Lompat ke konten
Daftar Isi

7 Alasan Pentingnya Website untuk UMKM

Laptop menyala dan menampilkan website perusahaan.

Sebagai pemilik UMKM, Anda tetap harus mengikuti perkembangan zaman yang berlangsung khususnya terkait dunia teknologi. Kemudahan akses informasi menjadi fokus utama masyarakat sehingga penting bagi perusahaan untuk menyediakan akses tersebut pula. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat website untuk UMKM (usaha mikro kecil dan menengah). 

Website itu sendiri adalah sebuah halaman yang menampilkan berbagai informasi berupa gambar, teks, atau video yang bisa diakses oleh siapa pun melalui internet. Perusahaan yang memiliki website berpeluang untuk memperluas pangsa pasar hingga meningkatkan pendapatan. 

Namun, lebih daripada itu, ada 7 alasan penting lainnya mengapa situs perlu dipertimbangkan untuk UMKM. Penasaran? Mari simak penjelasan lebih lengkapnya pada pembahasan di bawah ini!

1. Memberikan Product Knowledge dengan Lebih Lengkap

Sebelum membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan, tidak jarang pembeli melakukan riset atau mencari informasi dahulu terkait produk/jasa yang ditawarkan. Hal ini dilakukan oleh pembeli guna mendapat pengetahuan lebih banyak mengenai jenis produk, harga, hingga manfaat yang akan didapat. 

Nah, sebagai pemilik UMKM, Anda bisa memfasilitasi pencarian informasi itu melalui website perusahaan. Dari situs tersebut, pembeli akan mendapatkan product knowledge atau pemahaman akan produk secara lebih lengkap. 

Selain pemahaman akan produk, Anda pun dapat menyajikan informasi seputar perusahaan. Mulai dari profil perusahaan, kontak yang bisa dihubungi, atau portofolio apabila bisnis bergerak di bidang jasa. 

Jika pembeli sudah mendapatkan informasi cukup, peluang mereka untuk melanjutkan proses transaksi pun akan semakin besar. Mereka akan semakin yakin terhadap produk/jasa perusahaan Anda karena seluruh informasi bisa diakses dengan mudah. 

2. Bentuk Profesionalitas dan Kredibilitas Bisnis

Lengkapnya informasi yang tersedia di website juga bisa menunjukkan bahwa UMKM Anda profesional dan kredibel. Hal ini disebabkan karena pembuatan situs tidak mudah dan juga membutuhkan biaya. Dengan begitu, adanya situs dapat menimbulkan persepsi konsumen bahwa perusahaan Anda memang berkomitmen dalam penyediaan informasi yang cukup. 

Selain itu, situs web juga memudahkan perusahaan dalam menyajikan berbagai macam informasi tanpa terbatas oleh apa pun. Berbeda dengan media sosial, situs web akan muncul di laman mesin pencarian seperti Google yang berbasis kata kunci (keyword). 

Dalam mesin pencarian sendiri, ada konsep tersendiri yang mengelompokkan dan mengurutkan website ke dalam beberapa bagian. Mulai dari situs yang paling direkomendasikan dan banyak diakses oleh pengguna hingga situs yang memiliki ranking atau urutan terendah. 

Nah, apabila situs perusahaan Anda muncul di halaman pertama atau bahkan urutan pertama di laman mesin pencarian, hal ini menunjukkan bahwa situs perusahaan berkualitas dan menyediakan informasi yang cukup. 

3. Target Market Lebih Bervariasi

Tujuan utama UMKM tentunya adalah mencapai tingkat konsumen sebanyak mungkin, bukan? Nah, di sinilah peran website menjadi penting bagi UMKM karena bisa meningkatkan variasi konsumen atau target pasar perusahaan. 

Apabila sebelumnya perusahaan hanya mengandalkan sosial media, target market bisnis menjadi terbatas pada kalangan tertentu saja. Misalnya, UMKM bergerak di bidang bisnis pakaian anak. 

Target pasar utama dari bisnis ini tentunya adalah para orang tua atau keluarga yang memiliki anak. Namun, perlu dipahami bahwa tidak semua orang tua memiliki media sosial untuk bisa mengakses informasi tentang UMKM Anda.

Untuk mempermudahnya, Anda bisa membuat situs perusahaan karena lebih umum digunakan dan bisa diakses dari mana saja melalui link. Dengan begitu, potensi peningkatan konsumen pun bisa lebih berkembang dan bervariasi. 

4. Media Pemasaran yang Cukup Efektif

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa website bisa menjadi media pemasaran yang cukup efektif bagi UMKM. Terlebih lagi apabila perusahaan Anda menerapkan konsep SEO (search engine optimization) dalam pengembangan situs web. 

Konsep SEO ini akan bantu situs perusahaan menjadi lebih dikenal hingga muncul pada laman pencarian teratas. Hasil dari konsep ini akan menaikkan jumlah viewers atau pengunjung situs. Semakin banyak pengguna yang mengunjungi website UMKM, semakin besar pula peluang perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. 

5. Hemat Biaya Operasional UMKM

Penggunaan website juga ternyata bisa menghemat biaya operasional perusahaan, loh! Kecanggihan teknologi mempermudah para pelaku UMKM untuk memasang foto, video, atau teks di internet yang bisa diakses oleh siapa pun dari mana pun. 

Perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mencetak poster, banner, atau bahkan menyewa papan iklan (billboard) sebagai media pemasaran. Seluruh desain promosi atau informasi yang sudah dibuat bisa langsung dipasang dan ditampilkan di website perusahaan.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa pembuatan situs juga tetap membutuhkan biaya. Ada biaya pemeliharaan jaringan hingga biaya iklan online jika dibutuhkan. Namun, tentu biayanya tidak akan sebesar apabila harus mencetak dan membuat iklan secara offline. Anda dapat menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengoperasikan situs dan membuat iklan. 

6. Mempermudah Operasional dan Transaksi UMKM 

Mengarahkan konsumen untuk mengunjungi situs perusahaan akan sangat efektif untuk proses transaksi dan operasional bisnis. Anda dapat menyajikan opsi pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman melalui satu situs web tersebut.

Dengan begitu, konsumen pun tidak perlu berpindah terlalu banyak aplikasi atau situs untuk menyelesaikan transaksi. Selain itu, operasional perusahaan akan lebih terarah dan terpusat karena seluruh data terhimpun dalam satu database dari website tersebut. 

7. Efisiensi Analisis Data Pelanggan

Konsumen yang mengunjungi website UMKM akan tercatat secara historis oleh sistem data. Anda pun dapat menghimpun informasi pelanggan melalui situs web ini, seperti nomor telepon atau email. Informasi tersebut dapat digunakan sebagai media transaksi dan promosi agar lebih efisien dan terfokus. 

Selain itu, situs web juga bisa menampilkan data analitik pelanggan, seperti jumlah pengunjung harian, jenis produk yang banyak dibeli oleh pelanggan, frekuensi pembelian, dan masih banyak lagi. Data ini dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan atau penciptaan inovasi baru. 

Nah, demikianlah 7 alasan pentingnya website untuk UMKM yang bisa dijadikan pertimbangan. Pengadaan situs web bagi perusahaan secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan. Selain itu, target pasar pun akan lebih variatif yang tentu akan menimbulkan brand awareness (pengetahuan akan brand perusahaan) lebih tinggi di pasar.

Lusita Amelia

Lusita Amelia

Lusita Amelia adalah seorang content writer dengan pengalaman menulis berbagai macam jenis artikel. Dia menekuni kepenulisan di bidang investasi, bisnis, ekonomi, dan isu-isu terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *