Mengenal AKSes KSEI dan Keuntungannya Bagi Investor Saham

  • Saham
AKSes KSEI

Saham kerap diburu para investor yang ingin berinvestasi dengan imbal hasil yang cukup prospektif. Kalangan investor pun mulai rajin belajar mengenai seluk beluk saham dan juga bursa efek. Termasuk istilah yang harus diketahui investor yaitu KSEI yang kepanjangannya adalah Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Ayo mengehui lebih mendalam tentang Akses KSEI dan apa keuntungannya bagi investor saham.

Fasilitas AKSes KSEI

Cukup krusial untuk para investor punya koneksi ke AKSes KSEI. Fitur AKSes KSEI adalah kemudahan dalam membuka beragam informasi yang diperlukan investor terkait mutasi efek yang tersimpan di sub rekening efek KSEI.

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia adalah Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) yang ada dalam struktur Pasar Modal Indonesia. KSEI bertindak untuk memberikan bantuan layanan kustodian sentral dan penyelesaian transaksi efek dengan wajar, teratur, sekaligus efisien.

Fasilitas yang diselenggarakan KSEI dilaksanakan demi melaksanakan perintah UU No. 8 Tahun 1995 mengenai Pasar Modal, yang menyatakan jika “Kustodian yaitu pihak yang menyelenggarakan layanan penitipan efek dan harta lain yang berhubungan dengan efek ataupun jasa lain, tak terkecuali juga menampung dividen, bunga, maupun berbagai hak lain, menuntaskan transaksi efek, serta menjadi wakil pemegang rekening yang merupakan nasabahnya.”

KSEI resmi berdiri akhir Desember 1997 yang merupakan bagian dari Self Regulatory Organization di struktur pasar modal Indonesia. Tugas utamanya  yaitu menjadi pengatur penerapan regulasi dalam bidang pasar modal.

Dalam perkembangannya KSEI menetapkan aturan kepemilikan Single Investor Identification (SID). SID merupakan nomor identitas tunggal untuk investor demi memberikan sarana untuk proses identifikasi investor dan juga basis bermacam pengembangan pasar modal lain, tak terkecuali adalah fitur AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Fitur AKSes KSEI merupakan kemudahan akses informasi via internet yang ditujukan untuk investor dalam memantau posisi maupun mutasi Efek yang dikuasainya yang berada dalam Sub Rekening Efek di KSEI.

Fungsi AKSes KSEI

Para investor harus punya AKSes KSE sebab tersedianya fasilitas ini akan memudahkan mereka dalam membuka secara real time informasi kepemilikan Efek maupun berbagai informasi mutasi Efek yang dikuasai dalam satu bulan terakhir. AKSes akan memfasilitasi mereka dalam mengkonsolidasikan portofolio lain yang berada di sejumlah perusahaan Efek ataupun di Bank Kustodian.

AKSes KSEI pun berguna dalam memberikan jaminan rasa aman maupun kepercayaan investor ketika melakukan investasi dalam pasar modal. Sebab investor dapat dengan langsung memantau pergerakan investasi yang dilakukannya. Bermacam data pelengkap lain pun dapat dibuka dengan transparan dalam pasar modal. Berbagai manfaat yang dapat diberikan KSEI adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan fasilitas untuk investor dalam mendapat informasi secara real time mutasi maupun informasi kepemilikan efek di sub rekening yang ditempatkan di sistem KSEI (C-BEST) dalam rentang waktu satu bulan terakhir.
  • Mendukung investor dalam mengkonsolidasikan laporan portofolio lain yang dikuasainya yang berada di sejumlah bank kustodian maupun perusahaan efek.
  • Meningkatkan keyakinan dan keamanan kepada investor ketika berinvestasi dalam pasar modal yaitu membuka Sub Rekening Efek yang bisa dipantau secara otomatis oleh investor.
  • Menawarkan informasi pendukung bagi investor mengenai sektor pasar modal di Indonesia dengan transparan.

Cara Mendapatkan AKSes KSEI

Tiap investor yang ada di pasar modal diharuskan punya AKSes KSEI. Namun, tak tiap orang dapat memperoleh AKSes KSEI. Beberapa ketentuan wajib dilengkapi. Ketentuan utamanya yaitu orang yang meminta adalah investor yang punya sub rekening efek dalam KSEI. Cara untuk mendapatkan fitur AKSes KSEI langkah-langkahnya yaitu :

  • Membuat pengajuan AKSes KSEI via situs resmi di https://akses.ksei.co.id
  • Tekan simbol AKSes di area kiri atas layar atau teks investor Area di area kanan atas layar.
  • Tekan menu “Create Your Own User ID for the First Login” saat kali pertama membuka.
  • Lengkapi informasi investor di form yang sudah tersedia.
  • Print form tadi yang akan diserahkan ke PE atau BK di perusahaan dimana investor terdaftar sebagai nasabah. Di sini investor pun harus melampirkan KTP/NPWP/Paspor.
  • Kemudian pihak PE atau BK memverifikasi lalu memvalidasi data investor kemudian menyampaikan pengajuan AKSes itu ke KSEI.
  • Pengajuan yang diterima langsung memberikan Kartu Akses bagi investor. Dalam kartu itu tertera Investor ID dan Pin Mailer dengan kode PIN.
  • Investor ID dan kode PIN sudah dapat difungsikan dalam membuka laman https://akses.ksei.co.id
  • Membuka pertama kali mengerjakan poin 1 sampai 3 kemudian diikuti melengkapi data nomor investor ID yang tertera dalam kartu akses, check digits pada bagian belakang kartu kemudian input pin code di pin mailer.
  • Sesudah menekan tombol Next, lengkapi beberapa data yaitu user, password, e-mail serta secret question.
  • Tekan tombol Next kemudian simak poin-poin peraturan yang tertera kemudian lanjutkan tekan pernyataan “I agree with the term and conditions” kemudian tekan tombol submit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *