Lompat ke konten

12 Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Termurah (2022)

Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Termurah

Kegiatan belanja saat ini sudah sangat familiar, bahkan dapat dilakukan secara online melalui berbagai toko di marketplace. Berbagai macam barang bisa dibeli melalui aplikasi belanja online, mulai dari kebutuhan makanan, rumah tangga, fashion, transportasi, dan lain sebagainya. Apalagi di Indonesia, kegiatan online shopping sudah bukan hal asing lagi mengingat semakin banyaknya e-commerce yang berkembang.

Adanya aplikasi belanja online memudahkan masyarakat memenuhi barang kebutuhannya karena penggunaannya pun sangat mudah. Hanya bermodalkan akses internet, semua barang di marketplace bisa diakses secara cepat kapan saja dan di mana saja. Banyak orang memilih belanja online biasanya karena lebih murah dan banyak cashback menanti, khususnya diskon gratis ongkos kirim, potongan harga menarik, paket bundling, dan banyak macam lainnya.

Hingga saat ini, keberadaan e-commerce di Indonesia semakin berkembang pesat dengan menghadirkan berbagai fitur, tampilan, dan kemudahan saat menggunakannya. Mereka berlomba-lomba menghadirkan fitur terbaik dan termurah guna menggaet masyarakat untuk menggunakan aplikasi online shopping tersebut dalam hal memenuhi kebutuhan belanja. Nantinya, masing-masing e-commerce tersebut akan dibahas melalui uraian artikel ini secara rinci.

Masyarakat tentu mencari aplikasi belanja online yang murah sekaligus terpercaya. Jadi, ketahuilah berbagai macam aplikasi belanja online terbaik dan termurah tahun 2022 pada uraian berikut ini.

1. Shopee

Hampir semua orang mengetahui aplikasi e-commerce paling populer dan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara khususnya di Indonesia, sebut saja Shopee. Aplikasi Shopee ini pertama kali diperkenalkan di Singapura sebagai toko online pada tahun 2015 sebagai e-commerce C2C atau  Consumer To Consumer. Hingga kini, Shopee telah memperluas jangkauannya ke berbagai negara Asia, antara lain Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Taiwan, dan Filipina.

Shopee saat ini bukan hanya sebagai e-commerce C2C, namun juga sebagai B2C (Business To Consumer) setelah menghadirkan Shopee Mall, di mana di platform ini banyak menyediakan berbagai macam barang kebutuhan konsumen dari berbagai brand terkenal. Banyak  orang menyukai aplikasi belanja online ini karena dinilai punya berbagai potongan diskon, voucher menarik, diskon gratis ongkos kirim, dan kemudahan perihal penggunaan aplikasinya.

Pernah menggaet Blackpink (girlband Korea Selatan) sebagai brand ambassador, popularitasnya pun semakin meningkat tajam. Apalagi didukung oleh berbagai fitur menarik, misalnya flash sale, kemudahan bertransaksi, promo tanggal kembar, potongan ongkos kirim, dan klaim garansi, menjadikan Shopee sebagai aplikasi belanja online terbaik dan termurah. 

2. Lazada

Lazada termasuk salah satu e-commerce B2C terbaik dan termurah yang merupakan anak dari Alibaba Group, perusahaan asal China. Didirikan pada tahun 2012 oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant di Jerman, kemudian pada tahun 2016 diambil alih oleh Alibaba. Hingga kini, Lazada sudah memperluas jangkauannya hampir ke seluruh negara di Asia, antara lain Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Tak ingin kalah dari kompetitor aplikasi belanja online lainnya, Lazada menghadirkan berbagai fitur menarik yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Didukung dengan diskon setiap hari, promo setiap ada event tertentu, bahkan menyediakan LazMall untuk mendapatkan berbagai barang dari brand terkenal, sehingga membuat Lazada termasuk aplikasi belanja online terbaik dan murah.

Berbagai barang dapat diperoleh di Lazada mulai dari harga paling murah. Sehingga, aplikasi online shopping ini cocok bagi para pedagang sekaligus para konsumen biasa untuk mendapatkan berbagai barang kebutuhan. Berbagai barang kebutuhan yang dijual di Lazada mulai dari peralatan rumah tangga, bahan masakan, elektronik, pernak-pernik, aksesoris, dan banyak macam lainnya, apalagi ditambah diskon menarik agar tetap hemat selama berbelanja.

3. Tokopedia

Tokopedia termasuk platform e-commerce terbesar asal Indonesia dan perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang terkenal berwarna hijau dengan ikon burung hantu sebagai ciri khasnya. Pendiri Tokopedia adalah William Tanuwijaya, beliau mendirikan platform marketplace ini sejak pada 17 Agustus tahun 2009 dengan misi pemerataan ekonomi secara digital supaya mampu mendukung masyarakat pelaku usaha, khususnya UMKM agar dapat merambah jualannya di platform online.  Saat ini, aplikasi belanja online ini telah menjadi unicorn paling berpengaruh di Indonesia dan Asia Tenggara.

Tak ingin ketinggalan zaman, Tokopedia menggandeng boyband asal Korea Selatan paling populer, yaitu BTS sebagai brand ambassador. Berbagai kemudahan belanja online dapat diperoleh di Tokopedia, terutama melalui slogan khasnya ‘Waktu Indonesia Belanja’, di mana banyak sekali promo dan diskon menarik yang bisa diambil supaya belanja jadi lebih hemat.

Tokopedia termasuk marketplace paling terpercaya. Pada tahun 2021 ini, e-commerce unicorn ini menggandeng GoJek lalu bergabung menjadi GoTo yang merupakan nama gabungan dari GoJek dan Tokopedia, serta bisa disebut pula bahwa GoTo adalah singkatan dari gotong royong.

4. Bukalapak

Aplikasi online shopping terbaik dan termurah selanjutnya adalah Bukalapak yang didirikan oleh Achmad Zaky (CEO) dan Muhammad Fajrin Rasyid (CFO) pada 10 Januari 2010. Bukalapak termasuk e-commerce C2C yang sangat populer di Indonesia karena banyak promo menarik dan bisa mendapatkan berbagai macam barang kebutuhan dengan harga paling murah. Platform marketplace ini mulanya lebih berfokus pada pengembangan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar mampu mengembangkan bisnisnya secara digital, namun kini sudah mampu bersaing dengan Tokopedia,  Shopee, maupun marketplace lainnya.

Apabila ingin mendapatkan produk bergaransi barang asli, Anda dapat mengunjungi BukaMall. Tak kalah menarik lagi dengan pesaing serupa lainnya, Bukalapak juga menyediakan berbagai macam promo yang dapat dinikmati oleh para penggunanya. Selain itu, di Bukalapak menariknya yaitu konsumen bisa mendapatkan barang bekas atau second dengan kualitas terbaik dan ada sistem nego.

Hingga kini, Bukalapak masih terus melakukan berbagai inovasi demi kenyamanan para penggunanya dengan cara menghadirkan iklan-iklan menarik sekaligus unik, diskon menarik, serta kemudahan bertransaksi. Bahkan, tampilan user interface Bukalapak bisa dibilang sangat ramah dan sederhana, sehingga para penggunanya tetap menikmati berselancar di platform marketplace tersebut.

5. JD.ID

Aplikasi belanja online terbaik dan termurah selanjutnya adalah JD.ID atau dikenal sebagai JingDong asal Tiongkok yang telah beroperasi di Indonesia sejak November tahun 2015.  Sebelumnya, JD.ID dikenal sebagai e-commerce B2C pesaing utama Alibaba. Namun saat ini perkembangannya sudah semakin pesat, khususnya di Indonesia dan telah memiliki ratusan ribu pengguna aktif.

Sesuai dengan slogan JD.ID, yaitu ‘Make the Joy Happen’, di mana aplikasi e-commerce satu ini berusaha semaksimal mungkin memberikan kebahagiaan bagi seluruh penggunanya di Indonesia melalui pelayanan, keamanan, fitur, dan diskon terbaik. Kini JD.ID telah memiliki 12 kategori produk namun akan sebisa mungkin dikembangkan karena melihat perkembangannya di Indonesia semakin meningkat drastis pada era modern. Kategori produk tersebut, antara lain elektronik, peralatan rumah tangga, ibu dan anak, dan lainnya.

Aplikasi online shopping ini telah terdaftar di Kominfo. Sehingga, JD.ID tetap memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bertransaksi kepada para penggunanya. Jadi, tak perlu khawatir berbelanja di JD.ID.

6. BliBli

BliBli adalah platform belanja online asal Indonesia, berdiri pada tahun 2010 namun secara resmi beroperasi sejak 25 Juli tahun 2015 oleh PT Global Digital Niaga (DGN) yang masih merupakan bagian dari perusahaan rokok terbesar, yaitu Djarum Group. Pendiri dan pemilik toko online ini adalah dua orang berbeda. Pendirinya sendiri adalah Kusumo Martono dan pemiliknya yaitu Martin Hartono.

BliBli memiliki relasi kerjasama dengan orang-orang profesional, mulai dari jasa teknologi, logistik, hingga mitra dagang supaya pengembangannya dapat lebih maksimal sekaligus mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakat di Indonesia. Saat ini, BliBli sudah semakin meningkat perkembangannya di Indonesia dan telah menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

BliBli termasuk platform marketplace hybrid C2C dan B2C, jadi tidak hanya menyediakan jualan untuk para pedagang atau pelaku usaha saja, tetapi juga memfasilitasi para pedagang agar mampu menjual produknya ke konsumen di seluruh Indonesia. BliBli banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena selain menyediakan keamanan bertransaksi, juga ada gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia.

7. Sociolla

Kebanyakan wanita Indonesia, biasanya mengetahui mengenai platform toko online satu ini, yakni Sociolla. Sebab di Sociolla kebanyakan menjual berbagai macam kebutuhan perawatan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, parfum, kosmetik, serta alat-alat kecantikan adalah andalan produk yang dijual di platform tersebut. E-commerce khusus kecantikan ini banyak diminati oleh para wanita karena memberikan jaminan bahwa produknya original.

Sociolla, e-commerce bidang kecantikan ini berdiri pada tahun 2015 dengan websitenya.  Kemudian pada tahun 2019 berkembang sebagai bisnis O2O (Online To Offline), di mana berusaha sebaik mungkin memberikan pengalaman berbelanja tetap mudah meskipun dilakukan secara offline oleh pelanggan di toko fisiknya, yaitu Sociolla Store. Semakin lama, marketplace ini semakin dikenal oleh lebih banyak orang di Indonesia karena mampu meyakinkan konsumen bahwa produk yang dijual 100% asli.

Berbelanja produk kecantikan di Sociolla memberikan banyak keuntungan dalam bertransaksi. Anda bisa mendapatkan macam-macam produk kecantikan dengan jaminan barang tersebut original. Selain itu, banyak sekali diskon menarik yang mampu membuat Anda betah berbelanja secara online di Sociolla.

8. Bhinneka

Bhinneka bisa dikatakan sebagai aplikasi belanja online paling tua di Indonesia. Bhinneka didirikan pada tahun 1993 dan beroperasi saat terjadi krisis ekonomi sekitar tahun 1997-1998, di mana dahulu fokus menjual produk elektronik, mesin cetak atau printing, komputer, perangkat lunak, hingga video editing. Pada awal masa pendiriannya tersebut, platform belanja ini mendapatkan banyak sekali tantangan yang membuatnya nyaris lumpuh karena susah mempertahankan bisnis.

Sudah menemani masyarakat Indonesia lebih dari 20 tahun, Bhinneka menjadi aplikasi belanja online terbaik dan termurah, serta menyediakan berbagai kategori produk guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Jika Anda mencari perangkat elektronik dan peralatan perkantoran, Bhinneka bisa menjadi solusi terbaik karena menjual barang-barang berkualitas terbaik dengan harga terjangkau.

Tidak hanya sebagai tempat belanja online saja, Bhinneka juga mempunyai toko offline sejak tahun 2001 yang tersebar di Jakarta, Cibinong, dan Surabaya guna menjamin kenyamanan berbelanja bagi para konsumennya. Menariknya lagi, situs Bhinneka.com ternyata telah dibuat sejak tahun 1999 sebagai toko online pertama sekaligus tertua di Indonesia.

9. Ralali

Selanjutnya, aplikasi belanja online terbaik lainnya asal Indonesia yaitu Ralali. Didirikan oleh Joseph Aditya di bawah naungan PT Raksasa Laju Lintang pada tahun 2013, Ralali tergolong perusahaan e-commerce B2B (Business To Business) yang menyediakan berbagai kebutuhan elektronik dan perkantoran untuk perusahaan atau pelaku bisnis lainnya melalui website resminya.

Ralali mengedepankan kenyamanan transaksi bagi para pelaku bisnis secara digital. Bahkan, tampilan user interface websitenya pun sangat menarik dan mudah sekali digunakan. Sehingga, Ralali banyak dimanfaatkan sebagai tempat berbelanja secara online karena kemudahannya dalam bertransaksi serta banyaknya tersedia barang-barang berkualitas guna memenuhi kebutuhan bisnis dengan kategori otomotif, MRO, elektronik, alat-alat medis, bidang industri, serta berbagai macam perlengkapan perkantoran.

Tak perlu khawatir menggunakan aplikasi belanja online Ralali. Sebab di aplikasi Ralali telah memiliki lebih dari 10 ribu supplier terpercaya, menjual hingga 250 ribu produk, punya lebih dari 140 ribu pelanggan, serta pengunjung situs mencapai 2 juta setiap bulannya. Barang-barangnya pun telah dijamin kualitasnya, cocok bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya.

10. Zalora Indonesia

Zalora Indonesia dikenal sebagai e-commerce dalam bidang kecantikan dan fashion, mulai dari pakaian, parfum, bahkan aksesoris dari berbagai brand ternama di dunia. Zalora didirikan pada tahun 2011 dan merupakan bagian dari Global Fashion Group yang terkemuka di dunia. Saat ini, situs belanja online satu ini telah menjangkau hingga 27 negara di dunia, khususnya Indonesia.

Sejak tahun 2012, Zalora mengembangkan jangkauannya ke Indonesia karena melihat perkembangan bisnis fashion termasuk pesat dan banyak peminatnya. Bahkan, di aplikasi Zalora Indonesia bukan hanya menjual produk dari brand luar negeri saja, tetapi juga brand asli dari Indonesia yang menyesuaikan dengan selera masyarakat. Bahkan, produk terjual telah mencapai lebih dari 30 ribu barang setiap minggunya, sehingga membuat aplikasi ini sangat terpercaya.

Menariknya, Zalora menyediakan fitur gratis ongkir ke seluruh wilayah di Indonesia, khususnya jika membeli produk di flagship store. Selain itu, barang-barangnya juga dijamin original dan berkualitas serta ada beberapa voucher diskon menarik yang bisa dinikmati, sehingga Anda tak perlu khawatir jika membeli produk fashion melalui Zalora.

11. Elevenia

Elevenia adalah aplikasi online shopping yang berdiri sejak tahun 2014 oleh  PT XL Planet, di mana Elevenia ini merupakan gabungan dua perusahaan besar, yakni dari XL Axiata dan SK Planet dari Korea Selatan. Situsnya dapat diakses melalui laptop maupun smartphone, dan sampai saat ini telah menjual barang dengan kategori elektronik, jasa, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, olahraga, dan lainnya.

Elevenia menghadirkan kenyamanan dan keamanan bertansaksi, baik dari konsumen maupun penjual. Sehingga, guna menghindari penipuan, Elevenia memberikan sistem pembayaran berupa Escrow System, di mana dana baru cair ke penjual jika pembeli telah mengkonfirmasi telah menerima barang tersebut.

Tak hanya itu, penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan ketika bertransaksi melalui aplikasi Elevenia. Pembeli dan penjual sama-sama mendapatkan poin untuk mempermudah melakukan transaksi selanjutnya, bahkan poin tersebut jika dikumpulkan oleh penjual bisa digunakan untuk membuat iklan maupun layanan lainnya.

12. Berrybenka

Mirip seperti Zalora, Berrybenka yang telah berdiri sejak tahun 2012 oleh Jason Lamuda ini juga termasuk aplikasi online shopping yang fokusnya menjual produk fashion pria maupun wanita dari berbagai brand ternama di dunia maupun lokal Indonesia. Menariknya, Berrybenka juga membuat produk dengan labelnya sendiri.

Pada awal mula pendiriannya, Jason Lamuda melihat berbagai peluang fashion di Indonesia dan ternyata masih banyak produk fashion dari luar negeri yang masuk. Oleh karena itu, pendiri Berrybenka ini memutuskan untuk mengembangkannya dengan membuat brand lokal dengan kualitas baik namun harganya terjangkau, yakni Berrybenka dan sampai saat ini perkembangannya semakin pesat seiring dengan kecanggihan teknologi.

Jika Anda termasuk penggemar fashion, berbelanja di Berrybenka adalah ide menarik. Sebab bukan hanya menyediakan produk dari luar negeri saja, tetapi juga banyak produk lokal dijual di aplikasi tersebut.

Itulah berbagai aplikasi belanja online terbaik dan termurah. Mana aplikasi yang pernah Anda gunakan untuk berbelanja secara online?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.