem arisan emas sama dengan sistem arisan lainnya. Namun pada program ini, akan dikenai biaya transaksi sebesar Rp50.000 dan wajib menyertakan materai Rp10.000 untuk setiap grup. Nantinya setiap peserta harus menyetorkan uang muka sebesar 15 persen ke ketua kelompok sebelum disetorkan ke Pegadaian.

Keuntungan Menabung Emas melalui Pegadaian

Investasi emas adalah bentuk tabungan jangka panjang yang minim risiko tetapi menguntungkan. Apa saja keuntungan jika nabung emas di Pegadaian? Lihat penjelasannya berikut ini.

1. Mudah dilakukan

Berdasarkan penjelasan pada poin sebelumnya, dapat diketahui bahwa mengajukan pembuatan tabungan emas Pegadaian untuk investasi jangka panjang sangat mudah dilakukan. Berkas yang dibutuhkan pun tidak memberatkan karena syaratnya hanya KTP atau paspor, sehingga WNI maupun WNA dapat melakukannya.

Lalu bagaimana cara menabung emas Pegadaian untuk pelajar? Apabila masih belum mempunyai KTP, harus didampingi orang tua untuk pembukaan rekeningnya. Jadi nantinya orang tua yang membukakan rekening atas nama anaknya.

Anda juga bisa dengan mudah membeli emas Antam di Pegadaian.

2. Mudah dicairkan dalam bentuk fisik

Emas Pegadaian termasuk mudah sekali dicairkan dalam bentuk fisik, baik kepingan maupun batangan UBS, Antam, UBS Disney, Galeri 24, Lotus Archi, dan Dinar. Bentuk fisik logam mulia dapat dicairkan mulai 1 gram sampai 1 kilogram, lalu biaya pencairannya pun berbeda-beda tergantung jenis cetak yang diambil. Hal ini sangat berguna jika sedang membutuhkan dana cepat saat sedang dalam situasi mendesak.

Hal yang perlu diketahui nasabah sebelum melakukan pencairan fisik emas, yaitu nilainya harus mencukupi. Misalnya hendak mencetak kepingan 1 gram, maka di tabungan harus ada setidaknya 1,1 gram. Sisa 0,1 gram digunakan supaya rekening tetap aktif.

3. Aman sekaligus terpercaya

Sebab Pegadaian adalah suatu lembaga resmi, maka sudah dapat dipastikan bahwa jika investasi emas di sana termasuk aman sekaligus terpercaya karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jadi tak perlu diragukan lagi, apalagi biaya administrasinya pun terjangkau  serta mampu menjamin keamanan tabungan logam mulia milik nasabah.

4. Ada peluang dapat membeli dengan harga termurah

Menabung emas tidak harus mahal, sebab melalui Pegadaian bisa mendapatkan harga beli yang lebih murah. Tidak harus membelinya dalam ukuran utuh 1 gram, sebab Anda sudah bisa mengambil mulai ukuran 0,1 gram saja dan tentunya sistem seperti ini sangat meringankan nasabah.

5. Mendapatkan keuntungan penjualan (buyback)

Meskipun keuntungannya mungkin lumayan besar, namun Anda tak perlu kerepotan saat hendak melakukan buyback atau penjualan kembali. Sebab dapat dijual langsung ke pihak Pegadaian kemudian mendapatkan keuntungan.

6. Pasti terjamin keasliannya

Sudah dipastikan bahwa emas Pegadaian dijamin keasliannya, sehingga tak perlu ragu apabila hendak membuka rekening tabungan logam mulia. Emas Pegadaian nilainya 24 karat dan dapat dicairkan.

Begitulah cara investasi emas di Pegadaian. Tertarik memulai investasi risiko rendah dengan logam mulia seperti ini?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *