Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

10 Rekomendasi Channel Youtube Untuk Belajar Saham

Rekomendasi Channel Youtube Untuk Belajar Saham

Perkembangan teknologi tidak hanya memudahkan generasi muda saat ini untuk trading saham secara online, tetapi juga memudahkan mereka yang ingin mempelajari saham secara khusus dan instrumen serta keuangan secara keseluruhan. 

Materi pembelajaran investasi ini hadir dalam berbagai format, mulai dari tulisan atau konten blog, audio podcast hingga konten audio visual di YouTube. Jika sebelumnya kita telah membahas kanal podcast terbaik untuk investasi, maka dalam konten kali ini penulis akan menjabarkan 10 rekomendasi channel YouTube untuk belajar saham.

1. Raditya Dika

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya Raditya Dika adalah salah satu influencer paling populer di Indonesia saat ini. Selain menjadi penulis, sutradara dan mengisi panggung stand up comedy, Bang Radit, begitu dia biasa dipanggil, juga membuat akun YouTube. 

Investasi adalah salah satu di antara sekian banyak topik yang dibahas dalam kanal YouTubenya tersebut. Bahkan beberapa kali beliau mendatangkan bintang tamu ahli atau kreator investasi lainnya untuk membahas topik tersebut. 

Raditya Dika sendiri merupakan lulusan jurusan Finance Universitas Adelaide, Australia. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau salah satu keistimewaan Bang Radit adalah dapat menyampaikan materi-materi investasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat awam. 

2. Felicia Putri Tijasaka

Jika investasi adalah salah satu dari sekian banyak topik yang dibahas oleh Raditya Dika, maka topik ini merupakan topik utama dari konten YouTube Felicia Putri Tijasaka. Selain YouTube, Felicia juga memiliki akun podcast yang membahas mengenai topik yang sama. 

Dalam dua kanal media sosial tersebut, dia membahas mengenai banyak instrumen investasi mulai dari saham, crypto hingga rumah. Bahasa yang digunakan pun mudah dipahami oleh investor pemula. Durasi konten-konten Felicia bervariasi namun seringkali dia tidak membuat konten dengan durasi lebih dari 15 menit sehingga cocok untuk didengarkan dan ditonton sembari istirahat dan fokus pada topik tertentu. 

Dari segi kredibilitas, Felicia Putri Tijasaka adalah seorang investor sejak muda. Dalam sebuah wawancara dia bercerita kalau sudah menjadi investor sejak SMA. Saat kuliah pun Feli mengambil jurusan manajemen perbankan dan keuangan. Bahkan sebelum menjadi full time content creator, dia pernah menjadi research analyst di Sucor Sekuritas.

Kini selain aktif menjadi content creator, dia juga merupakan co-founder dari startup  pembelajaran investasi bernama Ternak Uang. 

3. Ngomongin Uang

Rekomendasi channel YouTube yang ketiga adalah channel Ngomongin Uang. Sesuai dengan namanya, channel ini membicarakan mengenai literasi keuangan dan investasi namun berdasarkan data dan bukan teori konspirasi. 

Dipandu dengan narasi apik yang tersusun rapi oleh Luna Cahya  dan dibantu dengan animasi ciamik, ngomongin uang berhasil menerjemahkan topik-topik keuangan secara luas sehingga bisa dipahami oleh masyarakat umum. Maka dari itu tidak heran apabila perkembangan kanal YouTube ini cukup pesat. Saat ini channel YouTube ngomongin uang telah di-subscribe oleh lebih dari 524 ribu pengguna.

4. Kanala.id

Channel YouTube untuk belajar investasi saham yang selanjutnya adalah Kanala.id. Kanala.id adalah kanal YouTube yang didirikan oleh Jefferly Helianthusonfri, seorang investor muda dan ahli digital marketing yang telah menulis lebih dari 60 buku mengenai digital marketing. 

Sama seperti ngomongin uang, konsep pembelajaran dalam Kanala.id juga full menggunakan animasi alih-alih VLOG. Kelebihan dari konsep ini adalah penonton dapat melihat secara langsung data-data yang disampaikan oleh narator sehingga bisa lebih mudah paham. 

Selain menyediakan konten-konten edukasi melalui YouTube dan instagram, Kanala.id juga membuka kelas reguler setiap bulannya dan kelas private langsung dengan Jefferly Helianthusonfri. 

5. Saham Dari Nol

Kanal YouTube pembelajaran investasi lainnya yang menggunakan konsep animasi dan narasi adalah Saham Dari Nol. Di channel ini, Anda tidak hanya akan belajar mengenai apa itu saham dan instrumen investasi lainnya, tetapi juga bagaimana cara membaca laporan keuangan dan menghitung matriks-matriks yang dibutuhkan dalam analisis fundamental perusahaan. 

Dengan menggunakan bahasa gaul dan banyak perumpamaan dalam narasinya, penjelasan materi dalam akun YouTube saham dari nol relatif mudah dipahami. Durasi kontennya juga tidak terlalu panjang sehingga cocok untuk didengarkan atau ditonton sambil istirahat. 

6. Angga Andinata

Rekomendasi selanjutnya datang dari investor asal Jawa Timur, Angga Andinata. Dalam channel YouTube yang kini telah memiliki lebih dari 430 ribu follower ini, Angga tidak hanya membahas saham melainkan juga instrumen investasi lainnya seperti, properti, reksa dana dan bahkan kripto. 

Selain dalam bentuk video, Angga juga menyajikan pembelajaran investasi menggunakan format tulisan melalui buku dan membagi ilmunya dalam bentuk komunitas. Sayangnya, hingga saat ini Angga masih tidak membuka kelas atau webinar khusus sehingga, jika Anda menemukan kanal Telegram yang mengatasnamakan beliau tapi menyelenggarakan kelas atau titip dana investasi, sudah bisa dipastikan kalau kanal tersebut palsu.

7. Timothy Ronald

Selain Felicia Putri Tijasaka, co-founder Ternak Uang yang lain yang juga membuka kanal YouTube untuk belajar investasi adalah Timothy Ronald. Sedikit berbeda dengan konsep konten dari Felicia, konsep konten dari Timothy Ronald lebih ke personal journal soal investasi. 

Dalam kanal ini, dia beberapa kali membagikan sudut pandangnya dalam menghadapi isu-isu investasi terkini alih-alih teoritikal saja. Oleh karena itu, channel milik Timothy ini cocok untuk Anda yang sedang mencari contoh bagaimana konsep dan teori investasi bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

8. Teguh Hidayat (Avere Investama)

Berawal dari blog dan website, Teguh Hidayat lantas merilis konten YouTube khusus investasi sejak 3 tahun lalu. Konten YouTube Avere Investama ini tidak hanya mencakup hal-hal mengenai investasi dan trading saham secara umum melainkan juga membahas kualitas dari setiap saham dengan cukup terperinci. Selain itu, dalam akun YouTube ini juga terdapat dokumentasi berbagai seminar yang pernah diselenggarakan oleh Teguh Hidayat. 

Teguh hidayat adalah blogger investasi sekaligus pendiri dari PT. Avere Investama. Dengan membawa konsep value investing, beliau sejak tahun 2009 sering diundang untuk mengisi seminar investasi baik itu di IDX maupun di media.

9. Kefas Evander

Channel YouTube investasi saham lain yang patut untuk coba Anda ikuti adalah kanal milik Kefas Evander. Kefas adalah investor muda yang sudah aktif menjadi investment content creator sejak awal tahun 2019. 

Di kanal YouTube miliknya ini, Anda tidak hanya akan diberikan teori mengenai apa itu saham dan bagaimana cara menganalisisnya, melainkan juga diberi ulasan-ulasan yang cukup insightful dalam setiap saham. Dalam menyampaikan materinya, beberapa kali Kefas juga mencoba interaktif dengan memilih pertanyaan khusus dari penonton sehingga jika Anda butuh jawaban mengenai pertanyaan investasi, channel ini cocok untuk Anda. 

10. Rivan Kurniawan

Rekomendasi channel YouTube untuk belajar investasi dan trading saham yang terakhir adalah kanal YouTube milik Rivan Kurniawan. Sama sepertimu Teguh Hidayat, Rivan Kurniawan adalah investor yang lebih menekankan pada value investing. Hal ini karena dia pernah mengalami kerugian setelah mulai berinvestasi pada tahun 2008. 

Dalam kanal YouTube ini Rivan memiliki beberapa segmen program mulai dari tips investasi hingga bedah emiten. Selain memberi materi dalam bentuk tulisan blog di website serta kelas investasi baik online maupun offline. 

Selain ke-10 kanal di atas, Anda juga bisa menonton materi-materi investasi yang disediakan oleh perusahaan sekuritas maupun IDX di YouTube. Hal ini karena seiring dengan perkembangan teknologi, institusi keuangan resmi tersebut juga dituntut untuk menghadirkan konten pembelajaran dan promosi berbasis digital.Itu tadi beberapa rekomendasi channel YouTube untuk belajar saham dan instrumen investasi lainnya. Masing-masing content creator memiliki ciri khas dan kemampuan story telling tersendiri. Silahkan dipilih sesuai dengan favorit Anda.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *