Lompat ke konten

10 Pinjaman Online Bayar Bulanan (2022)

Pinjol bayar bulanan

Dana tunai mudah dan cepat memang menjadi salah satu hal yang mendapat banyak minat masyarakat belakangan ini. Hal ini sebagai hasil dari semakin banyaknya fintech yang menawarkan pinjaman online untuk kebutuhan pribadi. Dengan persyaratan dan mekanisme yang terbilang jauh lebih sederhana dibanding saat meminjam di bank, pinjaman online bayar bulanan pun menjadi opsi menarik untuk dipertimbangkan.

Meskipun menjanjikan dana segar instan, masyarakat sebagai peminjam sebaiknya tetap berhati-hati dalam memilih penyedia layanan pinjol. Salah satu hal yang patut dipertimbangkan saat menentukan kemana akan meminjam, ada baiknya untuk hanya memilih penyedia pinjaman online yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut daftar pinjaman online yang menyediakan pilihan bayar bulanan:

1. TunaiKita

Salah satu penyedia cicilan kredit uang tunai yang terdaftar dan diawasi OJK adalah TunaiKita. Pinjaman online ini menawarkan plafon kredit Rp 5.000.000 hingga Rp 20.000.000 dengan tenor 3-6 bulan. Mengajukan pinjaman pada layanan ini juga tak berbeda jauh dengan layanan lainnya, begitu pula persyaratan yang diminta. Selain itu, Anda bisa memiliki opsi bayar bulanan di TunaiKita.

Untuk mengajukan kredit, Anda perlu menyiapkan KTP atas nama sendiri dan rekening bank (BCA, BNI, Mandiri, BRI, Permata, Danamon, atau Mega) yang juga atas nama sendiri. Selain memastikan calon peminjam berusia 21-55 tahun, pinjol ini juga hanya melayani calon peminjam yang berdomisili di wilayah tertentu saja.

2. Lumbung Dana

Layanan pinjaman terbaru ini menawarkan produk pinjaman karyawan dengan skema bayar bulanan. Anda bisa mendapatkan dana untuk kebutuhan biaya pendidikan, liburan, renovasi rumah dan lain sebagainya dari plafon pinjaman Rp 1.000.000 hingga Rp 50.000.000 dengan tenor 3, 6, 9 atau 12 bulan. Besaran pinjaman didasarkan atas skor kemampuan membayar pinjaman.

Seperti kebanyakan P2P fintech lainnya, layanan ini juga mengenakan bunga sesuai ketentuan dari OJK ditambah biaya administrasi. Dan perlu diketahui pula bahwa jangkauan dari layanan Lumbung Dana ini masih terbatas di wilayah Jabodetabek saja untuk saat ini.

3. Indodana  

Pinjaman online Indodana menawarkan pinjaman online cicil bulanan yang bisa diakses melalui aplikasi mobile. Layanan ini menyediakan pinjaman dengan plafon mulai Rp 1.000.000 hingga Rp 8.000.000 dan tenor cicilan 1-3 bulan yang bisa dipilih sesuai kemampuan. Setelah pengajuan pinjaman disetujui, pencairan bisa dilakukan ke rekening yang telah diinput di aplikasinya.

Sementara untuk syarat dan ketentuan, pinjol ini hanya melayani peminjam Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Jabodetabek, dengan rentang usia 21-50 tahun yang memiliki rekening pribadi yang sudah aktif setidaknya 3 bulan. Selain itu, calon peminjam juga harus memiliki penghasilan tetap dengan masa kerja paling tidak 3 bulan dan dapat dihubungi.

4. Julo  

Layanan pinjaman online berbasis aplikasi ini menyediakan pilihan kredit plafon hingga Rp 8.000.000 dengan tenor cicilan 3-6 bulan melalui produk bernama Julo Cicilan. Menggunakan fintech ini, Anda perlu mengisi data yang kemudian digunakan untuk menghasilkan scoring. Selanjutnya, hasil tersebut dijadikan dasar rekomendasi plafon kredit, bunga dan tenor yang bisa Anda ajukan.

Setelah menentukan pilihan, Anda bisa mengajukan pilihan berdasarkan opsi yang ada. Layanan ini juga menerapkan potongan untuk biaya provisi pada saat pencairan. Anda sebagai calon peminjam juga bisa menghitung terlebih dahulu total pengembalian dengan kemampuan finansial.

5. UangMe  

UangMe juga menjadi opsi pinjol lain yang menawarkan dana cepat yang bisa dicicil secara bulanan. Layanan ini menawarkan plafon kredit mulai Rp 400.000-Rp 2.000.000 disertai tenor antara 3 bulan dan 4 bulan yang bisa Anda pilih saat mengajukan. Namun perlu diketahui pula bahwa besaran plafon bisa berbeda (sesuai dengan informasi yang ada di aplikasinya).

Satu hal yang menarik dari layanan semacam ini adalah bahwa setiap orang bisa mendapatkan pinjaman yang berbeda-beda berdasarkan profil peminjam dan hasil analisa. Apabila seorang peminjam memiliki riwayat yang baik pasca pinjaman pertamanya, maka plafon untuk pinjaman kedua bisa lebih tinggi sesuai kebijakan UangMe. Dengan proses pengajuan yang sederhana, pinjaman online ini juga menawarkan pinjamannya untuk pengguna di seluruh wilayah Indonesia.

6. Finmas  

Layanan pinjaman online yang juga terdaftar di OJK ini menawarkan produk yang bernama Cash Advance yang bisa memudahkan Anda mendapat dana darurat. Produk tersebut menyediakan pilihan plafon kredit mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 5.000.000 serta pilihan tenor antara 30 hari atau cicilan 3 bulan. Berdasarkan informasi di situsnya, tenor 30 hari berlaku untuk pinjaman maksimal Rp 2.500.000, sementara tenor 3 bulan untuk pinjaman di atasnya.

Untuk proses pengajuan pinjaman bisa dikatakan cukup singkat, asal Anda sudah menyiapkan dokumen syarat selengkap mungkin, seperti KTP dan berbagai data penunjang lainnya. Sementara untuk  pencairan, layanan ini membutuhkan waktu sedikitnya 3 hari kerja. Jadi bisa dikatakan bahwa layanan ini bisa jadi pilihan untuk tingkat kedaruratan yang tidak terlalu mendesak. 

7. MauCash  

Maucash merupakan hasil kerjasama antara FIF (Astra) dan WeLab (China) untuk menyediakan kredit online, cukup dengan e-KTP dan sebuah dokumen tambahan tanpa kartu kredit. Layanan ini menawarkan pilihan plafon kredit mulai Rp 500.000 hingga Rp 8.000.000 dengan tenor 30 hari dan pilihan cicilan 3-6 bulan. Pengajuan pertama, Anda hanya bisa meminjam maksimal Rp 1.500.000 saja dan akan bertambah nilainya seiring scoring dan hasil analisa.

Proses pencairan pengaujuan pinjaman dana yang telah disetujui bisa langsung dilakukan ke rekening bank (jika ada) atau ke gerai AlfaMart terdekat. Dengan begitu, pinjol ini cukup bisa dipertimbangkan untuk kebutuhan dana darurat yang sangat mendesak. 

8. Tunaiku

Layanan pinjaman online yang bisa bayar bulanan ini disediakan oleh Amar bank melalui aplikasi Tunaiku yang bisa diinistal di smartphone sebelum mengajukan pinjaman. Melalu aplikasi tersebut, Anda bisa menikmati fitur antara lain plafon pinjaman mulai Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 20.000.000 dengan tenor 6-20 bulan. Pengajuan pinjaman dilakukan secara online melalui aplikasi tersebut.

Sayangnya, layanan Tunaiku ini hanya bisa dinikmati oleh masyarakat yang berdomisili di area layanan tertentu saja. Dengan kata lain, Anda yang tinggal di luar Jawa, Sumatera dan beberapa kota lain yang sudah ditentukan, belum bisa mengajukan pinjaman ke Tunaiku ini.  

9. BRI Ceria  

Salah satu bank terkemuka di Indonesia menawarkan produk pinjaman online untuk kebutuhan pembelian barang melalui berbagai merchant. Layanan bernama BRI Ceria ini bisa digunakan untuk membayar cicilan belanja barang kebutuhan mendadak dengan harga di kisaran Rp 500.000 hingga Rp 20.000.000. Dan tentu saja, cicilan barang yang berkisar antara 1-12 bulan ini bisa diajukan tanpa kartu kredit.

Pinjaman yang bisa diakses dari aplikasi BRI Ceria ini berbeda dengan KTA karena tidak memberikan pinjaman dana tunai. Dengan bunga yang terbilang rendah, layanan ini memiliki persyaratan yang cukup berat, misalnya memiliki rekening gaji dengan penghasilan di atas 3 juta rupiah.

10. Flexi Cash

Layanan cicilan tunai dari BTPN ini bisa diakses melalui aplikasi Jenius yang bisa dikatakan memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan. Layanan dari Jenius BTPN ini menawarkan dana tunai dengan limit tertentu yang kemudian bisa dicicil untuk melunasinya. Menariknya, pencarian Flexi Cash ini tidak dikenai biaya admininstrasi.

Pada Flexi Cash, Anda akan dijadwalkan untuk membayar bulanan pada tanggal yang sudah ditetapkan oleh pihak Jenius. Menariknya, Anda tidak bisa menyicil lebih cepat dari tanggal penagihan.

Namun perlu diketahui bahwa layanan ini tidak dapat diakses oleh setiap orang dan hanya nasabah Jenius terpilih saja. Jumlah yang yang bisa dipinjam di Flexi Cash juga berbeda pada setiap pengguna, sesuai dengan sejarah penyimpanan uang serta sejarah penulasan pinjaman.  

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.