Lompat ke konten

5 E-Wallet yang Bagus Untuk Prakerja

E-Wallet yang Bagus untuk Prakerja

Insentif Prakerja seluruh gelombang bisa dicairkan melalui e-wallet maupun rekening dengan cara menyambungkannya ke kartu Prakerja. Saat ini, e-wallet atau dompet digital yang bisa dipakai untuk menyambungkannya yaitu DANA, LinkAja, GoPay, dan OVO lalu rekening dari Bank BNI. Pada pembahasan kali ini, hal-hal tersebut perlu Anda ketahui supaya tidak bingung lagi ketika menghadapi permasalahan tersebut.

Berbagai jenis e-wallet untuk Prakerja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda bisa memilih mana yang memang sesuai keinginan Anda agar bisa disambungkan dengan kartu Prakerja. Bahkan cara pendaftarannya pun mudah, Anda juga bisa melakukannya secara online.

Artikel ini akan membahas e-wallet atau dompet digital yang bagus untuk Prakerja. Berikut juga disertai dengan cara pendaftaran maupun keunggulannya masing-masing.

Mengapa Butuh E-Wallet Untuk Prakerja?

Dompet digital atau e-wallet bisa digunakan sebagai tempat untuk pencairan dana insentif Prakerja, antara lain DANA, LinkAja, GoPay, OVO, dan Bank BNI. Alasan mengapa Anda membutuhkan e-wallet untuk pekerj, yaitu karena banyaknya kelebihan di dalamnya, antara lain lebih praktis, transaksi pembayaran apapun lebih mudah sebab hanya perlu melakukan scan kode QRIS melalui aplikasi dompet digital, bisa digunakan untuk membayar pajak, serta proses pendaftarannya dapat dilakukan kapan saja. Namun, jika Anda tak memiliki dompet digital, bisa mencairkan insentif Prakerja melalui rekening BNI.

Keuntungan dari para penerima kartu Prakerja adalah mendapatkan sejumlah uang serta pelatihan. Oleh karena itu, penerima kartu Prakerja wajib menyambungkan akunnya ke rekening ataupun e-wallet yang sebelumnya sudah didaftarkan supaya dana untuk insentifnya bisa dicairkan. Biasanya, uang insentif baru cair setelah 3-5 hari kerja sejak hari ditransfernya uang tersebut ke rekening.

Peserta yang lolos bisa dibilang sangat beruntung, sebab akan mendapatkan bantuan berupa pelatihan serta uang insentif dari pemerintah. Rincian uang yang diterima adalah sebagai berikut.

  • Biaya pelatihan sebesar 1 juta rupiah per individu
  • Insentif 600 ribu rupiah setiap bulannya selama empat bulan
  • Insentif 150 ribu rupiah untuk survei kebekerjaan

Setelah mengetahui rincian nominal tersebut dan Anda termasuk salah satu peserta yang menerima kartu Prakerja, maka harus segera menautkan akun rekening e-wallet atau bank. Tujuannya supaya dana insentif bisa segera dicairkan. Apalagi pendaftarannya melalui e-wallet bisa dibilang sangat mudah sekaligus cepat prosesnya, di mana Anda tak harus datang ke kantor karena bisa dilakukan secara online.

Meskipun begitu, pastikan bahwa akun e-wallet merupakan atas nama milik Anda sendiri supaya tidak terjadi kegagalan dalam pencairan dana. Namun, kegagalan insentif cair tak hanya karena perbedaan data kartu Prakerja dengan akun dompet digital, bisa juga disebabkan oleh belum terverifikasinya data Anda melalui KTP dan foto selfie pada aplikasi dompet digital.  Apabila kendala tersebut terjadi, segera hubungi pihak aplikasi e-wallet terkait agar bisa ditemukan solusi untuk menyelesaikannya.

E-Wallet yang Bagus untuk Prakerja

Beberapa aplikasi e-wallet berikut ini bagus untuk pencairan insentif Prakerja karena memiliki jalinan kerjasama dengan pihak manajemen dari Kartu Prakerja, antara lain DANA, LinkAja, GoPay, OVO, dan Bank BNI. Simak uraiannya berikut ini beserta fitur yang dimilikinya.

1. DANA

E-wallet yang bagus untuk Prakerja pertama adalah DANA yang juga merupakan mitra dari Kartu Prakerja. Sebelum menautkannya, Anda perlu melakukan upgrade terlebih dahulu ke DANA Premium supaya insentif bisa cair. Banyak orang menggunakan e-wallet satu ini karena memiliki sejumlah keuntungan.

Selain bisa membayar segala tagihan, transaksi maupun membayar kebutuhan untuk bekerja, fitur lainnya dari e-wallet DANA juga memiliki gratis 10 kali transfer ke bank lain setiap bulannya. Sehingga, uang dari Prakerja masih utuh di rekening.

2. LinkAja

Sebelum menghubungkan e-wallet LinkAja ke akun Prakerja, sebaiknya lakukan dahulu upgrade. Caranya hanya perlu mengunggah foto KTP, swafoto bersama KTP, NIK, Kartu Keluarga (KK) dan e-mail aktif guna penyaluran uang insentif.

Fitur dari LinkAja yang menguntungkan bagi para penerima insentif Prakerja, yaitu bisa membayar berbagai macam kebutuhan maupun tagihan, membayar pajak, maupun transfer uang ke bank Himbara (BNI, BRI, Mandiri, BTN) dengan biaya admin hanya Rp1.000 per transaksi. Tak hanya itu, LinkAja telah terhubung dengan lebih dari 300 ribu merchant di Indonesia, juga bisa membantu Anda dalam membayar segala kebutuhan sebagai persiapan untuk bekerja.

3. GoPay

E-wallet yang bagus untuk Prakerja lainnya adalah GoPay dari GoJek. Pastikan Anda telah melakukan upgrade terlebih dahulu ke GoPay Plus supaya bisa menikmati fitur menariknya.

Fitur menarik dari GoPay adalah bisa menarik saldo tanpa membutuhkan kartu pada ATM BCA. Selain itu, juga ada jaminan saldo kembali 100% apabila akun disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab.

4. OVO

OVO  juga merupakan salah satu e-wallet yang bagus untuk Prakerja. Upgrade terlebih dahulu akun Anda ke OVO Premier supaya bisa menikmati fitur premium maupun untuk kebutuhan bekerja.

Fitur OVO untuk Prakerja yaitu bisa melakukan berbagai macam pembayaran maupun transaksi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan jaminan keamanan dalam bertransaksi melalui e-wallet satu ini.

5. Bank BNI

Selain e-wallet, rekening Bank BNI juga bisa digunakan untuk mencairkan insentif Prakerja. Namun, Anda harus mendatangi kantor cabang untuk membuat rekeningnya setelah mengisi e-form.

Meskipun dilakukan secara offline untuk membuat rekening, adapun beberapa fitur yang bisa dinikmati jika menjadikan tabungan BNI sebagai tempat untuk mencairkan uang Prakerja. Fitur tersebut, yaitu pencairan dananya lebih cepat dibandingkan e-wallet, lebih mudah pendaftarannya, serta bisa melakukan tarik tunai.

Rekening Apa Saja yang Bisa Untuk Prakerja?

BNI sebelumnya merupakan satu-satunya rekening bank untuk mencairkan insentif Prakerja. Namun ternyata berdasarkan pernyataan dari Denni Puspa Purbasari yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif PMO Prakerja bahwa Bank Central Asia (BCA) akan dilibatkan sebagai mitra pada Program Kartu Prakerja. Pernyataan ini diungkapkan pada wawancara beliau dengan awak media pada 4 April 2022 dan sesuai kutipan dari akun instagram @prakerja.go.id yang telah resmi diunggah.

Apakah Bisa Pakai Rekening Orang Lain Untuk Prakerja?

Apakah bisa pakai rekening orang lain untuk mencairkan insentif? Jawabannya adalah tentu saja TIDAK BISA. Anda wajib mengenakan rekening atau e-wallet milik sendiri yang sudah terdaftar dan juga terverifikasi.

Hal yang perlu diketahui sebelum menautkan dompet digital dan rekening guna pencairan dana insentif Prakerja, yaitu Anda tak boleh menggunakan akun milik orang lain. Alasannya karena bisa menyebabkan kegagalan pencairan insentif, di mana seharusnya akun e-wallet harus sesuai dengan NIK dan nama peserta yang sudah terdaftar di Prakerja. Oleh karena itu, Anda tak bisa menggunakan NIK apalagi akun e-wallet milik orang lain yang tidak terdaftar, bisa dibilang harus dimiliki oleh atas nama sendiri.

Apakah bisa mengganti e-wallet maupun rekening untuk pencairan insentif karena tidak aktif? Jawabannya adalah BISA. Anda bisa coba menyimak penjelasan sekaligus cara mencabut atau mengganti e-wallet maupun rekening berikut ini untuk Prakerja.

  • Masuklah ke akun Prakerja di www.Prakerja.go.id, setelah itu ada dashboard pilih tab menu ‘Atur’
  • Pada menu tersebut, Anda pilih ‘Putuskan Rekening’. Setelah itu klik ‘Putuskan Sekarang’ kemudian konfirmasi
  • Tunggu prosesnya hingga selesai

Pemutusan rekening ini bisa dilakukan jika Anda tak sengaja salah menginput data atau lupa bahwa e-wallet sudah tidak aktif. Namun ketika sudah disetujui oleh sistem, segera lakukan penggantian rekening e-wallet baru yang masih aktif.

Cara menautkan e-wallet atau rekening baru setelah menghapus yang sudah tidak aktif pun sangat mudah dilakukan sekaligus prosesnya cepat. Anda hanya perlu masuk lagi ke akun Prakerja lalu pilih menu Rekening kemudian klik Sambungkan Rekening dan pilih jenis e-wallet atau rekening yang aktif. Jangan lupa memasukkan data dan nomor HP yang tertaut pada akun dompet digital tersebut secara teliti supaya tidak salah lagi.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.