Lompat ke konten

Kelebihan dan Kekurangan Bank BNI

Kelebihan dan Kekurangan Bank BNI

Salah satu bank terbaik untuk menabung dan bertransaksi adalah BNI (Bank Negara Indonesia) yang sudah berdiri sejak 5 Juli tahun 1946. Banyak produk yang ditawarkan oleh BNI guna mempermudah para nasabahnya dalam menyesuaikan kebutuhan perihal finansialnya.

BNI termasuk salah salah satu bank terbaik dan terbesar di Indonesia, baik dari segi kualitas, aset, pelayanan, dan sebagainya. Sehingga, BNI adalah pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia untuk menabung dan bertransaksi lainnya secara nyaman sekaligus aman.

Guna memenuhi kebutuhan para nasabahnya, bank BUMN terbaik ini telah memiliki kantor cabang dan mesin ATM tersebar luas di Indonesia di berbagai daerah, serta kemudahan transaksi melalui ATM di luar negeri, antara lain Jepang, Hong Kong, Singapura, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

Meskipun memiliki banyak produk keuangan yang dapat menguntungkan para nasabahnya, setiap bank pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali BNI. Bukan berarti tak layak dijadikan sebagai tempat menabung, BNI mau bagaimanapun tetap layak karena adanya keunggulan tersebut, jadi tak perlu meragukan kualitasnya.

Simak uraian berikut ini mengenai kelebihan dan kekurangan bank BNI yang perlu diketahui.

Mengenal Bank BNI dan Produknya

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai BNI, sebaiknya mari mengenal lebih jauh mengenai bank BUMN terbaik di Indonesia ini beserta produk finansialnya. Jadi, BNI adalah singkatan dari Bank Nasional Indonesia yang telah berdiri sejak 75 tahun lalu, yakni 5 Juli 1946 silam. Bank BUMN ini menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk menabung sekaligus bertransaksi karena memiliki kualitas dan pelayanan yang baik.

Sekitar 25 tahun lalu, BNI termasuk bank yang pertama kali mencatat sahamnya di Bursa Efek Surabaya dan Bursa Efek Jakarta, sekarang telah bergabung menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI). Selama masanya berdiri, beberapa kali BNI mengalami berbagai peristiwa hingga sampai saat ini telah menjadi salah satu bank BUMN terbaik dan punya kepercayaan dari para masyarakat sebagai nasabah setianya. Saat ini, BNI termasuk bank dengan aset paling besar di tanah air.

Hingga saat ini, BNI telah memiliki lebih dari 1.800 kantor cabang tersebar di seluruh Indonesia, 7 kantor cabang di luar negeri, dan 17.000 mesin ATM. Sama seperti bank lainnya, BNI menyediakan beberapa macam produk keuangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Produk keuangan tersebut, antara lain penyimpanan uang, pinjaman dana, dana pensiun, giro, deposito, tabungan pendidikan, maupun layanan lainnya seperti pembayaran tagihan, token listrik, BPJS, tiket pesawat, kereta, dan lain-lain.

Berikut produk tabungan dan keuangan yang ditawarkan BNI:

1. BNI Taplus, Taplus Muda, Taplus Anak, dan Taplus Bisnis

Layanan BNI Taplus menyediakan suku bunga progresif dengan tingkatan menarik, bahkan bunganya bisa mencapai 0,7 hingga 2 persen per tahunnya. Selain itu, Anda bisa memilih jenis kartu debit berupa silver, gold, dan platinum. Setoran awalnya pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp250.000 saja Anda sudah bisa mendapatkan rekening ini.

Taplus Muda adalah rekening khusus bagi mereka yang berusia 15-25 tahun dengan fasilitas cukup lengkap dan biaya administrasinya lebih murah daripada Taplus biasa. Selain itu, minimal setoran awalnya pun hanya Rp100.000 saja.

Taplus Bisnis cocok digunakan apabila Anda memiliki suatu usaha, sebab rekening jenis ini membantu memberikan kemudahan dalam berbisnis. Fasilitas menariknya, antara lain memberikan informasi cash flow, notifikasi SMS, rincian transaksi tercatat lengkap, serta ada layanan Sweep Account. Jika memilih Taplus Bisnis, maka nantinya akan diberikan kartu debit  Gold atau Platinum karena memiliki limit lebih tinggi.

Taplus Anak dikhususkan untuk rekening tabungan mereka yang berusia 0-17 tahun, mengingat saat ini telah tumbuh kesadaran di masyarakat mengenai pentingnya menabung sejak dini. Sesuai kebutuhan anak, limit penarikan maksimalnya hanya Rp500.000 saja per hari. Kemudian jika telah berusia 17 tahun, secara otomatis akan diubah menjadi Taplus Muda.

2. BNI Tappa dan Tapma

Tappa dikhususkan bagi pegawai suatu perusahaan yang bekerjasama dengan BNI. Selain sebagai kartu debit untuk melakukan transaksi di mana saja, penggunaan kartunya juga sebagai identitas pegawai.

Tapma diperuntukkan bagi mahasiswa pada kampus yang bekerjasama dengan BNI. Kegunaan kartu debitnya pun bermacam-macam, mulai dari untuk pembayaran UKT atau SPP, absensi, kartu identitas, akses masuk kampus, dan lain-lain.

3. BNI Haji

Adanya BNI Haji ini berguna bagi para nasabah yang hendak melangsungkan ibadah ke Tanah Suci. Sehingga, adanya produk keuangan ini mampu membantu nasabah dalam menyiapkan dana sekaligus keperluannya untuk berhaji.

4. BNI Tapenas

Tapenas cocok bagi Anda apabila hendak merencanakan masa depan, sebab tabungan ini berupa simpanan berjangka. Bisa digunakan dalam mata uang rupiah maupun dolar, dan jangka waktu simpanan 2-18 tahun. Setoran bulanannya pun bisa dimulai dari Rp100.000 hingga Rp5.000.000 saja.

5. Simpanan Pelajar

Simpanan pelajar adalah tabungan yang diperuntukkan kepada anak PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA berusia 0-17 tahun agar menumbuhkan kesadaran mereka tentang manfaat menabung sejak dini. Simpanan Pelajar ini hanya bisa digunakan jika sekolah bekerjasama dengan pihak BNI.

6. TabunganKu

Rekening TabunganKu diperuntukkan khusus individu, dengan tujuan supaya tumbuh kesadaran mengenai pentingnya menabung bagi setiap orang. Setoran awalnya pun hanya Rp20.000 saja, tanpa biaya administrasi, dan penarikan uangnya hanya bisa dilakukan melalui teller di kantor pusat maupun kantor cabang.

7. Tabungan Giro

Produk keuangan lainnya yaitu tabungan giro, cocok bagi Anda jika memiliki suatu bisnis maupun digunakan untuk perorangan. Penarikan dananya hanya bisa melalui cek resmi dan dilakukan di kantor cabang maupun pusat pada jam operasional, sehingga rekening giro dinilai lebih aman karena tak perlu membawa uang dalam jumlah banyak.

8. Deposito

Deposito cocok digunakan apabila hendak menabung dalam jangka panjang karena suku bunganya lebih tinggi daripada tabungan biasa, yakni bisa mencapai 5 persen per tahunnya. Simpanan berjangka ini hanya dapat ditarik ketika jatuh tempo saja, apabila ditarik sebelum waktunya maka dikenakan denda. Deposito juga bisa dijadikan sebagai jaminan ketika kredit.

Kelebihan Bank BNI

Bank BNI tentunya memiliki kelebihan tersendiri, sehingga disukai oleh masyarakat di Indonesia untuk menyimpan uang maupun melakukan kegiatan transaksi keuangan lainnya. Ini adalah beberapa kelebihan bank BNI yang perlu diketahui.

1. Layanan Cash Management BNI termasuk terbaik

Layanan Cash Management BNI termasuk terbaik, sebab mampu menjaring lebih dari 17 ribu nasabah dari kalangan perusahaan, komersil, hingga masyarakat dari berbagai kalangan. Jadi, tak mengherankan apabila bank BUMN satu ini punya penghargaan sebagai ‘Best Cash Management Bank for Indonesia’ pada penghargaan The Corporate Treasure tahun 2013.

2. Adanya kenyamanan dan keamanan selama bertransaksi

BNI termasuk bank BUMN, sehingga sudah terjamin oleh pemerintah, termasuk keamanannya. Maka dari itu, Anda pun tak perlu takut menabung maupun bertransaksi di bank ini. Selain kenyamanan, berbagai produk keuangan juga ditawarkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

3. Kualitas pelayanan unggul

Tak disangkal lagi bahwa kualitas pelayanan BNI termasuk unggul. BNI selalu berusaha sebaik mungkin dalam hal meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para nasabahnya.

Kekurangan Bank BNI

Bank BNI meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, ternyata hampir tidak memiliki kekurangan. Hal cukup disayangkan adalah kantor cabang BNI dan mesin ATMnya belum banyak tersebar di beberapa daerah, khususnya pelosok. Sehingga, cukup susah jika menggunakan layanan bank ini di daerah pelosok.

Apakah Bank BNI Layak Dijadikan Sebagai Tempat Menabung?

Setelah mengetahui berbagai macam produk, kelebihan, dan kekurangan dari bank BNI pada penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa BNI sangat layak dijadikan sebagai tempat menabung. Selain keamanannya terjamin, produk keuangannya pun beragam disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, terutama perihal menyimpan uang. Selain itu, kualitas pelayanannya pun tak diragukan lagi.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.