Cara Menabung untuk Pernikahan

Menabung Untuk Nikah

Ingin menikah tapi tidak punya uang? Ketika ingin menikah maka Anda butuh banyak uang, terdapat juga biaya tidak terduga, maka dari itu perlu adanya persiapan untuk menikah seperti ketika ingin memilih tempat, catering, toko bunga, hiburan seperti band atau DJ, lalu pakaian pernikahan yang membuat acara pernikahan menjadi lebih istimewa. Berikut strategi cara menabung untuk pernikahan yang bisa membantu Anda menyisihkan uang untuk memenuhi kebutuhan acara Anda.

Tips Menabung Untuk Nikah

  • Rata-rata biaya pernikahan sangat bervariasi, bisa berdasarkan tempat tinggal dan jenis pernikahan yang sudah direncanakan oleh Anda
  • Sebagian pasangan hanya memperkirakan sebagian budget pernikahan dan pada akhirnya menghabiskan biaya yang tidak sesuai rencana di awal (melebihi budget).
  • Salah satu cara untuk menghemat biaya pernikahan adalah membandingkan barang yang ingin dibeli antar satu toko dengan toko lain.
  • Tabungan pernikahan harus mudah diakses kapanpun karena untuk membayar biaya penikahan jika muncul tiba-tiba.

Cara Menghitung Biaya Pernikahan

Total yang dikeluarkan untuk pernikahan sangatlah bervariasi, tergantung seberapa besar Anda memilih rencana pernikahan yang diimpikan. Perlu adanya perbandingan beberapa angka untuk rata-rata biaya pernikahan karena bisa membantu memperkirakan pengeluaran Anda.

Dari tahun ke tahun biaya pernikahan semakin meningkat, hingga mencapai lebih dari 300 juta. Berdasarkan angka tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa jumlah rata-rata biaya pernikahan dihabiskan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pernikahan seperti kue pernikahan, cincin kawin dan pertunangan, buku tamu, menu makan akad dan resepsi pernikahan, souvenir pernikahan, dan menyewa fotografi professional.

Kebanyakan orang menghabiskan 100-300 juta untuk kawin. Angka itu sudah termasuk dengan perencanaan pernikahan, seperti memesan tempat untuk resepsi, menyewa fotografer professional, membayar orang yang telah merancang pernikahan, membeli gaun pengantin dan pakaian pengantin pria, membayar makan malam untuk persiapan menuju hari pernikahan, dan membayar biaya petugas, tentu terlepas dari bulan madu karena itu tidak menjadi bahan perhitungan biaya persiapan pernikahan.

Ketika memutuskan untuk menikah maka biaya pernikahan pun bergantung pada rencana impian pernikahan Anda. Pasangan biasanya menghabiskan dengan lebih banyak biaya rata rata untuk menikah di Jakarta. Namun untuk perbandingan, ketika melakukan sebuah rencana pernikahan di daerah Sumatera atau Kalimantan maka biaya pernikahan Anda akan jauh lebih sedikit dari rencana pernikahan di Jakarta.

Jika Anda menginginkan sebuah pernikahan yang lokasinya jauh dari rumah, maka Anda perlu melakukan survei sebelumnya. Pernikahan di daerah yang jauh akan membutuhkan budget yang cukup murah jika direncanakan untuk tamu yang diundang hanyalah sedikit dan juga dalam kesempatan yang sama untuk berbulan madu di lokasi tersebut. (Namun, minusnya adalah tamu akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit, sehingga sangat memungkinkan tamu yang akan hadir akan berkurang)

Cara Menabung untuk Pernikahan

tabungan perkawinan

Semakin lama Anda menabung dan merencankan pernikahan Anda, maka itu sangat baik. Selanjutnya jika memungkinkan sebaiknya mulai membicarakan anggaran pernikahan sebelum bertunangan bersama pasangan agar bisa memperkirakan berapa budget yang diperlukan. Dengan membicarakan anggaran sebelum bertunangan maka bisa mengurangi perselisihan dikemudian hari mengenai budget untuk tunangan dan pernikahan kelak.

Akan lebih realistis bagi seorang pasangan untuk memulai membicarakan biaya perencanaan pernikahan setelah mereka resmi bertunangan. Jika Anda baru saja menerima lamaran, maka Anda bisa menikmati rasa senang tersebut dalam beberapa hari ke depan, kemudian bisa membuat langkah-langkah untuk mewujudkan rencana pernikahan Anda. Diskusikan untuk mencari cara menabung 50 juta dalam setahun sebagai angka minimal.

Hitung Anggaran Pernikahan

Pertama, gunakan kalkulator biaya nikah dari InvestBro untuk kalkulasi Anda. Dengan adanya anggaran maka bisa membantu Anda untuk memperkirakan pengeluaran biaya pernikahan sesuai rencana di awal jika masih dalam tahap realistis dan masih memungkinkan untuk bisa dijalankan sesuai rencana tersebut. Rata-rata pasangan salah memperkirakan budget yang diperlukan hingga sebesar 45%.

Mengatur anggaran dengan benar bisa dimulai dengan diskusi model pernikahan apa yang di inginkan. Pikirkan tentang persiapan pernikahan secara keseluruhan, dengan memikirkan “Apa pernikahan yang di impikan harus elegan dan berlokasi di ballroom? Apa pernikahan yang diimpikan bertema santai dan cukup melakukan di halaman rumah? Tujuan pernikahan bagaimana? Lalu untuk membuat daftar tamu akan seperti apa? Apa yang diundang hanya sanak saudara dan kerabat terdekat saja, atau akan mengundang banyak orang seperti kolega dari orang tua,dll.” Pertimbangan seperti yang dilakukan diatas tentu akan mempengaruhi anggaran pernikahan Anda.

Ketika memutuskan akan mengundang sekitar 20/30 anggota keluarga dan teman terdekat ke pesta pernikahan di halaman rumah, maka biaya yang diperlukan akan jauh lebih murah daripada dengan daftar tamu ratusan. Saat Anda membuat daftar tamu, Anda harus mengelompokkan tiap orang tersebut ke dalam 3 kategori seperti: keluarga dekat dan sahabat, teman baik dan keluarga besar, dan rekan kerja atau kenalan biasa.

Berdasarkan pertimbangan diatas, itu merupakan salah satu upaya untuk memperoleh angka per orang yang akan menjadi dasar dari anggaran dan fondasi cara menabung untuk pernikahan yang benar. Poin penting nya ialah Anda perlu membuat daftar kebutuhan pernikahan secara mendetail dari setiap biaya yang akan Anda bayar untuk rencana pernikahan ini. Kata pakar pernikahan, “Dari harga total pernikahan, beberapa harga dari hal-hal kecil sering diabaikan” namun ketika ada barang yang cukup mahal seperti cincin, catering, dan gaun akan mudah direncanakan pengeluarannya karena barang-barang tersebut wujud nya sudah sangat jelas, akan tetapi untuk item lain seperti biaya dekorasi, souvenir pernikahan, dan properti pendukung lainnya yang bisa meningkatkan biaya pengeluaran secara signifikan.

Jika Anda ingin menambah biaya pernikahan, maka Anda dan calon pasangan perlu melakukan beberapa pertimbangan seperti apa saja yang menjadi prioritas, dan apa saja yang bukan menjadi prioritas dalam pernikahan ini. Buatlah daftar pengeluaran yang mencakup semua hal yang ingin Anda belanjakan, meskipun ada beberapa hal yang tampaknya tidak penting. Kemudian periksa kembali daftar tersebut dan pisahkan apa saja hal yang bisa Anda hilangkan dari daftar tersebut.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan pengeluaran yang tepat bagaimana, maka Anda perlu mempertimbangkan apakah Anda bisa membuat sendiri beberapa kebutuhannya. Anda mungkin bisa saja meminimalisir pengeluaran, contohnya dengan membuat souvenir pernikahan daripada harus membeli. Atau Anda bisa meminimalisir untuk dinner dengan mengadakan barbecue di halaman belakang rumah atau dengan menu seadanya daripada memesan makanan dari restoran yang mahal. 

Jadikan Anggaran Pengeluaran Menjadi Tolak Ukur Menabung

Setelah mengetahui total anggaran biaya pernikahan, lalu Anda perlu memperkirakan berapa budget untuk menabung bulanan/mingguan untuk mencapai target Anda. Rumus untuk menentukan anggaran adalah sebagai berikut: jumlah bulan menuju pernikahan x tabungan/bulan + kontribusi dan tabungan yang ada = total anggaran pernikahan.

Ketika sudah mengetahui jumlah total anggaran, maka perlu dipertimbangkan berapa lama Anda menabung untuk pernikahan dan mulai memikirkan apakah Anda akan mendapatkan bantuan keuangan dari teman atau anggota keluarga. Jika total anggaran sekitar 300 juta dan dalam waktu 10 bulan ke depan Anda berencana untuk menikah, contoh Anda perlu menabung 30 juta/bulan, dengan asumsi belum ada simpanan apapun untuk pernikahan Anda. Akan tetapi, orang tua menyumbang 100 juta sebagai hadiah pranikah, maka budget yang diperlukan menjadi 20 juta/bulan dengan harapan perencanaan anggaran tersebut bisa mencapai target sebelum pernikahan.

Ketika Anda mulai menabung, tanyakan pada diri Anda apakah itu realistis. Jika Anda tidak bisa memenuhi jumlah tabungan yang sudah diperkirakan sebelumnya, maka Anda hanya memiliki dua pilihan yaitu mengurangi biaya pernikahan atau menunda pernikahan agar Anda memiliki waktu yang lebih lama untuk menabung biaya pernikahan. Opsi kedua mungkin pilihan yang kurang tepat, akan tetapi bisa menjadi pilihan yang terbaik jika Anda merasa budget pernikahan belum terpenuhi.

Menabung untuk Pernikahan

mulailah menabung

Anda perlu memutuskan dimana Anda akan menabung, ada tiga opsi yaitu: rekening giro terpisah, rekening tabungan atau rekening pasar uang.

Sebaiknya Anda memiliki rekening bersama untuk aksesibilitas. Anda bisa menabung ke rekening yang sama dan membelanjakan dengan menggunakan kartu debit.

Rekening pasar uang bisa menawarkan pendapatan bunga, akan tetapi aksesibilitasnya terbatas. Itu semua bergantung pada seberapa sering Anda ingin membayar biaya pernikahan, Anda bisa mempertimbangkan akan menggunakan rekening tabungan atau rekening giro.

Salah satu pilihan tabungan pernikahan adalah rekening deposito (CD). CD adalah deposito berjangka, yang memiliki arti Anda tidak bisa menarik tabungan Anda sampai CD tersebut jatuh tempo, namun jika menarik tabungan sebelum jatuh tempo maka Anda akan dikenai denda.

Terlepas apapun pilihan Anda untuk memilih giro, tabungan atau keduanya, perlu diperhatikan kembali biaya bulanan, saldo minimum, dan persentase bunga yang bisa Anda peroleh untuk memastikan bahwa Anda tidak menghabiskan semua uang hanya untuk menabung.

Membandingan Harga Di Berbagai Toko

80% pasangan mengatur anggaran untuk tabungan pernikahan tanpa melakukan survei sebelumnya ke toko A, B, C, D mengenai biaya pernikahan. Namun Anda bisa melakukan antisipasi terlebih dahulu dengan meluangkan waktu untuk mendapatkan beberapa penawaran untuk setiap biaya dalam daftar yang sudah dibuat sebelum memilih vendor.

Ketika sudah mendapatkan penawaran dari vendor, maka Anda jangan langsung percaya dengan perkataan mereka. Mintalah tawaran tertulis dari mereka. Perlu dipastikan kembali vendor mencatat batas maksimal kapan Anda bisa menerima penawaran tersebut. Jika sudah berkaitan dengan harga, maka suatu harga akan berubah seiring berjalannya waktu baik dalam jangka waktu enam bulan, satu tahun, atau dua tahun, kecuali sudah ada perjanjian dan uang muka (deposit) di tempat. 

Menyetujui biaya dengan deposit dan perjanjian yang ditandangani, memiliki arti bahwa seorang vendor tidak bisa menaikkan harga tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu kecuali pada surat kontrak terdapat kata kata khusus yang memungkinkan adanya kenaikan harga tanpa adanya pemberitahuan lebih lanjut ke customer. Pastikan bahwa Anda telah membaca setiap detail dari surat kontrak tersebut sebelum menyetujui dan menandatangani isi surat kontrak tersebut, kemudian perlu dipertimbangkan untuk memberi uang deposit terlebih dahulu.

Cari Waktu Yang Ideal dan Cari Tawaran Paket Pernikahan

Dalam cara menabung untuk pernikahan yang baik, perlu dipertimbangkan mengenai penentuan waktu untuk pernikahan Anda karena akan mempengaruhi anggaran Anda.

Jika akan melakukan pernikahan di tempat wisata seperti Bali atau Raja Ampat, perlu dipertimbangkan rencana perjalanan Anda untuk musim liburan, karena tarif perjalanan untuk penerbangan dan hotel biasanya mengalami penurunan dari harga normal. Setelah menentukan waktu, cobalah untuk memperhitungkan berapa budget yang akan dikeluarkan untuk pernikahan Anda.

Perlu diingat: jika Anda membeli barang pernikahan yang sedang di obral, maka perlu memastikan bahwa Anda memahami kebijakan pengembalian jika merasa size gaun pengantin terlalu besar atau terlalu kecil dan bisa ditukarkan kembali ke toko tersebut. Ketika mendapatkan potongan 20%, 30%, atau lebih itu sangat bagus, akan tetapi jika Anda perlu mengganti item itu dengan yang lain maka Anda akan merasa kurang beruntung karena kebijakan pengembalian toko tidak mengizinkan pengembalian dana untuk barang-barang obral. (Perlu adanya kwitansi sebagai tanda bukti secara tertulis). 

Kesimpulan

Menikah adalah salah satu peristiwa penting yang sepatutnya untuk dirayakan, menjalani masa setelah hari pernikahan merupakan hal yang terpenting bukan hanya disaat hari pernikahan. Memulai hidup baru bersama pasangan dengan mulai mengatur keuangan keluarga jauh lebih penting daripada memikirkan jumlah tamu yang sangat banyak saat menghadiri acara pernikahan kita. Mulailah untuk menabung untuk nikah dan merencanakan anggaran Anda dengan hati-hati dan mempersiapkan tabungan untuk biaya pernikahan Anda sehingga tidak berakhir dalam keadaan berhutang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *