Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Transfer ShopeePay ke Bank

Cara Transfer ShopeePay ke Bank

ShopeePay adalah suatu layanan dompet digital dari Shopee, di mana para penggunanya bisa melakukan transfer, pembelian, maupun jenis transaksi lainnya dengan saldo di dalamnya. Selain itu, menggunakan ShopeePay dinilai banyak orang memberikan banyak kemudahan dalam transaksi secara digital.

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara melakukan transfer dana ShopeePay ke rekening bank. Sebenarnya, caranya bisa dibilang mudah dan cepat. Hanya perlu mengisi identitas diri, rekening bank tujuan, lalu menunggu saldo sampai ke rekening.

Cara transfer ke bank manapun, baik Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan lain-lain perlu diketahui oleh para penggunanya. Sebab mungkin saja sisa saldo tersebut sedang dibutuhkan untuk melakukan transaksi lainnya.

Tak perlu repot melakukan transfer ShopeePay ke bank manapun karena sangat mudah dan cepat. Begini cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Transfer ShopeePay ke Bank

Cara transfer ShopeePay ke akun bank dapat dibilang mudah dan cepat prosesnya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pengiriman dana dari ShopeePay ke bank tujuan manapun di sini.

1. Buka aplikasi Shopee

Pertama, buka aplikasi Shopee. Pada aplikasi ini nantinya akan ditampilkan beberapa menu seperti SPayLater, Shopee Food, Gratis Ongkir & Voucher, dan lain sebagainya.

Selanjutnya pilihlah menu  ShopeePay pada bagian kiri dari tampilan menu Klaim  Koin. Apabila menunya tidak muncul pada halaman utama, Anda bisa klik tab ‘Saya’. Kemudian pada kolom Dompet Saya, klik ShopeePay.

Nantinya pada menu tersebut terdapat pilihan berupa Isi Saldo, Bayar, Kode Bayar, Transfer, Transfer ke Bank, dan Minta Dana. Transfer adalah pilihan untuk memindahkan saldo ke akun ShopeePay lain, sedangkan  Transfer ke Bank gunanya mengirimkan saldo ke rekening bank lainnya.

Apabila Anda sudah melakukan verifikasi identitas dan data diri, dapat langsung memilih ‘Transfer ke Bank’. Sedangkan pada pengguna baru atau belum melakukan verifikasi data diri, sebaiknya selesaikan terlebih dahulu.

2. Lakukan verifikasi data dan identitas diri

Setelah melakukan klik pada menu ShopeePay, selanjutnya Anda pilih  ‘Isi Saldo’. Apabila belum melakukan verifikasi data dan identitas diri, sebaiknya mengisinya terlebih dahulu untuk mempermudah proses transaksinya.

Proses pengisian data meliputi unggah foto sekaligus data KTP atau KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) beserta foto diri sambil memegang kartu identitas tersebut. KITAS biasanya ditujukan kepada WNA yang menetap sementara di Indonesia dan diperpanjang setahun sekali. Selanjutnya, data lainnya yang perlu diisi, yaitu pekerjaan saat ini, nomor handphone, dan nama ibu kandung.

Apabila teah menyelesaikan pengisian data identitas diri tersebut, Anda bisa melakukan ceklis menyetujui syarat dan ketentuan dari ShopeePay. Lama verifikasi data dari pihak ShopeePay adalah 2 x 24 jam atau dua hari kerja, jadi jika Anda mengisinya pada saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu, maka tidak dihitung sebagai hari kerja.

Verifikasi data identitas diri ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee, sehingga tak bisa dilakukan melalui website maupun akun sosial media Shopee. Apabila belum ada jawaban, silakan menghubungi Customer Service agar dibantu mengenai masalah yang sedang terjadi selama proses verifikasi data.

3. Pilih nomor rekening bank tujuan

Setelah melalui proses verifikasi data dan identitas diri dalam dua hari kerja, Anda saat ini sudah bisa untuk melakukan transfer saldo ke rekening bank. Baik itu bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, BTN, Sea Bank, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa proses penarikan ini membutuhkan waktu kurang lebih satu hingga dua hari kerja. Apabila melakukan transfer ShopeePay ke bank nominalnya kurang dari Rp50.000, maka dikenakan biaya administrasi sebesar Rp3.000. Sedangkan jika nominal saldonya Rp50.000 atau lebih, gratis alias tidak dikenakan biaya administrasi.

Cara transfer ShopeePay ke bank, yaitu: 

  • Pilih menu Transfer, kemudian Penarikan ke Rekening Bank
  • Isikan jumlah nominal yang hendak dipindahkan ke rekening bank. Misalnya Rp100.000
  • Selanjutnya, klik Konfirmasi dan isikan PIN ShopeePay guna menyelesaikan proses pemindahan saldo ke rekening bank. PIN ShopeePay ini sebaiknya diingat agar mempermudah Anda apabila hendak melakukan transaksi menggunakan sistem pembayaran tersebut.
  • Tunggu prosesnya selama satu hingga dua hari kerja.

Mudah sekali, bukan? Namun, apabila dana tidak masuk melebih estimasi waktu tersebut, biasanya Shopee akan memberikan notifikasi apakah buku tabungan dan nomor rekening tujuan sudah benar atau belum, sehingga proses ini menjadi tertunda sementara waktu. Sebaiknya segera menghubungi Customer Service Shopee apabila hal ini terjadi.

4. Cek mutasi rekening tujuan

Dana yang telah masuk ke rekening bank dari ShopeePay biasanya muncul notifikasi tentang berhasilnya transaksi online tersebut. Jadi, Anda perlu mengecek mutasi rekening tujuan apakah saldo yang masuk sudah sesuai dengan nominal seharusnya atau masih belum.

Apabila telah muncul notifikasi Transaksi Berhasil, cobalah masuk ke bagian menu Cek Mutasi Rekening, baik melalui ATM maupun melalui internet dan mobile banking. Jika transaksinya berhasil, tentu saja ada riwayat yang tercatat pada mutasi rekening.

Apakah ShopeePay Bisa Ditransfer ke Bank?

ShopeePay adalah suatu dompet digital untuk melakukan transaksi secara digital pula. Banyak sekali keuntungan menggunakan ShopeePay, salah satunya kemudahan dalam melakukan segala transaksi online.

Saldo di ShopeePay, sebenarnya bisa ditransfer ke bank. Meskipun begitu, ada proses pengunggahan dan verifikasi data identitas diri yang harus dilalui, yaitu pengunggahan KTP atau KITAS. Proses verifikasi tersebut membutuhkan waktu satu hingga dua hari kerja.

Sebelum menarik dana dari ShopeePay ke rekening bank, sebaiknya cek terlebih dahulu nomor rekening dan jumlah nominal hendak dipindahkan. Hal ini bertujuan supaya proses transaksi berjalan lancar dan tidak ada penundaan dari pihak Shopee.

Selain itu, proses ketika melakukan transfer hingga saldo sudah berhasil dipindahkan ke rekening bank juga membutuhkan proses setidaknya sehari hingga dua hari kerja. Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan mutasi rekening bank masing-masing guna mengetahui berhasil atau tidaknya transaksi tersebut.

Berapa Biaya Transfer ShopeePay ke Bank?

Biaya penarikan dana ShopeePay ke bank tergantung pada jenis bank dan jumlah saldo yang hendak dipindahkan ke rekening. Pada bank selain BNI, Mandiri, BCA, dan BRI dikenakan biaya sebesar Rp3.000 apabila nominal saldo kurang dari Rp50.000 dan gratis jika lebih dari Rp50.000. Sedangkan selain dari BNI, Mandiri, BCA, dan BRI biaya administrasinya berapapun nominalnya tetap dikenakan sebesar Rp3.000 setiap kali transaksi.

Berapa Lama Transfer ShopeePay ke Rekening?

Melakukan penarikan dana dari ShopeePay ke rekening bank memang bisa jadi sewaktu-waktu dibutuhkan. Meskipun Anda membutuhkan aktivitas penarikan saldo dari ShopeePay ke bank, tentu saja tetap membutuhkan proses menunggu saldo berhasil masuk ke rekening.

Lamanya proses transfer ShopeePay ke rekening berbeda-beda setiap bank. Mandiri, BNI (syariah dan non-syariah), BRI, dan BCA membutuhkan waktu sedikitnya satu hari kerja. Sedangkan selain bank selain Mandiri, BNI, BRI, dan BCA perlu waktu kurang lebih satu hingga empat hari kerja.

Begitulah cara transfer ShopeePay ke bank. Sangat mudah sekali, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *