Lompat ke konten

7 Aplikasi Saham Syariah Terbaik

Aplikasi trading saham syariah terbaik

Pada aplikasi yang menyediakan akun syariah, semua fitur dan saham yang diperdagangkan sudah sesuai dengan aturan syariah yang dalam hal ini diatur dalam DSN MUI. Agar penanaman modal yang Anda lakukan terjamin aman, pastikan dulu legalitas dari aplikasi yang Anda gunakan di OJK.

Berikut ini 7 aplikasi saham syariah terbaik di Indonesia:

1. IPOT

IPOT adalah salah satu aplikasi trading saham paling terkemuka di Indonesia yang menyediakan akun syariah. Aplikasi yang dikembangkan oleh Indo Premier Sekuritas ini kini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang pengguna di Google Play Store. 

Selain fitur-fitur utama dalam jual beli saham seperti, grafik yang real time, platform edukasi dan lain-lain, aplikasi IPOT juga menawarkan pendaftaran akun secara online untuk memudahkan pengguna. 

Jika Anda ingin bertransaksi sesuai syariat Islam, maka Anda diminta untuk membuka akun syariah. Apabila Anda memiliki akun syariah, maka Anda juga memiliki akun reguler. Tapi, sebaliknya pemilik akun reguler tidak bisa memiliki akun syariah sekaligus. 

2. MOST

Aplikasi saham syariah terbaik selanjutnya adalah MOST atau Mandiri Online Securities Trading. Sama seperti namanya, aplikasi ini memang dikembangkan oleh PT. Mandiri Sekuritas dan kini sudah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna di Google Play Store. 

Untuk membuka akun MOST syariah, Anda tidak perlu ribet. Cukup mendaftar secara online di website resmi MOST dan tunggu beberapa saat untuk menerima email konfirmasi. Sama seperti aplikasi trading saham lainnya, MOST juga dilengkapi berbagai fitur pendukung seperti, realtime data dan chart, fitur edukasi dan jual otomatis. 

3. POEMS

POEMS adalah aplikasi jual beli saham baik saham syariah maupun reguler yang dikembangkan oleh PT Philip Sekuritas Indonesia. Kini aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna di Google Play Store dan banyak mendapatkan feedback positif. 

Dengan menggunakan aplikasi trading ini, Anda bisa trading saham reguler maupun syariah secara bersamaan. Dengan didukung fitur-fitur data teknikal dan fundamental yang canggih serta platform edukasi yang up to date, POEMS bisa jadi salah satu aplikasi trading saham terbaik saat ini. Dengan demikian, membeli saham berbasis syariah terbaik pun dapat dilakukan dengan mudah di POEMS.

Kekurangan aplikasi ini hanya satu yaitu, Anda tidak bisa membuka akun secara online jika Anda bukan pengguna Bank BCA dan memiliki reksa dana nasabah bank tersebut. Ini artinya, untuk membuka akun POEMS Anda perlu mengirim dokumen fisik. 

4. MNC Motion Trade 

Tidak kalah dengan perusahaan sekuritas lainnya, PT MNC Sekuritas juga memiliki aplikasi trading miliknya sendiri sejak tahun 2016 bernama MNC Motion Trade. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan di PC, laptop atau handphone saja melainkan juga bisa digunakan melalui smartwatch.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah bisa menggunakan suara untuk memberikan perintah jual, beli atau membuka menu secara langsung. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa membeli dan menjual aneka reksadana. 

Untuk bertransaksi menggunakan aplikasi ini, Anda bisa membuka akun secara online dengan tanpa harus mengunjungi kantor pemasaran. Buka akun syariah Motion Trade Anda di sini.  

5. D’One Syariah

D’one (dibaca Diwan) adalah aplikasi online trading yang dikembangkan oleh PT Danareksa Sekuritas yang beberapa tahun lalu telah diakuisisi oleh Bank BRI. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk berdagang saham saja, tapi juga bisa dipakai untuk jual beli obligasi dan reksa dana. 

Meskipun baru dirilis awal Desember tahun 2019, aplikasi ini kini telah diunduh oleh lebih dari 50.000 pengguna di seluruh Indonesia melalui Google Play Store. Namun demikian, pada laman yang sama juga tertera bahwa rating aplikasi ini masih berkisar 3.3. Ini artinya D’One masih perlu banyak pengembangan lebih lanjut.

6. Maybank Trade

Maybank trade adalah aplikasi trading saham online yang dikembangkan oleh Maybank Kim Eng Sekuritas Indonesia, salah satu perusahaan sekuritas yang berafiliasi dengan Maybank. Dulu, aplikasi ini bernama KE Trade Syariah, namun seiring dengan perubahan nama perusahaan pada Desember 2021, nama aplikasi juga turut berubah. 

Maybank trade menyediakan mekanisme login dengan dua akun yaitu akun reguler dan akun syariah. Pendaftaran akun untuk transaksi melalui aplikasi ini juga bisa dilakukan secara online. 

Sejauh ini Maybank Trade telah diunduh oleh lebih dari 10.000 pengguna dan mendapatkan rating 4.0 di Google Play Store. Hal ini membuktikan bahwa kepraktisan transaksi serta fitur yang lengkap cukup bisa menarik pengguna untuk memakai aplikasi ini. 

7. RHB TradeSmart Syariah ID

Pada tahun 2018, PT RHB Sekuritas meluncurkan aplikasi dua aplikasi trading yaitu RHB TradeSmart ID dan RHB TradeSmart Syariah. Keduanya dilengkapi dengan Assisted Robo Optimization yaitu robot yang bertugas untuk memandu pengguna dengan memberikan komentar tentag saham-saham terkait. 

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor untuk membuka akun. Anda cukup daftar dan mengirimkan berkas-berkas secara online serta menunggu proses registrasi selesai di rumah. 

Saat ini RHB TradeSmart Syariah ID telah diunduh oleh lebih dari 5000 pengguna android dan mendapatkan rating 3.9 di Play Store. 

Investasi syariah memungkinkan Anda untuk berinvestasi dengan tanpa takut riba atau membiayai perusahaan-perusahaan yang menerapkan riba dan bergerak di bidang yang tidak direstui agama. 

Investasi syariah menggunakan salah satu dari 7 aplikasi di atas juga bisa membantu Anda untuk berinvestasi syariah dengan tanpa takut menggunakan aplikasi dan jasa perusahaan sekuritas yang tidak legal. Sebab, aplikasi-aplikasi di atas dirilis dan dikelola oleh perusahaan sekuritas yang secara resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Siapkan masa depan Anda dengan investasi syariah yang praktis dan berkah menggunakan aplikasi investasi saham syariah terpercaya.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.