Lompat ke konten

Review SeaBank: Kelebihan dan Kekurangan

Review lengkap Seabank

Salah satu keunggulan menggunakan bank digital, selain pembukaan rekening yang bisa dilakukan jarak jauh dan gratis berbagai macam biaya layanan, adalah bunganya yang sangat kompetitif dibandingkan dengan Anda menabung di bank konvensional. Berbagai bank digital berlomba menawarkan bunga setinggi mungkin, guna menarik minat calon nasabah di tengah persaingan bank digital yang mulai memanas.

SeaBank adalah salah satu bank digital yang menawarkan bunga cukup tinggi kepada nasabahnya. Bank digital yang aplikasinya didominasi warna oranye ini memang belum lama “mengudara”, namun berkat ekosistem digitalnya yang kuat, SeaBank termasuk bank digital yang cukup terkenal di Indonesia.

Berikut review SeaBank yang membahas fitur, produk, cara mendaftar, kelebihan, serta kekurangannya.

Tentang SeaBank

SeaBank adalah aplikasi perbankan digital yang menyediakan berbagai layanan perbankan dengan sistem sepenuhnya online. SeaBank bernama lengkap PT Bank SeaBank Indonesia, dulunya bernama Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) sebelum diakuisisi oleh PT Danadipa Artha Indonesia pada 10 Februari 2021.

PT Danadipa Artha Indonesia sendiri merupakan perusahaan keuangan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Turbo Cash, anak perusahaan Sea Group. Sedangkan Sea Group adalah perusahaan multinasional asal Singapura yang terkenal di Asia Tenggara berkat marketplace-nya yang digunakan sejuta umat: Shopee.

Dengan demikian, boleh disebut SeaBank adalah “saudara kandung” Shopee, sehingga tidak heran keduanya terafiliasi pada banyak layanan. Shopee sendiri menawarkan fasilitas pembukaan rekening SeaBank untuk penggunanya langsung dari aplikasi marketplace, lengkap dengan sederet keuntungan yang menyertai.

Pada kuartal kedua tahun 2022, SeaBank berhasil membukukan laba bersih Rp 5,97 miliar, berbanding terbalik dengan kuartal kedua tahun 2021 yang mencatatkan kerugian Rp 231,85 miliar. SeaBank telah menyalurkan kredit sebanyak Rp 13,95 triliun dan mengantongi pendapatan bunga bersih Rp 1,26 triliun.

Tampilan beranda aplikasi SeaBank
Halaman beranda aplikasi SeaBank.

SeaBank bukan penipu dan aman digunakan karean terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Nomor KEP-12/PB.1/2021 tanggal 10 Februari 2021. Bank yang sebagian kecil sahamnya dimiliki oleh PT Koin Investama Nusantara ini juga menjadi anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, secara hukum, SeaBank sangat terpercaya.

Kode bank Seabank adalah 533.

Aplikasi bank digital SeaBank dapat diunduh melalui Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS, serta dapat diakses melalui browser di alamat seabank.co.id.

Produk SeaBank

Saat ini terdapat tiga produk SeaBank sebagaimana yang tercantum dalam website resminya, yakni tabungan, deposito, dan virtual account. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai produk SeaBank.

1. Tabungan SeaBank

Produk utama SeaBank adalah rekening digital tanpa buku tabungan. Sebagai pengganti buku tabungan, nasabah dapat mengunduh e-statement yang berisi laporan transaksi keuangan dari rekening per bulan, langsung dari aplikasi.

Tabungan SeaBank menawarkan bunga yang sangat kompetitif, yakni 6% per tahun, dan jumlah ini jauh melampaui standar yang diperbolehkan oleh LPS. Bunga 6% ini merupakan suku bunga promo, berlaku untuk pembukaan rekening hingga September 2022. Setelah itu, suku bunga normal yang diterapkan adalah 4% per tahun.

SeaBank membayarkan bunga tabungan kepada nasabahnya secara harian, dilakukan setelah pukul 00.00 atau tiap pergantian hari. Bank-bank digital lain belum banyak yang melakukan ini, salah satu dari yang sedikit ini adalah Neobank by Bank Neo Commerce.

Sayangnya, tabungan SeaBank merupakan rekening standar seperti yang dijumpai pada tabungan konvensional. Belum ada fitur pilah tabungan berdasarkan kategori peruntukannya, seperti yang sudah dijumpai pada ‘Kantong’ Bank Jago atau ‘Saku’ Bank Raya.

2. Deposito SeaBank

Produk deposito menawarkan bunga yang lebih tinggi ketimbang tabungan, yakni 7% per tahun. Minimal saldo yang dapat ditempatkan adalah Rp 1 juta dengan jatuh tempo 1 bulan. Perhitungannya, untuk pokok deposito sejumlah Rp 10 juta, bunga yang didapat adalah Rp 58 ribu sebulan atau Rp 690 ribu setahun.

3. Virtual Account

Produk Virtual Account (VA) SeaBank memungkinkan nasabah untuk melakukan pembayaran menggunakan kode khusus menyerupai nomor rekening. Nomor VA dapat digunakan untuk berbagai transaksi baik online maupun offline, seperti pembelian, top up, dan pembayaran tagihan.

VA SeaBank menerapkan sistem konfigurasi otomatis sehingga nasabah tidak perlu repot mengunggah bukti transaksi. Pembayaran juga diproses dan dikonfirmasi secara real time.

Biaya dan Limit Transaksi SeaBank

Sebagaimana sebagian besar bank digital, SeaBank memanjakan nasabahnya dengan banyaknya gratisan biaya layanan ini itu. Ini detail biaya layanan SeaBank:

  • Biaya pembukaan akun: Gratis
  • Saldo awal minimum: Rp 0
  • Saldo minimum per bulan: Rp 0
  • Biaya penalti saldo: Gratis
  • Biaya administrasi: Gratis
  • Biaya penutupan rekening: Gratis
  • Biaya rekening dorman: Gratis
  • Biaya transfer ke antar rekening SeaBank: Gratis
  • Biaya transfer ke Virtual Account SeaBank: Gratis
  • Biaya transfer ke rekening Bank lain: Gratis (100x/bulan)
    Jika kuota gratis telah habis, biaya yang dikenakan adalah Rp 3.000 per transaksi untuk transfer Real Time Online (RTOL) dan Rp 1.500 per transaksi untuk transfer Sistem Kliring Nasional (SKN) dan e-wallet (OVO dan Dana).
  • Top up saldo ShopeePay: Gratis
  • Top up e-wallet lain: Gratis (100x/bulan)
    Jika kuota gratis telah habis, biaya yang dikenakan adalah Rp 3.000 per transaksi top up e-wallet.

Sedangkan untuk limit atau batasan transaksi di SeaBank, aturannya adalah sebagai berikut:

  • Transfer ke sesama rekening SeaBank
    Untuk transfer ke sesama, batas minimal transfer adalah Rp 1, sedangkan nominal maksimal adalah Rp 200 juta per transaksi. Anda bisa transfer hingga Rp 1 miliar dalam satu hari.
  • Transfer ke rekening bank lain (RTOL)
    Transfer ke bank lain dengan RTOL paling sedikit adalah Rp 10.000 dan paling banyak Rp 100 juta tiap kali transaksi. Per harinya nasabah dapat melakukan transfer hingga Rp 1 miliar.
  • Transfer ke rekening bank lain (SKN)
    Untuk transfer ke bank lain dengan SKN minimal adalah Rp 10.000 per transaksi, maksimalnya Rp 500 juta. Batasan transfer per harinya adalah Rp 1 miliar.

Fitur SeaBank

Meskipun mengusung nama besar Sea Group dan bergandengan erat dengan Shopee, namun fitur SeaBank amat minimalis, jika tidak boleh disebut sangat standar. Fitur-fitur yang disematkan di bank digital oranye ini merupakan fasilitas basic yang dapat dijumpai pada hampir semua bank digital lain, tanpa ada fitur unik yang mencolok.

Secara keseluruhan, ini fitur yang dapat Anda gunakan di SeaBank:

1. Transfer

Pengiriman uang ke berbagai bank tujuan dapat dilakukan secara real time dan gratis. Anda juga dapat menerima transferan dari rekening lain.

Menu transfer serta pembayaran

2. Top up e-wallet

Pengisian saldo e-wallet dapat dilakukan langsung melalui aplikasi. SeaBank mendukung top up pada dompet-dompet digital yang banyak digunakan di Indonesia seperti ShopeePay, GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan i.Saku.

Menu top up ewallet.
Pilihan e-wallet yang bisa Anda top-up.

3. Bayar tagihan

SeaBank dapat dimanfaatkan untuk membayar tagihan keperluan sehari-hari seperti listrik, air, pulsa, dan internet.

4. Virtual account

Transfer menggunakan alamat virtual account. Sayangnya, untuk sementara fitur ini hanya bisa dipakai untuk transfer VA ke akun SeaBank dan ShopeePay saja.

5. Notifikasi instan

SeaBank sudah mendukung fitur notifikasi instan, artinya transaksi apapun yang Anda lakukan di bank ini dan segala jenis pemberitahuan akan ditampilkan secara real time pada ponsel Anda, tanpa perlu login ke aplikasi.

6. E-statement

Laporan transaksi bulanan dari rekening tabungan Anda dapat diunduh dari aplikasi sebagai pengganti buku rekening. Ini cukup mempermudah nasabah yang ingin mengetahui flow rekeningnya tanpa perlu menerbitkan rekening koran ke kantor cabang.

7. Shortcut ke Shopee

Sebagaimana Shopee yang menawarkan fasilitas buka rekening SeaBank melalui marketplace mereka, SeaBank juga menawarkan nasabahnya untuk menggunakan rekeningnya sebagai metode pembayaran di Shopee. Fitur tambahan ini mempermudah pengguna untuk melakukan transaksi belanja di Shopee.

Ada juga SeaBank x ShopeePay Account Linkage yang memungkinkan pengguna untuk mengisi tabungan SeaBank melalui ShopeePay, atau sebaliknya, mengisi saldo ShopeePay dari rekening SeaBank.

Cara Daftar SeaBank

Sebelum membuka rekening di SeaBank, pastikan Anda memenuhi tiga persyaratan berikut: 1) merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan e-KTP; 2) berusia lebih dari 17 tahun; dan 3) tidak memiliki kewajiban pajak di negara lain.

Pilihan pendaftaran, menggunakan shopee atau dengan nomor handphone.

Pembukaan rekening SeaBank sepenuhnya online, Anda dapat mendaftar bank digital ini tanpa perlu ke kantor cabang dengan membawa dokumen fisik. Berikut langkah-langkah membuka rekening di SeaBank:

  • Unduh aplikasi SeaBank dari Play Store atau App Store, kemudian install di ponsel pintar Anda.
  • Buka aplikasi SeaBank. Akan ada tiga pilihan pendaftaran, yaitu mendaftar dengan akun Shopee, mendaftar dengan nomor telepon, dan mendaftar dengan Apple ID. Pilih yang paling nyaman untuk Anda.
  • Setelah menentukan pilihan, SeaBank akan mengirim kode OTP melalui opsi pendaftaran yang Anda pilih. Masukkan kode ini ke aplikasi.
  • Isi dan lengkapi data diri, data pekerjaan, dan data pendukung.
  • Unggah KTP dengan kamera belakang yang telah tersambung ke aplikasi.
  • Atur 6 digit PIN yang nantinya akan digunakan untuk keamanan transaksi.
  • Lakukan verifikasi melalui video call dengan kamera depan yang telah tersambung ke aplikasi. Pastikan pencahayaan cukup sehingga wajah terlihat jelas dan koneksi internet baik. Anda juga akan diminta menunjukkan KTP asli saat verifikasi.
  • Pendaftaran selesai. Kini Anda sudah memiliki rekening SeaBank dan dapat digunakan setiap saat.
Menu pengaturan profil.
Akses pengaturan profil setelah mendaftar.

Kelebihan SeaBank

Beberapa kelebihan SeaBank yang bisa dinikmati nasabahnya antara lain:

1. Suku bunga besar

Suku bunga yang ditawarkan SeaBank, baik tabungan maupun deposito, sangat kompetitif: 6% untuk tabungan dan 7% untuk deposito. Jumlah ini melebihi ketentuan yang disetujui oleh LPS, namun Anda tidak perlu khawatir karena sumber daya keuangan Sea Group tentu cukup untuk menjamin tabungan dan deposito nasabah tetap aman.

2. Aplikasi ringan dan sederhana

Tampilan aplikasi SeaBank sangat mirip dengan Shopee, mulai dari warna, ikon, hingga jenis hurufnya. Bagi Anda yang sudah familiar dengan Shopee, mengoperasikan SeaBank sudah bukan kesulitan lagi.

3. Gratis biaya layanan

Hampir semua layanan SeaBank gratis, terutama transfer dan biaya admin bulanan. Bahkan kuota transfer gratis ke bank lain juga lebih banyak dibanding kompetitor, yaitu hingga 100x transfer dalam satu bulan.

4. Ekosistem digital dengan Shopee

Afiliasi yang kuat dengan Shopee membuat SeaBank seperti bagian tak terpisahkan dari marketplace yang pernah mengusung Jackie Chan dan Blackpink sebagai brand ambassador ini. Afiliasi ini membuat nasabah lebih dimudahkan dalam memanfaatkan kedua aplikasi.

Kekurangan SeaBank

Beberapa kekurangan SeaBank yang diharapkan dapat diperbaiki di kemudian hari antara lain:

1. Fitur sedikit

Fitur-fitur SeaBank sangat standar, belum ada fitur khas yang menjadikannya tampil beda dibanding kompetitornya. Bahkan di rekening pun tidak ada fasilitas untuk membagi tabungan menjadi beberapa kategori seperti tabungan utama, tabungan dana darurat, tabungan pendidikan, dan sebagainya.

2. Tidak ada kartu debit

SeaBank tidak menerbitkan kartu debit untuk nasabahnya. Segala transaksi keuangan dilakukan melalui aplikasi atau website resmi mereka.

3. Tidak bisa tarik tunai di ATM

Karena tidak memiliki kartu debit, otomatis nasabah SeaBank tidak dapat melakukan tarik tunai di ATM. Jika ingin mengambil uang secara tunai, yang dapat dilakukan adalah mentransfer dana ke rekening bank lain yang memiliki fasilitas ATM dan kartu debit terlebih dahulu.

4. Tidak ada pinjaman

Bank-bank digital saat ini sudah melengkapi diri dengan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) alias pinjaman online, namun SeaBank tidak memiliki ini. Juga tidak ada opsi paylater yang sebenarnya sangat menguntungkan nasabah. Kemungkinan karena Shopee (yang terhubung kuat dengan SeaBank) telah memiliki Spaylater dan SPinjam sehingga dua hal ini dianggap tidak terlalu krusial di SeaBank.

5. Verifikasi video call

SeaBank masih menerapkan verifikasi dengan video call. Hal ini cukup merepotkan calon nasabah karena dibutuhkan kamera depan yang jernih, pencahayaan yang baik, dan jaringan internet yang stabil untuk keperluan verifikasi. Sering kali calon nasabah harus mengulang beberapa kali verifikasi karena terkendala pada tiga hal di atas.

Secara umum, SeaBank merupakan bank digital yang biasa-biasa saja dari segi fitur dan fasilitas. Namun, jika Anda mempertimbangkan bunga tabungan yang besar dan ekosistem digitalnya dengan Shopee, SeaBank adalah bank digital yang sangat cocok.

Demikian ulasan kami mengenai bank digital SeaBank, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.