Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Review UangMe: Kelebihan dan Kekurangan (2022)

Review Lengkap UangMe

Persaingan dunia financial technology (fintech) semakin ketat dan padat. Salah satu produk fintech yang ramai diminati seiring perkembangan keuangan modern adalah metode peer to peer lending (P2P lending), atau pinjaman uang dari masyarakat dan kepada masyarakat. Berbagai P2P lending saat ini berlomba-lomba menggaet pengguna dengan bermacam kelebihan yang mereka tawarkan.

UangMe merupakan aplikasi P2P lending yang cukup terkenal di Indonesia. Meskipun belum terlalu lama didirikan, namun perusahaan ini telah mencatatkan perputaran pendanaan dan pinjaman dengan jumlah yang signifikan.

Jika Anda tertarik untuk bergabung menjadi pengguna UangMe, atau ingin mengetahui lebih jauh tentang aplikasi P2P lending ini, berikut kami sajikan review UangMe untuk Anda.

Mengenal UangMe

UangMe adalah aplikasi keuangan milik PT UangMe Fintek Indonesia, yang didirikan oleh PT Intidana Wijaya bekerja sama dengan SuperAtom sejak tahun 2018.

UangMe berstatus legal dan bukan penipuan karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan surat bernomor S-584-/NB.213/2018, juga mengantongi izin OJK dengan nomor KEP-4/D.05/2021 tertanggal 6 Januari 2021.

PT Intidana Wijaya merupakan perusahaan yang terdaftar sebagai salah satu pemilik Bank ICBC, PT Sintang Raya (perusahaan pengelolaan minyak sawit di Kalimantan Barat), PT Assa Land (developer proyek superblock di Surabaya), dan PT BPR Krian Nusantara (bank daerah di Sidoarjo). Sedangkan SuperAtom merupakan startup yang menjadi anak perusahaan Cheetah Mobile, pengembang aplikasi ponsel pintar asal Tiongkok.

Total akumulasi pinjaman yang telah disalurkan sejak UangMe berdiri adalah sejumlah Rp 9,76 triliun, dengan total outstanding pinjaman Rp 500 miliar. UangMe telah mendistribusikan dana kepada lebih dari 1 juta peminjam (borrower) sejak diluncurkan, dan saat ini peminjam yang masih aktif berjumlah 200 ribu entitas (individu dan perusahaan).

Dari segi pemberi pinjaman (lender), saat ini UangMe memiliki 8 juta pengguna yang terdaftar sebagai pemberi pinjaman/penyandang dana. Total pendanaan mencapai Rp 9,258 triliun yang terakumulasi dari 7 juta transaksi pendanaan. Selain itu, UangMe juga berhasil memperoleh suntikan dana melalui SuperAtom sebesar USD 24 juta (sekitar Rp 360 miliar) dari investor Gobi Partners.

Halaman "Home" dari aplikasi UangMe
Halaman utama aplikasi

UangMe menyabet penghargaan Top 50 Fintech Inklusif pada tahun 2020. Hingga review ini ditulis, UangMe masih menorehkan tingkat keberhasilan pengembalian pinjaman 90 hari (TKB90) sebesar 100%, salah satu dari sedikit fintech P2P lending yang berhasil mempertahankan pencapaian ini.

UangMe untuk Pemberi Pinjaman (Lender)

Jika Anda ingin bergabung dengan UangMe sebagai lender, platform ini memiliki 4 produk pendanaan yang dapat Anda pilih berdasarkan tenor atau jangka waktu.

Berikut empat produk tersebut:

  1. Jangka 21 hari: pendanaan untuk tenor 21 hari minimal adalah Rp 1 juta dengan kelipatan/pertambahan Rp 100 ribu. Bunga paling tinggi yang dijanjikan adalah 13% dalam satu tahun.
  2. Jangka 30 hari: untuk tenor 30 hari, pendanaan minimal Rp 600 ribu dengan kelipatan Rp 100 ribu. Jumlah bunga tertinggi yang bisa didapat lender dalam setahun adalah 13,5%.
  3. Jangka 3 bulan: tenor 3 bulan mensyaratkan pendanaan minimal Rp 1 juta dengan kelipatan Rp 100 ribu. Bunga tahunan yang bisa diperoleh adalah maksimal 14%.
  4. Jangka 4 bulan: pendanaan jangka waktu 4 bulan paling sedikit adalah Rp 1 juta dengan kelipatan Rp 100 ribu. Bunga per tahun untuk pemberi pinjaman paling banyak adalah 14,5%.

Sama seperti Maucash, UangMe menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) dan big data yang dapat mencarikan peminjam secara otomatis, sehingga pemberi pinjaman tidak perlu mencari dan memilah pengajuan pinjaman satu per satu. Anda cukup memilih produk pendanaan dan memasukkan nominal dana, lalu sistem UangMe yang akan memilihkan borrower.

Daftar produk yang dapat diberikan pendanaan oleh lender
Daftar produk yang bisa didanai

Untuk keamanan informasi Anda sebagai lender, UangMe telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan jaminan keamanan data-data Anda di tangan UangMe.

Selain itu, UangMe juga membekali calon pemberi pinjaman dengan mekanisme pengendalian resiko sejak dini, memprediksi resiko di awal dan meminimalisir masalah yang mungkin timbul dari distribusi pendanaan Anda. Meskipun transaksi Anda tidak diasuransikan, namun pendanaan Anda dijamin oleh perusahaan UangMe sendiri.

UangMe untuk Peminjam (Borrower)

Jika Anda mendaftar sebagai borrower di UangMe, maka sistem UangMe akan menerapkan credit scoring (penilaian kredit) terhadap Anda. Hasil credit scoring inilah yang nantinya menentukan berapa plafon pinjaman yang dapat Anda ajukan dan berapa lama tenor pinjaman tersebut.

Secara umum, jumlah dana yang dapat dipinjamkan UangMe kepada pengguna individu adalah Rp 400 ribu hingga Rp 4 juta. Tenor yang dapat diajukan mulai 30 hari hingga 6 bulan. Untuk tenor 30 hari sistemnya adalah sekali bayar, sedangkan tenor 3-6 bulan menggunakan metode cicilan.

Bunga pinjaman yang dikenakan UangMe sebesar 0,8% per hari atau 23,7% sebulan, jumlah maksimum yang diperbolehkan oleh OJK dan Asosiasi Fintech. Jika peminjam telat membayar, maka denda yang diterapkan adalah 0,8% per hari, dan hitungan bunga harian juga masih berlanjut.

Namun OJK sudah menentukan bahwa semua biaya, termasuk bunga, biaya layanan, denda keterlambatan dan lain-lain, tidak boleh melebihi jumlah pokok pinjaman. Artinya jika Anda meminjam Rp 1 juta, maka bunga dan biaya lain yang dibebankan kepada Anda paling tinggi adalah Rp 1 juta, sehingga di akhir Anda harus melunasi Rp 2 juta (200% dari pokok pinjaman) dan ini adalah jumlah paling banyak yang diizinkan.

UangMe Paylater dan LunasinYuk

Selain pendanaan dan pinjaman online, UangMe juga memiliki fitur paylater, di mana pengguna dapat memanfaatkannya sebagai alat pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan UangMe, baik online maupun offline. Beberapa merchant yang menjalin kerja sama dengan UangMe dan akan terus bertambah antara lain McDonalds, Hartono Mall, RTMart, KlinikGo, Ocistock, Optik Melawai, Elevenia, dan KAI.

Meskipun tidak seterkenal fintech paylater lainnya, UangMe menawarkan limit dan tenor yang kompetitif. Anda dapat mengajukan limit paylater untuk berbelanja sampai Rp 20 juta. Sistem pelunasannya dapat dipilih antara pembayaran satu kali dalam jangka 30 hari atau dicicil dalam 3-6 bulan.

Di samping Paylater, UangMe juga mempunya fitur LunasinYuk untuk membantu pengguna melunasi tagihan bulanan seperti listrik, pulsa, internet, dan sejenisnya. Sistem kerjanya hampir sama dengan UangMe Paylater, yakni LunasinYuk akan membayar tagihan-tagihan Anda melalui aplikasi, lalu Anda melunasi tagihan tersebut kepada UangMe dalam jangka waktu 30 hari.

Perbedaannya hanya pada peruntukan kreditnya, di mana Paylater dapat Anda gunakan untuk berbelanja apapun sesuai kebutuhan, sedangkan LunasinYuk untuk membayar tagihan keperluan hidup dari penyedia layanan lain.

Cara Meminjam Dana di UangMe

Sebelum meminjam uang di fitur pinjaman online UangMe, Anda wajib terdaftar di aplikasinya terlebih dahulu. UangMe membedakan user-nya ke dalam dua jenis, yaitu kreditur/peminjam (borrower) dan pemberi pinjaman/pendana (lender).

Berikut ini cara meminjam uang melalui fitur pinjaman online UangMe.

  • Unduh aplikasi UangMe dari Play Store atau App Store, lalu pasang pada ponsel pintar Anda.
  • Setelah terinstall, buka aplikasi untuk melakukan registrasi.
  • Masukkan nomor HP Anda untuk menerima kode OTP, lalu klik Daftar.
  • Anda akan disuguhi dua pilihan, menjadi Peminjam atau Pendana. Klik yang pertama jika Anda ingin meminjam dana di UangMe.
  • Muncul limit dana yang dapat Anda ajukan beserta tenor pembayarannya dan jumlah yang harus dibayar saat pelunasan. Tekan Ajukan Sekarang untuk mulai memproses pinjaman online Anda.
  • Aplikasi biasanya akan meminta izin Anda untuk mengakses lokasi dan beberapa bagian lain dari smartphone Anda. Klik Izinkan untuk memproses pengajuan pinjaman lebih lanjut, dengan catatan jika Anda tidak keberatan dengan hal tersebut.
  • Isi informasi diri Anda seperti nama lengkap, alamat, dan nama gadis ibu kandung.
  • Isi data pekerjaan Anda seperti bidang pekerjaan dan nama perusahaan.
  • Lengkapi data kontak darurat jika sewaktu-waktu Anda tidak dapat dihubungi.
  • Setelah itu, ambil foto KTP dengan kamera belakang serta selfie sambil memegang KTP dengan kamera depan.
  • Isi data rekening Anda untuk keperluan pencairan pinjaman, kemudian klik Kirim.
  • Verifikasi akan dilakukan melalui Whatsapp. Pastikan nomor yang Anda daftarkan sudah terdaftar di Whatsapp. Jika tidak, Anda akan diminta memasukkan nomor Whatsapp yang aktif.
  • Tunggu sampai pengajuan Anda diproses. UangMe menjanjikan pemrosesan pinjaman hanya dalam hitungan menit.
  • Jika pinjaman sudah disetujui, Anda akan mendapatkan pemberitahuan di aplikasi. Harap diingat bahwa pinjaman yang disetujui bisa saja lebih rendah dari limit Anda.
  • Tunggu 1-3 hari untuk mencairkan pinjaman Anda ke rekening. Ini bukan patokan, bisa saja pinjaman Anda dicairkan pada hari itu juga.

Cara Memberi Pinjaman di UangMe

UangMe memberi kesempatan mengembangkan dana yang Anda miliki dengan bergabung sebagai pendana atau pemberi pinjaman. Namun UangMe mewanti-wanti dalam disclaimer-nya bahwa pendana akan disaring kredibilitasnya dan segala kerugian dari proses pendanaan (misalnya gagal bayar) sepenuhnya ditanggung pendana. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena UangMe mengantongi TKB90 100% alias belum pernah ada yang gagal bayar.

Berikut cara memberi pinjaman atau mendanai pinjaman di UangMe.

  • Buka aplikasi UangMe dan pilih Pendana pada laman pendaftaran.
  • Pada laman depan Lender, klik Akun Saya pada pojok kanan bawah.
  • Klik Daftar/Masuk.
  • Masukkan nomor HP untuk mendapatkan kode OTP, lalu klik Daftar Sekarang.
  • Atur kata sandi Anda, lalu klik Kirim.
  • Isikan nama lengkap Anda, lalu ambil foto KTP dan selfie sambil memegang KTP. Jika memiliki NPWP, isikan nomor NPWP Anda.
  • Tunggu sampai pendaftaran Anda sebagai lender diproses. Jika proses sudah selesai, Anda dapat mengeceknya di aplikasi.
  • Untuk mulai mendanai, Anda dapat melakukan top up terlebih dahulu. Pengisian saldo UangMe dapat dilakukan melalui Virtual Account (VA) Bank BCA, BNI, Bank Mandiri, CIMB, Bank Permata dan transfer ke rekening Bank BNI.
  • Setelah memiliki saldo, Anda dapat memilih jumlah pendanaan dan tenor yang Anda inginkan. Pendanaan minimal adalah Rp 600 ribu untuk tenor 30 hari, dan minimal Rp 1 juta untuk tenor 21 hari, 3 bulan, dan 4 bulan. Masing-masing berlaku kelipatan Rp 100 ribu.
  • Klik Danai pada opsi tenor yang Anda pilih. Akan muncul ekspektasi bunga dan jumlah dalam Rp yang akan Anda terima. Jika sudah yakin, konfirmasi dengan klik Danai Sekarang.
Proses pendanaan (pemberian pinjaman)
Klik “Lend Now” setelah memasukkan jumlah pendanaan.

Cara Mengajukan Paylater di UangMe

Fitur Paylater di UangMe termasuk longgar karena limitnya bisa mencapai Rp 20 juta.

Pastikan Anda memenuhi syarat-syarat berikut sebelum mengajukan paylater di UangMe:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  • Memiliki e-KTP.
  • Berusia 21-55 tahun.
  • Memiliki rekening yang dibuat oleh bank di Indonesia.
  • Memiliki nomor telepon aktif di Indonesia.
  • Memiliki penghasilan tetap.

Jika Anda memenuhi syarat-syarat di atas, Anda dapat mengajukan paylater di UangMe dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi UangMe.
  • Daftar dengan menggunakan nomor HP dan menyetel kata sandi.
  • Pilih pengajuan untuk Premium Account. UangMe Paylater tidak dapat digunakan oleh akun standar.
  • Masukkan data-data yang diminta oleh aplikasi seperti data diri, informasi pekerjaan, dan data rekening.
  • Ambil foto KTP menggunakan kamera belakang yang telah terhubung ke aplikasi, lalu ambil swafoto seraya memegang KTP.
  • Anda akan diminta menyambungkan UangMe dengan akun e-commerce Anda. Pastikan nomor yang terdaftar di UangMe dan e-commerce sama.
  • Tunggu proses pengajuan paylater Anda diverifikasi. Limit paylater adalah Rp 20 juta, namun bisa saja limit Anda yang disetujui kurang dari itu.
  • Setelah disetujui, Anda dapat mulai menggunakan paylater. Anda dapat menggunakan paylater sebagai alat pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan UangMe.

Kelebihan UangMe

Berikut kelebihan UangMe yang dapat Anda peroleh dari menggunakan aplikasi keuangan P2P lending ini.

1. Proses mudah dan cepat

Terkhusus fitur pinjaman online, proses pendaftaran dan pengajuan di UangMe relatif cepat dan mudah, dan pastinya paperless (tanpa kertas) alias tak ada dokumen fisik yang diperlukan.

UangMe sendiri mengklaim pengajuan hanya memakan waktu 5 menit, verifikasi 1 menit, dan pencairan 1 menit. Realisasinya bisa sedikit lebih lama, namun tetap terhitung cepat dan efisien.

Tab perubahan profil di UangMe.
Setelah terdaftar, perubahan profil bisa dilakukan di aplikasi.

2. TKB90 100%

TKB90 merupakan tolok ukur performa perusahaan P2P lending dalam memfasilitasi pendanaan dan peminjaman, dengan menghitung tingkat keberhasilan bayar dalam 90 hari. UangMe masih mencatatkan angka 100% untuk hal ini, alias belum ada pinjaman yang gagal bayar. Angka ini masih lebih tinggi dibandingkan pesaingnya yaitu aplikasi Investree yang memiliki TKB 93%.

3. Bunga lender cukup tinggi

UangMe menjanjikan bunga hingga 21% per tahun untuk pendananya. Jumlah bunga ini tentu bervariasi tergantung jumlah dana yang Anda pinjamkan dan tenor yang dipilih.

4. Sistem AI untuk pendanaan

Pendana tidak perlu memilih pinjaman yang akan didanai secara manual, sistem AI UangMe telah mempermudahnya sehingga Anda hanya tinggal mengajukan pendanaan melalui aplikasi, lalu aplikasi yang akan mendistribusikan dana Anda. Hal ini mirip dengan fitur Robo Lending dari platform P2P Koinworks yang juga mengintegrasikan AI di sistemnya.

5. Ada paylater

Fitur paylater merupakan fasilitas keuangan yang krusial dibutuhkan pada era keuangan modern, dan UangMe dapat mengakomodasi hal ini. Memang jangkauan merchant-nya tidak seluas aplikasi GoPayLater, namun perusahaan yang dicakup terus melebar.

6. Limit paylater tinggi

Limit paylater yang diberikan UangMe cukup tinggi, yakni Rp 20 juta. Selain itu, paylater UangMe juga bekerja sama dengan platform tertentu yang memiliki jaringan UMKM di bawahnya, sehingga perusahaan kecil masyarakat dapat terus bergerak dengan dukungan kredit berplafon longgar.

7. Beragam promo dan diskon

Ada promo dan diskon yang dapat dinikmati jika Anda mengupgrade akun ke Premium, berbelanja menggunakan UangMe Paylater, dan sebagainya. Ada juga sistem referral yang memberi Anda keuntungan jika berhasil mengajak orang lain menggunakan UangMe.

8. Pembayaran cicilan mudah

Pembayaran tagihan UangMe Anda dapat dilakukan melalui transfer bank secara online, ATM, maupun minimarket.

Kekurangan UangMe

Berikut kekungan aplikasi P2P lending UangMe yang bisa Anda pertimbangkan sebelum menggunakan aplikasi ini.

1. Tidak ada asuransi bagi pendana

UangMe tidak bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menjamin dana lendernya, namun UangMe menjamin dana yang terkumpul tetap aman dan dikelola secara transparan.

2. Plafon pinjaman kecil

Limit pinjaman online UangMe termasuk kecil, paling banyak adalah Rp 4 juta. Kredit di UangMe cocok untuk kepentingan pribadi dan bukan untuk skala besar seperti perusahaan.

3. Bunga pinjaman dan denda maksimal

Bunga pinjaman yang dipatok UangMe adalah 0,8% per hari, alias jumlah tertinggi yang diizinkan oleh OJK dan Asosiasi Fintech. Jika terlambat bayar, maka per hari Anda akan dikenai kelipatan 1,6%.

Demikian review tentang aplikasi P2P lending UangMe, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *