Lompat ke konten

Tutorial Lengkap Transfer DANA ke OVO dan Sebaliknya

Transfer DANA ke OVO

DANA dan OVO adalah aplikasi dompet digital yang membantu penggunanya untuk menyimpan uang, melakukan transaksi, maupun membayar tagihan tertentu. Banyak orang menggunakan DANA dan OVO karena memiliki sejumlah keunggulan dan kenyamanannya perihal bertransaksi di kehidupan sehari-hari. Tentu saja berbeda dengan bank, sebab aplikasi dompet digital tidak memiliki keuntungan berupa bunga, bagi hasil, atau sejenisnya. 

Aplikasi DANA maupun OVO, memiliki fungsi kurang lebih sama, yaitu untuk sebagai dompet digital untuk menyimpan uang sekaligus melakukan berbagai macam transaksi. Kedua aplikasi dompet virtual ini sama-sama sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga aman digunakan dan tentunya nyaman karena banyak keuntungan didapatkan jika menggunakannya. Selain itu, di dalamnya banyak pilihan layanan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sebagian orang mungkin masih bingung bagaimana cara melakukan transfer DANA ke OVO dan sebaliknya. Caranya sangat mudah dilakukan, cepat, sekaligus praktis asalkan akunnya sudah diupgrade ke premium atau VIP terlebih dahulu (caranya ada di sini). Pada pembahasan kali ini pun membahas mengenai tutorial lengkap transfer DANA ke OVO dan sebaliknya, simak caranya berikut ini.

Cara Transfer Saldo DANA ke OVO

Cara transfer saldo DANA ke OVO mudah sekali dilakukan hanya dengan sekali klik, kemudian saldo sudah berhasil dipindahkan. Ikuti langkah-langkahnya di sini.

  • Buka aplikasi DANA lalu masuk ke halaman utama. Pastikan bahwa akun DANA Anda sudah dilakukan upgrade ke premium agar fitur pemindahan saldo ke bank atau dompet digital lainnya bisa dibuka. Sebab jika belum diupgrade, maka Anda tak bisa melakukan transfer.
  • Jika sudah masuk ke halaman utama, selanjutnya pilihlah fitur ‘Kirim’. Setelah itu, Anda diminta untuk memilih satu rekening bank untuk melakukan transaksi walaupun hendak memindahkan saldonya ke akun OVO.
  • Masukkan kode bank terkait kemudian diikuti dengan nomor HP yang telah terdaftar di akun OVO. Jika telah selesai melakukannya, lalu isikan nama pada kolom tersedia. Sebenarnya tidak wajib mengisinya, jadi apabila tidak ingin menuliskannya atau cukup mengosongkannya saja, kemudian lanjutkan transaksi dengan klik ‘Tambah Bank Baru’.
  • Isi jumlah nominal saldo untuk dipindahkan ke OVO. Jumlah minimal saldo DANA yang bisa ditransfer ke OVO adalah 10 ribu rupiah dan dikenakan biaya administrasi.
  • Berikutnya jika jumlahnya sudah benar, klik ‘Lanut’. Apabila menghendaki adanya catatan tambahan, Anda bisa mengisinya di kolom tersedia. Jika tidak, sebaiknya lewati saja.
  • Cek kembali, jika sudah benar maka klik ‘Konfirmasi’. Kemudian Anda akan diminta memasukkan pin DANA guna menyelesaikan transaksi pemindahan saldo ke OVO.
  • Proses transfer DANA ke OVO sudah berhasil, saldonya pun telah masuk sesuai dengan nominal. Silakan bukalah aplikasi OVO Anda untuk memastikan bahwa uang telah masuk sesuai nominal.

Umumnya, proses transfer DANA ke OVO berlangsung cepat, jadi hanya dalam hitungan menit saldonya sudah masuk. Jika Anda mengalami kendala uang tidak masuk atau gagal transfer, sebaiknya segera menghubungi Customer Service resmi aplikasi DANA supaya menemukan solusinya.

Pastikan Anda juga melakukan upgrade akun DANA menjadi premium terlebih dulu guna memudahkan proses transaksi. Hanya bermodalkan KTP dan foto selfie, Anda sudah bisa menikmati fitur transfer ke bank maupun dompet digital lainnya.

Cara Transfer Saldo OVO ke DANA

Sebaliknya, cara transfer saldo OVO ke DANA juga tidak kalah mudah. Hal paling penting agar Anda bisa menikmati fitur ini yaitu melakukan upgrade akun menjadi OVO Premier.

Ini tutorial lengkap transfer OVO ke DANA.

  • Buka aplikasi OVO selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman utama. Masuklah ke bagian menu ‘Transfer’.
  • Pada menu Transfer, pilihlah ‘Rekening Bank’. Setelah itu, pilih bank tujuan yang sudah Anda daftarkan di OVO. Pada kolom tersedia, isikan kode bank diikuti nomor HP Anda yang telah terdaftar di aplikasi DANA.
  • Masukkan jumlah nominal saldo yang ingin ditransfer ke DANA. Apabila nominalnya sudah benar, klik ‘Lanjutkan’. Perlu diketahui bahwa jumlah saldo OVO minimal dikirim ke bank lain maupun dompet digital seperti DANA, yaitu hanya 10 ribu rupiah saja.
  • Pastikan kembali bahwa jumlah saldonya sudah benar. Jika telah merasa bahwa nominalnya maupun nomor tujuan (akun DANA) sudah benar, klik ‘Konfirmasi’. Kemudian Anda akan diminta memasukkan pin OVO, jadi isilah pin tersebut untuk verifikasi sekaligus melanjutkan proses transaksi.
  • Proses transfer OVO ke DANA sudah selesai. Selanjutnya, pastikan kembali bahwa saldonya sudah masuk dengan cara mengecek ke aplikasi DANA.

Proses pemindahan saldo dari OVO ke DANA juga sama cepatnya, sehingga sangat praktis digunakan ketika Anda sedang membutuhkan tambahan uang untuk melakukan transaksi lain. Akan tetapi, terkadang juga bisa terjadi kegagalan transaksi. Jika sedang mengalami hal ini, sebaiknya segera menghubungi Customer Service OVO agar masalah ini dapat secepatnya ditangani.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, perlu melakukan upgrade akun ke OVO Premier untuk menikmati fitur transfer ke bank ataupun dompet digital lain. Cara mengajukan upgrade ke OVO Premier sangat mudah, cukup sediakan kartu identitas (KTP/SIM/lainnya), melakukan swafoto di aplikasi tersebut, dan mengisi data.

Pertanyaan-Pertanyaan Terkait Transfer DANA ke OVO

Setelah mengetahui penjelasan mengenai cara pemindahan saldo dari OVO ke DANA maupun sebaliknya, mungkin Anda masih bingung dan memiliki pertanyaan lain seputar mengirim uang ke aplikasi dompet digital tersebut maupun besaran biaya administrasinya? Oleh karena itu, membaca artikel ini sangat pas karena kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut.

Jadi, cobalah menyimak jawaban mengenai pertanyaan yang sering diajukan terkait transfer DANA ke OVO, begitu juga sebaliknya.

Apakah bisa mengirim uang dari DANA ke OVO?

Mengirimkan uang dari DANA ke OVO bisa dilakukan, begitupun sebaliknya. Adapun jumlah minimal untuk mengirimkan saldo melalui kedua aplikasi dompet digital tersebut hanya sebesar 10 ribu rupiah saja per transaksi.

Supaya bisa mengirim uang dari DANA ke OVO, Anda perlu upgrade akun ke premium terlebih dahulu supaya bisa menikmati fitur transfer. Begitu pula mengirim uang dari OVO ke DANA, perlu melakukan upgrade akun ke OVO Premier supaya transaksi dapat dilakukan sekaligus menikmati berbagai macam fitur menarik di dalamnya.

Transfer OVO ke DANA kena biaya berapa?

OVO mengenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500 ketika melakukan transfer saldo ke akun DANA. Maka dari itu, setidaknya Anda perlu menyiapkan saldo di akun OVO minimal Rp12.500 agar dapat melakukan transfer.

Sedangkan pada aplikasi DANA, tidak dikenakan biaya administrasi ketika transfer ke bank lain maupun dompet digital lainnya seperti OVO. Fitur gratis transfer tersebut hanya berlaku 10 kali saja setiap bulannya. Selanjutnya jika melebihi batas tersebut, akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp4.500 per transaksinya.

Itulah tutorial lengkap transfer DANA ke OVO dan sebaliknya. Sangat mudah, bukan? Jangan lupa upgrade akun ke premium terlebih dahulu supaya dapat menikmati fitur tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.