Lompat ke konten

Cara Mengetahui PIN ATM yang Lupa Tanpa Ke Bank

Cara Mengetahui PIN ATM yang Lupa Tanpa ke Bank

Lupa pin ATM kerap kali terjadi, apalagi jika jarang memakai kartu debit tersebut untuk melakukan transaksi tarik tunai, maupun pembayaran lainnya. Biasanya, ketika kita lupa pin ATM perlu datang ke bank untuk mengurusnya, tetapi bagi sebagian orang hal ini cukup merepotkan karena tidak semua orang mau datang ke bank untuk melakukannya.

Sebenarnya, untuk mengetahui PIN ATM tidak harus repot-repot pergi ke bank. Jadi bagaimana cara melakukannya? Coba simak penjelasannya berikut ini secara lengkap disertai berbagai persyaratan yang dibutuhkan.

Syarat Mengatasi Lupa PIN ATM

Beberapa orang mungkin tak memiliki waktu untuk mengurus PIN ATM yang lupa jika harus langsung pergi ke bank, apalagi jika pada saat tanggal merah dan akhir pekan biasanya kantor bank tutup. Oleh karenanya, banyak yang mencari cara bagaimana harus segera mengurusnya tanpa harus ke mana-mana.

Cara mengurus PIN ATM lupa memang memiliki cara yang mungkin hampir mirip antar banknya. Siapkan beberapa persyaratan di bawah ini yang dibutuhkan untuk mengatasi lupa PIN ATM tanpa perlu pergi ke bank:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli
  • Buku tabungan
  • Kartu ATM
  • PIN yang diingat terakhir kali

Di atas adalah beberapa persyaratan yang harus disiapkan jika ingin memperbarui PIN ATM, apalagi tidak harus ke bank. Lebih baik lagi jika Anda mencatat nomor kartu debit agar dapat diurus dengan lebih cepat.

Selanjutnya, Anda bisa menghubungi call center masing-masing untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pembaharuan password. Apabila prosesnya telah selesai, pastikan Anda mengingat password terbaru dan sebaiknya buatlah catatan di buku maupun ponsel agar meminimalisir terulang kembalinya hal serupa.

Tak perlu panik pula apabila hal tersebut terjadi, sampaikanlah keluhan mengenai lupa PIN ATM kepada pihak customer service. Buatlah password baru cukup mudah diingat dan hanya Anda yang tahu, misalnya tanggal lahir, tahun lahir, angka keberuntungan, angka pengingat, dan lain sebagainya.

Cara Mengetahui PIN ATM BRI yang Lupa

Anda mempunyai kartu debit Bank Rakyat Indonesia (BRI) tetapi lupa password karena jarang dipakai atau perihal lainnya? Berikut ini adalah cara mengetahui PIN ATM BRI yang lupa dan bisa dicoba tanpa harus mendatangi kantor cabang bank.

  • Siapkan nomor rekening yang bisa dilihat di buku tabungan, kartu debit, serta tanda pengenal berupa KTP.
  • Pastikan Anda memiliki jumlah pulsa cukup untuk menghubungi BRI pada nomor 14017 atau 1500017. Tunggu hingga sambungan telpon tersambung dengan pihak call center BRI
  • Apabila sudah tersambung dengan pihak BRI call center, Anda dapat mulai menyampaikan keluhan mengenai lupa password kartu debit. Jelaskan pula bahwa Anda hendak mengubahnya dengan yang baru.
  • Setelah menjelaskan keluhan mengenai permasalahan tersebut, nantinya pihak customer service akan membantu menyelesaikannya dengan cara menanyakan sekaligus melakukan verifikasi data diri pemohon.
  • Ikuti segala instruksi dari customer service, kemudian persiapkan PIN ATM baru Anda. Pastikan tidak menggunakan angka mudah ditebak maupun menyangkut data diri pribadi dan keluarga.
  • Pihak customer service akan memberikan instruksi untuk mengubah password baru.Tunggu prosesnya hingga selesai dan kartu debit Anda dapat digunakan kembali memakai password baru.

Seperti itulah langkah-langkah mengubah password kartu debit BRI tanpa datang ke bank langsung. Usahakan menghubungi call center BRI pada saat jam kerja supaya mendapatkan respon cepat.

Cara Mengetahui PIN ATM Mandiri yang Lupa

Cara mengetahui PIN ATM Mandiri yang lupa sebenarnya hampir mirip dengan sebelumnya pada bank BRI. Apabila Anda memiliki kendala atau permasalahan tersebut namun tak sempat pergi ke bank saat hari kerja, cobalah caranya berikut ini untuk membuat password kartu debit baru.

  • Jangan lupa siapkan buku tabungan untuk mengetahui nomor rekening, kartu ATM, serta identitas diri berupa KTP.
  • Siapkan pulsa secukupnya, kemudian hubungi call center Bank Mandiri pada nomor 14000. Tunggu sampai tersambung dengan pihak call center Mandiri.
  • Apabila telah terhubung dengan call center Mandiri, segera jelaskan permasalahan Anda mengenai PIN ATM yang lupa, saldo terakhir diingat, dan lain sebagainya lalu jawablah sesuai pertanyaan diajukan oleh pihak bank.
  • Setelah permasalahan tersebut disebutkan, pihak Bank Mandiri selanjutnya akan melakukan verifikasi data pemohon. Jawablah pertanyaan dari customer service dengan sebenar-benarnya sesuai data diri Anda.
  • Proses verifikasi data telah selesai, pihak customer service Mandiri akan meminta membuat password debit baru. Buatlah password/PIN baru yang mudah diingat tetapi juga tidak pasaran.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai. Kartu debit sudah siap digunakan dengan PIN terbaru.

Ketika membuat password/PIN baru, jangan pernah lupa untuk mencatatnya di memo HP maupun catatan lainnya agar selalu ingat. Meskipun hal ini sepele, bukankah sebaiknya tidak melupakan hal penting seperti itu?

Cara Mengetahui PIN ATM BNI yang Lupa

Password/PIN pada kartu ATM merupakan hal paling penting untuk diingat, sebab jika sering lupa dapat menghambat proses transaksi apapun, apalagi jika memakai mesin ATM. Oleh karena itu, apabila Anda lupa PIN debit BNI cobalah cara berikut ini untuk membuat PIN ATM baru.

  • Persiapkan kartu debit BNI, buku tabungan, serta Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Sediakan cukup pulsa supaya dapat menelpon pihak customer service resmi Bank Negara Indonesia (BNI) di nomor 1500046 atau 021-68888. Tunggu sampai tersambung dengan customer service BNI.
  • Apabila memiliki permasalahan berupa lupa PIN ATM BNI tetapi tidak sempat datang ke kantor bank karena hari kerja, sampaikan kendala tersebut kepada call center BNI. Ajukan juga permohonan untuk mereset atau mengganti PIN baru untuk kartu ATM.
  • Selanjutnya, pihak customer service melakukan validasi atau kecocokan data diri sang pemohon agar dapat disetujui pembuatan PIN ATM baru.
  • Jawablah pertanyaan customer service sesuai data diri pribadi dan keadaan yang sedang dialami, baik itu termasuk saldo terakhir, informasi ibu kandung, tempat tanggal lahir, dan sebagainya.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai. Setelah itu pihak bank akan menginformasikan bahwa pembuatan PIN baru telah selesai dan kartu debit sudah dapat dipakai untuk melaksanakan berbagai transaksi keuangan di mesin ATM maupun mesin EDC.

Cara Mengetahui PIN ATM BCA yang Lupa

Mirip dengan cara mengetahui PIN ATM yang lupa dari bank lainnya, begini prosedur membuat PIN ATM BCA yang baru dan tidak perlu pergi ke bank. 

  • Persiapkan data diri pribadi berupa KTP, lalu siapkan pula buku tabungan dan kartu ATM.
  • Jika memiliki pulsa dalam jumlah cukup, hubungi call center BCA di nomor 1500888. Tunggu hingga panggilan tersambung.
  • Jika telpon telah terhubung, jelaskan kepada pihak bank BCA mengenai permasalahan lupa PIN ATM. Ajukan pula permintaan penggantian PIN baru agar bisa mengakses layanan keuangan.
  • Selanjutnya, pihak call center BCA akan melakukan pencocokan data diri pribadi. Oleh karena itu, jawablah sejelas-jelasnya sekaligus sebenar-benarnya supaya permintaan pembuatan password baru dapat disetujui.
  • Apabila telah disetujui, buatlah PIN ATM BCA yang baru tetapi mudah diingat. Usahakan mencatatnya agar tidak lupa lagi di kemudian hari.
  • Proses selesai dan kartu ATM sudah dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi kembali.

Itulah cara mengetahui PIN ATM yang lupa tanpa ke bank. Apabila hendak membuat PIN baru sebaiknya usahakan tidak menggunakan deretan angka mudah ditebak karena rawan diketahui orang lain sekaligus menghindari dari tindak kejahatan. Jangan beritahukan pula password debit secara sembarangan ke orang lain, apalagi yang tidak dikenal maupun baru saja dikenal.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.