Apa Itu Ripple (XRP), Koin Sentralisasi Yang Berbeda Dengan Bitcoin

Mata Uang Digital Ripple (XRP)

Anda tidak perlu menjadi ahli dalam cryptocurrency untuk mengetahui bahwa harga uang digital terus naik. Pemenang besarnya adalah Bitcoin, koin virtual yang nilainya di atas $30.000 pada awal Januari 2021.

Selain “mata uang induk” yang terkenal tersebut, mata uang yang lebih kecil dapat ditemukan di dunia cryptocurrency. Salah satunya adalah Ripple (XRP).

Pengertian XRP

XRP adalah mata uang digital yang dikelola oleh Ripple, perusahaan di balik proyek tersebut. Koin ini bertujuan merevolusi industri keuangan dengan membuka jaringan keuangan dan menghubungkan semua poin inti ke “buku besar” XRP. Keuntungannya adalah biaya transaksi murah dan meningkatnya kecepatan transaksi.

Buku besar XRP adalah protokol pembayaran yang sebagian terdesentralisasi dan terdistribusi yang beroperasi sebagai konverter uang universal pertama di dunia. Ini memungkinkan siapa pun di dunia untuk memperdagangkan mata uang ini secara global.

Perdagangan berlangsung di jaringan peer-to-peer dan oleh karena itu tidak memiliki broker atau perantara. Perdagangan diproses secara otomatis oleh jaringan.

Apa yang membuat buku besar XRP begitu istimewa adalah adanya pertukaran bawaan. Ripple menyebutnya “gateway“. Dan di sinilah XRP berperan.

Misalkan pengguna ingin mengirim 500 Euro dari Belanda ke saudara di Amerika Serikat melalui buku besar XRP. Segera setelah pengguna mengirim uang ke buku besar XRP tadi, uang itu akan diubah menjadi XRP melalui “gateway”. Jaringan Ripple kemudian mencari gateway termurah dan paling efisien di Amerika Serikat untuk mengubah XRP menjadi dolar dan menyimpannya ke akun saudara tersebut. Dan ini semua terjadi dalam waktu sekitar 4 detik dan hampir tidak ada biaya transaksi.

Selain fakta bahwa XRP berfungsi sebagai mata uang kripto Ripple, XRP juga berfungsi sebagai semacam mekanisme “anti-spam”. Akun pada buku besar XRP harus memiliki minimal 20 XRP untuk dapat menambahkan transaksi ke jaringan. Ini mencegah transaksi palsu. Mekanisme anti-spam lainnya adalah biaya yang harus dibayar dengan setiap transaksi.

XRP vs Bitcoin

Jaringan Ripple bekerja secara berbeda dengan sistem kerja Bitcoin. Ketika transaksi diusulkan ke jaringan, node dalam jaringan memilih untuk melihat apakah transaksi tersebut valid. Jika lebih dari 80% setuju bahwa transaksi itu valid, makan akan ditambahkan ke jaringan. Namun, node tidak diberi imbalan untuk ini.

Selain itu, Ripple yang merupakan altcoin membedakan dirinya dari Bitcoin karena tidak ada XRP baru yang “ditambang”. Dengan pembuatan buku besar XRP, 100 miliar XRP telah dibuat, beberapa di antaranya telah dirilis. Sisanya ada di tangan Ripple. Mereka telah menyematkan ini ke buku besar XRP dan setiap bulan ada 1 miliar XRP yang dirilis untuk dibelanjakan Ripple.

XRP tidak diragukan lagi adalah salah satu proyek blockchain paling populer saat ini. Pada bulan Desember 2017, crypto XRP melesat dari $0,22 menjadi $3,65 dalam hitungan minggu!

Terlepas dari kenyataan bahwa XRP telah turun tajam saat itu, XRP masih menjadi salah satu cryptocurrency terbesar. XRP saat ini sedang berubah secara positif, sama seperti harga Bitcoin.

Apa sebenarnya Ripple itu dan apakah menarik untuk berinvestasi dalam mata uang digital ini? Banyak orang mengira bahwa cryptocurrency hanya untuk investor dan perusahaan besar. Tentu saja tidak benar; konsumen dan individu swasta juga mulai berinvestasi dalam Bitcoin atau Ripple.

Tidak seperti Bitcoin, XRP sebenarnya bukanlah cryptocurrency resmi. Sebaliknya, koin ini bertujuan menjadi sejenis protokol pembayaran yang dimiliki oleh satu perusahaan besar.

Itulah perbedaan terbesar dengan Bitcoin, yang merupakan jaringan terdesentralisasi (tidak dimiliki oleh satu perusahaan atau satu bank). Ini membuat Ripple bukan pesaing bank daripada cryptocurrency yang sebenarnya. Faktanya, bank ingin berinvestasi dalam jenis mata uang virtual ini.

Tetap saja, kebanyakan orang melihat Ripple sebagai bentuk uang digital, karena pengguna dapat memakainya untuk membayar secara digital, jadi dalam hal itu tentu saja ini adalah mata uang virtual. Pengguna dapat mengenali mata uang di belakang Ripple dengan nama XRP, sehingga juga dinyatakan dalam nilai tukar Ripple saat ini yang dapat dicek di SATOS, umpamanya.

Meskipun XRP secara fundamental berbeda dari Bitcoin, nilai mata uang ini juga ditentukan oleh para pedagang. Sama seperti Bitcoin, permainan penawaran dan permintaan menentukan nilai Ripple. Apakah Anda melihat nilai XRP naik dalam waktu singkat? Dalam kasus seperti itu, ada lebih banyak permintaan daripada penawaran, sehingga (karena kelangkaan) harga bisa naik. Ini juga cara kerja untuk cryptocurrency lainnya.

Mengapa Harus Investasi di Ripple? Apakah Harga XRP Akan Naik?

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara berinvestasi di XRP. Sama seperti tahun 2020, harga Ripple sangat menjanjikan di tahun 2021 ini. Hal ini dapat dilihat dari angka-angka: nilai mata uang jenis ini telah meningkat pesat pada tahun 2020 dan masih terus meningkat.

Ini terjadi pada awal tahun 2017, setelah nilai koin digital turun. Pada saat itu, yang melakukan investasi sebagian besar adalah perorangan dan pemain kecil. Kini sebagian besar perusahaan besar, investor dan perusahaan asuransi pun mengambil risiko. Mengapa mereka melakukan itu? Sederhana: karena suku bunga rendah dan ekspektasi inflasi tinggi akibat corona.

Sudah menjadi fakta bahwa ekonomi sedang berubah. Ini sudah tercermin dalam penurunan nilai dolar. Krisis COVID-19 menjadi pukulan telak bagi perekonomian global. Di seluruh dunia, bank sudah mulai mencetak banyak uang untuk bisa menjaga perekonomian tetap bertahan di saat krisis global.

Pertanyaannya adalah apa yang akan terjadi pada semua uang itu ketika krisis selesai. Saat ini, konsumen tidak bisa menghabiskan banyak uang: liburan ke luar negeri tidak memungkinkan, toko favorit Anda tutup dan Anda tidak bisa makan di restoran bagus di tengah kota. Apa yang akan terjadi dengan nilai uang jika semua ini dapat dilakukan lagi? Para ahli berpikir inflasi akan datang, jadi berinvestasi di Ripple atau mata uang kripto lainnya disarankan untuk menjaga nilai dari uang Anda tersebut.

Harga XRP diperkirakan akan naik dalam jangka waktu panjang, namun tidak ada yang bisa memberikan jaminan. Dengan meningkatkan popularitas uang kripto, semua koin, terutama yang berada di 10 besar kapitalisasi pasar diperkirakan akan mengalami peningkatan harga.

kapitalisasi pasar kripto Mei 2021, XRP berada di peringkat ke-6.
XRP memiliki kapitalisasi pasar terbesar ke-6 per Mei 2021.

Keuntungan Investasi di XRP

Namun, begitu ada lebih banyak permintaan akan uang digital, harganya pun naik. Itulah mengapa Anda sekarang melihat bahwa sebagian besar perusahaan besar ingin berinvestasi dalam cryptocurrency.

Jika Anda memiliki tabungan yang cukup dan berani mengambil langkah, berinvestasi pada nilai Ripple atau nilai lain mungkin menarik secara finansial untuk Anda. Ingatlah bahwa investasi semacam itu tidak pernah tanpa risiko. Pasar selalu bisa jatuh bahkan jika para ahli tidak memprediksinya. Apakah Anda ingin mengambil lompatan?

Inilah kelebihan XRP :

  • Transaksi melalui XRP sangat cepat, karena diselesaikan secara real time. Transaksi di luar negeri juga bisa dilakukan dengan sangat cepat.
  • Bank mendukung mata uang digital terpusat seperti Ripple.
  • Di XRP, fokus pada keamanan sangat besar. Itu akhirnya memberikan dorongan pada permintaan yang pada gilirannya memiliki pengaruh positif pada harga.
  • Ripple murah dengan transaksi yang hampir gratis.
  • Tersedia komunitas yang sangat aktif di belakang Ripple sehingga untuk mendapatkan segala informasi terkait mata uang ini akan sangat mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *