Lompat ke konten
Daftar Isi

Cara Mengatasi ShopeePay yang Dinonaktifkan

ShopeePay merupakan e-wallet keluaran e-commerce Shopee yang sudah memiliki banyak pengguna. Untuk menjaga keamanan penggunaan e-wallet, ShopeePay mengharuskan penggunanya untuk memasukkan PIN setiap kali akan melakukan transaksi.

Namun, ShopeePay Anda bisa dinonaktifkan jika salah memasukkan pin sebanyak 11 kali dalam waktu 5 menit. Jika sudah terjadi demikian, Anda tidak bisa transfer ShopeePay ke bank hingga aktivitas keuangan lainnya. Aktif akan dinonaktifkan selama 30 menit hingga Anda melakukan perubahan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir! Ada beberapa cara mengatasi ShopeePay yang dinonaktifkan. Bagaimana caranya? Mari simak langkah lengkapnya pada artikel di bawah ini!

1. Ubah PIN ShopeePay di Pengaturan

ShopeePay sebagai aplikasi e-wallet terbaik memungkinkan Anda untuk mengatasi akun yang dinonaktifkan melalui pengaturan. Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Shopee, kemudian masuk ke laman ShopeePay yang terletak di bagian beranda;
  2. Kemudian, pilih ikon ⚙️ yang merupakan “Pengaturan ShopeePay”. Ikon ini berada di sebelah kanan atas;
  3. Lalu, pilih menu “PIN & Autentikasi Biometrik”;
  4. Setelah itu, klik opsi “Ubah PIN ShopeePay”. Lalu, klik “Aktifkan Kembali”;
  5. Anda akan ditampilkan formulir pengajuan yang perlu diisi untuk mengembalikan kembali akun ShopeePay yang dinonaktifkan. 

Adapun data-data yang harus disiapkan untuk mengisi formulir tersebut, antara lain:

  • Username Shopee;
  • Screenshot halaman “Saya/Me”;
  • Alamat email yang dapat dihubungi;
  • Nomor handphone yang terdaftar di akun Shopee;
  • Screenshot notifikasi penonaktifan akun ShopeePay yang diterima;
  • Alasan melakukan perubahan PIN ShopeePay.

2. Hubungi Customer Service Shopee

Cara di atas bisa dilakukan jika Anda belum terburu-buru untuk menggunakan ShopeePay. Namun, jika Anda butuh segera mengakses ShopeePay, Anda bisa menghubungi customer service (CS) di nomor 1500702. Selain lewat nomor telepon, Anda lebih disarankan untuk mengunjungi situs resmi CS Shopee. 

Berikut adalah langkah menghubungi customer service Shopee untuk mengaktifkan kembali akun ShopeePay:

  1. Pertama, kunjungi laman resmi customer service Shopee;
  2. Kemudian, Anda akan dihadapkan pada pertanyaan “Apakah Anda pembeli, penjual, atau pengemudi?”;
  3. Beri tanda ceklis sesuai status Anda pada pilihan yang tersedia;
  4. Lalu, isi email aktif yang terdaftar pada akun Shopee; 
  5. Jelaskan permasalahan yang dihadapi pada kolom keluhan yang tersedia;
  6. Kemudian, Anda bisa menyertakan informasi tambahan sebagai pendukung seperti data yang dijelaskan pada langkah sebelumnya. 

3. Hubungi Shopee Help Center

Cara mengatasi ShopeePay yang dinonaktifkan berikutnya adalah dengan menghubungi Shopee Help Center. Bagaimana caranya? Mari simak langkah-langkahnya pada penjelasan di bawah ini: 

  1. Pertama, kunjungi website Shopee Help Center. Kemudian, Anda akan melihat beberapa opsi kendala yang bisa dipilih;
  2. Jika berkaitan dengan akun ShopeePay, Anda bisa mengeklik opsi “Pembayaran”;
  3. Lalu, di bagian sebelah kiri, klik menu “ShopeePay”;
  4. Laman berikutnya akan menampilkan seputar FAQ (frequently answer and question) yang bisa Anda cari sesuai kebutuhan. 
  5. Nantinya, Shopee Help Center akan memberikan jawaban terkait kebutuhan Anda dan bisa segera Anda lakukan. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi ShopeePay yang dinonaktifkan. Pastikan Anda tidak salah dalam memberikan informasi atau PIN yang sudah diatur kembali, ya. Semoga berhasil!

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita Amelia adalah seorang content writer dengan pengalaman menulis berbagai macam jenis artikel. Dia menekuni kepenulisan di bidang investasi, bisnis, ekonomi, dan isu-isu terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *