Untuk mempermudah transaksi dan aktivitas keuangan nasabah, industri perbankan memfasilitasi nasabah dengan berbagai layanan dan salah satunya adalah SMS Banking. Bank Mandiri menjadi salah satu penyedia fitur layanan ini yang dikenal dengan nama layanan Mandiri SMS.
Hampir sama dengan aplikasi perbankan lainnya, Mandiri SMS memungkinkan nasabah untuk membayar tagihan, mengecek saldo rekening, hingga mengirim saldo ke rekening lain. Layanan ini sangat berguna bagi nasabah yang tidak memiliki perangkat memadai untuk mengunduh aplikasi perbankan. Namun, di sisi lain, layanan ini bisa mengganggu aktivitas nasabah karena notifikasi yang selalu masuk ke smartphone atau gadget mereka.
Maka dari itu, tidak jarang nasabah berusaha menonaktifkan SMS Banking Mandiri dengan beberapa cara. Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui caranya!
Apakah SMS Banking Mandiri Bisa Dinonaktifkan?
Anda tidak perlu khawatir jika merasa notifikasi atau layanan SMS Banking Mandiri mengganggu aktivitas Anda karena layanan tersebut bisa dinonaktifkan dengan mudah. Selain dari segi kenyamanan, biasanya nasabah memutuskan menonaktifkan layanan ini karena harus mengeluarkan pulsa setiap melakukan transaksi.
Pasalnya, untuk setiap SMS yang diterima, pulsa akan terpotong sebesar Rp500 secara otomatis. Sementara itu, jika nasabah ingin bertransaksi, mereka perlu membayar biaya pulsa sesuai provider yang digunakan. Setiap provider memiliki biaya admin yang berbeda-beda.
Misalnya, provider Telkomsel menerapkan harga menerima SMS untuk kartu Halo dan AS sebesar Rp500,00. Lalu, kartu Simpati dikenakan biaya sebesar Rp550,00.
Sementara itu, provider XL dan Indosat mengenakan biaya untuk SMS yang diterima sebesar Rp 500,00. Kemudian, untuk transaksi pembelian, pembayaran, atau transfer, nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp1.000,00.
Cara Menonaktifkan SMS Banking Mandiri
Ada beberapa cara menghentikan layanan tersebuti yang bisa Anda lakukan, yaitu:
1. Cara menonaktifkan SMS Banking Mandiri melalui Call Center
Apabila Anda ingin menghentikan layanan melalui panggilan telepon, pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup hingga mendapat konfirmasi bahwa layanan dihentikan. Berikut adalah cara yang harus dilakukan:
- Pertama, buka menu “Phone” di smartphone atau gadget Anda untuk memulai panggilan ke call center Mandiri;
- Masukkan nomor 021-5299-7777 atau 14000;
- Lakukan panggilan telepon hingga berbunyi nada dering tanda panggilan tersambung;
- Selanjutnya, tim customer service akan mengarahkan Anda untuk menghentikan layanan tersebut. Selama proses tersebut, berikan informasi yang sesuai berupa identitas diri, nomor rekening, dan berkas-berkas lainnya sesuai yang diperintahkan.
2. Cara menonaktifkan SMS Banking Mandiri melalui ATM
Anda juga bisa menghentikan layanan melalui ATM dengan cara berikut ini:
- Pergi ke mesin ATM Mandiri terdekat dan masukkan kartu ATM ke dalam mesin tersebut;.
- Lalu, masukkan PIN ATM dengan tepat;
- Cari dan pilih menu “Lainnya” atau “Menu Lain” terletak di bawah pada halaman utama mesin;
- Pilih kategori “Layanan” atau “Pengaturan”;
- Setelah itu, klik menu “SMS Banking” atau “Ubah SMS Banking”;
- Kemudian, Anda akan diberikan beberapa pilihan terkait layanan Mandiri SMS. Jika Anda ingin menghentikan layanan, klik menu “Hentikan Layanan” pada mesin ATM;
- Setelah Anda mengkonfirmasi penghentian layanan tersebut, mesin ATM akan memproses permintaan Anda. Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima konfirmasi bahwa layanan telah berhasil dinonaktifkan.
- Setelah mendapatkan konfirmasi, mesin ATM akan mengeluarkan kartu ATM Anda. Pastikan untuk mengambil kartu Anda, lalu tunggu hingga transaksi selesai sebelum meninggalkan mesin ATM.
3. Cara menonaktifkan SMS Banking Mandiri melalui kantor cabang
Jika Anda ingin mendatangi langsung kantor cabang untuk menghentikan layanan, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:
- Kunjungi kantor cabang Mandiri terdekat yang ada di kota Anda;
- Ambil nomor antrean dan isi form registrasi;
- Isi form secara seksama dengan memasukkan identitas diri serta tujuan Anda mendatangi kantor cabang, yaitu untuk penghentian layanan Mandiri SMS;
- Apabila nomor antrean sudah dipanggil, datangi customer service dan sampaikan tujuan Anda;
- Siapkan dan serahkan semua berkas persyaratan yang dibutuhkan, seperti buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri (KTP/SIM/Paspor/dsb);
- Terakhir, ikuti arahan dari customer service mengenai langkah berikutnya dan tunggu konfirmasi bahwa layanan Mandiri SMS Anda sudah dihentikan.
SMS Banking Mandiri bisa dinonaktifkan melalui beberapa cara di atas. Sama seperti saat pendaftaran, menghentikan SMS Banking Mandiri juga dilakukan berdasarkan keputusan dan keinginan Anda sendiri.