Lompat ke konten

Cara Mengaktifkan PayLater Tokopedia

Cara Mengaktifkan Tokopedia PayLater

Salah satu e-commerce yang kini menyediakan pilihan metode pembayaran paylater adalah Tokopedia. Kali ini akan kita bahas lebih jauh tentang cara mengaktifkan paylater Tokopedia Kredivo maupun Indodana. Keduanya merupakan platform pinjaman online yang bekerja sama dengan e-commerce tersebut.

Lihat cara daftar selengkapnya berikut ini!

Syarat Mengaktifkan PayLater Tokopedia

Layanan paylater yang belakangan ini banyak diluncurkan lumayan menguntungkan masyarakat, terutama yang sedang dalam keadaan terdesak untuk membeli suatu barang, tetapi belum mampu membayarnya saat itu juga. Sehingga, e-commerce Tokopedia bermaksud untuk meluncurkan fitur tersebut guna memudahkan transaksi para pengguna setia aplikasinya. Cara daftar Tokopedia paylater yang pertama adalah harus memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh e-commerce tersebut, jadi perlu menyiapkan dokumen tertentu.

Tokopedia bekerja sama dan terhubung dengan Kredivo dan juga Indodana, di mana keduanya merupakan platform penyedia pinjaman online dan kredit yang terpercaya serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga Anda tak perlu meragukan sistem keamanannya, bahkan justru mendapatkan kemudahan kredit atau pinjaman ketika menggunakan aplikasi tersebut. Menariknya lagi, sistem cicilan paylater lewat Tokopedia juga terbilang ringan.

Syarat mengaktifkan paylater Tokopedia

Berikut syaratnya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI), usia 21-50 tahun dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli.
  • Minimal penghasilan bulanan Rp3.000.000 dan termasuk penghasilan tetap dengan minimal kerja 3 bulan.
  • Mempunyai rekening bank atas nama pribadi.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera, Kalimantan, atau Sulawesi.
  • Mempunyai nomor HP aktif dan terdaftar.
  • Sudah memasang aplikasi Tokopedia di smartphone.
  • Sudah memasang aplikasi yang mendukung paylater Tokopedia di smartphone (Kredivo atau Indodana).

Pada syarat paylater Tokopedia tersebut, diketahui bahwa tidak semua lokasi dapat dijangkau untuk layanan tersebut.

Berikut kami daerah-daerah yang bisa mendapat paylater Tokopedia:

  • Jabodetabek : Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang
  • Jawa Barat : Bandung, Karawang, Cimahi, Cianjur, Cirebon, Tasikmalaya, Sukabumi, Garut, Subang, Sumedang, Purwakarta
  • Banten : Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Cilegon, Serang
  • Yogyakarta : Yogyakarta Kota dan Kabupaten
  • Jawa Tengah : Semarang dan Solo/Surakarta
  • Jawa Timur : Surabaya, Malang, Sidoarjo, Pasuruan, Jember
  • Bali : Denpasar, Badung
  • Sumatera : Medan, Batam, Pekanbaru, Padang, Palembang, Jambi, Bandar Lampung
  • Kalimantan : Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya
  • Sulawesi : Makassar, Manado

Perbedaan Tokopedia Kredivo Basic dan Premium

Pada Tokopedia Kredivo mempunyai dua pilihan penawaran yang bisa diambil oleh pengguna aplikasi, yaitu Basic dan Premium. Ini rinciannya.

Tokopedia Kredivo BasicTokopedia Kredivo Premium
Limit belanja online hingga Rp3.000.000Limit belanja online hingga Rp30.000.000
Tersedia pembayaran 30 hari (0% bunga)Tersedia pembayaran 30 hari (0% bunga)
Tanpa fasilitas cicilanFasilitas cicilan 3, 6, 12 bulan (bunga 2,6%)

Anda bisa memilih penawaran Tokopedia Kredivo sesuai kebutuhan masing-masing, asalkan minimal gaji adalah 3 juta rupiah. Pada layanan Basic tidak terdapat fasilitas cicilan, serta limitnya pun sangat rendah, yakni 3 juta rupiah saja. Sedangkan pada layanan Premium bisa paylater belanja online hingga 30 juta rupiah dengan tambahan fasilitas cicilan 3-12 bulan dan dikenai bunga sebesar 2,6%.

Tokopedia Indodana PayLater

Indodana PayLater merupakan platform penyedia pinjaman online yang bekerja sama dengan e-commerce Tokopedia yang sudah terdaftar di OJK sejak Maret tahun 2018, kemudian mendapatkan izin resmi operasi pada bulan Mei tahun 2020. Menggandeng e-commerce burung hantu hijau satu ini, diharapkan Indodana dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya dengan baik meskipun sedang dalam kondisi terdesak.

Limit kredit pada Indodana bisa diperoleh mulai Rp500.000 hingga yang tertinggi adalah Rp25.000.000. Layanan ini dapat diperoleh jika pengguna belanja melalui Tokopedia. Indodana menyediakan transaksi tanpa maupun dengan cicilan.

Pada sistem cicilan, Indodana menyediakan jangka waktu angsuran mulai 3-12 bulan dengan minimal angsuran sebesar Rp500.000 saja. Kemudian jika sistemnya tanpa angsuran (dibayarkan pada bulan berikutnya), bisa mulai Rp10.000 hingga Rp2.000.000 saja.

Cara Mengaktifkan PayLater Tokopedia

Selanjutnya, cara mengaktifkan paylater Tokopedia adalah sebagai berikut. Jangan sampai salah langkah, ya!

1. Siapkan semua syarat paylater Tokopedia

Langkah pertama adalah menyiapkan syarat yang dibutuhkan untuk mengaktifkan paylater. Semua syaratnya sudah tertera pada poin sebelumnya, jadi pastikan Anda sudah mempersiapkan semuanya.

Semua berkas tersebut nantinya hanya dibutuhkan dalam bentuk digital dengan cara difoto melalui aplikasi, termasuk foto KTP dan swafoto bersama KTP. Jadi, pastikan Anda berusia minimal 21 tahun sesuai syarat yang tertera supaya pengajuannya dengan mudah disetujui oleh pihak aplikasi.

2. Buka akun Tokopedia

Berikutnya apabila sudah menyiapkan semua syaratnya secara lengkap, bukalah aplikasi Tokopedia. Jika belum membuat akun, buatlah terlebih dahulu dan lakukan registrasi menggunakan email dan nomor HP aktif.

Apabila sudah mempunyai akunnya, buka kembali aplikasinya. Jangan lupa konfirmasi email dan alamat lengkap terlebih dahulu! Selain itu, jangan lupa juga untuk melengkapi informasi pribadi.

3. Aktifkan akun paylater

Sudah selesai melengkapi proses pendaftaran akun dan melengkapi data informasi pribadi? Lanjutkan dengan mengaktifkan akun paylater sekarang! Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Masuklah ke menu Transaksi kemudian pilih Keuangan, lalu PayLater & Cicilan.
  2. Pilih jenis paylater yang ingin digunakan sebagai metode pembayaran, ada Kredivo, Indodana, dan lain sebagainya.
  3. Klik Daftar, lalu lengkapi formulir pendaftarannya.
  4. Pada formulir pendaftaran tersebut berisi informasi pribadi, meliputi nama lengkap, NIK, data anggota keluarga, alamat, dan lain-lain. Isi secara apa adanya sesuai data yang ada. Selain itu, usahakan ketika mengunggah foto dokumen harus jelas dan tidak buram.
  5. Klik Lanjut.
  6. Tunggu proses pengajuan hingga disetujui.

Sebelum mengklik menu Lanjut, teliti kembali apakah ada penulisan yang salah pada diri. Atau mungkin memastikan bahwa foto dokumen yang diunggah sudah benar, tidak terlalu miring, tidak buram, maupun pecah hasilnya.

4. Tunggu sampai disetujui oleh pihak Tokopedia dalam waktu 1 x 24 jam

Setelah mengaktifkan akun paylater Tokopedia Kredivo maupun Indodana, tunggulah proses approvalnya dalam waktu 1 x 24 jam. Jika disetujui ataupun tidak, pasti akan muncul melalui notifikasi. Namun apabila tidak disetujui, sebaiknya perbaiki dahulu kesalahan data yang ada.

5. Lihat limit transaksi

Pengajuan Tokopedia paylater telah disetujui! Pada saat awal-awal pendaftaran, biasanya limitnya masih sangat rendah, yakni hanya Rp300.000-Rp500.000 saja. Sehingga, Anda hanya boleh berhutang sesuai dengan limit tersebut dan tak bisa lebih besar dari nominal tersebut. Cara mendapatkan limit Tokopedia adalah dengan sering-sering bertransaksi dan tepat waktu membayar tagihannya.

6. Mulailah belanja online dan lakukan transaksi sesuai limit

Kini, jelajahilah barang kebutuhan Anda di Tokopedia dan sudah bisa memakai metode pembayaran paylater supaya bisa beli sekarang, bayar nanti. Jangan lupa memperhatikan limit, ya! 

Perlu diketahui bahwa jumlah limit setiap pengguna aplikasi tentunya berbeda-beda, semua itu tergantung apa jenis akunnya. Namun menariknya, jika menggunakan layanan ‘beli sekarang bayar nanti’ seperti ini, Tokopedia menawarkan banyak promo menarik kepada penggunanya. Namun, tetap gunakan secara bijak agar tidak terlalu tergiur berhutang.

Begitulah cara daftar Tokopedia paylater yang mudah dilakukan. Gunakan layanan ini sebijak mungkin dan usahakan tidak mudah tergiur, terutama jika bukan untuk keperluan mendesak.

Ketahui juga apa saja aplikasi terbaik untuk hutang pulsa di situs ini, cocok untuk dipakai saat sedang genting!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.