Daftar Fee Sekuritas Termurah (2021)

Biaya transaksi saham termurah

Perusahaan sekuritas adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri keuangan dan pasar modal. Pokok pekerjaan utama perusahaan ini adalah sebagai perantara perdagangan efek, penjamin emisi efek (underwriter) dan manajer investasi. 

Sama seperti lembaga keuangan non bank lainnya, perusahaan sekuritas atau yang biasa juga disebut sebagai perusahaan efek harus terdaftar di OJK. Saat ini terdapat kurang lebih 123 perusahaan sekuritas yang telah memiliki lisensi dari lembaga ini. 

Salah satu sumber pendapatan utama perusahaan sekuritas diperoleh dari biaya transaksi jual beli instrumen baik itu dalam saham, reksa dana, maupun instrumen lainnya. Berbagai biaya transaksi seperti inilah yang harus diketahui oleh investor supaya dapat memaksimalkan hasil investasi.

Dari berbagai sekuritas saham online terbaik, kami merangkum beberapa perusahaan yang menetapkan fee terendah.

Berikut daftar fee sekuritas termurah:

1. Fee Ajaib Sekuritas

Untuk jual beli reksa dana, pihak ajaib sekuritas tidak mengenakan biaya sepeserpun.

Sedangkan untuk trading saham, fee yang ditetapkan Ajaib Sekuritas adalah antara 0,13% sampai 0,15% tergantung jumlah saham yang diperjualbelikan. 

Biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa broker, biaya levy dan pembayaran pajak PPN dan PPh. Dengan demikian, boleh dikatakan bahwasanya fee PT Ajaib Sekuritas adalah salah satu fee perusahaan sekuritas terendah di Indonesia. 

2. Fee Mirae Sekuritas

Fee transaksi di Mirae Asset Sekuritas adalah sebesar 0,08% hingga 0,25% tergantung dengan jenis transaksi yang dilakukan (jual atau beli) dan jenis akun yang dibuka oleh nasabah. 

Selain biaya tersebut, perusahaan ini tidak mengenakan biaya apapun kepada nasabah, termasuk biaya pajak dan info market harian. Maka tidak heran jika fee transaksi menggunakan jasa perusahaan ini cukup kompetitif. 

3. Fee BCA Sekuritas

BCA sekuritas adalah lini perusahaan Bank BCA yang bergerak di bidang perantara perdagangan efek, manajer investasi dan penjamin emisi efek.

Fee transaksi di BCA Sekuritas adalah 0,18% untuk transaksi beli dan 0,28% untuk transaksi jual. Sedangkan untuk transaksi menggunakan jasa broker, biaya transaksi beli adalah 0,25% dan biaya transaksi jual adalah 0,38%. 

4. Fee Mandiri Sekuritas

Bank lain yang juga memiliki lini broker saham adalah Mandiri Sekuritas.

Fee transaksi di Mandiri Sekuritas adalah sebesar 0,18% untuk transaksi beli dan 0,28% untuk transaksi jual. 

5. Fee BNI Sekuritas

Selain Bank BCA dan Bank Mandiri, BNI juga membuka perusahaan pada cabang usaha sekuritas. Bahkan perusahaan sekuritas dari BNI ini telah berdiri sejak tahun 1995.

Peraturan fee pada BNI Sekuritas adalah 0,17% untuk transaksi beli dan 0,27% untuk transaksi jual.

Jumlah tersebut sudah termasuk pajak PPN dan PPh masing-masing 0,03% dan 0,01% dan juga biaya transaksi BEI (BEI Levy) sebesar 0,04%. 

6. Fee Indo Premier (IPOT)

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya Indo Premier adalah salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia.

Indo Premier (IPOT) mengenakan fee broker sebesar 0,19% untuk transaksi beli dan 0,29% untuk transaksi jual. 

Meskipun harganya tampak lebih mahal dibandingkan perusahaan sekuritas lainnya, namun Indopremier Sekuritas dikenal memiliki pelayanan sekuritas digital terbaik hingga saat ini.

7. Fee MNC Sekuritas

MNC Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang di bawah payung perusahaan MNC atau Media Nusantara Citra milik Hary Tanoesoedibjo.

Fee MNC Sekuritas adalah sebesar 0,12% baik transaksi jual dan transaksi beli.

Meskipun terlihat kecil, namun jumlah biaya tersebut belum termasuk biaya levy dan pajak. Menurut beberapa sumber, secara garis besar total biaya transaksi trading di perusahaan ini adalah 0,18% untuk transaksi beli dan 0,28% untuk transaksi jual. 

8. Fee Phillip Sekuritas (POEMS)

Sama halnya dengan MNC Sekuritas, Phillip Sekuritas atau POEMS juga menawarkan fee transaksi 0,18% untuk transaksi beli dan 0,28% untuk transaksi jual. Selain itu, perusahaan ini juga menawarkan diskon 0,1% untuk transaksi beli dan 0,2% untuk transaksi jual apabila kedua transaksi ini dilangsungkan pada hari yang sama. 

9. Fee RHB Sekuritas

RHB Sekuritas menawarkan transaksi jual beli dengan dua cara yang berbeda yaitu melalui bantuan sales dan menggunakan fasilitas online trading.

Untuk investor yang melakukan transaksi jual dan beli dengan cara yang pertama akan dikenakan biaya masing-masing 0,35% dan 0,25%. Akan tetapi jika menggunakan online trading, biaya yang dikenakan hanyalah 0,25% untuk transaksi jual dan 0,15% untuk transaksi beli. 

10. Fee Sinarmas Sekuritas

Mengikuti trend peningkatan jumlah investor ritel, PT Sinarmas Sekuritas pada akhir bulan Mei tahun 2021 ini menerapkan biaya transaksi baru untuk menggaet minat investor baru.

Diberlakukan sejak tanggal 1 Juni, fee transaksi pada Sinarmas Sekuritas adalah 0,10%-0,14% untuk membeli saham dan 0,20%-0,24% untuk menjual saham. 

Jumlah yang harus ditanggung oleh investor tergantung dengan jumlah saham yang dibeli maupun dijual investor tersebut. Semakin tinggi volume efek yang ditransaksikan, semakin rendah biaya yang harus dibayarkan oleh investor. 

11. Fee BRI Danareksa Sekuritas

Turut meramaikan jumlah bank besar yang masuk ke sektor sekuritas, mulai Oktober 2020 Danareksa secara resmi berganti nama menjadi BRI Danareksa sekuritas setelah kedua perusahaan ini menandatangani perjanjian jual beli saham sejak tahun 2018 (CNBC Indonesia). 

Dalam rangka menarik investor muda, perusahaan ini juga merilis aplikasi trading bernama D’one dan menerapkan jumlah biaya yang berbeda untuk trading yang dilakukan secara online dan offline.

Untuk trading online, fee trading untuk Danareksa Sekuritas adalah sebesar 0,17% untuk transaksi beli dan 0,27% untuk penjualan efek. Sedangkan untuk transaksi offline, jumlah biaya yang harus dibayarkan untuk transaksi beli dan jual masing-masing adalah 0,25% dan 0,35%. 

12. Fee Trimegah Sekuritas

PT Trimegah sekuritas kini menyediakan platform trading online bernama Trima.  Dengan menggunakan aplikasi trading ini, investor bisa melakukan trading saham, reksa dana maupun obligasi dengan lebih mudah dan cepat. Adapun fee transaksi yang ditawarkan Trimegah Sekuritas adalah sebesar 0,18% (beli) dan 0,28% (jual). 

13. Fee Panin Sekuritas

Broker ini menyediakan 3 rekening dengan rincian biaya yang berbeda untuk nasabah. Untuk rekening reguler, Panin Sekuritas menetapkan fee sebesar 0,25% (beli) dan 0,35% (jual) dengan biaya minimum 25.000 rupiah jika transaksi jual dan beli dilakukan dalam hari yang sama. 

Selanjutnya ada rekening syariah dan rekening trading online reguler. Kedua jenis rekening ini tidak memiliki biaya minimum transaksi harian akan tetapi memiliki biaya transaksi sebesar 0,2% untuk pembelian efek dan 0,3% untuk penjualan efek. 

Kesimpulan Sekuritas dengan Biaya Termurah

Fee sekuritas termurah adalah Ajaib Sekuritas dengan biaya 0,13% sampai 0,15%. Fee sekuritas kedua termurah adalah Sinarmas Sekuritas yang menawarkan biaya 0,10%-0,14% (beli) dan 0,20%-0,24% (jual). 

Sebagai seorang investor yang cerdas, ada baiknya Anda memperhatikan biaya-biaya pada platform trading saham online. Dengan demikian, perhitungan investasi Anda akan semakin matang dan bisa dipertanggungjawabkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *