Bandarmology, Trading Berdasarkan Bandar

Bandar Saham, Ada?

Perkembangan jaman akan membawa setiap orang agar terus mengenal berbagai pengetahuan termasuk mengenai pasar modal. Ketika mempelajari hal semacam ini, nanti akan mengetahui berbagai macam istilah di mana sangat mempengaruhi kegiatan trading dan investasi. Untuk itu, tentunya akan muncul pertanyaan semacam apa itu bandarmology yang lumrah digunakan dalam percakapan pemain saham dan trader kripto.

Untuk orang baru di mana masih belum mengenal luas akan hal ini, tentunya sangat disarankan agar terus belajar terlebih dahulu sebelum terjun dalam dunia trading. Karena terkadang keberadaan bandar sendiri sangat menjadi acuan di mana banyak dari investor uang kecil menjadi korban akan kondisi tersebut. Seperti sudah diketahui tersebut, tidak ada salahnya menggali lebih dalam berbagai hal menarik seputar bandarmology agar semakin cerdas saat investasi.

Apa Itu Bandarmology

Bandarmology adalah teknik analisis pergerakan saham dan kripto dengan memperhatikan gerak-gerik bandar dalam pasar modal. Dalam bandarmology, seorang dapat disebut sebagai bandar jika memiliki dana besar hingga mampu menggerakan naik maupun turunnya pasar secara langsung.

Istilah bandarmology diperkenalkan oleh Irwanto Tedja atau Embah Saham pada tahun 1999. Karena merupakan sebutan yang unik untuk menjelaskan sebuah strategi analisis saham, istilah tersebut masih populer dipakai hingga kini. Valid tidaknya metode ini pun masih menjadi perdebatan.

Sejatinya, untuk golongan bandar dalam bandarmology itu tidak hanya satu orang saja tetapi bisa juga hingga kelompok atau institusi dengan tujuan awal investasi. Inilah mengapa para bandar ini bisa memiliki dana dalam jumlah banyak karena berasal dari perkumpulan banyak orang pada satu waktu.

Analisis bandarmology sering dipakai oleh pemain saham jangka pendek atau disebut swing trader.

Untuk itulah, mengapa dalam istilah pasar modal juga dibutuhkan adanya seorang bandar supaya pergerakan akan kegiatan bisa terus berjalan.

Fungsi Bandarmology

Tentunya bila mengetahui akan pengertian secara umum atau luas, selanjutnya adalah mengerti akan fungsi bandar dalam pasar modal. Keberadaan bandar sangat lah dibutuhkan sekalipun untuk pasar modal luar negeri sekalipun. Di luar negeri, bandar disebut dengan “whales“.

Berikut adalah berbagai hal penting seputar fungsi dari keberadaan bandar dalam sebuah pasar modal:

1. Akumulasi suatu instrumen

Dalam pasar modal tentunya ada berbagai instrumen atau alat digunakan supaya memudahkan proses bernama investasi tersebut. Tak jarang, pada bandar sangat dibutuhkan dan ditujukan agar membantu proses mengakumulasi atau mengumpulkan sebuah titik instrumen secara bertahap. Kemudian biasanya bandar akan bertugas dalam menyusun strategi serta melakukan rencana membeli kembali.

2. Menjaga tingkat likuiditas instrumen

Dalam pasar modal, namanya naik dan turunnya nilai harga instrumen dibeli sudah menjadi hal wajar terjadi ketika bisa transaksi. Namun, banyak orang tidak tahu bahwa adanya bandar bisa membantu menjaga agar nilai instrumen tidak terlalu rendah bila terjadi penurunan signifikan. Dengan menga hal tersebut, maka pelaku investasi tentunya tidak akan terlalu khawatir karena akan tetap terjaga.

3. Distribusi instrumen

Bandar sebenarnya tidak hanya bertugas sebagai pengumpul tetapi juga mendistribusi atau membagikan instrumen pada para investor. Hal ini juga bertujuan agar sebagai bandar tetap merasakan untung terkait nilai instrumen tersebut nantinya.

Para bandar tentu saja tetap ingin mendapatkan untung di mana berbeda nilainya. Oleh karenanya, bandar selalu membagikan instrumen supaya para pelaku pasar saham bisa memiliki barang.

Walau mungkin terkesan banyak sisi negatif, namun sebenarnya tanpa adanya bandar sendiri akan sangat merepotkan para investor kecil. Bila tidak adanya bandar, tentu harga instrumen para investor dalam jangka retail atau dengan dana tergolong kecil tidak akan bergerak.

Tetapi, dalam bandarmology sendiri ada cukup banyak yang tertarik untuk menjadi bandar di mana sebenarnya terdapat beberapa syarat.

Syarat Menjadi Bandar

Sudah disinggung sebelumnya, agar bisa menjadi dalam posisi bandar sendiri tidak. Satu hal pasti, agar sebagai bandar didapati dengan bekerja sama atau membuat sebuah institusi di mana menggalang dana dengan nominal besar tentunya. Ada juga beberapa prinsip di mana harus diketahui betul bahwa sebagai bandar harus mengerti akan beberapa syaratnya paling penting.

Berikut merupakan hal terpenting agar sebuah pihak tertentu mengerti bagaimana cara termudah dan cepat untuk menjadi bandar :

1. Adanya sarana promosi

Dalam sebuah pasar modal, namanya berita sebenarnya dilakukan secara teratur di mana sebagai bandar harus bisa melakukan ini. Baik dari sarana agar melemparkan berbagai berita baik maupun negatif terkait instrumen harus tersampaikan betul kepada pelaku terutama masyarakat luas. Biasanya terkait berita ada beragam wadah, seperti media resmi hingga forum di mana ramai didapati pelaku investasi.

2. Kemampuan menggerakan harga

Bagian tidak kalah penting sebenarnya sebuah titik di mana merupakan kapasitas di mana mampu atau sebaliknya dalam nilai harga sebuah instrumen. Perlu dipahami juga, hal ini tentunya juga berjalan dengan adanya sebuah tim agar menggerakan pada berbagai bidang. Bahkan menurut Nitin Kumar, bandar bisa menggerakkan pasar crypto sehingga rawan manipulasi.

Tak heran bila bisa menjadi seorang bandar harus memiliki banyak sekali akun investasi disertai jumlah nominal uang tidak sedikit. Bahkan seorang bandar terkadang bisa menyebabkan sebuah saham terkena ARA dan ARB.

Saham yang sering diklaim bisa digerakkan oleh seorang bandar adalah jenis saham gorengan. Alasannya karena saham berkapitalisasi pasar besar sulit untuk digerakkan karena membutuhkan dana besar.

3. Memahami informasi instrumen

Ini sebenarnya berdasar terhadap informasi terhadap sebuah instrumen di mana pada umumnya terdapat jumlah beredar. Tentunya sebagai seorang bandar mengetahui terkait informasi detail sangat penting agar dalam kegiatan tersebut bisa bekerja sama dengan lainnya. Selain itu, bagian in sendiri termasuk dalam rencana agar mampu membuat terkait harga saham sesuai pada keinginan seharusnya.

Sebenarnya beberapa hal terkait syarat ini memang harus diketahui betul, karena sebagai bandar tidak mudah dan mengerti akan prinsip lain. Perlu dipahami juga, bahwa ada istilah analisis sebuah instrumen di mana harus dipahami secara mendalam baik secara teknikal atau dasarnya. Tak heran bila sebagai bandar selalu menerapkan prinsip ini agar berjalan baik terkait segala hal seputar investasi nantinya.

Prinsip-Prinsip Dalam Bandarmology

Sebagai informasi saja, berikut adalah beberapa prinsip di mana sebagai bandar pada sebuah pasar modal ketahui terkait prinsip berjalannya:

1. Satu bandar banyak ritel

Prinsip penting pertama dan harus dipahami yaitu keberadaan dalam pasar modal yaitu bandar dalam jumlah satu akan melawan banyak bahkan hingga ribuan ritel. Namun, sebenarnya tujuan antara bandar serta ritel itu tetap satu yaitu mendapat untung sebaik mungkin.

Perlu dipahami juga, bahwa pergerakan akan ritel sendiri terpecah sehingga bandar prinsipnya berjalan sesuai rencana serta terorganisir.

2. Pasar modal tidak selalu efisien

Maksud dari prinsip ini adalah sebagai bandar harus tahu, informasi sebagai bandar akan jauh lebih besar dibanding para retail. Sebagai pemegang instrumen dalam jumlah besar, maka bandar harus menyampaikan informasi sebaik mungkin. Tak heran, bila menjadi bandar prinsip utamanya harus selalu mengerti setiap berita menyangkut instrumen tersebut agar berjalan sesuai rencana.

Itulah beberapa hal dalam ilmu atau seputar jawaban apa yang dimaksud dengan bandarmology di mana sering ditanyakan atau cukup membuat penasaran orang baru. Namun, satu hal penting adalah tetap harus memiliki jumlah dana besar agar mampu memberikan dampak besar pada pasar modal.

Selain itu, selalu rutin gunakan analisis tepat dan buat rencana matang agar dalam bandarmology bisa berjalan demi mendapat untung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *