Lompat ke konten

Tutorial Lengkap Transfer DANA ke LinkAja dan Sebaliknya

Transfer ke DANA ke LinkAja

Transfer DANA ke LinkAja dan sebaliknya dapat dilakukan dengan mudah melalui tutorial lengkapnya pada artikel ini. DANA merupakan salah satu e-wallet terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan transfer ke bank atau pun e-wallet lainnya.

Sedangkan LinkAja merupakan layanan elektronik yang bisa digunakan untuk mengirim uang atau transaksi berbasis nontunai lainnya. Dengan catatan, LinkAja tidak bisa digunakan untuk transaksi offline

Nah, biasanya dari kedua aplikasi tersebut saling membutuhkan. Sehingga sering sekali harus mengirim antara satu sama lain. Berikut tutorial lengkap transfer DANA ke LinkAja dan sebaliknya. Yuk simak artikel ini sampai akhir!

Cara Transfer Uang dari DANA ke LinkAja

Yang akan pertama dibahas adalah bagaimana ketika Anda hendak mentransfer sejumlah uang dari aplikasi DANA ke LinkAja. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi DANA yang sudah terpasang di ponsel pintar. Pastikan sebelumnya Anda sudah memiliki akun, jika belum maka segera registrasi terlebih dahulu.
  2. Sampai di beranda, pilih menu kirim yang terletak di deretan atas, di bawah nominal saldo.
  3. Kemudian  akan diarahkan ke halaman yang memuat kemana saja Anda hendak mengirimkan uang, dari beberapa pilihan, pilih menu ‘Kirim ke rekening bank’
  4. Setelah itu, isi informasi mengenai nomor LinkAja  atau nomor TCASH. Cara mengetahui nomor TCASH  adalah dengan menggabungkan kode 911 dengan nomor telepon yang sudah terintegrasi dengan LinkAja sebagai Anda. Misalnya nomor telepon  adalah 083896578435 maka nomor yang harus Anda isikan adalah 911083896578435.
  5. Pada bagian alias atau nama, Anda bisa menuliskan nama Anda atau nama ‘LinkAja’.
  6. Jika sudah benar maka cukup klik ‘Tambah Bank Baru’ .
  7. Anda akan diarahkan ke halaman  untuk mengisi nominal yang hendak dikirimkan. Isi nominal tersebut sesuai dengan berapa yang Anda inginkan.
  8. Jika nominal sudah benar, selanjutnya pilih ‘Lanjut’. Kemudian akan tampil halaman yang memperlihatkan detail mengenai transaksi yang hendak Anda lakukan. Jika seluruhnya sudah benar klik “Kirim DANA”.
  9. Anda akan diminta untuk memasukkan kode pin DANA Anda. Pastikan kode yang dimasukkan benar agar transaksi bisa dilakukan.
  10. Proses transaksi berhasil dilakukan, kini Anda tinggal menunggu notifikasi bahwa transfer yang dilakukan berhasil.

Untuk transfer sejumlah uang dengan cara ini memang sangat mudah. Terbukti dengan langkah-langkah di atas yang pastinya semua orang bisa melakukannya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila  hendak melakukan transaksi di atas. Yang pertama, akun DANA yang digunakan haruslah akun premium, Anda bisa melakukan verifikasi supaya akun upgrade ke premium.

Selanjutnya, ponsel yang digunakan harus memiliki sambungan internet yang stabil. Sehingga sebelum melakukan transaksi pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel Anda sudah terintegrasi dengan sinyal internet dengan baik.

Terakhir, syaratnya adalah Anda harus memiliki saldo terlebih dahulu. Tanpa saldo transaksi yang dilakukan tidak akan berhasil. Jadi sebelum melakukan cara-cara di atas, pastikan semua syarat sudah terpenuhi.

Cara Transfer Uang dari LinkAja ke DANA 

Setelah membahas bagaimana cara transfer sejumlah uang dari DANA ke Linkaja yang merupakan salah satu aplikasi e-wallet terbaik, selanjutnya akan dibahas cara sebaliknya. Yuk simak langkah-langkah lengkapnya berikut ini.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi LinkAja. Kemudian masuk menuju beranda.
  2. Di beranda, Anda bisa memilih opsi ‘Kirim Uang’
  3. Selanjutnya, pilih opsi Rekening Bank, Anda akan diarahkan ke halaman yang meminta untuk memilih bank apa yang hendak digunakan.
  4. Pilih jenis bank CIMB NIAGA.
  5. Selanjutnya Anda akan diminta menulis rincian nomor akun bank, isikan kode 8059 ditambah dengan nomor HP yang digunakan pada aplikasi DANA. Misalnya nomor ponsel Anda adalah 087868858484 maka isikan nomor 8059087868858484 pada akun bank. 
  6. Klik ‘Lanjut’.
  7. Selanjutnya, isikan nominal sejumlah uang yang hendak ditransfer ke DANA. Kemudian isi tanda centang.
  8. Sebelum mengkonfirmasi transaksi Anda cek dulu apakah semua yang diisikan sudah benar. Kemudian klik tombol ‘Konfirmasi’.
  9. Selanjutnya terdapat halaman yang akan meminta Anda mengisikan nomor pin LinkAja. Isikan dengan benar sesuai dengan kodenya untuk melakukan transaksi. 
  10. Akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil, tunggu hingga maksimal 1 x 24 jam.

Tentunya saat melakukan cara di atas, akun LinkAja Anda harus sudah memiliki saldo untuk dikirimkan. Jangan lupa juga mengecek jaringan internet pada ponsel Anda. Pastikan sinyal kuat dan stabil agar transaksi tidak gagal.

Pertanyaan Terkait Transfer DANA ke LinkAja

Setelah mengetahui tutorial lengkap transfer DANA ke LinkAja dan sebaliknya, maka selanjutnya akan dibahas mengenai pertanyaan yang sering ditanyakan saat melakukan transaksi. Apa saja? Simak berikut ini!

Berapa Minimal Transfer DANA ke LinkAja?

Minimal transfer adalah sebesar Rp 10.000 sama dengan minimal transfer sebaliknya. Karena perbedaan bank antara keduanya. Sementara untuk maksimal transfer dari LinkAja ke DANA adalah sebesar Rp 10 juta rupiah tiap harinya.

Jadi jika Anda hendak melakukan pengiriman di bawah 10.000 maka biasanya transaksi yang dilakukan akan dinyatakan gagal. Atau pada saat mengisi nominal, akan muncul tanda merah sebagai warning bahwa Anda tidak bisa mengirim di bawah nominal minimal. 

Sedangkan bagi Anda yang ingin mengirimkan lebih dari 2 juta rupiah, Anda bisa menyiasatinya dengan mengirimkan sebanyak dua kali. Dengan hari yang berbeda, jangan khawatir karena transaksi akan tetap bisa dilakukan.

Berapa Biaya Transfer LinkAja ke DANA?

Selain minimal transfer, biasanya pertanyaan terkait transfer ini sering ditanyakan mengenai biaya transfer. Biaya transfer merupakan kebijakan masing-masing perusahaan sebagai harga suatu transaksi baik itu barang, jasa ataupun harta tak berwujud. 

Untuk biaya transfer LinkAja ke DANA Anda akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp 6500. Sama halnya dengan ketika Anda mengirim saldo DANA ke bank. Berbeda jika Anda ingin mengirimkan dana ke sesama pengguna LinkAja, maka biaya transfernya hanya sebesar Rp 100 rupiah saja.

Nah, jika Anda hendak menyiasati biaya transfer ini, Anda bisa melakukannya dengan melakukan pengiriman dalam jumlah banyak sekalian. Jadi tidak melakukan transaksi dalam volume yang terlalu sering. Karena biaya transaksi ini dikenakan pada saat terjadi transaksi, jadi nominal yang besar pun biaya transfernya tetap sama.

Misalnya Anda memang perlu mengirimkan sejumlah uang  setiap bulannya, Anda bisa memilih waktu yang rutin misalnya di awal bulan untuk mentransfernya. Sehingga transaksi tidak dilakukan berkali-kali.

Nah, berikut di atas merupakan tutorial lengkap transfer DANA ke LinkAja dan sebaliknya. Sebelum mencobanya, pastikan semua masyarakat sudah terpenuhi, supaya transaksi yang dilakukan tidak gagal dan lancar. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.