Monero (XMR), Uang Kripto Privasi Yang Menjanjikan

Monero Koin Privasi

Dari berbagai jenis cryptocurrency, Monero (XMR) banyak menarik perhatian para investor dan belakangan menjadi mata uang kripto yang berkembang pesat. Karena mempunyai komunitas yang berkembang, lebih banyak pengembang yang mengerjakan proyek atau sedang mengerjakan lebih banyak kemitraan. Hasilnya, lebih banyak orang dan perusahaan akan menggunakan Monero. Yang kesudahannya sangat positif untuk harga dalam jangka panjang.

Apa Itu Monero?

Monero (XMR) adalah mata uang kripto yang berfokus pada privasi untuk menjamin kerahasiaan pemakai. Monero menerapkan sistem anonim pada semua pengguna sehingga semua transaksi tidak bisa dilacak.

Monero lebih dari sekadar valuta nyata yang berbentuk uang crypto. Monero adalah ekosistem lengkap yang menggunakan XMR untuk melakukan tindakan di dalam ekosistem. XMR adalah uang nyata karena memungkin pengguna untuk menyimpannya, memperdagangkannya, dan menukarnya.

Monero mirip dengan Bitcoin karena dapat digunakan sebagai metode pembayaran alternatif selain fiat. Dengan laju perkembangan ekosistem, ada kemungkinan nyata bahwa ekosistem juga dapat digunakan dengan cara lain di masa depan.

Lebih Jauh Tentang Blockchain Monero

Ekosistem blockchain kripto Monero didukung oleh perangkat lunak Nitrogen Nebula. Perangkat lunak ini memungkinkan untuk melakukan transaksi yang tidak dapat dilacak. Selain itu, transaksi di jaringan diteruskan oleh Dandelion ++. Protokol tersebut membuat pelacakan transaksi menjadi sangat rumit dan dengan demikian meningkatkan anonimitas pelaksanaan transaksi.

Setiap transaksi di jaringan blockchain XMR didukung oleh dompet digital. Dompet digital tersebut digunakan sebagai metode penyimpanan utama. Jadi jika token ditransfer dari satu orang ke orang lain, mereka hanya akan terlihat di dompet milik pengguna.

Transaksi yang dilakukan diproses oleh penambang yang bertanggung jawab atas keamanan dan validasi semua tindakan di jaringan. Protokol yang digunakan di blockchain XMR saat ini adalah model Proof of Work (PoW). Model ini juga digunakan dalam ekosistem Bitcoin. Fitur inovatif dari model PoW adalah teka-teki matematika yang harus dipecahkan sebelum, antara lain, koin dapat ditambang atau transaksi dapat dilakukan.

Pengembang utama ekosistem Monero saat ini adalah Riccardo Spagni. Dia bekerja dengan tim yang terdiri dari 7 orang untuk menyiapkan proyek. Sangat sedikit yang diketahui tentang 5 dari 7 orang di tim, karena mereka lebih suka anonimitas. Spagni, di sisi lain, telah menjadi sorotan media dalam beberapa tahun terakhir.

Pembaruan Nitrogen Nebula 0.16.0.0 terbaru dilakukan pada kuartal kedua tahun 2020. Sebuah tim yang terdiri dari 49 pengembang diperlukan untuk menyempurnakan 81.539 baris kode untuk mempercepat dan mengamankan ekosistem. Hasil pembaruan adalah peningkatan keamanan dan pengurangan penggunaan bandwidth. Waktu pemrosesan transaksi diharapkan akan jauh lebih cepat.

Biaya Transaksi Monero (XMR)

Biaya transaksi Monero (XMR) rata-rata sebesar $0,0022 per transaksi. Biaya transaksi yang rendah itu adalah hasil dari transaksi mikro. Namun, biaya pembayaran selalu dinilai berbeda. Oleh karena itu, ada kemungkinan biaya transaksi naik karena kenaikan harga koin. Faktor lain yang dapat berdampak pada biaya transaksi adalah bila terjadi kemacetan dalam jaringan. Namun, hal itu jarang terjadi pada Monero.

Fitur yang mencolok dari Monero adalah memprioritaskan transaksi dapat menyebabkan biaya transaksi yang lebih tinggi. Mengutamakan suatu transaksi memang tidak wajib, namun jika ada yang terburu-buru dalam bertransaksi maka bisa bermanfaat. Jika ada beberapa transaksi dalam antrian, maka transaksi prioritas akan diproses terlebih dahulu.

Saat membeli Monero di bursa, biasanya menggunakan kartu debit atau kredit. Biaya tambahan adalah antara 3% hingga 7%. Transfer bank lebih murah. Biaya untuk itu adalah berkisar 0,2% hingga 0,5%. Jika pengguna ingin menginvestasikan uang maka sering kali harus juga menanggung biaya tetap. Biaya tersebut tergantung pada lokasi geografis pengirim dan penerima.

Kelebihan Monero

Monero memiliki banyak kesamaan dengan blockchain Bitcoin dalam hal penggunaan sebagai alat pembayaran. Kelebihan lainnya termasuk:

1. Fungibel

Salah satu sifat terpenting dari cryptocurrency adalah fungibilitas. Satuan dapat diganti dan selalu memiliki nilai yang sama. Dengan kata lain: 1 XMR selalu sama dengan 1 XMR. Ini karena desain token dan cara standar untuk menghitung nilai koin.

2. Terdesentralisasi

Monero memvalidasi transaksi menggunakan mekanisme konsensus. Ini menghilangkan kebutuhan akan badan pusat (seperti bank sentral) untuk mengelola tindakan di jaringan.

3. Transaksi Cepat

Kelebihan penting lainnya dari blockchain adalah otomatisasi tindakan. Transaksi diverifikasi secara otomatis melalui jalur otorisasi dalam algoritme. Dengan demikian, tidak memerlukan upaya manual dan oleh karena itu tindakan di jaringan diproses lebih cepat.

4. Transaksi Yang Anonim

Monero sangat populer karena anonimitas lengkap yang dijaminnya. Jumlah XMR yang disimpan dalam dompet Monero tidak dapat diperkirakan karena semua data transaksi di jaringan dienkripsi.

Anonimitas Monero

Apakah Monero bersifat anonim? Jawabannya adalah ya. Namun, saat membeli XMR melalui platform exchange, pengguna sering diwajibkan untuk memberikan informasi pribadi dan oleh karena itu anonimitas dihapus. Namun, setelah membeli XMR, tidak ada lagi yang bisa dilacak.

Banyak cryptocurrency memungkinkan pengguna untuk melacak semua transaksi di jaringan dengan bantuan fitur explorer. Itu adalah tool untuk melacak aktivitas pada rantai blok tertentu. Namun, explorer Monero tidak akan memperlihatkan dompet digital yang digunakan untuk transaksi. Orang yang melakukan transaksi, terlepas dari apakah itu pembeli atau penjual, juga tidak dapat melihat siapa yang ada di sisi lain dari transaksi tersebut.

Untuk setiap transaksi, rantai blok menggunakan persilangan antara alamat pengirim dan dompet penerima. Hasilnya tidak mungkin diuraikan melalui explorer. Dengan setiap transaksi, nomor ID dibuat dan ini ditampilkan di mana alamat dompet digital biasanya ditampilkan. Itu kemudian dapat disahkan dan diverifikasi oleh para penambang.

Keamanan Monero

Monero dijamin aman. Mata uang ini menggunakan cipher kriptografi untuk mengakses dompet dan mengesahkan transaksi. Terlepas dari mekanisme keamanan tersebut, faktanya ada penjahat cyber yang berhasil meretas jaringan tahun lalu. Meski berhasil, peretasan itu dengan cepat ditemukan dan ditanggulangi. Penting untuk dijelaskan jika peretasan tidak menargetkan blockchain itu sendiri. Blockchain hampir tidak mungkin untuk diretas. Peretasan itu menargetkan kode yang ditautkan ke pedagang dan sistem e-trade.

Cara Menambang Monero

Monero menggunakan algoritme Proof of Work. Ini berarti para penambang bersaing satu sama lain untuk memecahkan teka-teki matematika. Mereka mencoba menebak jawaban yang diperlukan untuk menambahkan blok baru ke ekosistem.

Pemenang kompetisi akan mendapatkan hadiah berupa XMR. Pemenang saat ini mendapatkan 3,41 XMR untuk jawaban yang benar. Jika menambang sendirian dianggap sulit, penambang dapat bergabung ke mining pool sehingga bisa memenangkan reward secara berkelompok.

PoW bekerja atas dasar konsensus. Dengan demikian, melakukan tindakan sebagai penambang tanpa persetujuan anggota komunitas lainnya menjadi tidak mungkin. Oleh karena itu, menggunakan detail transaksi yang diselesaikan untuk memecahkan teka-teki matematika masa depan adalah kemungkinan yang sangat tidak mungkin.

Wallet Monero (XMR)

Banyak cara membuat wallet Monero (XMR), bisa menggunakan dompet digital di smartphone, desktop, web, maupun perangkat keras. Ada berbagai layanan dompet digital seperti:

Selain itu, pengguna pun dapat menggunakan wallet perangkat keras. Trezor dan Ledger Nano S adalah pilihan bagus dalam hal dompet berbasis perangkat keras.

Prospek Investasi di Monero

Memperkirakan ekspektasi harga Monero (XMR) memang sangat sulit, seperti halnya di pasar saham. Karena sangat dipengaruhi oleh pasar. Tetapi dengan melihat perkembangan yang terealisasi, rencana baru, kemitraan baru, dan hal-hal penting lainnya yang memengaruhi harga, investor dapat melihat ke mana arahnya. Harga prediksi Monero yang tepat memang tidak tersedia.

Ketika berinvestasi selalu yang paling aman adalah untuk jangka panjang setidaknya untuk 5 tahun. Karena dalam jangka pendek selalu ada kendala, seperti tidak memenuhi tenggat waktu, namun dalam jangka panjang proyek selalu berkembang lebih jauh. Banyak juga yang percaya bahwa proyek ini dapat dengan mudah meningkat 10 kali, yang berarti bahwa setiap investasi $100 pada XMR akhirnya bisa menjadi $1.000 dalam beberapa tahun.

Ini tentu saja yang paling penting untuk diketahui. Kripto biasanya naik harganya ketika ada perkembangan positif dan berita positif tentang apa yang akan terjadi dalam beberapa bulan atau tahun ke depan. Banyak orang percaya jika Monero akan digunakan oleh lebih banyak individu dan organisasi, sehingga prospek peningkatan harga pun menjanjikan. Lebih banyak orang kemudian membeli crypto ini, yang meningkatkan harganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *