Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BCA

Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BCA

Mengajukan pinjaman ke bank bisa sewaktu-waktu dibutuhkan. Terutama apabila sedang berada dalam kondisi mendesak dan membutuhkan tambahan uang secara cepat.

Mengajukan pinjaman ke bank pun dinilai lebih aman daripada ke rentenir atau lintah darat. Maka dari itu, guna membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, Bank BCA menyediakan layanan peminjaman uang melalui kantor cabang langsung maupun secara online melalui aplikasi mobile banking.

Tujuan orang-orang meminjam uang di bank biasanya digunakan sebagai modal untuk membangun usaha, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit kendaraan, dana pendidikan, kesehatan, kebutuhan pokok, dan sebagainya. Apalagi mengumpulkan modal dari nol bisa dibilang sangat susah, jadi mengajukan pinjaman lebih baik dilakukan daripada menunggu modal terkumpul dalam waktu lama.

Mengajukan pinjaman ke bank BCA sangat mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan modal dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pencairan dananya pun relatif cepat, yakni hanya sehari saja.

Tentunya, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana ke Bank BCA, ada syarat dan prosedur yang perlu Anda ketahui agar prosesnya bisa berjalan lebih lancar. Ini adalah penjelasan mengenai cara mengajukan pinjaman ke Bank BCA.

Syarat Meminjam Uang di Bank BCA

Banyak orang meminjam uang di bank karena beberapa tujuan. Kebanyakan orang yang melakukannya biasanya sedang membutuhkan modal untuk bisnis, memenuhi kebutuhan pokok, sedang kredit kendaraan, kredit kepemilikan rumah, biaya pendidikan, dan lain sebagainya.

Jadi, apabila saat ini Anda sedang membutuhkan dana secara cepat, BCA bisa menjadi solusinya karena menawarkan kredit tanpa agunan atau KTA (personal loan). Kredit Tanpa Agunan atau disingkat KTA adalah fasilitas pinjaman uang tanpa membutuhkan jaminan selama proses peminjaman.

Ketahuilah syarat KTA dari BCA yang dibutuhkan berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan domisili Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Batam, Medan, Palembang, Bali, dan Makassar.
  • Pemohon sedang berusia setidaknya minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
  • Minimal sudah bekerja sebagai karyawan tetap, wiraswasta, profesional selama dua tahun.
  • Penghasilan bulanan minimal yang harus dimiliki adalah sebesar Rp2.500.000. Ketentuan ini khusus Anda yang berdomisili di Medan, Batam, Bandung, Jabodetabek, dan Surabaya. Sedangkan untuk daerah Yogyakarta, Semarang, Solo, Palembang, Bali, dan Makassar minimal penghasilan bulanannya harus sebesar Rp2.000.000.
  • Selanjutnya Anda diminta untuk mengisi formulir pada aplikasi BCA Personal Loan. Pastikan saat mengisinya teliti dan lengkap.
  • Pastikan membawa KTP atau KITAS pemohon dalam bentuk fotokopi.
  • Fotokopi sertifikat kepemilikan rumah.
  • Karyawan perlu membawa slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan 1 bulan terakhir serta mutasi rekening tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir dalam bentuk fotokopi. Sedangkan untuk para wiraswasta dan profesional hanya membutuhkan fotokopi mutasi rekening selama 3 bulan terakhir saja.
  • Jika mengajukan pinjaman untuk usaha, jangan lupa untuk menyertakan akta pendirian, SIUP, atau TDP.
  • Apabila Anda mengajukan jumlah pinjaman lebih dari 50 juta rupiah, jangan lupa membawa fotokopi NPWP pemohon.
  • Apabila Anda menggunakan kartu kredit BCA (minimal telah digunakan selama satu tahun), fotokopi terlebih dahulu pada tampak de[an dan tampak belakang.

Syarat-syaratnya yang dibutuhkan cukup mudah, bukan? Selain itu, adapun jumlah suku bunga tetap untuk pengajuan KTA dari BCA ini. Di bawah ini adalah rincianya.

  • KTA BCA dengan tenor 1 tahun, jumlah tingkat suku bunga tetapnya sebesar 1,00-0,00 %
  • KTA BCA dengan tenor 2 tahun, jumlah tingkat suku bunga tetapnya sebesar 1,03-0,00 %
  • KTA BCA dengan tenor 3 tahun, jumlah tingkat suku bunga tetapnya sebesar 1,07-0,00 %

Adanya suku bunga tetap meringankan cicilan yang nantinya akan dibayarkan. Apalagi keuntungan lainnya, yaitu KTA BCA ini sudah dilengkapi dengan asuransi.

Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BCA secara Online

Mengajukan pinjaman ke Bank BCA melalui Kredit Tanpa Agunan (KTA) mudah saja dilakukan. Apalagi saat ini pada zaman serba digital, hal ini pun mudah dilakukan secara online atau daring. Begini caranya.

  • Pastikan Anda memiliki aplikasi mobile banking BCA dan sudah terdaftar di sana. Selanjutnya login dan masuklah pada menu Info BCA.
  • Pilihlah menu Produk lalu Pinjaman Individual. Anda bisa memilihnya disesuaikan dengan kebutuhan pribadi, contohnya KPR, kredit kendaraan, dan lain sebagainya.
  • Lakukan scrolling ke bawah hingga menemukan kata ‘Ajukan Sekarang’, langsung klik apabila sudah memilih jenis pinjamannya.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir berisi data diri pemohon. Formulir online tersebut meminta Anda untuk mengisi data berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor KTP, alamat email, dan lain-lain. Setelah selesai, pilih ‘Kirim’.

Pastikan ketika melakukan pengisian data pada formulir

  • Proses pengajuan pinjaman telah selesai. Tunggulah respon dari pihak BCA mengenai pinjaman yang diajukan.

Setelah mengetahui cara mengajukan pinjaman ke BCA secara online, sebenarnya prosedurnya sangat mudah, bukan? Selanjutnya akan kita bahas mengenai cara offline atau langsung datang ke kantor cabang pada poin berikutnya.

Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BCA secara Offline

Sama mudahnya dengan mengajukan secara online, melakukan pengajuan pinjaman uang secara offline berarti mengharuskan Anda untuk mendatangi langsung kantor cabang BCA terdekat. Begini cara melakukannya.

  • Siapkan dokumen yang telah disebutkan pada syarat-syarat pengajuan KTA. Pastikan semuanya sudah lengkap tanpa terlewat satu pun.
  • Datanglah ke kantor cabang BCA terdekat di domisili Anda.
  • Jangan lupa mengisi formulir pengajuan pinjaman dana. Guna memperlancar prosesnya, pastikan Anda tidak memiliki masalah berupa kredit macet, sebab pihak bank biasanya tidak akan mau meloloskan pemohon dengan riwayat tersebut.
  • Ajukan besar dana yang hendak dipinjam. Namun perlu diketahui bahwa rasio angsuran pada BCA Personal Loan pengajuan pinjamannya hanya boleh sesuai gaji pokok dengan rasio plafon maksimal empat kali dari Take Home Pay (THP).

Misalnya jika punya THP sebesar Rp7.000.000 maka jumlah maksimal pinjaman adalah Rp28.000.000 saja. Apabila mengajukan jumlah lebih besar, pihak bank akan menolaknya.

  • Proses pinjaman secara offline selesai. Pastikan nomor ponsel selalu aktif dan harus selalu standby apabila sewaktu-waktu pihak BCA menghubungi terkait pinjaman.

Begitulah cara pengajuannya apabila ingin dilakukan dengan langsung mendatangi kantor cabang terdekat.

Tips agar Pengajuan Pinjaman Disetujui Bank BCA

Cukup banyak orang mengajukan pinjaman dana ke bank, terutama BCA. Namun, tentu saja ada syarat dan ketentuan bagaimana nantinya disetujui atau tidak.

Tips pertama supaya disetujui adalah memperhatikan banyaknya limit pinjaman. Seperti yang telah dijelaskan, Anda hanya bisa meminjam sebesar 4 kali dari gaji bulanan. Jika lebih dari itu pasti ditolak oleh pihak BCA.

Tips kedua yaitu pastikan bahwa Anda tidak punya riwayat kredit macet. Sebab adanya riwayat tersebut justru menghambat proses pengajuan nantinya. Misalnya apakah pemohon lunas tepat waktu atau tidak, atau pernah menunggak, dan sebagainya.

Selain itu, memenuhi persyaratan secara lengkap juga penting. Sebab hal ini menentukan apakah pengajuan pinjaman disetujui oleh Bank BCA atau tidak nantinya.

Itulah cara mengajukan pinjaman ke Bank BCA yang perlu diketahui. Meminjam tak melulu berkonotasi negatif, sebab bisa saja digunakan sebagai tambahan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup, tambahan modal usaha, kredit kendaraan bermotor, Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), dan lain sebagainya. Namun, apabila menemui kendala terkait mengajukan pinjaman, segera hubungi Call Center BCA. 

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *