Lompat ke konten

Ajaib vs Stockbit: Lebih Baik Yang Mana?

Perbandingan Ajaib dan Stockbit

Jika Anda sedang cari aplikasi saham terbaik, Ajaib dan Stockbit adalah platform yang patut dipertimbangkan. Kedua aplikasi ini sama-sama menawarkan transaksi saham yang mudah dan fitur lengkap. Platform tersebut dilengkapi dengan forum diskusi, notifikasi berita saham populer, dan informasi laporan keuangan tiap emiten.

Supaya makin mantap memilih platform investasi, berikut perbandingan Ajaib vs Stockbit berdasarkan hasil tes pemakaian yang telah kami lakukan.

Tentang Ajaib

Ajaib merupakan platform aplikasi untuk transaksi saham, reksa dana, dan ETF dari Ajaib Group. Ajaib memberikan kemudahan bagi pemula yang ingin memulai investasi dengan tidak memberikan batasan minimal deposit. Jadi, untuk membeli saham Anda bisa memulai dengan modal di bawah Rp 100.000.

Ulasan lengkap aplikasi ini sudah kami bahas tuntas di artikel review Ajaib.

Ajaib dilengkapi dengan fitur analisa, real time update, dan fitur menarik lain bisa membantu Anda memahami keadaan pasar modal dan emiten tertentu dalam 1 aplikasi saja.

Bersama dengan Stockbit, Ajaib kini menjadi salah satu aplikasi investasi terpopuler di Indonesia.

Kelebihan Yang Dimiliki Ajaib

Sebagai salah satu sekuritas terbaik, Ajaib yang saat ini sudah memfasilitasi lebih dari 1 juta orang untuk investasi memang sangat direkomendasikan. Pasalnya ada banyak kelebihan di Ajaib seperti:

Tampilan Aplikasi yang Mudah Digunakan

Ajaib punya tampilan yang mudah digunakan, sehingga tidak perlu khawatir meski Anda baru pertama kali menggunakannya.

Tampilan chart yang berisi detail harga dan order book di aplikasi Ajaib
Tampilan chart saham di Ajaib

Fitur Auto Order

Fitur auto order bisa memudahkan Anda untuk membeli dan menjual saham secara otomatis, ketika telah menemukan harga yang sesuai. Jadi sekali setting, Anda bisa mendapatkan saham yang diinginkan jika telah mencapai batas harga yang diinginkan.

Punya Fitur Belajar Saham Lengkap

Materi belajar saham dari pemula sampai expert tersedia di Ajaib. Ajaib juga sering mengadakan webinar bersama para praktisi saham, sehingga pengguna bisa mengetahui tren saham terkini.

Kekurangan Yang Dimiliki Ajaib

Penarikan Dana Terlambat

Setelah menjual saham, dana akan masuk ke RDN, sehingga bagi yang ingin menikmati keuntungan tersebut harus menariknya ke rekening bank pribadi.

Sayangnya tahap penarikan dana di Ajaib yang terlambat dialami beberapa pengguna. Bahkan ada yang memakan waktu berhari-hari. Menurut pengalaman kami, penarikan dana di Stockbit lebih cepat dibandingkan Ajaib.

Aplikasi Terkadang Tidak Bisa Login

Banyak yang mengeluhkan aplikasi Ajaib tidak bisa login, baik dengan password atau scan sidik jari. Meski sudah ganti jaringan, namun masalah ini tetap tidak bisa selesai. Pengguna yang sudah menghubungi customer service juga tidak mendapat jawaban pasti.

Fitur Unggulan Ajaib

Bisa Transaksi Saham, Reksa Dana, dan ETF

Di Ajaib Anda bisa membeli saham dan reksa dana. Sementara di Stockbit Anda hanya bisa membeli saham saja. Reksa dana harus dibeli melalui aplikasi saudara Stockbit yaitu Bibit. Kami telah membahas lengkap perbandingan Ajaib vs Bibit jika Anda ingin mencari aplikasi reksa dana terbaik.

Ajaib menawarkan layanan transaksi efek lengkap, meliputi saham, reksa dana dan ETF. Anda tidak perlu membuat banyak akun untuk transaksi jenis efek tersebut. Jadi semua bisa diakses dalam 1 aplikasi, lebih mudah dan efisien.

Tersedia lebih dari 600 saham dan 150+ dana dari 25 manajer investasi terbaik di Indonesia.

Fitur Ajaib Alert

Fitur ini akan memberikan notifikasi di smartphone terkait pergerakan saham yang sesuai dengan pengguna, seperti saham watchlist, saham yang pernah dibeli, saham di portofolio dsb. Notifikasi akan muncul setiap hari pada saat transaksi pasar modal berlangsung.

Jadi akan mudah dan cepat untuk mengetahui trend saham yang Anda minati.

Competitive Ranking

Dengan Ajaib, terdapat fitur competitive ranking untuk melihat perbandingan fundamental perusahaan. Sehingga pengguna bisa memilih saham dari perusahaan terbaik dengan mudah.

Tentang Stockbit

Stockbit bermula dari media informasi saham yang didirikan oleh Johny Susanto pada 2013. Namun saat ini Stockbit telah menjadi aplikasi saham yang telah dipercaya oleh 1 juta lebih pengguna. Stockbit menyediakan layanan saham dan reksa dana. Namun aplikasi reksa dana diarahkan ke Bibit karena masih satu manajemen.

Kelebihan dan kekurangan aplikasi ini sudah kami bahas tuntas di artikel review Stockbit.

Perbedaan Stockbit dengan platform investasi lainnya adalah punya komunitas diskusi terbesar, di mana lebih dari 100 ribu orang bergabung dan berdiskusi secara aktif. Anggota forum berasal dari masyarakat umum, dan di forum tersebut, banyak expert saham yang memberikan analisisnya secara gratis.

Di forum tersebut anggota bisa berbagi status, memberikan prediksi dan menjaring polling, sehingga bisa dijadikan tambahan referensi informasi untuk para investor.

Fitur Unggulan Stockbit

UI/UX Terbaik

Aplikasi Stockbit punya UI (user interface) dan UX (user experience) yang baik, sehingga Anda akan melihat tampilan aplikasi yang simple juga nyaman digunakan. Hal ini menjadikan Stockbit sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk trading saham.

Menurut penilaian Investbro, UI/UX aplikasi Stockbit lebih baik dibandingkan aplikasi Ajaib. Semua fiturnya dapat ditemukan dengan mudah, bahkan oleh pemula sekalipun.

Platform Aman

Sama seperti Ajaib, Stockbit telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga semua transaksi saham aman dan terpercaya.

Data Finansial Lengkap

Anda bisa mendapatkan data finansial atau fundamental saham yang lengkap tiap masing-masing emiten.

Punya Fitur Pro

Stockbit menyediakan akun versi gratis dan pro, di mana versi pro punya tambahan fitur canggih. Berikut fitur yang bisa Anda dapatkan di akun versi pro.

  • Chartbit merupakan charting profesional, dilengkapi dengan tools canggih untuk analisa teknikal saham mudah dan real time.
  • Screener merupakan tools untuk mencari saham sesuai keinginan, bahkan bisa mengadopsi gaya tokoh investasi besar seperti Warren Buffet dan lain-lain.
  • Key Stats untuk melihat ringkasan kinerja perusahaan lengkap.
  • Seasonality untuk melihat performa indeks saham pada periode tertentu.
  • Funda Chart adalah chart yang bisa menampilkan data fundamental perusahaan dengan ratusan financial item dan financial metrics.
  • Financials adalah fitur untuk melihat laporan keuangan emiten secara lengkap.
  • Bandar detector adalah fitur yang paling banyak dicari oleh investor, karena fitur ini bisa melihat pergerakan aktivitas bandar.

Untuk mendapatkan Stockbit Pro, Anda akan dikenakan biaya langganan, yaitu Rp 250 ribu untuk 1 bulan, Rp 200 ribu per bulan untuk langganan 6 bulan dan Rp 100 ribu langganan 1 tahun. Namun untuk menikmati fitur Stockbit Pro gratis, Anda bisa mendaftar di Stockbit Sekuritas.

Standard Deviation Band

Fitur ini berfungsi untuk melihat nilai valuasi saham, sehingga Anda bisa mengetahui apakah saham tersebut murah atau mahal dengan mudah.

Pendaftaran Mudah

Proses pendaftaran mudah, hanya perlu identitas seperti identitas diri seperti KTP dan rekening bank. Proses persetujuan hanya membutuhkan 1 hari kerja.

Pendaftaran menggunakan rekening selain BCA akan dikenakan biaya transaksi. Anda juga tidak membutuhkan NPWP untuk pendaftaran.

Dalam hal ini, pendaftaran Stockbit dan Ajaib sama-sama mudah. Proses pendaftaran yang kami lakukan di keduanya berjalan dengan gampang dan cepat.

Kekurangan Yang Dimiliki Stockbit

Belum Ada Fitur Auto Order

Auto order berfungsi untuk melakukan transaksi otomatis beli/jual berdasarkan pengaturan yang ditentukan pengguna. Fitur ini umumnya sudah menjadi fitur wajib supaya pengguna tidak ketinggalan moment untuk mendapatkan harga yang diharapkan, atau mencegah kerugian dengan stop loss.

Aplikasi Terkadang Error

Maintenance pada aplikasi adalah hal yang wajar dilakukan, guna memperbaiki fungsi dan fitur di aplikasi. Sayangnya aplikasi Stockbit dianggap sering mengalami maintenance, sehingga beberapa pengguna mengeluhkan tidak bisa mengakses aplikasi dengan baik seperti untuk melihat portofolio atau mencairkan dana.

Fitur Unggulan Stockbit

Tersedia Virtual Trading

Stockbit menyediakan fitur virtual trading, yang belum tersedia di Ajaib.

Virtual trading merupakan akun demo yang bisa digunakan untuk investasi layaknya transaksi sungguhan. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk belajar dan membiasakan diri untuk transaksi saham. Apalagi di virtual trading ini disediakan saldo sampai Rp 100 juta.

Platform Charting Modern

Stockbit sudah menggunakan fitur charting yang canggih dan sangat lengkap. Anda bisa mendapat info live price data dan ratusan indikator yang bisa menunjang aktivitas trading.

Tampilan chart berjenis candlestick yang ada di aplikasi Stockbit.
Candlestick chart yang ada di Stockbit.

Fitur charting Stockbit dan Ajaib sama-sama baik. Chart mudah dibaca oleh trader ahli maupun pemula.

Terdapat Screener Terbaik

Melalui aplikasi screener saham, Anda bisa melihat dan mencari saham-saham yang sesuai dengan keinginan. Anda bisa mengedit dan memilih data yang akan ditampilkan dalam screener, misalnya dengan mengaktifkan Net Foreign Buy/Sell untuk melihat aktivitas jual/beli dari investor global.

Anda juga bisa menerapkan preset screener dari pakar saham, jadi bisa menduplikasi aturan screener tersebut secara lengkap tanpa harus set secara manual. Fitur ini bisa didapat setelah mendaftar akun Stockbit pro.

Berdasarkan tes yang kami lakukan, fitur screener Stockbit jauh lebih baik dibandingkan Ajaib. Lebih banyak informasi dan preset yang ditawarkan oleh Stockbit.

Ajaib dan Stockbit: Mana Yang Lebih Baik?

Stockbit lebih baik digunakan oleh trader yang mementingkan UI/UX serta fitur analisis teknikal saham yang canggih. Sementara Ajaib lebih baik digunakan oleh trader yang mementingkan fleksibilitas dan fitur auto order yang cakap.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.