Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

15 Bank Terbaik di Indonesia (2022)

15 bank terbaik di indonesia

Berbicara soal bank terbaik, maka biasanya penelitian yang dipercaya adalah hasil rilis dari Forbes. Pada tahun 2022, Forbes telah merilis daftar bank terbaik di dunia. Penentuan soal siapa yang terbaik ini tidak sembarangan, sebab sudah dilakukan sebuah kerjasama dengan salah satu firma riset pasar statistik untuk penentuannya.

Penilaian yang diberikan didasarkan pada kepuasan nasabah sebagai salah satu indikator penilaian utama. Tidak hanya itu, layanan digital, kepercayaan nasabah dan saran keuangan juga menjadi tambahan atas penilaiannya.

Dari daftar yang ada, beberapa diantaranya ada merupakan bank yang ada di Indonesia. Penasaran apa saja jenisnya? Berikut 15 bank terbaik di Indonesia tahun 2022 versi Forbes! Yuk simak.

1. Bank Central Asia (BCA)

Siapa yang tidak tahu Bank Central Asia (BCA). Bank yang mulai beroperasi sejak tahun 1957 ini memiliki pusat kantor di Jakarta. Pernah berkembang menjadi bank devisa, BCA mulai bergerak secara agresif untuk melebarkan jaringan kantor cabangnya sejak tahun 1980, bersamaan dengan regulasi perbankan di Indonesia.

Semakin berjalannya waktu, BCA kemudian semakin maju dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mulai dari Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di sudut berbagai kota, hingga perbankan elektronik.

Setelah melalui jatuh bangun, kini BCA menjadi salah satu bank terbaik di Indonesia yang banyak diminati. Dengan serangkaian layanan digital yang mempermudah segala aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat.

Hingga saat ini, BCA bahkan memiliki aset di atas seribu milyar rupiah. Fitur produk simpanan yang ada di BCA diantaranya adalah TabunganKU, Tapres, BCA Dollar, Giro, Giro Valas, Deposito Berjangka dan masih banyak lagi.

2. Bank DBS Indonesia

Didirikan tahun 1989, PT Bank DBS Indonesia menjadi salah satu  yang berdiri sejak lama di Asia. DBS menjadi bagian dari kelompok usaha yang berpusat di Singapura. Setelah melalui proses jatuh bangun yang panjang, DBS kini sudah memiliki 44 cabang di Indonesia hingga lebih dari 1600 karyawan yang tersebar di 11 kota besar di Indonesia.

Menjadi unggulan, DBS menyediakan berbagai fitur dan layanan  yang menyeluruh. Salah satunya untuk korporasi, usaha kecil serta menengah. Telah mendapatkan berbagai penghargaan, akhirnya membawa DBS menjadi salah satu bank terbaik di Indonesia.

Beberapa produk keuangannya diantaranya adalah Digibank by DBS, Regular Saving Account, Saving Account Plus, DBS My Smart Account, Saving High Impact dan masih banyak lagi fitur yang bisa Anda temukan sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Bank Mandiri

Mandiri mulai dibentuk pada 1998, namun perkembangannya sangat pesat. Mandiri bahkan bisa menjadi salah satu  terbesar di Indonesia.Memiliki banyak nasabah juga kantor cabang yang tersebar hampir seluruh kota besar di Indonesia.

Pada tahun 2016, Mandiri menjadi salah satu  yang bisa mencatatkan laporan aset terbesar yaitu sebesar 1000 triliun. Mandiri masuk jajaran bank dengan aset terbesar. Juga memperoleh berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional.

Maka tak heran kemudian, Mandiri menjadi salah satu bank yang diminati oleh masyarakat Indonesia, hingga memiliki banyak nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk unggulan yang dimiliki diantaranya Mandiri Tabungan, Mandiri Deposit, Mandiri Giro, Mandiri Kartu Kredit dan E-Banking.

4. United Overseas Bank (UOB)

Salah satu bank yang didirikan di Singapura, UOB hadir sejak tahun 1935. Merupakan salah satu yang terlama di Asia. Sedangkan UOB Indonesia mulai beroperasi pada tahun 1956 dengan nama awal PT Buana Indonesia.

Setelah mengalami berbagai kondisi perekonomian, UOB Indonesia berkembang pesat sehingga menguasai perbankan di Indonesia. UOB disegani oleh banyak masyarakat. Saat ini saja, jaringan UOB telah mencapai 41 kantor cabang di seluruh kota besar di Indonesia, 168 cabang pembantu dan 191 ATM. 

Memang layanan UOB sendiri berfokus pada layanan Usaha Kecil Menengah (UKM), berbagai layanan untuk nasabah retail, serta bisnis consumer. Banyak sekali produk simpanan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, diantaranya yaitu TabunganKu, UOB Gold Saving Account, UOB Valas Produktif, UOB Privilege Account, dan UOB U-Plan.

5. Bank Syariah Indonesia (BSI) 

Tak mau kalah meski masih baru, BSI terus berkembang menjadi bank syariah terkemuka di mata global. Baru muncul secara resmi pada tahun 2021, BSI merupakan merger bentukan dari banyak jenis bank syariah di Indonesia yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Mandiri Syariah.

Dengan sistem merger tersebut, maka tak heran kemudian BSI memiliki jaringan yang sangat luas, layanan yang lengkap, juga kapasitas modal yang tercukupi. Sehingga kemudian menjadi salah satu bank terbaik di Indonesia.

Fitur BSI yang dapat dinikmati oleh masyarakat diantaranya adalah BSI Tabungan Haji, BSI TabunganKu, BSI Tabungan Bisnis, BSI Tabungan Pendidikan dan masih banyak lagi produk yang bisa menunjang aktivitas perbankan Anda.

6. Citibank

Citibank merupakan salah satu cabang dari Citibank N.A yang berkantor di New York, Amerika Serikat. Bank ini merupakan bagian dari Citigroup Inc. Citi sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1968. Berdasarkan total aset, Citi menjadi  salah satu bank yang memiliki aset terbesar di Indonesia.

Citi bahkan sudah tersebar hingga 10 cabang di enam kota besar diantaranya Jakarta, Bandung dan Surabaya. Citibank bahkan memiliki ATM Bersama yang jumlahnya lebih dari 70.000 terminal ATM.

Maka tak heran, Citi masuk dalam jajaran bank yang memiliki kinerja terbaik di Indonesia, juga memberikan pelayanan yang memuaskan pada nasabahnya. Beberapa fitur layanan yang disediakan diantaranya rekening giro, rekening tabungan, deposito, global banking dan Citibank Debit Card.

7. Bank Jago

Bank Jago memulai sejarahnya pada tahun 1992, dahulu namanya adalah Bank Artos Indonesia. Menjadi bank konvensional yang melayani masyarakat, kini bank jago berpindah haluan menjadi sebuah lembaga keuangan yang menyediakan jasa keuangan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Jago menjadi salah satu pelopor bank digital di Indonesia, sehingga akhirnya memberikan kebangkitan bank digital lainnya. Kini Jago memiliki teknologi inovatif yang memberi kemudahan bagi masyarakat khususnya UMKM, ritel dan mass market. 

Bisa dikatakan bahwa Bank Jago memiliki teknologi perbankan yang lebih canggih apabila dibandingkan dengan E-Banking dari bank konvensional. Optimalisasi teknologi ini menjadi jawaban atas tantangan zaman yang menuntut segala sesuatu dilakukan secara digital.

8. BCA Syariah

Tak kalah dengan BSI, BCA Syariah juga menjadi salah satu bank syariah terbesar di Indonesia. Dahulu, BCA Syariah merupakan hasil konversi dari akuisisi perusahaan lain yaitu PT Bank Utama Internasional Bank (UIB).Kegiatan usaha yang dijalankan oleh BCA Syariah selalu berdasarkan prinsip-prinsip islam dan sesuai dengan syariah.

Meski berjalan dalam prinsip syariah, namun untuk urusan kinerja perusahaan tidak perlu diragukan lagi. Bahkan BCA Syariah menjadi pelopor bank yang unggul dalam penghimpunan dana, pembiayaan bisnis nasabah dan perseorangan, juga penyelesaian pembayaran.

Menyediakan berbagai produk syariah yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini pasti sangat berguna bagi Anda yang menghindari riba namun tetap ingin memanfaatkan fasilitas menyimpan dana di lembaga keuangan.

Beberapa produk unggulan yang dimiliki BCA Syariah diantaranya adalah KBBI, KPR IB, Umrah IB, Emas IB, Pembiayaan Rekening Koran Syariah, Pembiayaan Modal Kerja IB, Pembiayaan Investasi IB, dan Bank Garansi. 

9. HSBC Holdings

Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited (HSBC) Indonesia yang membuka cabangnya pada tahun 1884. Mengalami jatuh bangun, HSBC kemudian bisa beradaptasi dengan Indonesia hingga berkembang dengan sangat pesat. HSBC bahkan memiliki lebih dari 3.000 karyawan.

Pada tahun 2009, HSBC sempat mengakuisisi PT Ekonomi Raharja, salah satu bank lokal Indonesia. Hasil akuisisi ini yang kemudian memperkuat HSBC di Indonesia yang kemudian dapat lebih memperluas lagi jaringannya dan mendapatkan ruang di hari masyarakat Indonesia.

Dengan teknologi yang canggih, HSBC menawarkan berbagai fitur Digital dan Global Banking yang disediakan untuk korporasi beserta institusi di Indonesia, tak hanya itu saja tersedia juga Global Banking  juga disedikana untuk Treasury dan Capital Market.

10. Bank Negara Indonesia (BNI)

 BNI merupakan salah satu badan usaha yang masuk dalam jajaran Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BNI menjadi yang pertama membentuk diri menjadi perusahaan publik setelah berhasil mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Telah hadir sejak tahun 1946 dengan nama “Bank Negara Indonesia”, dahulu BNI hanya difungsikan sebagai BUMN saja. Namun setelah ada mandat untuk memperbaiki ekonomi rakyat membuatnya kemudian dibuka untuk masyarakat umum secara luas.

Setelah berbagai era dijejaki, BNI berhasil membuktikan diri selalu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Indonesia. Sehingga menjadi wajar kemudian BNI menjadi salah satu bank yang disegani oleh masyarakat. Kemudian menjadi bank terbaik di Indonesia.

Karena merupakan BUMN, maka 60 % sahamnya dimiliki oleh pemerintah, sedang sisanya milik masyarakat. BNI banyak bergerak di bidang memberikan fasilitas pinjaman pada segmen koperasi, menengah dan kecil.

Beberapa produk layanan terbaiknya diantaranya adalah BNI Taplus, BNI Taplus Muda, BNI Taplus Bisnis, dan BNI Tappa. Produknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing.

11. Panin Bank

Didirikan pada tahun 1971, Panin merupakan hasil gabungan dari Bank Kemakmuran, Bank Industri Jaya dan Bank Industri dan Dagang Indonesia. Selanjutnya, Panin juga melakukan penggabungan dengan empat bank swasta yaitu Bank Lingga Harta, Bank Abadi Djaja, Bank Pembangunan Ekonomi, dan Bank Pembangunan Sulawesi.

Panin melakukan penawaran saham pertama di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1982. Hal ini membuat Panin menjadi salah satu yang melantai di bursa efek Indonesia. Panin mampu bertahan melewati krisis ekonomi yang terjadi tahun 1998.

Panin bahkan pernah memperoleh penghargaan sebagai yang terbaik di Industri Perbankan Nasional dari Moody’s Investor Service sejak tahun 2001. Membuktikan bahwa Panin adalah salah satu bank terbaik bahkan hingga tahun ini.

Produk layanan yang ditawarkan Panin juga cukup beragam mulai dari Panin SUPER Bonanza, Panin Super Prize, TabunganKu, SimPel, Tabungan Junior, hingga Tabungan RDN Panin. Semua produk layanan bisa Anda dinikmati jika memenuhi syaratnya.

12. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

BRI menjadi salah satu bank terbesar milik pemerintah. BRI didirikan di Purwokerto pada tahun 1895, cukup lama berdirinya. Sempat merger dengan Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN), dan Nederlandsche Maatschappij (NHM), BRI semakin melebarkan sayap jaringannya menjadi lebih luas.

Untuk pembagian kepemilikan sahamnya, saat ini BRI dimiliki 70 % oleh pemerintah baru sisanya dijual di Bursa Efek Indonesia. BRI sendiri  memiliki banyak cabang di Indonesia, juga menjadi salah satu bank dengan nasabah terbesar.

Dengan strategi yang dikembangkan, BRI dengan kelebihan dan kekurangannya kemudian tumbuh menjadi yang disegani masyarakat. Beberapa produk unggulannya diantaranya adalah BRI Britama, Simpedes Usaha, Simpedes, Simpedes TKI dan masih banyak lagi. Tentunya produk dan layanan terbaik selalu disediakan untuk seluruh nasabahnya.

13. BNC

Menurut Forbes, Bank Neo Commerce (BNC) menjadi salah satu bank lokal Indonesia yang tercatat akan menjadi bank terbaik pada tahun 2022. Berkantor pusat di Jakarta, BNC memiliki total 553 pekerja. Dulunya bernama  Yudha Bhakti yang kemudian diakuisisi PT Akulaku Silvrr Indonesia kemudian berganti nama menjadi BNC. 

Perubahan nama tersebut terjadi pada tahun 2020, ya BNC  yang relatif masih baru namun sudah bisa memiliki banyak nasabah karena optimalisasi pada teknologinya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan zaman yang bergeser serba cepat.

BNC akan terus berfokus pada produk layanan berbasis digital. BNC juga menyediakan fitur yang sangat lengkap untuk berbagai keperluan, kebebasan biaya transfer, dan pembukaan rekening dimanapun dan kapanpun Anda berasa.

14. Maybank

Maybank dahulu bernama Bank Internasional Indonesia yang berdiri tahun 1959 kemudian berganti nama dan masuk ke Indonesia. Merupakan jenis layanan terbuka berkantor pusat di Jakarta. Maybank sendiri telah memiliki 81 kantor cabang dengan 225 kantor pembantu, yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Pernah menjadi salah satu bank terbesar kedua dari kelompok non devisa, maka menjadi wajar jika kinerjanya tidak perlu diragukan. Selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh nasabahnya.

Terdapat banyak pilihan produk yang bisa Anda pakai sesuai dengan keperluan Anda, pilihan produksi diantaranya adalah Tabungan Super Valas, Tabungan Reguler, Tabungan MKSI, Tabungan Premier Wealth, dan Tabungan Superkidz.

15. Bank DKI

Terakhir, menurut Forbes, Bank DKI menjadi salah satu jajaran bank terbaik pada tahun 2022. Karena bisa memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya sehingga nasabah merasa puas. Pertama kali berdiri dengan nama Bank Pembangunan Daerah Djakarta Raya pada tahun 1961.

Bank DKI bertujuan untuk mengembangkan perekonomian daerah,  serta membantu kelancaran pembangunan daerah. Sebab menjadi salah satu sumber pendapatan daerah yang meningkatkan taraf hidup masyarakat. Meski dahulu hanya ditujukan untuk masyarakat di daerah, namun pertumbuhan penduduk Jakarta yang semakin besar membuatnya menjadi berkembang dan maju.

Bank DKI menjadi salah satu Outstanding Sharia Banking Products and Development Programs kategori Sharia Business Unit of Conventional Bank di Indonesia Sharia Finance Award 2022. Prestasi yang menakjubkan untuk bank daerah.

Produk yang disediakan Bank DKI diantaranya adalah Tabungan Monas, Tabungan Simpeda, Tabungan Tahta, Kredit Investasi, Kredit Modal Kerja, dan Kredit Usaha Kecil. Semua produknya bisa dinikmati oleh masyarakat di Jakarta termasuk pendatang selama masih berada dalam lingkup DKI.

Nah, berikut diatas merupakan 15 bank terbaik tahun 2022. Anda mungkin bisa mulai menjatuhkan pilihan dari alternatif pilihan yang ada untuk menjadi tempat menyimpan kekayaan dan mempermudah aktivitas Anda. Dengan kinerja yang baik, nasabah akan semakin nyaman. Jadi silahkan tentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan.

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *